Cara Mengatasi Mata Buram Karena HP dengan Mudah dan Terpercaya

Seperti yang sudah kita ketahui, penggunaan HP atau smartphone tidak pernah luput dari kegiatan sehari-hari. Sayangnya, jika menatap layar kaca terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata, misalnya mata menjadi buram. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara mengatasi mata buram karena HP agar kegiatan Anda tidak terganggu.

HP Penyebab Mata Buram Tertinggi di Dunia

Meskipun memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi manusia, ternyata HP juga dapat memberikan dampak negatif pada mata jika kita menggunakannya dalam waktu lama.

Baca juga: cara edit pdf 

Selain itu HP juga menyebabkan penggunanya mengalami sindrom atau kecanduan, sehingga lupa waktu dan pekerjaan di dunia nyata lebih-lebih lagi, saat ini muncul berbagai macam game yang semakin menarik minat masyarakat menggunakan Hp dalam waktu lama.

cara mengatasi mata buram karena HP

Namun, Anda harus-hati-hati karena jika kecanduan dan terlalu lama, besar kemungkinan Anda akan mengalami mata buram. Banyak penelitian yang menyebutkan gejala tersebut muncul karena mata merasa lelah dan kerasnya sinar biru yang dikeluarkan HP. Karena saat melihat HP mata Anda akan mencoba menyesuaikan agar bisa melihat layar dan objek dengan jelas. Berikut beberapa cara mengatasi mata buram karena HP yang harus Anda ketahui:

Sela Mata Dengan Istirahat

Seperti penjelasan di atas, mata buram disebabkan karena mata terasa lelah dan kerasnya sinar yang dipantulkan perangkat yang Anda gunakan. Oleh karena itu, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengistirahatkan HP sejenak saat di depan layar HP.

Baca Juga:  2 Cara edit Video Tiktok yang Paling Menarik

Sebagai contoh, Anda bisa berhenti selama 15 menit setelah menggunakan HP selama 3 jam tanpa henti. disamping itu, Anda juga bisa mengalihkan pandangan menjauhi HP sekali dalam kurun waktu 20 menit.

Selain itu, Anda juga bisa melihat benda lain yang jauh dari tempat Anda berada, hal ini bertujuan agar mata kembali fokus dan teralihkan dari rasa lelah.

Mengedipkan Mata

Selain mata lelah dan kerasnya sinar layar, mata kering juga menjadi penyebab mata buram yang sering dialami pengguna gadget. Mata kering bisa Anda atasi dengan mengedipkan mata. Jika Anda sedang fokus di depan layar, usahakan berkedip menanam 18 kali dalam semenit.

Selain jarang berkedip, mata kering juga bisa disebabkan karena ruangan panas atau menggunakan pemanas. Saat berada di ruangan tersebut Anda akan cepat merasa ngantuk dan mata menjadi panas. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu berkedip saat berada di ruangan panas atau depan layar HP.

Menggunakan Obat Tetes Mata

cara mengatasi mata buram karena HP adalah menggunakan obat tetes mata. Selain dengan rajin berkedip ada banyak obat tetes mata yang bisa melembabkan mata dan mencegah mata kering. Obat ini bisa Anda dapatkan dengan bebas di puskesmas atau apotek terdekat.

Namun, Anda harus memperhatikan resep penggunaan yang sudah di setiap botol kemasan obat. Jika mata masih kering, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Perhatikan Postur Tubuh Saat Menggunakan HP

Postur tubuh yang kurang baik juga dapat menyebabkan mata cepat lelah dan lebih banyak menerima pantulan cahaya dari perangkat. Jarak yang disarankan adalah berkisar 50-70 cm. sedangkan untuk jarak pandang an angle sata menatap layar usahakan sekitar 10-12 di bawah mata Anda.

Baca Juga:  5 Cara Edit Foto di Photoshop dengan Mudah, Cocok untuk Pemula

Berusaha Menghindari Pantulan Layar Dari HP

Sama halnya dengan kaca pada umumnya, layar HP juga bisa memantulkan cahaya dengan baik ke mata Anda. Hal ini dapat mengganggu mata dan mengharuskan mata bekerja lebih keras dibandingkan saat tidak menggunakan HP.

