Monitor gaming 4k terbaik yang bagus dan awet 2023

Rekomendasi monitor gaming 4k terbaik yang bagus dan awet. Sudah saatnya menggunakan monitor flagship jika ingin merasakan pengalaman terbaik dalam bermain game-game modern saat ini.

Monitor dengan resolusi fullHD memang menarik, namun masih kurang memuaskan pastinya jika ingin memainkan game-game terbaru yang sudah ray tracing.

Ditambah lagi dengan masalah refresh rate yang pada monitor biasa hanya support di kisaran 60Hz saja. Berbeda dengan kebutuhan monitor gaming flaghsip yang biasanya juga sudah dibekali dengan refresh rate tinggi hingga 144Hz.

Dengan resolusi 4k serta refresh rate yang tinggi pada suatu monitor maka dapat memberikan visual yang tajam dan gerakan yang lebih mulus.

Performa semacam ini tentunya tidak akan ditemukan pada monitor murah yang memiliki resolusi dan refresh rate rendah.

Belum lagi ditambah masalah akurasi warna pada suatu monitor yang tentunya sangat penting bagi pengguna PC desktop saat ini.

Nah, jika anda sedang mencari monitor berkualitas, berikut ini beberapa rekomendasi monitor gaming 4k terbaik yang bisa anda beli sekarang.

Rekomendasi monitor gaming 4k terbaik

1. BenQ Mobiuz EX3210U

Monitor gaming 4k terbaik

BenQ Mobiuz EX3210U hadir sebagai monitor flagship yang memiliki desain keren dan tentunya sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan gaming.

Layarnya 32 inch dengan resolusi 4K UHD yang pastinya akan memberikan pengalaman terbaik dalam memainkan berbagai game keluaran masa kini.

Sebagai monitor gaming 4k terbaik, BenQ Mobiuz EX3210U sudah menggunakan panel IPS yang memiliki aspek rasio 16:9. Jadi selain untuk memenuhi kebutuhan gaming, anda juga bisa gunakan monitor 4K ini untuk menonton film serta kebutuhan editing dan desain grafis kelas profesional.

Keunggulan monitor BenQ ini juga terlihat dari response time yang sangat rendah yaitu hanya 2ms saja untuk grey to grey dan 1ms untuk MPRT.

Sebagai perbandingan untuk monitor kelas entry biasanya memiliki response time yang lebih lambat yaitu 5ms atau bahkan lebih. Dan untuk memenuhi kebutuhan gaming maka responste time pada monitor harus serendah mungkin agar para pengguna bisa merasakan pengalaman terbaik mereka.

Untuk refresh rate, monitor BenQ Mobiuz EX3210U ini sudah mendukung 144Hz. Namun refresh setinggi itu hanya terjadi jika anda menggunakan kabel display port saja. Sedangkan jika masih menggunakan HDMI maka hanya support sampai 120Hz saja.

Untuk bisa mendapatkan performa terbaik maka tidak hanya refresh rate tinggi saja dari monitor tetapi juga harus didukung dari performa GPU yang mumpuni.

Dengan kata lain GPU yang anda pakai untuk game harus bisa merender hingga 120 atau 144 FPS agar bisa merasakan performa terbaik dari monitor BenQ Mobiuz EX3210U di resolusi 4K.

2. MOBIUZ Ultrawide Curved Gaming Monitor EX3415R

Masih dari monitor BenQ yang kali ini hadir dengan varian melengkung ultrawide. Jika anda seorang gamer yang lebih suka dengan monitor model melengkung maka BenQ MOBIUZ EX3415R adalah pilihan yang tepat.

Pada bagian bawah monitor MOBIUZ EX3415R sudah menggunakan kaki penyangga yang berbentuk huruf V. Penyangga dengan bentuk “V” ini memang sedang trend sebagai monitor gaming terfavorit masa kini.

Selain dari sisi desain yang sudah bernuansa gaming sekali, monitor BenQ MOBIUZ Ultrawide ini juga memiliki segudang fitur menarik lainnya.

Pada bagian belakang monitor MOBIUZ Ultrawide ini memiliki dua port HDMI 2.0 dan pastinya ada juga Display Port 1.4 yang bisa anda koneksikan dengan GPU high end masa kini.

Jika anda menggunakan kabel display port maka akan mendapatkan refresh rate sebesar 144Hz. Namun jika anda masih menggunakan kabel HDMI maka refresh rate yang disupport hanya sampai 120Hz.

Ini artinya jika GPU anda saat bermain game mampu merender hingga 144 FPS, pada kabel HDMI maka yang tampil hanya sampai dengan 120 FPS saja karena dukungan refresh rate yang bottleneck.

Keunggulan pada monitor ini juga terlihat pada fitur HDR yang mendukung kecerahan hingga 400 nits. Adapun waktu responnya hampir sama dengan monitor BenQ Mobiuz EX3210U yaitu 2ms untuk GTG dan 1ms untuk MPRT.

Karena monitor MOBIUZ ini tipe melengkung maka lebih cocok menggunakan aspek rasio 21:9. Sehingga selain untuk memenuhi kebutuhan gaming, monitor BenQ EX3415R juga cocok dipakai untuk kebutuhan profesional desain dan editing.

3. ROG Strix XG32AQ

Mari kita beralih ke monitor Asus ! Bicara soal monitor gaming 4k terbaik maka kita tidak boleh melewatkan produk-produk dari Republic of Gamers aka ROG.

Seperti kita ketahui bahwa produk dari Asus ROG memang diperuntukan untuk orang yang ingin mendapatkan hardware kualitas terbaik yang dalam hal ini adalah monitor untuk kebutuhan PC gaming.

ROG Strix XG32AQ hadir sebagai monitor gaming 4k terbaik untuk bisa merasakan pengalaman yang seru dalam bermain game-game PC terbaru saat ini.

Monitor dari Asus yang bernama ROG Strix XG32AQ ini memiliki ukuran panel 32 inch dengan menggunakan rasio aspek 16:9.

Adapun ROG Strix XG32AQ menggunakan tipe panel fast IPS yang memiliki resolusi 4K dan tentu saja memiliki fitur non glare.

Salah satu daya tarik dari monitor Asus ROG 32 inch ini yaitu memiliki desain yang sangat bernuansa gaming sekali. Terdapat logo ROG yang besar pada bagian belakang monitor yang menjadi ciri khas dari produk flaghsip Asus.

Monitor ini sangat cocok disandingkan dengan GPU flaghsip saat ini seperti Nvidia RTX series. Terutama saat bermain game yang dimana jika GPU mampu menghasilkan FPS tinggi hingga ratusan maka monitor Asus ROG Strix XG32AQ ini mampu menampilkan visual terbaiknya.

Sebab monitor gaming 4k terbaik yang bernama ROG Strix XG32AQ sudah mendukung refresh rate hingga 175Hz ! Jauh melebihi seri monitor gaming lainnya yang biasa hanya sampai pada refresh rate 144Hz.

4. MSI Optix MAG281URF

Tidak mau ketinggalan, MSI juga menghadirkan monitor gaming 4k terbaik andalannya yang bernama Optix MAG281URF. Monitor bagus buatan MSI ini hadir dengan banyak fitur pendukungnya.

Sudah tentu MSI Optix MAG281URF memiliki resolusi 4K dengan dukungan refresh rate 144Hz (Display Port) dan 120Hz (HDMI).

Dari sisi desain, monitor gaming produk MSI MAG ini memiliki tampilan yang keren baik dari sisi depan, belakang serta samping atas dan bawah.

Selain dari desain yang super keren, pada bagian sisi belakang terdapat RGB yang dapat memperindah tampilan monitor gaming 4k ini.

Sebagai monitor flagship maka tentu sudah support fitur G-SYNC Compatible yang dapat menyesuaikan tampilan refresh rate.

Untuk bagian kaki penyangga, monitor MSI Optix ini tidak menggunakan model huruf V seperti kebanyakan monitor gaming 4k lainnya. MSI Optix MAG281URF ini menggunakan model desain kaki berbentuk persegi dengan dominan warna hitam.

Bagi anda pecinta produk MSI maka jangan sampai lewatkan monitor gaming 4k terbaik ini karena bisa menjadi pelengkap komponen desktop PC yang sama-sama bermerk MSI.

Demikian pembahasan mengenai monitor gaming 4k terbaik yang bisa dijadikan anda referensi sebelum membelinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment