Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA Tanpa harus Datang ke Bank

Cara menghapus mutasi rekening BCA saat ini terbilang sangat mudah. BCA memang telah tercatat sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia.

Hal ini sebenarnya tidak lepas dari kualitas pelayanan yang diberikan. BCA banyak sekali memberi kemudahan bagi para nasabahnya dalam menggunakan berbagai macam fasilitas. Termasuk diantaranya saat ingin mencari cara menghapus mutasi rekening BCA.

Nah, kali ini Teknolimit akan mengulas topik yang banyak diminta oleh pengguna BCA khususnya.

Apa itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening merupakan salah satu catatan terkait kegiatan keluar masuk dana. Kehadirannya dapat membantu kamu dalam melakukan pelacakan berbagai transaksi.

Hanya saja, pada situasi tertentu kamu mungkin memiliki keinginan untuk bisa menghapusnya. Jika kamu berada pada situasi ini, BCA akan memberikan kemudahan dalam melakukannya.

Terdapat banyak sekali solusi cara menghapus mutasi rekening BCA yang bisa kamu lakukan. Kamu tidak hanya dapat melakukannya dengan mendatangi kantor cabang BCA yang terdekat. Akan tetapi, ada pula solusi untuk bisa melaksanakannya secara online yang lebih praktis.

Ketentuan Penghapusan Mutasi Rekening BCA

Penghapusan mutasi rekening BCA memang bisa menjadi salah satu hak sepenuhnya seorang nasabah. Hanya saja, saat kamu melakukannya, ada beberapa ketentuan penting yang tak boleh dilewatkan, antara lain:

Penghapusan mutasi rekening sepenuhnya termasuk tanggung jawab kamu sebagai seorang nasabah. Pihak BCA tidak akan bertanggung jawab atas hal-hal yang berhubungan dengan proses penghapusan tersebut.

Cara menghapus mutasi rekening BCA akan berlangsung secara menyeluruh. Ini berarti, kamu bisa menghapus keseluruhan riwayat transaksi yang terjadi terhadap rekening tersebut.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA, Ini Syaratnya!

Data mutasi yang terhapus tidak akan langsung bisa kamu temukan kembali. Jika membutuhkannya, kamu bisa memperolehnya dengan melakukan sebuah pengajuan ke kantor cabang BCA terdekat.

Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA

Ada beberapa pilihan cara menghapus mutasi rekening BCA, ada 2 solusi yang bisa kamu manfaatkan. Keduanya sama-sama telah menawarkan kemudahan, bisa kamu lakukan tanpa harus datang ke kantor BCA, antara lain:

Menghapus Mutasi Rekening BCA dengan Internet Banking

Solusi pertama yang dapat kamu coba untuk  bisa menghapus riwayat mutasi rekening BCA yaitu menggunakan fasilitas internet banking. Layanan ini telah tersedia secara gratis bagi setiap nasabah BCA.

Kamu dapat langsung melakukan registrasi akun internet banking BCA melalui ATM terdekat. Hanya saja, internet banking menjadi salah satu bagian dari paket layanan ATM yang tidak bisa kamu gunakan untuk bertransaksi.

Alasan utamanya yaitu karena kamu tidak akan mendapatkan key BCA untuk bisa melakukan sebuah transaksi. Jika kamu ingin menggunakan layanan internet banking secara menyeluruh dan lengkap dengan key BCA.

Jadi bisa datang ke kantor BCA terdekat. Untuk pemakaian layanan internet banking dengan key BCA, kamu bisa langsung memperoleh beban biaya administrasi tambahan sekitar Rp20 ribu per bulan.

Sebagai solusi cara menghapus mutasi rekening BCA bisa langsung melalui internet banking. Jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan key BCA.

Kamu juga bisa langsung menggunakan perangkat ponsel, laptop, atau komputer desktop yang telah terhubung dengan konektivitas internet aman. Adapun Cara menghapus mutasi rekening BCA adalah sebagai berikut:

  • Pertama, bisa buka halaman internet banking personal terlebih dahulu dengan mengetikkan alamat https://ibank.klikbca.com pada aplikasi browser.
  • Kemudian, lanjut masukkan kombinasi nama user dan password atau PIN dengan benar.
  • Lalu pilihlah opsi menu Administrasi pada layar. Di situ, kamu bisa menemukan banyak pilihan data yang bisa dihapus. Mulai dari daftar transfer, daftar pembayaran, sampai daftar pembelian
  • Cara menghapus mutasi rekening BCA bisa sekali kamu lakukan dengan memilih menghapus daftar transfer.
  • Kamu harus memilih jenis data transfer yang ingin dihapus, apakah transfer menuju ke daftar rekening BCA, Sakuku, virtual account BCA, bank domestik lain, maupun pengiriman uang ke luar negeri (outward remittance)
  • Setelah memilih, maka tekanlah tombol submit. Kamu sudah berhasil melakukan penghapusan data mutasi dan selesai.
Baca Juga:  Pengertian Serta Beberapa Cara Unduh Windows 8 Yang Patut Anda Simak

Menghapus Mutasi Rekening BCA dengan BCA Mobile

Selain data menggunakan layanan internet banking, ada pula cara menghapus mutasi rekening BCA hanya dengan BCA Mobile. Aplikasi BCA Mobile bisa kamu install terlebih dahulu secara gratis untuk perangkat Android dan iOS.

Selain itu, pemakaian dari aplikasi BCA Mobile juga gratis tanpa ada biaya administrasi bulanan. Langkah-langkah untuk menghapus mutasi rekening BCA melalui layanan BCA Mobile bisa kamu ikuti yaitu:

  • Pertama, bisa jalankan aplikasi BCA Mobile. Lalu pastikan kamu telah mempunyai aplikasi BCA Mobile versi terbaru terinstal di smartphone.
  • Selain itu, kamu juga harus bisa menyambungkan aplikasi tersebut dengan rekening BCA yang dimiliki. Kemudian, kamu bisa buka pilihan M-BCA yang bisa ditemukan pada halaman utama.
  • Setelah itu, bisa membuka menu M-BCA, layar nantinya akan meminta kode akses. Lalu tuliskan kode akses dengan benar. Jika salah memasukkan kode akses, maka kamu akan berisiko terblokir
  • Jika sudah berhasil masuk ke akun BCA Mobile, kamu nantinya akan melihat indikator berupa lampu berwarna hijau yang menyala di pojok sebelah kanan layar. Berikutnya, kamu hanya perlu memilih menu M-Admin

Menghapus Mutasi Rekening BCA

  • Lalu bukalah menu Transfer BCA Virtual Account.

  • Cara menghapus mutasi rekening BCA berikutnya, kamu juga bisa melakukan pemilihan pada mutasi yang sifatnya masuk ataupun keluar. Lalu centanglah semua transaksi yang ingin kamu hapus.
Baca Juga:  Cara Transfer Uang dari Luar Negeri ke BCA dan Bank Lainnya

Hapus Daftar. Di situ, nantinya kamu bisa langsung menjumpai daftar mutasi transfer yang berlangsung ke sesama BCA.

  • Untuk bisa melakukan penghapusan, maka kamu bisa menekan tombol Delete yang dapat ditemukan pada bagian pojok kanan atas layar.

cara Menghapus Mutasi Rekening BCA

  • Nantinya, aplikasi dari BCA Mobile akan meminta kamu untuk melakukan konfirmasi penghapusan data. Kamu juga dapat menekan tombol OK kalau data yang ingin dihapus sudah benar
  • Langkah terakhir, Mobile BCA nantinya akan meminta kamu untuk memasukkan PIN sebagai tahapan konfirmasi. Lalu bisa memasukkan PIN dengan benar dan semua data mutasi rekening BCA yang ingin kamu hapus sudah tak akan ada lagi.

Itu saja beberapa solusi cara menghapus mutasi rekening BCA yang bisa kamu coba di rumah. Selain untuk bisa penghapusan data transfer, kamu bisa pula menggunakan kedua layanan tersebut hanya untuk bertransaksi.

Hanya saja, kamu harus bisa memperhatikan biaya administrasi, terutama ketika ingin transfer ke nasabah bank lain. Alih-alih harus bisa  menggunakan layanan dari BCA, kamu juga dapat mempertimbangkan solusi alternatif yang lebih terjangkau.

Caranya hanya dengan menggunakan aplikasi Flip. Dengan Flip, kamu juga dapat melakukan transfer dana secara bebas tanpa perlu membayar biaya admin. Layanan ini sebenarnya telah tersedia untuk pengiriman dana ke lebih dari 100 bank di Indonesia.

Tanpa adanya beban biaya admin, kamu akan jadi lebih hemat. Apalagi, jika kamu terbiasa melakukan transfer antar bank setiap hari. Jadi kamu bisa mulai gunakan Flip untuk gaya hidup yang lebih hemat. Semoga Cara menghapus mutasi rekening BCA bisa bermanfaat.

Leave a Comment