Oleh Karena itu, sebisa mungkin menghindari pantulan langsung cahaya HP, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  1. Menggunakan tiri untuk menutupi jendela,
  2. Gunakan lampu dengan kapasitas watt rendah,
  3. Redupkan cahaya lampu atau cahaya layar HP
  4. Gunakan pelindung HP yang agak hitam, hingga pantulan cahaya bisa diminimalisir. 

Gunakan kacamata yang sesuai

Khusu bagi Anda yang memiliki gejala rabun jauh atau rabun dekat sebaiknya menggunakan kacamata saat bermain HP, selain itu bagi yang tidak mengidap rabun,sangat disarankan untuk menggunakan kacamata anti radiasi, agar pantulan cahaya bisa diminimalisir.

cara mengatasi mata buram karena HP

Tujuan dari penggunaan kacamata adalah untuk melatih fokus mata. Dengan demikian mata tidak perlu bekerja dengan berat untuk melihat objek di layar HP. Untuk mendapatkan kacamata anti radiasi yang baik dan sesuai standar, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan pihak medis.

Dengan menggunakan kacamata anti radiasi, penglihatan Anda akan lebih nyaman saat mata melakukan kontak langsung dengan layar digital.

Peraturan 20-20-20

cara mengatasi mata buram karena HP selanjutnya adalah dengan menerapkan aturan 20-202-20. Maksudnya adalah, setiap 20 menit, Anda membutuhkan istirahat sekitar 20 detik. Kemudian fokuskan mata pada objek lain dengan jarak minimal 20 kaki atau sekitar 7 meter. Cara ini bisa membuat mata Anda rileks dan tetap aktif.

Konsumsi Jus buah ginkgo biloba

siapa sangka buah ginkgo biloba bisa dimanfaatkan sebagai jus sehat yang mampu membuat Anda Menjadi sehat hanya dengan mengkonsumsinya satu kali dalam sehari. Buah ginkgo terbukti bisa mengatasi mata buram dan rabun dan juga melancarkan peredaran darah termasuk yang mengalir ke mata. Buah ini mengandung zat flavonoid, antioksidan, zat proanthoc xanidine quercetin, Isorhamnetin, zat 4-0 metil, kaempferol, piridoksin, vitamin C, lakton terpen, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  8 Cara Download Youtube PC dengan Mudah via Online/Aplikasi

Latih Mata Dengan Metode Sederhana

Melatih mata dengan rutin juga dapat mengatasi mata rabun dan mata iritasi. Misalnya latihan membuat angka delapan secara horizontal, berkedip beberapa kali dengan cepat, atau melatih fokus mata, dengan metode itu, akan dapat mencegah mata tegang yang berakibat iritasi dan juga mata buram.

cara mengatasi mata buram karena HP

Mengonsumsi Jus blueberry

Blueberry dipercaya memiliki nutrisi tinggi termasuk kalsium, asam folat, vitamin C, dan seng yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah gangguan terhadap penglihatan seperti mata merah, mata buram, mata gatal atau terjadi tahi mata berlebih pada sudut mata yang disebabkan debu atau serangan radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, sebaiknya diolah menjadi jus atau makanan lainnya, sehingga Anda dapat makan enak dan mata menjadi lebih sehat.

Jus wortel dan tomat

Cara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi jus wortel dan juga tomat, banyak penelitian yang menyebutkan vitamin A yang terkandung di dua jenis sayuran ini sangat baik untuk kesehatan mata. Selain mengandung vitamin A, buah dan sayur ini mengandung betakaroten tinggi, dan Vitamin C yang dapat melindungi retina mata dari kumpulan noda katarak yang menghalangi lensa mata.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi mata buram karena HP. Cara di atas dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah dan cepat. Jika semua cara di atas tidak mampu mengatasi mata buram, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

Leave a Comment