Calon Pengusaha, Yuk Perluas Wawasan dengan Sumber Informasi Peluang Usaha 

Sumber informasi berperan penting bagi setiap orang yang berencana untuk membuka usaha atau bisnis. Di awal saat memiliki rencana membuka usaha tentunya Anda ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait referensi mengenai bisnis apa yang sedang trend atau cocok untuk Anda. 

Membuka usaha atau bisnis tentunya harus memiliki persiapan yang matang dan tidak main-main. Oleh karena itu, Anda harus menemukan berbagai sumber informasi mengenai peluang usaha yang akan Anda pikirkan untuk mulai geluti. Lantas bagaimana cara menggali peluang usaha.

Sumber Informasi Peluang Usaha

Calon Pengusaha, Yuk Perluas Wawasan dengan Sumber Informasi Peluang Usaha 

Mencari sumber informasi mengenai peluang usaha adalah hal yang wajib dilakukan oleh Anda, terutama jika Anda pemula dalam berbisnis. Tujuan dari mencari peluang usaha ialah memudahkan untuk penyusunan strategi saat nantinya bisnis sudah mulai dijalankan. 

Beberapa sumber informasi yang bisa dijadikan acuan bagi Anda yang akan mulai menggeluti bisnis yakni:

1. Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang kini dekat dengan banyak orang. Di era modern, hampir semua orang dari generasi milenial memiliki media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok. Anda bisa menemukan banyak informasi mengenai peluang bisnis dan usaha melalui media-media sosial tersebut.

Banyak ilmu yang bisa Anda dapatkan hanya bermodal sambungan internet. Selain itu, Anda juga bisa menambah relasi atau teman yang memiliki ketertarikan di bidang usaha yang sama misalnya.

2. TV

Selain buku, mendapatkan informasi mengenai peluang usaha atau bisnis juga bisa Anda dapatkan melalui media Televisi alias TV.

Melalui media elektronik, Anda bisa mendapatkan berbagai pelajaran mengenai bisnis dari para pengusaha inspiratif yang sudah berpengalaman merintis usaha bertahun-tahun. Bisa dijadikan role model dan juga inspirasi tentunya.

3. Internet atau Website dan Web seminar (Webinar)

Anda bisa dengan mudah mendapatkan sumber informasi mengenai peluang usaha dengan hanya mengetikkan keyword yang sesuai di Google. Bakal banyak informasi dari website-website terkait yang akan langsung muncul dan bisa menjadi sumber referensi Anda untuk berbisnis.

Selain itu di era pandemi ini di mana kita harus menjaga jarak, Anda juga tetap bisa mendapatkan informasi melalui bisnis dengan mengikuti webinar yang banyak digelar oleh para pakar bisnis maupun para pebisnis sukses.

Sumber-sumber Informasi Peluang Usaha

Calon Pengusaha, Yuk Perluas Wawasan dengan Sumber Informasi Peluang Usaha 

Sumber-sumber informasi peluang usaha dibagi menjadi dua yakni sumber informasi peluang usaha data primer dan sumber informasi peluang usaha data sekunder.

1. Sumber informasi peluang usaha data primer

Jika dijelaskan secara singkat, yang termasuk sumber informasi peluang usaha data primer yakni berasal langsung dari konsumen itu sendiri, pedagang perantara, dan penjual sendiri.

2. Sumber informasi peluang usaha data sekunder

Selain lewat sumber informasi data primer, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai peluang usaha dengan data sekunder.

Data-data sekunder mencakup catatan dari pengusaha itu sendiri, pemerintah, data biro statistik, Perkumpulan-perkumpulan dagang atau biasa disingkat Perdag, lalu Kamar Dagang Industri (Kadin), dan media massa.

Informasi-informasi yang bisa didapatkan mengenai peluang usaha dari data primer dan sekunder di antaranya yakni informasi konsumen mulai dari daya beli, keluhan, dan berbagai pantangannya.

Selain itu ada pula informasi dari pedagang perantara seperti harga dan permintaan, kebiasaan konsumen dalam membeli, pembayaran, hingga berbagai hambatan yang harus dihadapi. 

Selain itu ada pula informasi dari pemerintah mengenai tata tertib hingga peraturan-peraturan perundang-undangan yang harus dipatuhi oleh para wirausahawan.

Leave a Comment

nineteen − eleven =