Cara Membuat dan Salin Link WA Sendiri yang Bisa Kamu Coba

WhatsApp atau WA menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan yang paling banyak penggunanya. Bahkan bagi kalangan pebisnis, aplikasi ini sangat berguna terutama yang memiliki toko online pada lini bisnisnya. Lantas, bagaimana cara buat dan salin link WA sendiri? Simak ulasan berikut ini!

Pentingnya Link WhatsApp dalam Bisnis

Selain untuk komunikasi kasual, banyak orang juga menggunakan WA untuk keperluan bisnis professional. Tak ayal mereka memanfaatkan WhatsApp sebagai alat komunikasi dengan pelanggan. 

Apalagi pada fiturnya kini memungkinkan untuk menyisipkan tautan atau link khusus tanpa harus repot menyimpan nomor pelanggan mereka.

Nah, jika kamu pernah mengunjungi website atau media sosial suatu toko online,  sering kali menemukan link hidup yang mengarah langsung ke halaman chat WhatsApp mereka. Usut punya usut, ternyata membuat link semacam itu tidaklah sulit. Kamu tidak harus pandai coding untuk melakukannya.

Cara Membuat Link WhatsApp

Saat kamu berkecimpung dalam bisnis online, penting untuk mencantumkan contact person agar pembeli dapat menghubungi penjual secara langsung. Kamu dapat membuat contact person tersebut dalam bentuk link hidup yang langsung terkoneksi dengan WhatsApp atau WA toko kamu.

Terdapat beberapa metode yang bisa kamu tiru untuk membuatnya, termasuk cara salin link WA itu sendiri tanpa harus capek-capek menyimpan nomor calon pembeli.

1. Cara Manual

Kamu perlu menggunakan URL tertentu yang nantinya akan beralih ke halaman chat WA. Adapun cara manual ini terbagi lagi dalam tiga jenis, antara lain:

Baca Juga:  Arti Repost, Tujuan, Tipe, dan Cara Melakukannya di Media Sosial

a. Link langsung

Link langsung biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu link standar WA (https://wa.me/) dan nomor telepon.

Misalnya, jika nomor telepon kamu adalah +626123 456701, maka link langsungnya https://wa.me/626123456701.

Pastikan kamu tidak menyertakan karakter khusus seperti tanda kurung dan tanda hubung saat mengisi nomor telepon. Sebab, link tersebut malah nantinya tidak berfungsi.

b. Link Langsung dengan Pesan Tertentu

Ketika mengklik jenis link ini, pesan template akan secara otomatis muncul pada kolom teksnya. Formatnya kurang lebih sebagai berikut:

https://wa.me/?text=<pesan yang sudah diisi sebelumnya>

Anggaplah nomor telepon kamu tetap tidak berubah, lalu kamu menambahkan pesan pembuka dalam bentuk teks, contoh: 

“Halo, Saya ingin mengetahui lebih lanjut terkait layanan produk toko online dot com”.

Format link-nya berarti:

https://wa.me/626123456701?text=Halo,+Saya+ingin+mengetahui+lebih+lanjut+terkait+layanan+produk+toko+online+dot+com.

c. Link Langsung untuk Broadcast 

Sama halnya dengan poin kedua, namun yang membedakan hanya fungsinya saja. Jenis ini lebih ke arah pesan broadcast. Biasanya link ini akan berguna ketika ada pengguna yang mendaftar pada suatu form website dan secara otomatis terkirim ke WA mereka.

Misal, jika template-nya, “Terima kasih telah mendaftar!”, maka format link-nya adalah:

https://wa.me/?text=Terima+kasih+telah+mendaftar! 

2. Cara Otomatis

Mumet pakai cara manual? Jangan khawatir, alternatif lainnya kamu bisa menggunakan cara otomatis untuk membuatnya. Pada metode ini kamu hanya perlu menggunakan tools tambahan yang dapat kamu gunakan secara gratis di internet.

Adapun beberapa rekomendasi tools yang bisa kamu gunakan meliputi:

  • https://linknge.com/
  • https://wa.wizard.id/

Berikut empat langkah cara membuat link dengan tools yang bisa kamu ikuti:

  • Pertama, buka terlebih dahulu salah satu website tools yang direkomendasikan, boleh memakai linknge.com atau wa.wizard.id.
  • Kemudian isilah kolom yang tersedia seperti nomor telepon, kode telepon negara, dan template pesan otomatis yang ingin kamu tulis.
  • Cek kembali pada bagian preview apakah sudah sesuai semua atau belum. Setelah dirasa oke, kamu bisa klik generate link.
  • Setelah dapat hasilnya, kamu bisa menyalin link tersebut pada website toko online kamu.
Baca Juga:  Cara mematikan auto update windows 11

3. Cara Bit.ly

Pernah mendengar bit.ly? Ya, platform ini menyediakan layanan pengelolaan tautan atau link yang memungkinkan link tersebut menjadi lebih ringkas.

Misalnya website kamu memiliki halaman produk seperti contoh ini:

tokoonile.com/jersey-bola-ac-milan-home-2022-20230-long-sleeve

Jika kamu ingin membagikan link tersebut ke sosial media, tentu tidak efisien. Apalagi beberapa sosial media seperti Twitter memiliki batasan jumlah karakter di postingan dan informasi akun. Sama halnya dengan link WA yang URL-nya terbilang sangat panjang. 

Dengan menggunakan bit.ly, kamu dapat membuat link menjadi lebih ringkas  Jadi, saat dibagikan ke sosial media atau toko online kamu akan lebih mudah dipahami pembaca.

Berikut beberapa langkah membuat link dengan menggunakan platform bit.ly:

  • Buka website bit.ly pada peramban kamu, kemudian cari kolom yang tersedia untuk meringkas link.
  • Masukkan link WA yang sudah kamu salin di kolom yang tersedia, kemudian klik Shorten.
  • Setelah selesai, kamu dapat menyalin link dengan cara klik ‘Copy’.dan link berhasil kamu ringkas dengan Bit.ly.

Cara Salin Link WA Sendiri

Setelah kamu mengetahui cara membuatnya, kini kamu bisa menyalin link WA tersebut untuk dibagikan ke berbagai macam platform.

1. Website

Menambahkan link ke website merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengonversi pengunjung kamu. Selain dapat menyalin link secara sederhana, cobalah untuk menyematkannya ke dalam banner yang bertuliskan “Hubungi Kami” atau “Dukungan 24/7” sebagai CTA yang mengarah ke halaman chat WA.

2. Halaman Media Sosial

Hampir setiap platform media sosial mendorong bisnis untuk menambahkan alamat website mereka. Jika pelanggan kamu lebih suka mengirim pesan langsung daripada berselancar sendiri, kamu dapat menempatkan tautan klik-ke-chat pada fitur medsos tersebut. 

Baca Juga:  Cara Merekam Telepon Whatsapp Terbaru di Hp

Misalnya, Facebook bahkan menyediakan opsi bagi bisnis untuk menambahkan tombol WhatsApp langsung pada halaman mereka: Caranya, buka halaman Facebook kamu, klik Add Button, lalu pilih WhatsApp dan masukkan nomor aktif yang sudah kamu siapkan.

3. Postingan Media Sosial

Jika kamu ingin mengarahkan trafik ke obrolan WhatsApp, ingatlah untuk menyematkan link ke semua platform yang aktif. 

Selain pada profil, kamu juga dapat menyalin link ke postingan media sosial kamu. Cobalah untuk melacak jangkauan, keterlibatan, dan Click Through Rate (CTR) untuk melihat bagaimana link tersebut dapat membantu bisnis kamu.

4. Profil Google My Business

Tidak dapat dipungkiri, profil Google My Business yang lengkap dapat meningkatkan visibilitas toko online kamu serta juga memudahkah pengguna untuk menemukannya.. Jadi, jangan abaikan pentingnya menambahkan link WA ke profil Google My Business kamu.

Sudah Tahu Cara Buat dan Salin Link WA Sendiri?

Pada intinya, link WhatsApp dapat memudahkan interaksi sebagai bentuk layanan suatu bisnis. 

Hanya membutuhkan satu klik, audiens kamu dapat mengirimkan suatu pesan dan memungkinkan meningkatkan prospek penjualan toko online kamu. Terlebih, bisnis yang aksesnya mudah justru akan membangun basis pelanggan setia di dalamnya. 

Selain itu, bisnis dapat mengarahkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat dengan menyertakan pesan yang telah ditentukan sebelumnya. 

Sering kali, pertanyaan pelanggan mungkin tidak cukup spesifik dan membutuhkan kejelasan lebih lanjut, yang dapat mengarah pada serangkaian tindak lanjut berikutnya yang cukup memakan waktu. 

Oleh sebab itu, teks yang telah diisi sebelumnya dapat membantu pelanggan untuk menyusun pesan sesuai keinginan mereka sehingga meminimalkan beban pekerjaan yang tidak semestinya. Fitur link WhatsApp juga bisa kamu gunakan sebagai hyperlink, QR code, dan diintegrasikan ke dalam gambar.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment