7 Contoh Teks Negosiasi Singkat di Sekolah, Jual Beli, dll

Negosiasi termasuk salah satu kegiatan umum di masyarakat yang dilakukan hampir setiap hari dan lokasinya bisa dimana saja. Bukan hanya di toko dan pasar, tapi negosiasi juga bsa di sekolah dan juga lingkungan kerja. Jadi, contoh teks negosiasi singkat sebenarnya sudah sering Anda lihat di sekitar.

Definisi dari teks negosiasi sendiri adalah teks yang berisi interaksi sosial antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk mencapai suatu kesepakatan yang bisa diterima oleh kedua pihak. Tapi, tidak semua negosiasi bisa mencapai kesepakatan karena ada juga negosiasi yang gagal.

Contoh Teks Negosiasi Singkat di Berbagai Situasi

Berdasarkan jenisnya, teks negosiasi ada yang berupa percakapan / dialog dan ada juga yang berbentuk narasi. Berikut daftar contohnya:

1. Contoh Teks Negosiasi Singkat di Sekolah

Contoh Teks Negosiasi Singkat di Sekolah

Contoh di bawah ini adalah teks negosiasi dalam bentuk percakapan antara tiga murid yang berencana untuk mengerjakan tugas kelompok:

Sinta : “Siti, Zara, besok sepulang sekolah jangan lupa jadwal kita kerja kelompok ya”.

Siti : “Iya aku ingat kok. Aku juga sudah izin dengan ibuku, tapi pulangnya tidak boleh terlalu sore”.

Zara : “Oh iya kan besok ya. Aku ingatnya lusa. Yah, aku kemarin sudah terlanjur janjian dengan kakak buat keluar. Kita ganti lusa ya teman-teman?”

Siti : “Kalau aku kapan saja bisa kok. Sinta gimana?”

Sinta : “Aku lusa diajak orang tuaku ke rumah nenek karena ada acara keluarga. Gimana ya? Tugasnya kan harus segera dikumpulkan”.

Baca Juga:  Penyebab Komputer Mati Sendiri yang Bikin Banyak Orang Panik

Zara : “Yah gimana dong teman-teman?”

Siti : “Gimana kalau Zara nanti malam kerjakan sendiri di rumah dan besok setor ke kita. Jadi tidak harus datang ke rumah Sinta. Gimana Sinta?”

Sinta : “Yasudah. Tapi bagian kamu harus sudah selesai semua ya”.

Zara : “Iya nanti aku selesaikan semua”.

2. Contoh Teks Negosiasi Berbentuk Narasi

Contoh Teks Negosiasi Berbentuk Narasi

Narasi adalah teks berisi suatu rangkaian kejadian atau peristiwa yang biasanya menggunakan urutan waktu atau biasa disebut kronologis. Maka, bisa dikatakan bahwa contoh teks negosiasi singkat berupa narasi berisi tentang cerita yang runtut, seperti contoh berikut:

Seperti biasa, sekitar jam 6 pagi ibu bersiap-siap pergi ke pasar untuk berbelanja di kios langganan yang menurutnya memberikan harga miring. Sayangnya, pagi itu kios langganan ibu tutup, yang membuat ibu terpaksa berbelanja di kios lain. Ibu mengambil 1 kg daging dan menanyakannya kepada penjual.

Rupanya, harga ayam di kios tersebut lebih mahal dibanding kios langganan ibu. Ibu langsung mengajukan penawaran harga dari Rp42.000 menjadi Rp35.000 sesuai harga ayam di kios langganan ibu. Penjual tidak setuju sehingga terjadilah proses tawar menawar khas pedagang dan pembeli di pasar.

Ibu kembali menawar dengan harga Rp37.000, tapi pemilik kios masih menolak dengan mengatakan bahwa harga ayam memang sedang naik. Ibu menolak saat pedagang meminta harga tawaran dinaikkan karena menurut ibu harga tersebut cukup mahal dibanding kios langganannya.

Karena tidak ingin membuang waktu, ibu terpaksa menaikkan harga menjadi Rp38.500 dan mengatakan bahwa tidak bisa naik lagi. Pedagang tetap enggan menyetujui harga tersebut dan ibu memilih untuk berpura-pura pergi. Pedagang memanggil ibu dan memberikan harga akhir Rp39.000, dan ibu menyetujui.

3. Contoh Teks Negosiasi Singkat

Contoh Teks Negosiasi Singkat 

Berupa Dialog + Narasi

Pukul 15.00 WIB di Minggu sore, Rina pergi ke toko sepatu yang berjarak sekitar 2 km dari rumahnya. Sesampainya di toko, Rina mencoba beberapa sepatu yang berbeda. Sekitar 10 menit di toko, Rina menemukan sepasang sepatu cantik yang ia suka dan menanyakan harganya.

Baca Juga:  Daftar Universitas Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

“Kak, berapa harga sepatu ini?”

“Itu Rp160.000 dek. Ukuan kaki kamu berapa?”

Rina sudah sangat suka dengan sepatu tersebut tapi sayangnya ia hanya membawa uang Rp100.000. Kemudian Rina mencoba menawar harga.

“Boleh kurang nggak kak? Rp150.00?”

“Wah, belum boleh dek segitu”

“Uang yang dibawain ibu saya Rp150.00 aja kak. Ini juga perlu naik angkot untuk pulang nanti”.

“Wah, maaf ya dek belum dapat kalau segitu. Modal saya saja Rp100.000”.

“Ya sudah kak, saya permisi kalau gitu”

“Iya dek, maaf ya”.

Rina pergi dengan kecewa karena negosiasi yang ia lakukan tidak membuahkan hasil. Setelah melangkah keluar dari pintu toko, ia melihat ke sekitar untuk mencari toko sepatu terdekat.

4. Contoh Teks Negosiasi Singkat 2 Orang di Pinggir Jalan

Contoh Teks Negosiasi Singkat 2 Orang di Pinggir Jalan

Calon penumpang : “Pak, berapa ke Supermarket Galaxy?”

Tukan ojek : “Rp35.000 aja bu”.

Calon penumpang : “Rp20.000 aja pak. Kemahalan kalau Rp35.000”.

Tukang ojek : “Wah belum bisa bu kalau segitu. Jaraknya kan lumayan jauh dari sini. Tambahin lagi bu”.

Calon penumpang : “Nggak cukup pak uangnya. Saya cari ojek lain kalau gitu”.

Tukang ojek : “Rp25.000 deh bu. Silahkan naik”.

Calon penumpang : “Oke pak”.

5. Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya dengan Tema Penawaran Produk

Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya dengan Tema Penawaran Produk

  • Orientasi

Sales: “Permisi mbak. Selamat sore. Boleh minta waktunya sebentar? Saya dari PT xxxx ingin menawarkan produk, mungkin mbak berminat”

Target pasar: “Produk apa mba?”

Sales: “Jadi kami memiliki alat pembersih lantai modern yang hemat listrik dengan harga promo Rp450.000 dari harga normal Rp550.000 mbak. Mbak

  • Permintaan

Target: “Wah. Kemahalan mbak buat saya. Harganya tidak bisa kurang ya?”

  • Pemenuhan

Sales: “Sebenarnya perusahaan kami menawarkan skema cicilan, tapi khusus kontan bisa hemat lagi sampai 7 persen. Produk ini bisa meringankan tugas di rumah lho mbak. Tinggal tekan tombol on dan alat bisa bergerak sendiri membersihkan lantai di seluruh ruangan. Jadi tidak perlu mengepel dan menyapu”.

  • Penawaran
Baca Juga:  5 Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Target “Diskonnya tidak bisa lebih banyak mbak?”

Sales: “Maaf mbak, diskon itu sudah paling banyak dan berlaku hanya 7 hari saja. Mbak bisa pertimbangkan dulu dan jika berminat bisa hubungi saya ke nomor ini”.

  • Persetujuan

Target: “Oke mbak saya pertimbangkan dulu ya”.

  • Penutup

Sales: “Baik mbak. Terima kasih telah meluangkan waktu. Saya permisi dulu”.

Target: “Iya mbak. Sama-sama”.

6. Contoh Teks Negosiasi Singkat Jual Beli

Contoh Teks Negosiasi Singkat Jual Beli

Pedagang : “Selamat siang ibu. Bagaimana dengan sepatunya? Apakah berminat untuk mengambil?”

Calon pembeli : “Siang mas. Berminat sih mas, tapi ini harganya Rp79.000? Kurangin dikit lah mas. Rp70.000 aja biar pas”

Pedagang : “Wah maaf bu belum bisa segitu. Kalau mau Rp75.000 saya bungkus”.

Calon pembeli : “Yasudah mas saya ambil”.

7. Contoh Teks Negosiasi Singkat dengan Teman

Contoh Teks Negosiasi Singkat dengan Teman

Tina : “Sabtu ini ke mall B yuk, ada tempat nongkrong baru”.

Budi : “Ah kemahalan disitu. Jatah jajan dari ortu udah makin nipis nih. Gimana kalau di cafe Z yang di deket kampus. Itu juga lagi rame dan katanya banyak menu yang enak meskipun harganya nggak mahal”.

Tina : “Tapi disitu tempatnya kurang estetik. Kurang bagu untuk foto-foto”. Kalau cafe di mall B itu instagramable banget”.

Budi : “Yah nggak bisa. Kalau mau bulan depan deh kalau sudah dapat kiriman uang lagi. Minggu ini kita ke cafe dekat kampus dulu”.

Tina : “Yaudah deh boleh kalau gitu”.

Budi : “Oke deh sip. Sore kayak biasa ya”.

Berdasarkan berbagai contoh teks negosiasi singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa negosiasi tidak selalu mengenai uang. Selain itu, negosiasi juga tidak harus secara langsung atau bertatap muka, tapi bisa juga dalam bentuk chat di aplikasi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment