4 Cara Mudah Membuka File HEIC di Android

Cara mudah membuka file HEIC di Android tentu saja diperlukan untuk membuka file berjenis format HEIC dan HEIF. Sehingga file bisa langsung dibuka dengan mudah di perangkat Android.

Tidak hanya untuk handphone saja, cara membuka file HEIC di laptop juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. HEIC dikenal sebagai salah satu format file gambar yang digunakan oleh Apple untuk dirubah menjadi format gambar standar HEIF yang baru di ponsel.

Mengenal Apa Itu File HEIC?

Bagi kamu yang ingin tahu, apa yang dimaksud dengan format HEIC, yaitu sebuah format file yang berisi satu atau lebih banyak gambar, yang disimpan sebagai HEIF. HEIF merupakan kepanjangan dari High Efficiency Image Format.

HEIF berfungsi sebagai metode atau cara untuk menyimpan gambar agar lebih efisien. Secara umum, format HEIC paling sering digunakan untuk menyimpan foto pada perangkat iPhone dan iPad.

Hanya saja, saat ini teknologi HEIF juga digunakan pada handphone Samsung. Sehingga saat kamu mengambil foto dari kamera bawaan HP Samsung, maka fitur HEIF pictures akan diaktifkan dan hasil foto berubah menjadi format HEIC.

Cara mudah membuka file HEIC di Android

Dengan menggunakan cara kompresi yang modern dan canggih, akan memungkinkan foto digital dibuat dalam ukuran file lebih kecil. Sehingga semua tetap akan mempertahankan kualitas gambar yang lebih tinggi ketimbang JPEG.

Cara buka File HEIC dengan Luma

Cara Mudah Membuka File HEIC di Android

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk buka file HEIC di Android adalah Luma. Berikut ini sudah ada langkah membuka file HEIC, antara lain:

  • Pertama, install aplikasi Luma terlebih dahulu melalui Play Store. Setelah terdownload, kamu bisa membuka aplikasinya.
  • Saat pertama kali membukanya akan muncul jendela pop-up perizinan, lalu pilihlah Izinkan/ Allow. Kemudian, bisa pilih ikon tambah (+).
  • Selanjutnya,pilihlah Open Single Image, kemudian carilah file gambar berformat HEIC. Setelah file berhasil terpilih, maka tekan tombol Save as JPG.
Baca Juga:  Aplikasi Pencatat Pengeluaran Harian Pribadi di Android

Menggunakan Convertio

Saat ini memang sudah banyak sekali situs yang menyediakan jasa konversi untuk mengubah format file dalam waktu singkat dan tidak harus memasang aplikasi apapun. Sesuai dengan fungsinya, Convertio dapat mengubah gambar HEIC menjadi JPEG dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, bukalah browser handphone Android lebih dulu. Lalu gunakanlah mesin pencarian Google untuk mengakses situs Convertio atau biasa langsung akses Convert HEIC to JPG.
  • Setelah itu, bisa temukan tombol file yang ada di halaman depan situs ini. Kemudian, lanjut pilih menu tempat file HEIC yang disimpan.
  • Lalu pilihlah gambar yang akan dilihat.
  • Kemudian, bisa klik tombol download dan tunggu sampai proses selesai, maka secara otomatis gambar akan langsung tersimpan di galeri dengan format JPEG.

Menggunakan HEIC to JPG Converter

Aplikasi ini juga dapat membuka file HEIC dengan mudah di Android kamu. Bagi pengguna Samsung biasanya sudah mendukung pengambilan file HEIF dengan kamera ponsel, kemudian  akan disimpan dalam format . HEIC.

Untuk membuka file HEIC atau HEIF langsung bisa langsung dibuka melalui galeri HP Samsung masing-masing. Berikut ini sudah ada cara mudah membuka file HEIC di Android, antara lain:

  • Pertama, bisa membuka file HEIC dengan menggunakan Aplikasi di Android. Lalu kamu bisa download dan install Aplikasi Luma di Google Play Store.
  • Berikutnya, bisa jalankan aplikasinya. Apabila muncul jendela perizinan pilihlah Allow.
  • Kemudian, pilihlah tombol (+) dan klik Open single image atau Open image folder, untuk mencari file gambar dengan ekstensi HEIC.
  • Apabila sudah ketemu dan dipilih, kamu hanya perlu tekan tombol Save as JPG.
Baca Juga:   Cara Menambah RAM HP Android, Main Game Jadi Ngebut, Performa Hp Kembali Prima

Manfaatkan Gmail

Di Android pasti telah dilengkapi aplikasi Gmail yang bisa digunakan untuk melihat gambar dengan format HEIC. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga lainnya. Ikuti cara mudah membuka file HEIC di Android dengan Gmail berikut ini:

  • Pertama, pastikan file yang akan dilihat ada di kotak masuk Gmail yang dimiliki. Apabila file diterima lewat media lain, maka akan diminta untuk mengirim ulang menggunakan Gmail.
  • Selanjutnya, bisa membuka lampiran email yang berisi gambar tersebut. Apabila gambar diambil dengan cara vertikal, maka secara otomatis sistem akan berubah menjadi bentuk horizontal.
  • Setelah itu, gambar akan terbuka dan dapat dilihat, lalu unduh jika dianggap perlu.

Buka File HEIC dengan Aplikasi Tambahan Lain

Masih ada cara mudah membuka file HEIC di Android lain yang bisa dilakukan. Namun, kali ini harus dengan bantuan aplikasi lain.

Aplikasi-aplikasi ini telah tersedia di Play Store, jadi kamu bisa unduh dan pasang di ponsel sebelum menggunakannya. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait buka file HEIC, antara lain:

Menggunakan Dropbox

Menggunakan Dropbox

Selain LUMA, kamu juga dapat menggunakan Dropbox yang berguna untuk membuka format foto HEIC. Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Pertama, login dan unggah gambar dengan format HEIC terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, bisa buka gambar yang telah diunggah.
  • Berikutnya, gambar akan terbuka dalam format JPG.
Baca Juga:  Cara Menghapus Objek Foto di Android dengan Mudah

Buka File HEIC di Windows Menggunakan CopyTrans.

CopyTrans HEIC untuk Windows merupakan salah satu alat gratis yang dapat menambahkan dukungan untuk file HEIC ke mesin Windows. Jadi bisa digunakan untuk menambahkan format file yang asli.

Artinya, kamu bisa melihat HEIC di penampil gambar yang ada setelah menginstal alat ini. Foto HEIC juga akan langsung terbuka seperti foto lainnya di Windows Photo Viewer setelah kamu memasang aplikasi ini. Berikut ini cara mendapatkan aplikasi dan menggunakannya di PC, antara lain:

  • Pertama, buka situs CopyTrans HEIC untuk Windows dan unduh dan instal alat di komputer terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, bisa klik kanan pada salah satu foto HEIC dan pilihlah Properties.
  • Lalu pastikan kamu berada di tab General, dan klik Change.
  • Kemudian, bisa pilih Windows Photo Viewer sebagai alat default untuk membuka foto HEIC kamu.
  • Lalu klik Apply yang diikuti dengan OK di bagian bawah.
  • Kemudian, klik 2 kali pada salah satu file HEIC dan file tersebut akan langsung terbuka secara native di Windows Photo Viewer.
  • Salah satu aspek yang terbaik dari alat ini, yakni memungkinkan kamu untuk mengkonversi foto HEIC ke format JPEG agar dikenal luas.
  • Kamu bisa langsung melakukan konversi ini dengan mudah dari menu konteks yang telah dibuat. Untuk mengonversi gambar, maka pilihlah foto HEIC kamu di File Explorer.
  • Setelah itu, klik kanan pada salah satu foto, dan pilihlah Convert to JPEG with CopyTrans.
  • Alat ini nantinya akan mengonversi dan menyimpan foto yang dihasilkan di folder yang sama dengan foto aslimu. Jadi nantinya foto asli kamu akan tetap utuh.

Itu saja beberapa informasi terkait cara mudah membuka file HEIC di Android. Semoga bermanfaat.

Bagikan Postingan: