Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi yang Cepat dan Mudah

Pada saat HP Xiaomi digunakan, pastinya akan ada cache yang menumpuk. Untuk membersihkannya tentu Anda harus tahu tentang cara menghapus cache di HP Xiaomi yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kehadiran data cache tersebut sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi. Jumlah dan juga size dari data tersebut juga terbilang sangat kecil dibandingkan dengan jenis data lainnya.

Hanya saja, apabila data cache tersebut dibiarkan dalam waktu lama, maka jumlahnya akan menumpuk. Hal itu tentu nantinya bisa memenuhi memori dan dapat membuat kinerja HP jadi lambat.

Tentang Menghapus Cache

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi yang Cepat dan Mudah

Data cache merupakan suatu residu atau file temporary yang dihasilkan selama Anda menggunakan aplikasi di HP. Ukuran yang dimiliki oleh file cache tersebut umumnya sangatlah kecil sehingga pemilik HP sering untuk mengabaikannya.

Sebenarnya, jika hanya dalam jangka waktu pendek, maka jumlah size data cache tersebut tidak akan jadi masalah. Akan tetapi, seiring dengan penggunaan HP yang dilakukan, ukuran dari data cache tersebut semakin hari semakin bertambah.

Hal itu nantinya dapat membuat memori dan kinerja HP Anda menjadi terbebani. Bahkan, jika jumlahnya sudah terlalu besar, itu bisa mengganggu performa dan menyebabkan beberapa gangguan seperti HP sering lagging, freeze, lambat, ataupun masalah lainnya.

Untuk menghindari munculnya masalah seperti itu, Anda pengguna Xiaomi wajib tahu apa saja cara menghapus cache di HP Xiaomi. Dengan begitu, saat file sudah penuh, Anda bisa membersihkan file cache tersebut secara cepat.

Baca Juga:  Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Terbaru MIUI dengan Mudah

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi lewat Manajemen Aplikasi

Cara pertama yang bisa digunakan untuk membersihkan data cache adalah memanfaatkan fitur manajemen aplikasi di HP Xiaomi Anda. Bisa dikatakan bahwa cara ini dilakukan dengan menghapus cache secara manual satu per satu.

Sebenarnya, cara seperti ini cukup memerlukan waktu lama karena harus menghapus file dari tiap aplikasi satu per satu. Namun, apabila Anda ingin mencoba untuk menggunakan cara ini, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Bukalah menu pengaturan yang terdapat di HP Xiaomi
  • Setelah itu, pilih menu manajemen aplikasi / kelola aplikasi
  • Carilah aplikasi yang akan dihapus file cache-nya
  • Jika sudah, pilih “hapus data”
  • Pilihlah “bersihkan cache”
  • Tunggu beberapa waktu sampai cache dihapus
  • Selesai

Lakukanlah cara yang sama di setiap aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya. Apabila jumlah aplikasi yang Anda gunakan cukup banyak, maka waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan cara ini juga akan bertambah lama.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Aplikasi Keamanan

Cara kedua yang bisa Anda pakai untuk membersihkan cache di HP Xiaomi adalah dengan bantuan aplikasi keamanan. Aplikasi keamanan di Xiaomi memang diberikan untuk membuat aplikasi yang diinstal di HP bisa berjalan secara optimal.

Selain untuk membersihkan data cache, aplikasi keamanan juga mempunyai fungsi lain sebagai manajemen daya baterai, manajemen data, scanning virus, dan lain sebagainya. Nah, untuk membersihkan cache dengan aplikasi keamanan, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, bukalah menu aplikasi “Keamanan” di HP Xiaomi.
  • Setelah itu, pada halaman utama cari dan pilihlah menu “Pembersih”
  • Selanjutnya, akan aplikasi keamanan akan memindai file yang terdapat di HP Xiaomi
  • Setelah proses scanning selesai, pilih menu “Bersihkan” untuk menghapus file sisa dan data cache
  • Tunggu penghapusan data tersebut hingga selesai.
  • Selesai
Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon HP Vivo yang Mudah

Dengan menggunakan cara menghapus cache di HP Xiaomi lewat aplikasi keamanan, proses pembersihan file bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, cara ini juga praktis karena hanya dilakukan dengan menggunakan satu perintah saja.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi dengan Aplikasi Tambahan

Selain menggunakan bantuan dari fitur dan aplikasi bawaan HP Xiaomi, Anda juga bisa membersihkan cache dengan bantuan aplikasi tambahan. Anda bisa mencari aplikasi seperti itu di platform resmi aplikasi Google Play Store ataupun App Store.

Pada pembahasan ini akan dibahas untuk pembersihan cache dengan bantuan aplikasi CCleaner. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa lihat cara menghapus cache di HP Xiaomi dengan CCleaner di bawah ini.

  • Pertama, download dan instal CCleaner di HP Xiaomi Anda
  • Setelah selesai, segera buka aplikasi CCleaner
  • Selanjutnya, tap pada menu “Analisis”
  • Tunggu proses analisis dilakukan oleh CCleaner
  • Setelah proses selesai dilakukan, tap menu “Selesaikan Pembersihan” untuk menghapus file cache secara menyeluruh
  • Selesai

Kurang lebih seperti itu saja penggunaan aplikasi CCleaner untuk membantu Anda dalam membersihkan file cache di HP Xiaomi. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah dilakukan sehingga Anda tidak akan kesulitan saat menggunakannya.

Keuntungan Menghapus Cache Secara Berkala

Dengan memanfaatkan semua cara menghapus cache di HP Xiaomi secara berkala, tentu terdapat keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan menghapus cache secara berkala.

1. Performa HP Terjaga

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, file cache memang hanya punya ukuran yang kecil. Akan tetapi jika sudah menumpuk maka bisa memenuhi ruang memori dari HP Xiaomi milik Anda.

Dengan membersihkan secara berkala, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Alhasil, memori yang lega tetap bisa membuat performa HP Xiaomi terjaga dan kinerjanya bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Sampah di HP Xiaomi dengan Mudah

2. Menjaga Keamanan

Keuntungan berikutnya yang bisa didapatkan dengan menghapus cache secara rutin adalah bisa memberikan keamanan. Pasalnya, pada data cache dapat tersimpan data yang dibutuhkan untuk akses website tertentu.

Tidak jarang, data tersebut sifatnya pribadi sehingga berbahaya jika sampai tersebar. Nah, dengan menghapus cache, semua data tersebut juga akan ikut terhapus sehingga data pribadi yang sebelumnya tersimpan akan aman.

Kesimpulan

Beberapa cara menghapus cache di HP Xiaomi yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan cara paling efektif untuk mengelola data cache. Selain dengan membersihkan cache, pengelolaan lebih baik lagi jika memperhatikan juga ruang memori internal yang ada.

Apabila kondisi internal memori memang sudah merah, maka Anda harus menghapus beberapa data lainnya selain cache. Hal itu karena saat internal memori telah penuh sedikit banyak itu dapat mengganggu performa dari HP Xiaomi.

Terlebih jika memori tersebut banyak aplikasi game dengan grafis berat maka HP lebih terbebani. Kondisi tersebut bisa membebani kinerja HP sehingga menyebabkan masalah seperti lagging ataupun HP jadi lambat.

Apabila memang seperti itu, maka Anda bisa menghapus beberapa aplikasi tersebut. Anda bisa pilih beberapa jenis aplikasi yang mungkin sudah tidak terlalu sering digunakan lagi.

Hal tersebut tentu dapat melegakan ruang memori internal Anda. Dengan begitu otomatis kinerja dari sistem HP Xiaomi tidak akan terbebani dan mesin HP Anda bisa mempunyai usia pakai yang lebih lama lagi.

Demikianlah beberapa cara menghapus cache di HP Xiaomi yang bisa Anda lakukan. Dengan berbekal cara di atas, Anda dapat melakukan pembersihan data cache HP Xiaomi secara rutin sehingga kondisi HP bisa lebih terjaga.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment