contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan
Umum

13 Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan yang Baik, Benar Serta Sopan

Apakah Anda berencana untuk melakukan resign dari pekerjaan Anda dalam waktu dekat? Jika iya, maka Anda memerlukan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Surat pengunduran diri bisa menjadi sarana untuk Anda menyampaikan maksud Anda kepada atasan secara formal. Anda perlu memerlukan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar agar profesionalitas Anda tetap terjaga walaupun Anda telah mengundurkan diri.

Lantas, bagaimana contoh surat pengunduran diri tersebut? Komponen-komponen apa saja yang harus disertakan dalam surat pengunduran diri? Bagaimana format dari surat pengunduran diri?Silahkan Anda simak penjelasannya dibawah ini:

Komponen-Komponen yang Harus Ada dalam Contoh Surat Pengunduran diri yang Baik dan Benar serta Aturan Pembuatannya.

Surat pengunduran diri yang baik dan benar pastilah memiliki format-format atau komponen-komponen tertentu yang harus disertakan di dalam surat tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan aturan pembuatan dari surat pengunduran diri.

Lalu, apa saja komponen-komponen yang wajib hadir di dalam surat pengunduran diri yang baik dan benar? Komponen-komponen yang wajib ada dalam surat pengunduran diri diantaranya ada nama pengirim (beserta data singkat Anda misalnya seperti jabatan terakhir Anda, lamanya bekerja, atau usia), tujuan surat (yakni surat pengunduran diri) dan alasan Anda mengundurkan diri.

Sebagai tips, buatlah alasan pengunduran diri yang jujur tetapi tidak menyinggung atasan atau pemilik perusahaan. Anda perlu merangkai kata agar alasan Anda dapat diterima oleh perusahaan sehingga profesionalitas Anda tetap terjaga.

Dalam membuat surat pengunduran diri, Anda juga perlu memperhatikan format atau susunan surat pengunduran diri. Pastikan format tersebut sudah benar susunan urutannya. Berikut format susunan urutan surat pengunduran diri:

  • Tanggal, tempat pembuatan surat
  • Nama serta alamat yang dituju
  • Isi surat
  • Tanda tangan Anda
  • Materai
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Selain memperhatikan komponen serta format, Anda wajib tahu aturan-aturan dari pembuatan surat pengunduran diri. Lalu apa saja aturan-aturan tersebut? Berikut ulasannya

  • Jangan lupa untuk menyebutkan identitas Anda secara jelas. Identitas tersebut berupa nama lengkap, jabatan terkini dan lama Anda bekerja di perusahaan Anda. Sebutkan pula tanggal terakhir Anda bekerja di sana.
  • Gunakanlah bahasa formal atau baku sesuai dengan kaidah PUEBI.
  • Sebut nama atasan Anda diawali dengan kata-kata ‘Yth.’ atau ‘Kepada Yth. (yang terhormat)’.
  • Jelaskan alasan pengunduran diri secara jujur, sopan serta tidak menyinggung atasan.
  • Tidak menuliskan kesan buruk mengenai tempat Anda bekerja.
  • Sampaikanlah ucapan dan rasa terima kasih Anda kepada atasan dan seluruh bagian perusahaan. Apabila Anda menambahkan doa dan harapan bagi kelangsungan perusahaan tentunya akan lebih baik lagi.
  •  Surat pengunduran bisa Anda ketik, akan tetapi jauh lebih baik apabila Anda menulisnya secara manual menggunakan tangan.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari PekerjaanSetelah Anda mengetahui komponen, format serta aturan dalam pembuatan surat pengunduran diri, kini saatnya Anda mengetahui contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Ada berbagai macam contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, mulai dari format sederhana hingga surat pengunduran diri dari instansi tertentu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak ulasan mengenai contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar di bawah ini:

Contoh Surat Pengunduran diri Yang Baik dan Benar

  • Contoh surat Pengunduran diri yang baik dan benar serta Sederhana

Depok, 2 September 2019

Kepada Yth,

Manager HRD

CV Barokah Sejahtera

Jl. Juragan Sinda Raya

Depok, Jawa Barat

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya secara resmi mengundurkan diri dari perusahaan Bapak/Ibu. Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan kepada perusahaan dua bulan sebelumnya dan akan berangkat pada tanggal [tanggal masuk].

Selama ini, saya benar-benar menikmati waktu saya bekerja di CV Barokah Sejahtera. Walau demikian, takdir berkata lain. Saya telah memutuskan untuk melakukan langkah pengunduran diri untuk memajukan karir saya. Saya ingin mengungkapkan betapa saya menghargai kesempatan yang telah Bapak/Ibu berikan selama satu tahun terakhir, dan saya tentu akan sedih untuk meninggalkan tim.

Baca Juga:   Jenis Usaha Perseorangan Dan Jenis Usaha Kelompok

Tolong beritahu saya jika Bapak/Ibu ingin membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

Hormat Saya

       [Tanda Tangan]

Fathan Mubarok

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

Jakarta, 17 Agustus 2019

Kepada Yth,

Direktur HRD

  1. Adhi Karya

Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:  Titania  Nur Fadhilah
Departemen: Staff Administrasi
Jabatan: Karyawan
No.Karyawan: 1234567890

Menulis untuk memberikan kabar bahwasanya saya akan meninggalkan PT. Adhi Karya  dikarenakan kehamilan saya. Dengan kesedihan, saya harus meninggalkan pekerjaan saya selama ini di mana saya telah bekerja dengan tim hebat. Saya  telah benar-benar menikmati berbagai proyek dan tantangan yang diberikan oleh perusahaan selama ini.

Sesuai kontrak kerja, saya memberikan pemberitahuan dua bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 17 Agustus 2019. Saya yakin bahwa saya masih bisa menyelesaikan proyek saya pada saat itu kemudian menyelesaikan proses penyerahan. Saya berencana untuk tinggal di rumah bersama suami dan bayi (anak saya) selama beberapa tahun pasca proses persalinan. Walau demikian, saya masih terbuka untuk berdiskusi tentang kembali bekerja di masa depan.

Terima kasih atas semua dukungan dari berbagai pihak.  Silahkan hubungi saya kembali jika Bapak/Ibu memerlukan informasi lebih lanjut kepada saya.

Dengan hormat

[Tanda Tangan]

Titania Nur Fadhilah

  • Contoh Surat Pengunduran Diri karena Sakit

Yogyakarta, 03  September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur IT  Computer

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Febriyanto Wahyu Pambudi

Jabatan                      : Chief Information Security Officer

Bekerja sejak             : 7 Januari 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari IT Computer. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena menderita sakit kanker prostat. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan rekan kerja di PT IT Computer. Semoga PT IT Computer segera menemukan pengganti yang lebih baik. Serta semoga PT IT Computer semakin jaya.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]

Febriyanto Wahyu Pambudi

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Dikarenakan Ingin Melanjutkan Study

Malang,  1 September 2019

Kepada Yth,

HRD Manager

  1. Daarul Yaqin

Jalan Ir. Soekarno-Hatta

Malang

Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini saya memutuskan bahwa saya akan meninggalkan PT. Daarul Yaqin segera. Saya memutuskan untuk melanjutkan studi penuh waktu di sebuah universitas di kota Madinah, Saudi Arabia. Alhamdulillah, Segala Puji bagi Tuhan, saya mendapatkan beasiswa penuh untuk melanjutkan studi saya di sebuah universitas di kota Madinah. Saya percaya bahwa ini akan membantu memajukan karir serta kualitas kehidupan saya dalam jangka panjang.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan pekan terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 1 Oktober 2019.

Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk saya selama dua tahun terakhir ini. Semoga Tuhan, Allaah, senantiasa membalas kebaikan yang Anda serta perusahaan berikan kepada saya selama ini.

      Dengan hormat,

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fathan

  • Contoh Surat Pengunduran diri Langsung ke Direktur Perusahaan

Surabaya, 29 Agustus 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Gizi Indonesia

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                             : Regina  Aulia

Tempat, tgl. lahir      : Jakarta, 21 Mei 1990

No. Pegawai               : R1234

Jabatan                       : Konsultan Gizi

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2010

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Gizi Indonesia. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir serta mengurus keluarga. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Gizi Indonesia atas pengalaman serta kesempatan bekerja yang Bapak berikan selama ini.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf

Baca Juga:   Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Hormat saya,

Regina Aulia

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Tidak setuju Dengan Kontrak Kesepakatan Kerja

Bekasi, 1 Maret 2019

Yth. Ketua Umum Asosiasi Indonesia Mengabdi

Kota Bekasi

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Deny Sudirman

Tempat, tgl. lahir          : Nganjuk, 17 Agustus 1980

Jabatan                        : Asisten Staf Departemen Kurikulum

Mewakili Departemen Kurikulum, saya mengajukan permohonan mengundurkan diri atas nama anggota staf departemen kurkulum dari keanggotaan Asosiasi Indonesia Mengabdi. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena tidak sepakat dengan keputusan kesepakatan kerja yang kami rasa belum sepenuhnya disetujui oleh seluruh anggota staf departemen kurikulum. Hal tersebut karena berpotensi akan mengganggu lalu lintas, dan juga waktu bekerja.

Sekian surat pengunduran diri kami. Harap menjadi pertimbangan untuk keputusan selanjutnya.

Atas nama Asosiasi Indonesia Mengabdi Departemen Kurikulum

{TTD}

Deny Sudirman

 

  • Contoh

    Surat Pengunduran diri di Instansi Pemerintahan

Subang, 3 Mei  2019

Kepada Yth.

Bapak HRD Manager PT. Garuda Indonesia

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raka Utsman

Tempat, tgl. lahir          : Bandung, 3 Januari 1994

Jabatan                          : Legal Advisor

Bekerja sejak                     : 2015

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Garuda Indonesia. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena sakit yang membutuhkan perawatan intensif. Saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah serta segenap direksi PT. Garuda Indonesia atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama ini.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 Hormat saya,

[TTD]

Raka Utsman

  • Contoh Surat Pengunduran Diri dari Instansi Swasta

Subang, 30 April 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. Subang Technology

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Candra Kirana Dewi

Tempat, tgl. lahir         : Subang, 4 Mei 1989

No. Pegawai                   : C101010

Jabatan                             : Accounting Manager

Departemen                  : Accounting

Bekerja sejak             : 2010

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Subang Technology. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya harus pindah mengikuti suami. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Subang Technology. 

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf.

 Hormat saya,

[TTD]

Candra Kirana Dewi

 

  • Contoh Surat Pengunduran Diri yang Bersifat Pribadi

Bogor, 16 Februari 2019

Kepada Yth,

HRD Manager

  1. Bogor Mengabdi

Jl. Citayam

Bogor

Dengan Hormat,

Pada tanggal 1 Februari 2019 yang lalu, saya mendapatkan tawaran untuk bekerja di PT Insan Cendekia. Menurut saya, hal itu merupakan kesempatan besar yang tidak bisa saya lewatkan. Sejatinya, saya memiliki keinginan untuk bekerja di ranah bidang pendidikan sejak dahulu. Saya memiliki interest lebih pada bidang pendidikan dan anak-anak. Saat ini, merupakan kesempatan emas bagi saya untuk memperdalam interest saya. Oleh karena itu, sayangnya, saya tidak akan bisa meneruskan pekerjaan saya di PT. Bogor Mengabdi.

Saya berencana untuk mengundurkan diri pada tanggal 1 Maret. Berdasarkan kontrak dengan Pt Bogor Mengabdi, saya berkewajiban untuk memberitahukan pemberitahuan mengenai pengunduran diri dua pekan sebelumnya. Itu berarti, saya harus menyelesaikan tugas-tugas saya sebelum tanggal 1 Maret. Saya memperkirakan bahwa saya dapat menyelesaikan project yang telah berjalan dalam satu pekan kedepan. Walau begitu, saya tetap siaga untuk mendiskusikan beberapa hal mengenai project yang telah saya selesaikan.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang ditawarkan oleh PT Bogor Mengabdi. Saya merasa sangat bersyukur bisa bekerja sekaligus belajar dari tim yang sangat kooperatif, produktif dan inovatif. Saya sangat menikmati waktu saya di sini, terutama dalam hal dunia mengajar.

Akhir kata, pengalaman saya bekerja di PT Bogor Mengabdi tentu menjadi kenangan terindah dalam hidup saya.

Baca Juga:   Contoh Format Proposal Sponsorship yang Baik dan Rapi

Terima kasih atas perhatiannya. Saya haturkan maaf terkait perkataan tingkah laku saya yang kurang berkenan selama ini.

Hormat saya,

[TTD]

Al Fatih Konstantinopel

 

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Menikah

Semarang, 10 Januari 2019

Kepada Yth.

Direktur PT. Incredible Inc

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Asmara Senja

Tempat, tgl. lahir          : Denpasar, 8 Januari 1993

No. Register                  : A4567

Jabatan                           : Medical Technician

Bekerja sejak               : 2016

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Incredible Inc. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya akan menikah pada tanggal 3 Februari 2019 mendatang. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Incredible Inc.

Demikian pengunduran diri dari saya. Apabila ada kurang lebihnya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

[TTD]

Asmara Senja

  • Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Tenaga Profesional

Tangerang, 7 Oktober 2018

Yth. Chief Legal Officer

  1. Merapi Steel

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Hana Exaudia, S.H, M.H

Tempat, tgl. lahir          : Polandia, 3 Maret 1990

Jabatan                        : Staff Legal Officer

Instansi                           : Merapi Steel Law Firm

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari divisi Legal Officer PT. Merapi. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya menemukan beberapa pihak internal yang tidak kooperatif. Perlu dipahami bahwa diperlukan kerjasama yang sinergi antara banyak pihak agar proyek dapat dilaksanakan secara optimal. Diharapkan PT. Merapi Steel bisa kembali bersikap profesional sehingga diharapkan kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

[TTD]

Hana Exaudia, S.H, M.H

  • Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Cikarang, 9 Juni 2018

Yth. HRD Manager Cipta Karya

Cikarang

Melalui surat ini saya Adhitama Revano bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Cipata Karya sebagai Surveyor Kontrol Bangunan, terhitung sejak tanggal 5 Juli 2018 karena adanya keinginan keluarga untuk meminta saya beristirahat secara total di rumah dikarenakan kondisi kesehatan yang kian memburuk. Surat pengunduran ini saya buat sesuai prosedur dengan penuh kesadaran serta tanpa ada paksaan atau motivasi negatif. Saya berharap PT Cipta Karya dapat memahami kondisi saya dan memberikan izin untuk mengundurkan diri.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan serta kepercayaan yang diberikan PT Cipta Karya untuk bekerja di sini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Cipta Karya terhadap kesalahan-kesalahan baik itu perbuatan ataupun ucapan yang pernah saya lakukan.

Saya berharap PT. Cipta Karya terus berkembang dan menjadi yang terbaik. Aamiin.

Demikian surat pengunduran diri saya buat. Semoga pihak PT. Cipta Karya berkenan untuk menyetujui keputusan saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

[TTD]

Adhitama Revano

  • Contoh Surat Pengunduran Diri seorang Karyawan Kontrak

Yogyakarta, 18 Mei 2019

Yth. Raka Adhi Mehendro S.Psi, M.Psi

HRD PT. Perak Kertanegara

Jalan Kaliurang KM 10

Yogyakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Umma Chanifah bermaksud mengundurkan diri dari PT. Perak Kertanegara sebagai staff accounting publik terhitung sejak tanggal 18 Mei 2019.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala bimbingan serta kesempatan untuk bekerja di PT. Perak Kertanegara. Saya juga meminta maaf kepada pimpinan serta seluruh karyawan PT. Perak Kertanegara apabila selama bekerjasama saya melakukan kesalahan baik dalam tindakan ataupun ucapan. Saya berharap semoga PT Perak Kertanegara  selalu menjadi yang terbaik serta menginspirasi banyak pihak.

Demikian surat pengunduran ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

[TTD]

Ummu Chanifah

Sekian contoh-contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar beserta komponen, format serta aturan penulisannya. Semoga contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar di atas beserta tips-tips yang sudah diberikan bisa bermanfaat bagi Anda.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan dan formal ketika hendak menulis surat pengunduran diri. Sekian dan terima kasih.