Jangan Salah Kaprah! Ini Pengertian Pamflet Brosur Leaflet

Pengertian pamflet brosur leaflet menjadi informasi yang cukup banyak dicari oleh banyak orang. Ketiganya memiliki peran yang sama yaitu sebagai media informasi dan bermanfaat dalam aktivitas promosi dan pemasaran produk.

Meskipun sekilas terdengar sama, tetapi ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan baik dari segi definisi, tujuan, dan fungsinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengertian dan perbedaan diantara ketiga jenis media informasi tersebut.

Lantas, apa itu pamflet, brosur, dan leaflet serta perbedaannya? Agar tidak salah lagi dalam memahaminya. Simak pembahasan berikut yang akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh seputar pamflet, brosur dan leaflet sebagai jenis media informasi.

Pengertian Pamflet Brosur Leaflet

Perbedaan utama dari pamflet, brosur, dan leaflet bisa langsung diketahui dari pengertian atau definisinya. Berikut adalah pengertian pamflet, brosur, dan leaflet yang wajib Anda pahami.

1. Pengertian Pamflet

Pengertian Pamflet

Pamflet merupakan jenis media promosi yang menggunakan bahan kertas yang penyajiannya dengan cara dilipat dan saling terhubung satu sama lain. Dengan begitu, tidak terdapat terdapat cover maupun jilid dalam pamflet.

Pamflet berisi tulisan dan gambar yang fungsinya untuk memberi informasi, edukasi, atau untuk kebutuhan pemasaran produk dan jasa. Pamflet juga biasa disebut sebagai selebaran atau risalah yang isinya berfokus pada satu hal, misalnya petunjuk atau informasi jadwal kegiatan.

2. Pengertian Brosur

Pengertian Brosur

Brosur adalah lembaran cetak media promosi yang bentuknya cetakan atau publikasi berisi informasi produk, jasa, maupun layanan yang ditujukan kepada suatu target tertentu. Biasanya Informasi yang disampaikan sangat detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Harapannya, para pembaca yang menjadi target brosur bisa mendapatkan informasi yang lebih fokus terkait produk atau layanan tersebut. Anda dapat mengenali brosur melalui konten yang di dalamnya, mulai dari headline, tagline, logo perusahaan, gambar hingga informasi kontak.

3. Pengertian Leaflet

Pengertian Leaflet

Leaflet adalah bentuk media pemasaran yang dicetak pada selembar kertas art paper atau art carton dan dilipat menjadi dua atau lebih bagian. Leaflet berisi informasi singkat mengenai suatu usaha, program, atau kegiatan badan usaha maupun perorangan.

Bentuk leaflet sendiri bisa berbentuk lipatan dan tidak dibukukan yang isinya berupa tulisan serta gambar. Karena sifatnya mudah dibuat dan desainnya yang tidak rumit, membuat leaflet banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media promosi.

Fungsi Pamflet, Brosur, dan Leaflet

Fungsi Pamflet, Brosur, dan Leaflet

Setelah mengetahui pengertian pamflet brosur leaflet, selanjutnya akan dibahas mengenai fungsi dari ketiga jenis media informasi tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Fungsi Pamflet

Fungsi pamflet dalam perusahaan memiliki peran yang penting yaitu sebagai media komunikasi dalam bisnis. Fungsi pamflet sendiri yaitu untuk memberikan edukasi, menyampaikan informasi, atau menghibur para pembacanya.

Selain itu, fungsi lainnya dari pamflet juga untuk mempromosikan slogan dan menyampaikan pesan kepada pembaca. Pamflet memiliki beberapa fungsi yang berbeda sesuai penggunaannya seperti pamflet niaga, budaya, pendidikan, dan politik.

2. Fungsi Brosur

Sama seperti pamflet, brosur juga berfungsi sebagai media informasi untuk menyampaikan informasi tertentu kepada pembaca. Informasi ini harapannya dapat menambah pengetahuan dan membuat pembaca teredukasi.

Pengetahuan atau informasi ini bisa mengenai jenis produk, harga, dan bahan baku dari produk yang dipromosikan. Fungsi brosur juga mengandung tujuan persuasif yang diharapkan bisa mempengaruhi perubahan sikap dan perilaku pembaca melalui ajakan atau imbauan.

3. Fungsi Leaflet

Fungsi leaflet tidak hanya sebagai media informasi yang berisi promosi produk atau jasa, tetapi juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti:

  • Media untuk mempromosikan perusahaan, dengan tujuan menawarkan jasa, produk, maupun layanan.
  • Sebagai sarana informasi terkait event yang sedang diselenggarakan perusahaan.
  • Memberikan informasi singkat terkait profil badan usaha
  • Sebagai media informasi terkait identitas perusahaan atau brand yang ditawarkan
  • Sebagai media penyebaran informasi terkait bisnis agar dapat diketahui banyak orang

Selain mengetahui pengertian pamflet brosur leaflet serta fungsinya, Anda juga harus memahami perbedaan yang nampak dari ketiga jenis media informasi tersebut.

Perbedaan Pamflet, Brosur, dan Leaflet

Perbedaan Pamflet, Brosur, dan Leaflet

Berikut ini adalah perbedaan antara pamflet, brosur, dan leaflet yang dilihat dari segi bentuk, tujuan, dan unsurnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Perbedaan Bentuk

  • Pamflet berisi kalimat-kalimat yang sifatnya informatif dan persuasif yang bertujuan mengajak pembacanya untuk melakukan sesuatu.
  • Brosur berisi informasi yang sifatnya unik, singkat, dan mudah dipahami serta hanya diterbitkan sekali (tidak diduplikat).
  • Dari bentuknya, leaflet terdiri dari struktur kalimat yang lebih singkat untuk memberikan sebuah informasi kepada pembaca.

2. Perbedaan Fungsi dan Tujuan

  • Pamflet bertujuan untuk menginformasikan suatu hal baik promosi maupun informasi tertentu.
  • Brosur bertujuan untuk mempromosikan dan menjual produk yang dimiliki suatu perusahaan
  • Leaflet bertujuan untuk memberikan informasi secara singkat mengenai suatu badan usaha atau perusahaan.

3. Perbedaan Unsur/Isi

  • Pamflet mengandung unsur informasi dari sebuah produk atau jasa tapi tidak selalu bertujuan untuk berjualan.
  • Brosur mengandung unsur informasi produk atau jasa yang dibahas secara rinci dan detail.
  • Leaflet mengandung unsur berupa informasi terkait kejadian atau informasi tertentu.

Dari informasi di atas, tentu anda sudah mengetahui pengertian pamflet brosur leaflet serta perbedaan diantara ketiganya.

Cara Membuat Pamflet, Brosur, dan Leaflet

Cara Membuat Pamflet, Brosur, dan Leaflet

Karena merupakan jenis media informasi cetak, proses pembuatan brosur, pamflet dan leaflet terbilang hampir sama. Berikut adalah tahapan dalam pembuatan pamflet, brosur, dan leaflet.

1. Menentukan Target Audience

Langkah pertama dalam membuat pamflet, brosur, dan leaflet adalah menentukan target audiens yang akan dituju. Hal ini sangat penting dilakukan karena berhubungan dengan bahasa dan desain yang akan dibuat agar informasi menjadi lebih efektif sesuai target audience.

2. Penentuan Konsep dan Desain Awal

Isi yang disampaikan pada media informasi harus dibuat praktis dan efektif. Udah udah makan penggunaan font yang sesuai juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Oleh karena itu, penting untuk menentukan konsep dan desain awal yang menarik bagi pembaca.

3. Mulai Mendesain

Tahap selanjutnya setelah penentuan konsep yaitu mulai mendesain menggunakan software desain dan editing. Seiring dengan kemajuan teknologi, ada banyak aplikasi desain yang bisa digunakan dengan mudah untuk membuat desain pamflet, brosur, atau leaflet yang menarik.

4. Mencetak

Setelah desain selesai dibuat, langkah selanjutnya yaitu mencetak desain tersebut pada media kertas. Sesuaikan jenis kertas dengan jenis media informasi yang Anda buat, dan pastikan Anda memilih tempat percetakan yang berkualitas agar hasil cetakannya memuaskan.

Setelah mengetahui pengertian pamflet brosur leaflet di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satu media informasi tersebut? Pamflet, brosur, dan leaflet bisa menjadi media informasi yang efektif untuk promosi dan pemasaran.

Dengan mengetahui pengertian, fungsi dan perbedaan ketiganya, Anda akan lebih mudah dalam menentukan media informasi yang tepat. Memilih media informasi yang tepat sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan pemasaran dan promosi yang efektif.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment