Cara Rekam Layar Di HP Android dan IPhone

Apakah kamu mengetahui apa itu fitur rekam layar? Di beberapa HP fitur ini dinamai screen recorder atau sering disebut juga dengan start screen? Dari begitu banyak fitur bawaan di dalam ponsel genggam, sebagian orang nyatanya belum tentu menguasainya secara penuh termasuk bagaimana cara mengoperasikan aplikasi rekam layar di HP android dan Iphone. Padahal, pada tipe-tipe HP tertentu fitur perekam layar ini sudah bawaan pabrik sehingga pengguna tidak perlu susah payah untuk download terlebih dahulu.

Demi memuaskan hati pelanggan setianya, beberapa brand HP memang sengaja melengkapi ponsel buatan mereka dengan fitur rekam layar. Seperti namanya, fitur yang satu ini berfungsi untuk merekam segala aktivitas di layar HP kita.

Tidak bisa dimungkiri, di zaman serba digital seperti sekarang fitur rekam layar sangatlah penting. Misalnya untuk merekam kegiatan belajar mengajar entah melalui Zoom ataupun Google Meet, merekam video tutorial, merekam panggilan video, merekam game yang sedang dimainkan, membuat video di channel Youtube dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur rekam layar ini, kamu juga bisa membagikan informasi dalam bentuk video rekam layar atau bisa juga untuk kepentingan pribadi, hanya sekadar untuk menambah koleksi di galeri.

 Cara Rekam Layar Di Hp Android

Biasanya, orang-orang menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam layar. Namun ini tentu saja sangat bergantung pada tipe dan merek HP apa yang digunakan. Misalnya saja pada HP Samsung. Ternyata masih banyak yang belum tahu brand asal Negri Gingseng ini sebenarnya sudah menyediakan fitur bawaan untuk melakukan rekam layar secara tersembunyi, tetapi memang harus diatur terlebih dahulu secara manual.

Baca Juga:  Cara Menambang Bitcoin Di Android Mudah dan Tidak Ribet

Bagi kamu pengguna setia HP Samsung, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama Game Launcher, bukan?

Sebenarnya fungsi utama dari Game Launcher bukanlah untuk rekam layar, melainkan sebagai pusat kendali saat sedang bermain game. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat secara otomatis menonaktifkan notifikasi ponsel supaya tidak mengganggu aktivitas bermain game, mengunci tombol ‘back’ dan ‘recents’, jadi kamu tidak perlu khawatir akan keluar dari game jika secara tidak sengaja menekan tombol tersebut. Selain itu, Game Launcher juga dilengkapi fitur screenshot dan perekam layar yang dapat digunakan selama kamu bermain game.

Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Untuk rekam layar tanpa aplikasi tambahan di HP Samsung, pertama-tama bukalah menu pengaturan atau setelan.
  • Gulir terus ke bawah sampai menemukan pilihan fitur lanjutan lalu klik.
  • Aktifkan Game Launcher, lalu klik tambah untuk menambahkan di latar belakang. Jangan lupa untuk mengaktifkan Game Tools.

Cara Ngerekam Layar HP Android dan iPhone

  • Cobalah untuk membuka menu Game Launcher. Maka di dalamnya akan tampak aplikasi-aplikasi yang telah kamu tambahkan.
  • Namun jika kamu baru pertama kali menggunakan fitur Game Launcher ini mungkin bagian dalamnya masih kosong.

Perlu diketahui bahwa pada fitur Game Launcher ini memiliki kekurangan yaitu hanya dapat merekam untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja yang kita izinkan, Tidak seperti aplikasi rekam layar lainnya. Misalnya seperti  spotify, webtoon, pinterest dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perlu menambahkan aplikasi mana yang ingin kamu rekam. Begini caranya :

  1. Untuk melakukan perekaman layar, klik opsi titik tiga di bagian kanan atas
  2. Klik tambahkan aplikasi, kemudian kamu bisa bebas memilih aplikasi mana yang akan direkam. Dengan begitu, kamu telah berhasil menambahkan aplikasi tersebut pada Game Launcher.
  3. Klik aplikasi mana yang ingin kamu rekam. Pastikan kamu membuka aplikasi tersebut dari Game Launcher.
  4. Langkah selanjutnya, klik gambar kecil warna oranye pada bagian kiri bawah layar, kemudian akan muncul beberapa opsi, pilih saja tombol rekam.
  5. Jalankan aplikasi tersebut. Setelah selesai, kamu bisa tarik toolbar HP dan pilih hentikan rekaman.
Baca Juga:  Cara Wallpaper Xiaomi Tidak Berganti dengan Mudah

Bagi kamu yang menggunakan HP Oppo dan Vivo, tidak perlu khawatir karena untuk mengaktifkan perekam layar jauh lebih mudah ketimbang di HP Samsung. Terlebih lagi kedua brand tersebut sudah disediakan fitur khusus yang fungsi utamanya memang untuk merekam layar. Lalu bagaimana caranya?

  1. Buka pengaturan atau setelan di HP kamu.
  2. Gulir ke bawah lalu pilih pengaturan pusat kontrol.
  3. Langkah selanjutnya klik perekaman layar atau start screen.
  4. Setelah ditekan, maka segala aktivitas di layar kamu pun secara otomatis akan terekam.

Sebagai informasi, perekaman layar di HP VIVO dan Oppo memiliki periode waktu maksimal yaitu tiga puluh menit. Jadi pastikan rekaman kamu sudah selesai sebelum lewat dari tiga puluh menit.

Cara Rekam Layar Di HP iphone

Sama halnya pada HP android, iPhone juga dilengkapi dengan fitur perekam layar sehingga memudahkan penggunanya untuk mengabadikan segala aktivitas di layar ponsel. Cara mengaktifkannya pun tidak kalah gampangnya dengan HP android. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Kamu bisa mulai ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Selanjutnya gulir ke bawah menuju pusat kontrol, kemudian cari perekam layar dan klik tanda tambah di sebelahnya.
  3. Kamu bisa membuka pusat kontrol di iPhone dan iPad.
  4. Kemudian klik tombol rekam yang berwarna abu-abu.
  5. Kamu bisa keluar dari pusat kontrol untuk memulai perekaman
  6. Jika kamu sudah selesai melakukan perekaman, kembali ke pusat kontrol dan klik tombol rekam lagi untuk berhenti.
Baca Juga:  Tak Perlu Panik, Ini Dia 3 Cara Mengatasi Handphone Samsung Lemot

Cara rekam layar di HP android dan iPhone nyatanya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Meskipun ada bermacam-macam tipe smartphone dengan berbagai penampilan fitur yang berbeda, setelan dan pengaturannya kurang lebih tidak jauh berbeda. Jadi kamu masih tetap bisa mengikuti tutorial di atas, hanya perlu sedikit menyesuaikan saja dengan HP yang kamu miliki.

Mengatasi Rekam Layar Tidak Berfungsi

Apakah kamu tipe orang yang cukup sering menggunakan aplikasi perekam layar? Apakah aplikasi rekam layar di HP-mu tiba-tiba tidak berfungsi? Kejadian seperti ini pasti sangat menyebalkan dan menggangu. Aplikasi di dalam smartphone pun nyatanya bisa eror.

Penyebabnya juga bermacam-macam, sebenarnya ini sangat tergantung bagaimana pemakaian kita sehari-hari sebagai pengguna. Lalu bagaimana jika salah satu aplikasi di ponsel tidak berfungsi semestinya bahkan tidak bisa digunakan sama sekali? Pada aplikasi perekam layar misalnya, padahal beberapa saat sebelumnya tidak ada masalah apa pun. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jangan panik dan simak ulasannya. Tidak perlu terburu-buru karena nantinya HP kamu justru malah eror. Biasanya, permasalah utama terletak pada pengawasan otoritas di HP kamu yang aktif sehingga tidak mengherankan jika aplikasi perekam layar tidak dapat berfungsi, bahkan tanpa kamu sadari ada beberapa aplikasi lain yang juga mengalami permasalahan yang sama.

Agar aplikasi perekam layar di HP kamu berjalan normal kembali, pertama coba kamu buka menu setelan atau pengaturan. Gulir dan matikan saja aplikasi pusat keamanan serta matikan juga pada pengawasan otoritas. Setelah dinonaktifkan, maka aplikasi perekam layar di HP kamu dijamin bisa berfungsi dan berjalan normal kembali.

Leave a Comment