Cara Menghapus Akun Google pada HP Xiaomi

Meskipun akun Google banyak sekali manfaatnya, tidak bisa dimungkiri akun Google juga mudah sekali untuk diretas terlebih lagi jika kamu sembarangan membagikan informasi pribadi pada media digital entah disengaja maupun tidak, terutama pada pengguna HP android seperti Xiaomi misalnya.

Jika kamu merasa adanya tanda-tanda peretasan di HP, kamu bisa mengamankan kembali akun kamu. Namun jika dirasa sudah sangat membahayakan, mau tidak mau kamu harus menghapusnya. Dalam ulasan ini akan dibagikan informasi mengenai akun Google dan bagaimana cara menghapus akun Google pada HP Xiaomi.

Apa Itu Akun Google?

Akun Google merupakan akun yang dibuat melalui Google yang terdiri dari email dan password. Fungsinya untuk mengakses segala macam fitur Google dan berbagai macam aplikasi lainnya. Dengan adanya akun Google, kamu bisa melihat dan mengelola informasi pribadi, aktivitas, opsi keamanan dan lain sebagainya.

Tanpa adanya akun Google sudah pasti aktivitas kamu selama berselancar di dunia maya tidak akan berjalan lancar bahkan kemunkinan besar tidak dapat mengakses situs dan aplikasi tertentu.

Manfaat Memiliki Akun Google

Terdapat beberapa manfaat dari akun Google yang mungkin saja belum kamu ketahui, di antaranya :

Log in ke banyak aplikasi

Sekarang ini, aplikasi mana yang tidak menggunakan akun Google untuk mendaftar? Banyak aplikasi yang menyediakan tombol seperti ‘masuk dengan Google’. Misalnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, aplikasi chatting seperti WhatsApp pun menggunakan akun Google untuk backup data.

Menyimpan banyak kontak

Sebagian orang tidak menyadari betapa besar manfaat akun Google, salah satunya untuk menyimpan kontak. Pada umumnya, sistem penyimpanan pada ponsel hanya bisa membuat ratusan kontak saja dan terbatas pada jumlah tertentu tergantung HP masing-masing.

Namun dengan menggunakan akun Google kamu bisa menyimpan ribuan atau ratusan ribu bahkan bisa jadi tidak terbatas jumlahnya. Selain itu keunggulan menggunakan akun Google yaitu kontak telepon yang kamu simpan tidak akan hilang sekalipun kamu berganti-ganti perangkat.

Menyimpan banyak data

Apakah kamu punya banyak data yang harus disimpan, namun media penyimpanan di HP kamu terbatas? Sebenarnya kamu bisa menggunakan flashdisk atau menambahkan memori eksternal pada HP. Akan tetapi flashdisk atau memori eksternal memiliki kapasitas yang terbatas.

Selain itu data-data di dalamnya juga rawan hilang apabila terjadi masalah pada media penyimpanan tersebut. Oleh sebab itu, akun Google yang kita miliki bisa menjadi salah satu solusi terbaik, yakni dengan memanfaatkan fitur Google Drive.

Kapasitas yang disediakan cukup besar dan gratis pula. Namun jika kamu memang membutuhkan kapasitas super, maka kamu bisa upgrade ke premium dengan membayar sejumlah dana. Selain data-data kamu aman, keunggulan lainnya adalah kamu tidak perlu repot-repot memindahkan data meskipun menggunakan banyak berangkat yang berbeda, dengan catatan kamu tidak boleh melupakan email dan password akun Google.

Bisa mengirim surat

Zaman sudah semakin canggih. Di era serba digital seperti sekaang ini, siapa yang tidak mengetahui fitur Google yang bernama Gmail. Seperti namanya, fitur Google yang satu ini digunakan untuk mengirim pesan, dengan syarat kamu harus mendaftar akun Google terlebih dahulu.

Meskipun Gmail merupakan fitur perpesanan, bukan berarti fungsinya hanya untuk keperluan surat menyurat saja, tetapi bisa dimanfaatkan untuk mengirim lampiran seperti dokumen, foto, video dan lain sebagainya. Bisa juga untuk mengirim lamaran kerja serta untuk promosi produk.

Mengatasi Akun Google yang Diretas

Untuk melindungi semua data di HP dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, maka kita harus merahasiakan password akun Google. Namun apa jadinya jika ada orang lain yang mengetahui password akun Google kita? Saat akun Google dan password digunakan di perangkat lain yang tidak dikenal, bukannya tidak mungkin HP kamu sudah diretas alias disadap oleh orang lain.

Dengan demikian semua data yang ada di HP kamu seperti dokumen, gambar, video, foto, kontak telepon dan lokasi bisa dibaca bahkan dicuri serta bisa jadi disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab. Lalu bagaimana solusinya? Jika merasa akun Google kamu diretas, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk memulihkan akun Google, di antaranya :

  1. Buka Gmail. Lalu tekan foto pada akun di atas sebelah kanan. Selanjutnya pilih kelola akun Google, kemudian geser ke keamanan. Jika muncul tanda seru pada gambar gembok, ini menunjukkan bahwa kunci keamanan pada akun kita sedang tidak aman.
  2. Selanjutnya gulir ke bawah. Jika akun Google kamu memang diretas, maka akan muncul dua perangkat yang menggunakan akun Google yang sama, satu milik kamu dan satunya lagi perangkat tidak dikenal.
  3. Untuk mengeluarkan akun Google kamu dari perangkat lain, kamu bisa pilih kelola perangkat lalu pilih opsi titik tiga pada perangkat tidak dikenal tersebut.
  4. Selanjutnya pilih log out, kemudian muncul kotak konfirmasi. Kamu pilih saja tombol log out. Dengan demikian, akun Google kamu akan secara otomatis keluar dari perangkat yang tidak dikenal tersebut.
  5. Amankan akun dengan mengganti password. Geser ke info pribadi.
  6. Gulir ke bawah dan pilih sandi.
  7. Langkah selanjutnya, masukkan password lama akun Google kamu, kemudian akan diminta membuat password baru untuk mengganti password lama.
  8. Untuk itu, buatlah password yang minimal delapan karakter terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Konfirmasikan dengan memasukkan ulang password baru.
  9. Lalu pilih ubah sandi dan pilih mulai. Setelah mengganti password baru di HP kamu, maka tidak akan ada lagi orang lain yang bisa mengakses akun Google kamu secara sembarangan. Dengan demikian, semua data yang ada di HP kamu jauh lebih aman dari peretasan.
  10. Kalaupun ada yang ingin melakukan pembajakan akun kamu lagi, maka orang tersebut harus mengetahui terlebih dahulu password baru kamu. Oleh sebab itu, jangan sembarangan membagikan hal-hal yang berkaitan dengan informasi pribadi seperti tanggal lahir, nomor telepon dan lain sebagainya.

Cara Menghapus Akun Google dari HP Xiaomi

Cara Pertama

  1. Buka menu setelan
  2. Gulir ke bawah lalu pilih akun dan sinkron
  3. Lalu masuk ke menu Google. Di dalamnya terdapat daftar akun Google yang telah kamu log in di HP Xiaomi
  4. Setelahnya, pilih akun Google yang ingin kamu hapus
  5. Pada bagian bawah, pilih lainnya kemudian pilih hapus akun
  6. Kotak peringatan akan terbuka, pilih saja yang hapus akun.
  7. Akun google pun sudah berhasil terhapus.

Cara Kedua

  1. Buka folder Google di halaman utama HP Xiaomi kamu.
  2. Pilih Gmail
  3. Pilih opsi pada tanda strip tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih setelan. Di dalamnya terdapat daftar akun Google yang telah kamu daftarkan di HP Xiaomi.
  4. Pilih opsi titik tiga, kemudian tekan kelola akun.
  5. Pilih Google
  6. Pilih akun mana yang ingin kamu hapus
  7. Pada bagian paling bawah, pilih opsi lainnya, lalu pilih hapus akun
  8. Akun Google kamu pun berhasil terhapus

Kesimpulan

Cara menghapus akun Google pada HP Xiaomi sangat mudah, hanya tinggal pilih mau menggunakan cara pertama atau kedua kemudian ikuti langkah-langkahnya. Sebagai pengguna yang cerdas kita harus cermat dalam mengambil tindakan, apakah akan mengamankan akun kita atau memilih untuk segera menghapus akun Google yang sudah membahayakan privasi kita.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment