Pekerjaan yang Cocok Untuk Mahasiswa, Dapat Ilmu Sekaligus Uang Jajan!

Ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan pastinya sangat dirasakan oleh para lulusan baru atau fresh graduate. Bukan hanya latar belakang pendidikan yang menjadi modal utama yang diinginkan oleh para penyedia lapangan pekerjaan tetapi juga keterampilan khusus atau pengalaman kerja yang dapat dijadikan sebagai modal pendukung untuk menghadapi dunia kerja.

Maka dari itu ada baiknya sebagai seorang Mahasiswa harus lebih kreatif dan inisiatif, misalnya sambil proses kuliah sambil mencari pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Hal tersebut sangat bermanfaat sebagai modal pendukung untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus kuliah.

Lulusan yang mempunyai pengalaman kerja tentunya akan memiliki nilai tambahan tersendiri daripada lulusan yang tanpa pengalaman kerja. Pengalaman kerja yang dimiliki membuat lulusan baru ini tidak canggung dengan dunia kerja sesungguhnya ketika mereka lukus nanti.

Pekerjaan Paruh Waktu Untuk Mahasiswa

Pengalaman kerja bisa didapat dari bekerja paruh waktu. Bekerja paruh waktu selain menambah penghasilan juga dapat membangun koneksi profesional sehingga mempermudah dalam mencari pekerjaan setelah lulus nantinya. berikut beberapa pekerjaan paruh waktu yang cocok untuk para mahasiswa.

Translator

Pekerjaan untuk mahasiswa

Jika Anda  termasuk mahasiswa yang memiliki keterampilan dalam berbahasa asing, Anda bisa mencoba menjadi translator. Translator adalah salah satu pekerjaan freelance yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar atau Anda bisa juga menggunakan bakat Anda sebagai penerjemah buku berbahasa asing ke bahasa Indonesia.

Umumnya perusahaan membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen yang mereka miliki ke dalam bahasa asing atau Anda bisa juga dipekerjakan sebagai penerjemah percakapan langsung.

Jika Anda menerima pekerjaan dari perusahaan internasional, jangan khawatir dengan bayaran yang akan Anda peroleh. Biasanya perusahaan multinasional tersebut membayar dalam kurs dollar atau bahkan euro. 

 Pemandu Wisata

 Bagi Anda mahasiswa yang tinggal di kawasan wisata, hal itu harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Letak tempat tinggal yang strategis karena dekat dengan tempat wisata dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha. Anda dapat mengembangkan karir Anda sebagai pemandu wisata.

Jika tempat wisata tersebut sudah maju dan banyak menarik minat turis, Anda dapat melakukan kerjasama dengan agen travel maupun bekerja langsung dibawah pengelola objek wisata.

Tetapi jika tempat wisata disekitar Anda masih baru dan belum begitu banyak diketahui orang, Anda dapat bekerja sama dengan  pejabat setempat dan karang taruna di daerah tersebut untuk ikut memajukan  pariwisata daerah tersebut.

Hal ini tentunya menjadi simbiosis mutualisme antara Anda dan pejabat setempat karena sama-sama menguntungkan. Pejabat dapat mengambil keuntungan dari sektor pariwisata dari daerah tersebut, begitu juga Anda selain bisa menjalin koneksi yang baik dengan para pihak yang profesional dibidangnya juga sebagai sarana untuk menambah penghasilan. 

Guru Les Privat

Pekerjaan untuk mahasiswa

Menjadi guru les privat adalah pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa. Anda bisa menerima siswa les privat dari murid sekolah dasar hingga sekolah lanjutan. Semakin dalam materi pelajaran yang dapat Anda kuasai maka semakin tinggi tingkatan siswa yang dapat Anda terima.

Tugas yang Anda lakukan nantinya sebagai guru les privat tidak begitu sulit, diantaranya adalah membantu siswa-siswa tersebut memahami lebih lanjut materi yang telah diajarkan di sekolah yang belum mereka terlalu mengerti atau membantu para siswa tersebut mengerjakan tugas (pekerjaan rumah) yang mereka dapat dari sekolah.

Pada siswa sekolah dasar mungkin Anda akan mengajari semua pelajaran pokok seperti matematika, bahasa, IPA, IPS dan lainnya sedangkan untuk sekolah lanjutan Anda mungkin akan mengajari beberapa pelajaran yang susah dimengerti oleh siswa seperti IPA, matematika dan bahasa.

Peluang mengajar les privat ini semakin diminati dari tahun ke tahun seiring dengan kesibukan dengan kesibukan orang tua dengan pekerjaan mereka untuk mendampingi anak mereka belajar. 

Pekerja Seni

Pekerjaan untuk mahasiswa

Bagi Anda yang memiliki bakat seni seperti bernyanyi atau bermain alat musik, Anda bisa mencoba pekerjaan freelance sebagai pekerja seni. Anda bisa melamar pekerjaan sebagai freelancer di restoran atau café yang menyediakan live music.

Pekerjaan ini mempunyai jam kerja yang cukup fleksibel bagi Anda para mahasiswa sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal kegiatan kuliah Anda. dengan mencoba pekerjaan jenis ini selain Anda bisa menyalurkan hobi dan bakat yang Anda miliki kedalam hal-hal yang positif, Anda juga mendapatkan tambahan penghasilan.

Jika Anda berbakat untuk mengcover lagu milik orang lain, Anda juga bisa melakukannya melalui channel youtube. Channel Youtube nantinya akan memberikan penghasilan tambahan untuk Anda sesuai dengan banyaknya view, like dan coment yang ada di video Anda. 

Fotografer

Pekerjaan untuk mahasiswa

Pekerjaan freelance lainnya yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa yang berhubungan dengan bakat yang dimiliki adalah fotografer. Jika Anda memiliki bakat dalam dunia fotografi, kemampuan ini bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan Anda.

Anda bisa memulai kerja sama dengan studio fotografer atau Anda juga bisa membuka jasa fotografer sendiri. Umumnya fotografer merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan terutama pada musim wisuda maupun pernikahan. Jika Anda membuka jasa fotografer sendiri Anda bisa memasang tarif sesuai dengan yang Anda inginkan.

Semakin bagus kualitas fotografi Anda, mungkin Anda bisa memasang tariff yang semakin mahal. Media promosi untuk jasa fotografi Anda juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan sosial media untuk melakukan promosi usaha Anda. 

Resseler

Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbisnis dan ingin mengembangkan bakat marketing Anda, mungkin menjadi resseler produk bisa menjadi alternatif pekerjaan Anda selanjutnya. Ini jenis pekerjaan yang tidak membutuhkan modal dan pemahaman bisnis maupun marketing yang terlalu rumit.

Anda bisa mengambil sejumlah barang atau produk tertentu kemudian Anda dapat menjualnya kembali ke temaan atau sanak saudara Anda bail secara langsung maupun online melalui sosial media yang Anda miliki. Anda bisa menyesuaikan produk yang akan Anda jual dengan produk yang sedang in dipasaran dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Semakin kreatif Anda menawarkan barang, semakin kreatif Anda memikat hati pembeli melalui kata-kata diskon dan promo maka semakin banyak pula pelanggan yang tertarik membeli produk yang Anda tawarkan. 

Driver Transportasi Online

Pekerjaan untuk mahasiswa

Jika Anda sedang melanajutkan studi di kota besar, maraknya transportasi online tentunya bukan hal yang aneh lagi. Sebagai mahasiswa, Anda tidak perlu ragu dan gengsi melamar pekerjaan sebagai driver ojek online ini. faktanya banyak mahasiswa menghabiskan waktu senggang mereka dengan menjadi driver ojek online.

Syarat Anda melakukan pekerjaan ini adalah Anda memiliki transportasi seperti motor ataupun mobil, pekerjaan ini dapat Anda lakukan dengan waktu yang cukup fleksibel.

Penghasilan yang akan Anda peroleh jika Anda menjadi ojek online ini pun terbilang lumayan apalgi jika Anda mengambil pesanan yang tariff rata-ratanya cukup besar, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan juga semakin besar. 

Demikian beberapa pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan sebagai mahasiswa. Selain dapat menambah penghasilan, melakukan hal-hal yang postif juga dapat bekerja sesuai dengan hobi yang Anda miliki.

Karena orang bijak pernah berkata bahwa pekerjaan sesuai hobi itu bukan benar-benar bekerja karena kita melakukan pekerjaan tersebut dengan senang hati. Beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa diatas bahkan bisa menambah resume Anda dibagian pengalaman kerja dan menambah koneksi baru untuk mencari pekerjaan selanjutnya.

Leave a Comment

one × four =