Repeat Order dalam Dunia Bisnis, Ini Arti, Manfaat dan Tips

Di dalam bisnis online maupun offline, memiliki pelanggan yang setia merupakan hal sangat diinginkan, karena potensi untuk melakukan repeat order atau pembelian berulang yang lebih besar.

Selain itu, konsumen yang kembali membeli produk Anda juga bisa menjadi pertanda bahwa mereka menyukai produk tersebut. Namun untuk mendapatkan pelanggan yang setia bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang menyebabkan konsumen datang kembali ke toko Anda.

Untuk itu, bagi pemilik usaha atau bisnis penting sekali untuk memahami hal ini agar bisa meningkatkan penjualan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lebih dalam maksud dari pembelian berulang oleh konsumen dan bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Arti dari Repeat Order

Arti dari Repeat Order

Repeat order artinya kondisi dimana pelanggan melakukan pemesanan kembali atas barang atau jasa yang sama. Hal ini terjadi biasanya karena konsumen atau pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa tersebut.

Tidak hanya menjadi ukuran yang menunjukkan tingkat kepuasan dari pelanggan, namun juga bisa membantu meningkatkan angka penjualan. Tidak heran, kondisi demikian sangat disukai oleh semua penjual atau pemilik usaha.

Semakin banyak orang melakukan pembelian atau pemesanan kembali, maka penjual juga bisa lebih menghemat biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi. Umumnya orang yang melakukan pembelian atau pemesanan kembali merupakan pelanggan lama.

Keuntungan dari pemesanan kembali oleh pelanggan lama yaitu biasanya mereka lebih banyak menghabiskan uang daripada pelanggan baru.

Selain itu, hal ini juga sangat menguntungkan bagi bisnis Anda, karena pelanggan tersebut bisa membantu dalam mempromosikan produk atau jasa ke saudara atau teman terdekatnya, melalui strategi mouth-to-mouth.

Strategi ini tentu lebih efektif dalam memasarkan produk karena kebanyakan orang-orang akan lebih percaya jika hal tersebut disampaikan oleh orang terdekatnya.

Manfaat dari Repeat Order

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pelanggan yang melakukan pemesanan produk kembali.

1. Mendapatkan pelanggan yang loyal

Mendapatkan pelanggan yang loyal

Keuntungan dari pelanggan yang melakukan pembelian kembali yaitu bisa meningkatkan potensi untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

Semakin banyak pelanggan yang datang kembali ke toko Anda untuk membeli bisa menunjukkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan.

Kepuasan dari pelanggan ini bisa menjadi strategi yang sifatnya jangka panjang bagi sebuah bisnis. Semakin baik pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan dengan produk Anda, maka kemungkinan pelanggan tersebut meninggalkan bisnis tersebut juga semakin kecil.

2. Menghemat biaya untuk promosi

Menghemat biaya untuk promosi

Manfaat selanjutnya dari pelanggan yang melakukan pemesanan kembali yaitu penjual bisa menghemat biaya untuk kebutuhan promosi. Karena dibandingkan dengan strategi mencari pelanggan baru, pelanggan lama yang melakukan pembelian kembali tentu lebih menguntungkan.

Secara tidak langsung, penjual tidak harus mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi seperti membayar biaya iklan.

3. Membantu dalam meluaskan target pasar

Membantu dalam meluaskan target pasar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pelanggan lama cenderung bisa membantu dalam melakukan promosi melalui strategi mouth-to-mouth. Strategi ini tentu sangat efektif, karena mereka akan merekomendasikan produk Anda ke orang-orang terdekatnya.

Tips Untuk Meningkatkan Repeat Order

Walaupun bukan hal yang mudah untuk membuat seseorang bisa datang kembali untuk membeli produk Anda, namun bukan berarti hal ini tidak bisa diupayakan. Berikut ini merupakan tips yang bisa diterapkan agar pelanggan datang kembali untuk membeli produk yang Anda jual.

1. Memastikan produk yang dijual berkualitas baik

Memastikan produk yang dijual berkualitas baik

Hal pertama yang penting diperhatikan dalam berbisnis yaitu kualitas produk yang ditawarkan. Jika produk yang dijual terbuat dari bahan yang berkualitas dan diolah dengan cara yang baik dan tepat, maka pelanggan yang membelinya juga akan merasa puas.

Pelanggan yang merasa puas terhadap barang yang dibelinya, tentu berpeluang untuk datang kembali untuk membeli produk tersebut.

2. Menciptakan first impression yang baik kepada pelanggan

Menciptakan first impression yang baik kepada pelanggan

First impression adalah yang bisa mempengaruhi keberlanjutan hubungan antara penjual dengan pelanggannya. Kesan pertama yang baik bisa memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan.

Begitu juga sebaliknya, kesan pertama yang buruk maka akan membuat pelanggan memberikan penilaian yang buruk, sehingga enggan untuk datang kembali.

3. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan

Selain menjual produk yang berkualitas, kunci utama pelanggan agar bisa melakukan repeat order yaitu memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada pelanggan. Di dalam perusahaan, orang yang bertemu langsung dengan pelanggan diibaratkan sebagai ujung tombak.

Jadi sudah semestinya pelayanan yang diberikan kepada pelanggan harus dilakukan dengan baik. Jika perpanjangan tangan dari perusahaan merespon pelanggan dengan cara yang kurang baik, ketus dan arogan, maka pelanggan juga akan memberikan penilaian yang buruk.

4. Memberi penawaran yang menarik kepada pelanggan

Memberi penawaran yang menarik kepada pelanggan

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa terus bersaing dengan kompetitor lainnya di luaran sana, maka seorang pelaku usaha harus bisa memberikan respon yang tepat dengan memanfaatkan momentum yang muncul di masyarakat.

Penjual bisa memberikan penawaran yang menarik untuk memenangkan persaingan, sehingga pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Mengumpulkan database milik pelanggan

Mengumpulkan database milik pelanggan

Data konkrit merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan untuk melihat perkembangan sebuah bisnis, dalam hal ini juga termasuk dengan data para pelanggan yang datang untuk membeli.

Dengan mengumpulkan data pelanggan, maka bisa diketahui catatan secara keseluruhan mengenai transaksi pelanggan dan bisa menjadi bahan untuk keperluan penyusunan program marketing yang efektif.

6. Menjalin komunikasi yang intens dengan pelanggan

Menjalin komunikasi yang intens dengan pelanggan

Di dalam sebuah bisnis, pelanggan adalah aset yang sangat berharga. Untuk itu, penting sekali menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan yang loyal pada bisnis yang Anda jalankan.

Dengan melakukan komunikasi secara intens maka bisa dalam membantu memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bagi perusahaan agar bisa memenuhi kebutuhan dari para pelanggan setianya.

7. Merespon keluhan atau komplain pelanggan dengan baik

Merespon keluhan atau komplain pelanggan dengan baik

Menangani pelanggan memang bukan hal yang mudah, namun hal ini harus bisa dilakukan dengan baik. Penjual harus bisa menangani keluhan atau komplain yang diajukan oleh pelanggan. Dengan demikian, kepuasan pelanggan pada bisnis Anda juga akan semakin meningkat.

Sehingga kemungkinan pelanggan untuk kembali membeli produk Anda juga semakin besar. Komplain atau keluhan dari pelanggan yang bisa diatasi dengan baik, juga bisa menjadi salah satu tanda jika perusahaan serius dalam memastikan semua aktivitas berjalan dengan baik.

8. Membuat sebuah program loyalitas untuk pelanggan

Membuat sebuah program loyalitas untuk pelanggan

Sebuah program loyalitas kepada pelanggan dengan memberikan poin dengan jumlah tertentu atau reward untuk setiap transaksi yang dilakukan, juga bisa menjadi cara untuk membantu dalam meningkatkan ketertarikan pelanggan untuk kembali membeli produk dari toko tersebut.

Sistem yang satu ini bisa memberi keuntungan yang lebih daripada pelanggan yang bukan termasuk ke dalam member atau anggota di dalamnya. Dengan demikian, harapan dari program ini bisa menarik minat pelanggan untuk kembali mengunjungi toko Anda.

Pengertian repeat order dan tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang datang kembali ke toko di atas, bisa menjadi informasi yang berguna bagi Anda yang sedang menggeluti dunia bisnis.

Dengan demikian, akan semakin banyak pelanggan setia yang datang dan semakin sedikit biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan promosi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment