Not Angka: Pengertian dan Bedanya dengan Not Balok

Baik not angka maupun not balok memiliki fungsi yang cukup besar bagi orang-orang yang hendak belajar musik. Namun, kedua simbol ini memiliki pengertian yang berbeda satu sama lain, sehingga Anda perlu mengetahui apa saja perbedaan di antara kedua simbol musik tersebut.

Salah satu langkah yang harus dilakukan oleh beberapa orang yang hendak belajar dunia musik adalah mempelajari notasi angka dan balok dengan baik. Sebab, notasi angka merupakan simbol nada yang dapat memudahkan orang-orang untuk lebih memahami dunia musik.

Pada dasarnya, seorang musisi diwajibkan untuk memahami notasi angka dengan sebaik mungkin. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat simbol ini sendiri dapat memudahkan para musisi dalam menciptakan lagu yang merdu dan sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.

Pengertian Not Angka

Pengertian Not Angka

Simbol ini pertama kali ditemukan dan digunakan oleh seorang ahli musik bernama Guido D’Arezzo. Guido D’Arezzo merupakan ahli musik yang berasal dari Prancis dan telah berhasil menciptakan metode khusus untuk membaca notasi musik dengan menggunakan simbol angka yang unik.

Meskipun sebagian orang mempelajari simbol ini untuk menciptakan lagu dan musik yang merdu, tapi ada juga beberapa orang lainnya yang melakukannya untuk belajar vokal atau bernyanyi. Nantinya, setiap angka yang ada di not ini akan memiliki volume dan simbol yang berbeda-beda.

Untuk simbol pada notasi angka sendiri adalah do, re, mi, fa, so, la, si, do atau 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, (i). Selain itu, penulisan nada tinggi pada notasi angka ini akan diberikan titik pada bagian atas angkanya, sehingga para musisi maupun penyanyi dapat lebih mudah membedakannya.

Baca Juga:  Gambar Peta Malaysia (Barat & Timur) dan Info Geografisnya

Jika dibandingkan dengan jenis notasi lagu yang lainnya, maka not angka adalah jenis notasi lagu yang paling sering dijumpai ketika belajar musik. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui tentang notasi angka dengan sebaik mungkin, tak terkecuali perbedaannya dengan notasi balok.

Perbedaan Not Angka dan Not Balok

Perbedaan Not Angka dan Not Balok

Ada beberapa orang yang lebih familier dengan notasi angka namun ada juga beberapa di antaranya yang lebih merasa mudah untuk membaca notasi balok. Meski begitu, pada dasarnya kedua jenis notasi lagu ini saling berbeda satu sama lain.

Meski keduanya dapat digunakan untuk menulis lagu dan memainkan alat musik, tapi simbol yang digunakan pada notasi ini sangatlah berbeda. Simbol yang digunakan pada not balok akan berupa huruf, yaitu C, D, E, F, G, A, B, C. Selain itu, kedua jenis not lagu ini juga memiliki perbedaan lain, yaitu:

1. Notasi Angka

Jenis not lagu yang satu ini dikatakan lebih mudah untuk ditulis dan dibaca oleh orang awam sekalipun. Jadi, orang-orang yang baru saja belajar tentang dunia musik bisa memanfaatkan keberadaan not ini untuk mempelajari hobi barunya tersebut.

Kendati demikian, notasi angka juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui. Jenis notasi lagu ini tidak bisa menunjukkan letak serta posisi tuts yang ada pada piano. Jadi, tak jarang beberapa pemula merasa bingung untuk membedakan manakah nada rendah dan nada tinggi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai kekurangan ini, karena semakin terbiasa Anda memainkan piano dengan menggunakan notasi lagu ini, maka Anda akan semakin mengenal perbedaan nada antara tuts piano tersebut.

2. Notasi Balok

Jika dibandingkan dengan notasi angka, maka notasi balok dikatakan memiliki penempatan not yang lebih jelas, tepat, dan akurat. Dengan begitu, orang-orang yang baru saja belajar alat musik atau bernyanyi bisa lebih mudah untuk membedakan manakah nada rendah dan nada tinggi.

Baca Juga:  7 Manusia Purbakala yang Ditemukan di Indonesia

Umumnya, akan ada tanda dari nilai not yang bentuknya sendiri seperti bendera. Kemudian, warna dari simbol ini adalah hitam atau putih pada bagian kepala notnya. Orang-orang yang bisa membaca not balok dengan baik, dapat memainkan sebuah lagu meski belum pernah mendengarnya sekalipun.

Meski begitu, penulisan not balok dikatakan lebih rumit jika dibandingkan dengan not angka. Maka dari itu, tidak semua orang bisa mempelajari notasi lagu ini di waktu yang singkat. Biasanya, notasi lagu ini akan ditulis dengan tanda 5 atau 4 garis yang biasa disebut dengan istilah garis paranada.

Cara Membaca Not Angka dengan Mudah

Cara Membaca Not Angka dengan Mudah

Cara membaca notasi angka bisa dibilang lebih mudah dibanding membaca notasi balok. Sebab, simbol-simbol yang ada pada not lagu ini akan lebih mudah dimengerti. Menghemat waktu yang berharga, berikut adalah cara tepat untuk membaca notasi angka pada suatu lagu:

1. Memahami Simbol Dasar Notasi

Cara paling utama yang harus dilakukan untuk membaca not angka adalah memahami simbol dasar yang ada pada notasi tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memahami tanda-tanda yang dibuat untuk memperjelas penulisan notasi seperti yang ada di bawah ini:

  • Tanda yang dapat digunakan untuk menunjukkan nada rendah ataupun nada tinggi serta menambahkan jumlah ketukan pada suatu nada. Umumnya, akan ada tanda titik di bagian bawah untuk nada rendah dan di bagian atas untuk nada tinggi.
  • Garis tegak. Tanda yang digunakan sebagai batas birama, sehingga bagian dari suatu baris melodi pada jumlah ketukan dapat lebih terdengar secara jelas.
  • Garis mendatar. Tanda yang berfungsi sebagai pembagi jumlah ketukan pada sebuah lagu yang akan dimainkan.
  • Garis miring. Tanda yang sering digunakan untuk menunjukkan nada yang naik ataupun turun dari nada aslinya. Jika garis miring ke kanan menunjukkan nada naik setengah, untuk garis miring ke kiri akan menunjukkan nada yang turun setengah.
Baca Juga:  Kliping Adalah: Pengertian, Jenis, Susunan, Cara Membuatnya

2. Ambil Ketukan

Setelah memahami seluruh simbol dan tanda seperti yang ada di atas, sekarang Anda perlu mengambil ketukan dengan tepat. Pada dasarnya, simbol titik pada notasi angka ini dapat diartikan sebagai ketukan. Jadi, satu titik pada sebuah angka sama dengan satu ketukan.

Hal ini berbeda dengan sebuah angka yang di atasnya terdapat dua titik, maka itu dapat diartikan sebagai dua ketukan dalam nada yang sama. Dengan memahami hal ini secara jelas, Anda bisa lebih mudah untuk mempelajari beberapa alat musik sekaligus.

 

Jenis Notasi Lagu/Musik Lainnya

Jenis Notasi Lagu Musik Lainnya

Selain notasi angka dan balok, masih ada beberapa jenis notasi lagu lainnya yang wajib diketahui oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa jenis notasi lagu beserta penjelasannya singkat:

  • Notasi gambar. Meski jarang dijumpai oleh beberapa orang, tapi jenis notasi yang satu ini dapat berfungsi untuk memberikan petunjuk nada lagu atau musik tertentu. Umumnya, notasi ini akan menggunakan gambar hewan untuk menjelaskan nada-nadanya.
  • Notasi simbol. Jika notasi gambar ditunjukkan dengan sebuah gambar, untuk notasi simbol akan diberikan dalam bentuk isyarat tangan maupun gestur tubuh lainnya.

Penjelasan terkait not angka memang sangat mudah untuk dipahami. Jadi, Anda tidak akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mempelajari notasi lagu satu ini. Pahami setiap poin yang ada di artikel ini, agar bisa lebih pandai memainkan alat musik.

Leave a Comment