CPU nyala tapi no display ? Ini dia cara mengatasinya !

Bagaimana cara mengatasi cpu nyala tapi no display pada monitor ? Bagi anda pengguna PC yang sedang mengalami masalah seperti ini maka jangan khawatir.

Tidak perlu buru-buru dibawa ke tukang service, sebab masalah seperti ini memang sering terjadi dan belum tentu ini adalah kerusakan permanen.

Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk memeriksa beberapa komponen PC agar bisa menemukan penyebab utamanya dan ini sama sekali tidak sulit !

Sering kali memang terjadi error atau masalah seperti kipas prosesor menyala, indikator menyala, tetapi monitor no display, hanya blank screen saja.

Pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa solusi terbaik yang bisa anda coba untuk mengatasi CPU nyala tapi no display pada PC desktop.

Cara mengatasi cpu nyala tapi no display

CPU nyala tapi no display

1. Cek Power Supply (PSU)

Kemungkinan pertama yang harus anda cek jika mengalami cpu nyala tapi no display pada PC yaitu mengecek power supply.

PSU atau power supply yang sudah tua memang biasanya akan mengalami penurunan performa. Apalagi PSU abal-abal yang belum memiliki rating efisiensi 80+ dengan merk yang tidak jelas juga.

Power supply yang sudah lemah maka biasanya sudah tidak sanggup lagi memberikan daya yang sesuai dibutuhkan oleh motherboard dan komponen lain. Terutama tegangan +12 volt yang biasanya sudah sangat lemah dari PSU.

Untuk mengetahui kondisi PSU maka harus menggunakan voltmeter digital, dan ini harus di uji saat kondisi PSU diberi beban. Jadi bukan saat kondisi idle saja.

Memang agak ribet jika anda tidak punya alatnya dan tidak mengetahui tentang listrik. Solusi termudah yaitu mengganti dengan PSU yang baru dan langsung mencobanya.

Pastikan saja jika ingin membeli PSU baru harus yang sudah memiliki rating 80+ dengan fitur proteksi lengkap seperti OCP, OVP, OPP, SCP, OTP, dan UVP.

Perhatikan juga garansi resmi saat anda membeli PSU baru minimal 3 tahun keatas. Silahkan hindari membeli merk PSU yang memberikan garansi sangat singkat atau bahkan tidak memberi garansi sama sekali.

2. Clear CMOS

Penyebab lain terjadinya CPU nyala tapi no display yaitu akibat adanya gangguan pada bagian bios motherboard. Biasanya gangguan ini sering muncul saat terjadi mati listrik dan komputer mati secara tiba-tiba.

Saat listrik sudah kembali menyala, dan anda ingin menyalakan komputer kembali maka terjadi cpu nyala tapi no display pada bagian monitornya.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan clear CMOS. Caranya yaitu dengan mencopot baterai CMOS yang ada di motherboard anda.

Copot beterai CMOS dan tunggu sekitar 5 menitan agar benar-benar tidak ada daya yang tersisa lalu pasang kembali. Cara ini sangat efektif untuk menghidupkan kembali PC akibat pemadaman listrik yang tiba-tiba (belum sempat shutdown).

Beberapa motherboard bagus juga menyediakan fitur jumper yang bisa anda pakai untuk melakukan clear CMOS. Atau bisa juga menekan tombol clear CMOS yang biasa tersedia pada motherboard kelas high end.

3. Periksa RAM

Apabila anda sudah mengganti power supply dengan yang baru dan melakukan clear CMOS tetapi masih no display juga, anda bisa mulai cek ke bagian RAM.

RAM pada PC adalah hardware yang sering bermasalah jika mengalami gangguan listrik yang tidak stabil. Seperti kita ketahui bahwa listrik di Indonesia disuplai oleh PLN yang sering bermasalah.

Mulai dari tegangan naik turun hingga pemadaman listrik yang sering terjadi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Alhasil PC sering mati mendadak yang bisa menyebabkan umur RAM menjadi pendek dan bisa cepat rusak.

Biasanya kerusakan RAM sulit untuk dideteksi oleh sistem PC. Yang ada hanyalah BSOD dengan pesan yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan kerusakan RAM.

Dan jika sudah parah maka yang terjadi adalah cpu nyala tapi no display sama sekali pada bagian layar monitor. Solusi pertama yang bisa anda coba yaitu dengan mencopot satu keping ram terlebih dahulu.

Nyalakan kembali PC hanya dengan menggunakan 1 keping ram. Coba juga 1 keping ram lainnya jika masih terjadi no display.

Biasanya cara ini efektif, sebab jika bagian keping RAM yang bermasalah sudah ditemukan maka PC akan kembali normal dan monitor akan menyala dengan display yang semestinya.

Adapun keping RAM yang bermasalah bisa anda coba bersihkan terlebih dahulu, terutama bagian kuning pin yang bisa anda gosok dengan penghapus karet.

Jika masih bermasalah maka bisa anda klaim garansi yang biasanya banyak vendor RAM memberikan lifetime garansi. Ini artinya klaim tukar baru masih berlaku selama produk yang sama masih diproduksi.

4. Monitor dan sambungan kabel

Hal yang paling konyol ketika terjadi cpu nyala tapi no display adalah karena masalah sepele. Coba anda cek apakah sambungan kabel ke monitor sudah terpasang dengan benar ?

Biasanya user PC desktop sering lupa dengan sambungan kabel antara port GPU dengan port I-GPU. Jangan sampai salah pasang sebab jika sudah memasang GPU di PCIe maka akan terjadi no display pada monitor jika kabel yang terpasang masih ke port i-gpu.

Solusi terbaik sudah pasti pasang kembali kabel ke port yang sesuai antara GPU dan monitor yang ingin anda tuju. Masalah ini sering terjadi pada user PC yang sering berganti-ganti GPU.

Adapun penyebab lain selain salah pemasangan kabel yaitu anda lupa memasang kabel power pada bagian monitor. Jadi silahkan cek juga pada bagian kabel power dari masing-masing hardware yang ada di sistem PC anda.

5. Kerusakan Motherboard

Kerusakan pada motherboard terutama pada kelas entry level memang juga bisa menyebabkan cpu nyala tapi no display. Hal ini bisa terjadi akibat komponen yang minim fitur pada motherboard kelas bawah yang diperparah dengan terjadinya gangguan listrik.

Jika anda tidak menggunakan UPS + stabilizer yang sudah menggunakan gelombang sine wave maka sudah pasti akan mengalami gangguan kelistrikan dari PLN.

Motherboard entry level biasanya tidak memiliki fitur proteksi dan fitur dual bios seperti pada mobo high end.
Fitur seperti itu sangat penting untuk melindungi komponen-komponen yang ada di motherboard.

Terutama fitur dual bioas yang bisa sangat membantu sekali untuk keperluan backup settingan bios kembali seperti semula.

Perlu anda ketahui jika bios rusak maka sistem tidak mau booting sama sekali yang menyebabkan layar menjadi blank screen alias no display.

Buat anda yang menggunakan motherboard murah dan murahan karena tidak memiliki fitur-fitur penting seperti yang sudah disebutkan tadi maka tidak ada pilihan lain selain mengganti motherboard dengan yang baru.

Nah, itu tadi pembahasan lengkap mengenai cara mengatasi cpu nyala tapi no display agar PC bisa berfungsi normal kembali. Semoga dengan pembahasan ini para pembaca bisa lebih mengerti juga betapa penting nya kestabilan listrik pada komponen PC agar lebih awet.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment