Contoh Proposal Sponsorship
Edukasi, Umum

Contoh Format Proposal Sponsorship yang Baik dan Rapi

Membuat contoh proposal sponsorship dapat dikatakan mudah namun memerlukan ketelitian dalam menyusunnya. Sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik sehingga tidak ada satupun poin yang terlewatkan begitu saja.

Untuk sebuah proposal sponsorship yang bagus maka setidaknya memiliki unsur penulisan yang rapi, tertata dengan baik setiap bagiannya.

Selain itu, sebelum Anda membuat proposal sponsorship maka minimal Anda mengetahui beberapa hal mengenai pemberi dana sponsor.

Seringkali banyak yang masih salah paham terkait pengertian dari sponsorship dan investor. Banyak yang beranggapan bahwa keduanya adalah sama, padahal memiliki makna yang berbeda jika dilihat dari peran yang ada.

Jika investor hanya sebagai pemberi dana yang nantinya bisa bagi hasil atau dapat kembali modal yang sudah diberikan sebagai investasi, namun sponsorship adalah pihak yang juga turut melakukan promosi atau bahkan bisa juga turut andil dalam menjual barang dari perusahaan Anda.

Itulah yang menjadi perbedaan mendasar antara keduanya. Apabila Anda sudah memahaminya, maka ada beberapa poin yang bisa Anda perhatikan dalam membuat contoh proposal sponsorship yang baik dan benar.

Untuk dapat membuat contoh proposal sponsorship yang baik dan benar, maka beberapa poin berikut ini harus Anda perhatikan:

Unsur-unsur Penting Dalam Proposal Sponsorship

Penggunaan bahasa

Dalam menggunakan bahasa sebuah proposal, maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan tata bahasa yang sopan, lugas, serta jelas. Hal ini akan mampu menarik perhatian dari pihak yang hendak Anda bidik untuk memberikan sponsor.

Baca Juga:   Contoh Struktur Organisasi Perusahaan yang Baik untuk Pengembangan Bisnis

Karena pihak tersebut pastinya akan membaca proposal yang Anda ajukan, dan tentu hal pertama yang dilakukan adalah melakukan scanning. Jika penggunaan dan tata bahasanya bagus, maka pihak yang dituju tidak segan untuk membaca lebih lanjut.

Usahakan tidak adanya typo maupun salah ketik seperti penempatan huruf kapital dan juga hal lainnya, misalnya terkait spasi dan hal lainnya yang juga berhubungan dengan tata tulisan.

Unik atau berbeda dengan yang lain

Hal yang bisa menjadi harus diperhatikan selanjutnya agar proposal yang Anda ajukan di ACC adalah dengan memperhatikan keunikan dari proposal Anda.

Pastikan proposal yang Anda ajukan memiliki brand yang unik, tempat stand yang juga berbeda nuansanya, atau bahkan iklan yang dihadirkan atau display yang ada berbeda dengan yang lainnya. Dengan demikian pemberi dana tidak akan ragu untuk ACC.

Profesionalitas dan totalitas

Dalam memulai bisnis apapun maka etika untuk bersikap profesional adalah suatu hal yang wajib. Untuk itu, jika proposal Anda ingin di ACC maka sebaiknya tunjukkan sikap profesional dan juga totalitas dalam menyusunnya.

Meskipun saat ini Anda baru pertama kali dalam memulainya, maka setidaknya Anda bisa belajar dari para ahli yang sebelumnya sudah menerima sponsorship yang tidak main-main. Hal ini bisa juga Anda siasati dengan mengikuti pelatihan atau webinar tertentu.

Kolom khusus untuk pihak sponsor

Keterbukaan dengan pihak yang akan memberikan sponsor adalah hal yang bagus. Tidak banyak yang menyadari hal ini, karena pihak yang mengajukan dana biasanya hanya memikirkan satu pihak saja.

Untuk itu, salah satu nilai jual yang membuat proposal Anda unik adalah bisa dengan cara yang satu ini. Berikan space atau kolom khusus sebagai bentuk demokrasi untuk pemberi sponsor dalam menyumbangkan ide.

Kemudian untuk Anda yang saat ini sedang mencari tahu contoh proposal sponsorship yang baik maka setidaknya juga harus tahu apa saja format dalam membuat proposal yang bagus.

Baca Juga:   Apa Manfaat Menghargai Usaha atau Pekerjaan Orang Lain?

Baca Juga:

Format Proposal Sponsorship

Cover

Tunjukkan bagian yang menarik pada cover. Pilihan warna juga berpengaruh pada kesan yang hendak disampaikan. Jika Anda ingin memberikan kesan yang semangat dan menarik maka bisa memilih warna jingga.

Untuk kesan warna yang tulus maka bisa dengan pilihan warna biru. Namun hal tersebut bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan, tergantung dari tema acara yang hendak Anda lakukan. Tipsnya adalah pelajari terlebih dahulu konsep-konsep warna yang ada.

Latar belakang

Pilih penulisan atau pemaparan dengan sistematika dari umum lalu ke bagian inti atau khusus. Dengan demikian pembaca akan mudah untuk memahami maksud dan tujuan dalam pembuatan proposal Anda sehingga tidak ragu untuk ACC kegiatan.

Tujuan

Agar proposal Anda diterima maka hal yang perlu diperhatikan adalah dengan memastikan tujuan kegiatan dari proposal Anda tepat, yaitu dengan pemaparan yang spesifik.

Semakin spesifik pemaparan dari proposal Anda mengenai tujuan dari kegiatan, maka akan semakin memungkinkan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak sponsor.

Nama dan juga tema kegiatan

Pastikan Anda tidak keliru mengartikan nama kegiatan dan tema kegiatan. Nama kegiatan adalah gambaran umum, dan tema adalah tujuan atau arah dari nama kegiatan tersebut. Untuk itu pastikan Anda membuatnya dengan benar.

Misalnya saja, nama kegiatan “Pagelaran Seni UKM”, tema kegiatan “Berkarya dan Berjaya untuk Bangsa”.

Bentuk kegiatan

Dalam hal ini paparkan bentuk kegiatan apa saja yang ada di dalam acara pada proposal yang Anda ajukan. Misalnya saja pertunjukan atau show apa saja yang akan digelar, lomba, pameran, workshop, dan lain sebagainya.

Semakin jelas dan bagus segala bentuk kegiatan yang diusung maka besar kemungkinan proposal yang Anda ajukan akan mendapat persetujuan.

Baca Juga:   Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online

Peserta

Anda harus menuliskan jumlah peserta dari kegiatan yang hendak diajukan, sebab akan berpengaruh pada anggaran dalam proposal Anda dengan tim nantinya.

Jika memang belum tahu secara detail, maka setidaknya melalui perkiraan akan terbaca seberapa banyak target dari peserta yang akan datang. Dengan demikian anggaran dapat ditentukan, dan hal ini akan berpengaruh pada pemberi sponsor.

Penyelenggara

Tuliskan siapa atau pihak mana yang akan menyelenggarakan kegiatan dengan jelas.

Jadwal dan tempat kegiatan

Pastikan Anda dan tim sudah menentukan tempat dan juga rincian jadwal kegiatan yang hendak dilakukan agar pemberi sponsor yakin, selain itu jika ada hal yang tidak diinginkan misalnya lokasi tidak dapat digunakan maka segeralah hubungi pihak sponsor.

Susunan acara

Tuliskan dengan baik susunan acara, jangan sampai ada yang terlewat. Hal ini bisa juga disusun oleh tim pada divisi acara Anda.

Susunan panitia

Susunan panitia terdiri dari ketua pelaksana, wakil bila ada, sekretaris, bendahara, sebagai tim inti. Dan juga tim lainnya yang terbagi ke dalam beberapa divisi.

Rancangan anggaran

Tuliskan rancangan anggaran dari kegiatan yang hendak dilakukan. Ini menjadi tugas bendahara dan segera mungkin dilaporkan pada sekretaris untuk menyusun proposal.

Secara lebih lengkap, bagi Anda yang saat ini sedang mencari tahu lebih jelas mengenai contoh dalam membuat proposal untuk sebuah sponsor maka bisa mencoba mencarinya di Google dengan pencarian menggunakan keyword yang sama.

Maka ada banyak jenis file baik berupa word maupun pdf. Anda dapat mempelajarinya dengan baik terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda membuat proposal sponsorship. Amati, tiru, dan modifikasi merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.

Itulah contoh dan format proposal sponsorship, semoga jadi referensi yang bermanfaat untuk project Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =