Cara Mengatasi Desktop Background Blank dan Tidak Bisa Diubah di Windows 10

Tidak sedikit para pengguna Windows 10 mengeluhkan permasalahan tentang background laptop mengalami blank padahal kondisi perangkat dalam keadaan hidup. Alhasil membuat tampilan layar menjadi kurang menarik. Kondisi itu tentunya sangatlah menganggu terlebih jika pada saat itu kamu ingin mengganti tampilannya agar lebih keren.

Jika hal itu terjadi pada kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya saat ini sudah ada Cara mengatasi desktop  background blank dan tidak bisa diubah di windows 10 dengan mudah tanpa harus membawanya ke tempat servis. Lantas bagaimana cara mengatasi background laptop yang tiba-tiba blank itu?.

Beberapa Penyebab Layar Laptop Tiba-Tiba Blank dan Tidak Bisa di Ubah ke Windows 10

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara mengatasi desktop background blank dan tidak bisa diubah di Windows 10, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

Diharapkan dengan mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu nantinya bisa mempermudah dalam mengatasi permasalahan tersebut. Adapun 5 penyebab mengapa background pada laptop blank dan tidak bisa diubah di Windows 10 seperti berikut ini.

1. Proses Update yang Kurang Sempurna

Proses update Windows yang tidak sempurna juga bisa menjadi penyebab mengapa background laptop blank. Biasanya proses update yang tidak sempurna itu bisa terjadi dikarenakan ketika sedang melakukan proses instalasi Windows baterai laptop tiba-tiba mengalami drop.

Bukan hanya itu saja pemadaman listrik yang terjadi secara tiba-tiba pada saat melakukan  instalasi juga bisa membuat proses update menjadi kurang sempurna. Dengan begitu menyebabkan Windows yang diinstal menjadi cacat dan layar blank. Oleh karena itu agar hal tersebut tidak terjadi pada laptop kamu pastikan ketika sedang melakukan proses update Windows kondisi baterai dan listrik dalam keadaan aman.

Baca Juga:  Cara Masuk Ke Safe Mode di Windows 10 dan Windows 11

2. Permasalahan Sistem Windows

Penyebab pertama mengapa background laptop tiba-tiba mengalami blank dan tidak bisa diganti ke Windows 10  dikarenakan adanya permasalahan pada sistem Windows. Hal itu bisa terjadi dikarenakan tidak jarang untuk mengubah wallpaper sistem operasi akan membutuhkan adanya akses administration.

Misalnya ketika sedang berada di kantor untuk mengganti background pada layar laptop kamu diharuskan untuk memasukkan password admin terlebih dahulu. Jadi dalam hal ini kamu perlu meminta bantuan dari tim IT ketika ingin melakukan penggantian background yang blank dan tidak bisa diubah ke Windows 10.

3. File Wallpaper Mengalami Permasalahan

File wallpaper yang bermasalah juga bisa mengakibatkan background laptop tiba-tiba mengalami blank dan tidak bisa diganti ke Windows 10. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang menyebabkan file itu mengalami kerusakan seperti kegagalan dalam mengunduh, gambar  hilang.

Biasanya penyebab dari gambar hilang di sini dikarenakan penggunanya telah menghapus secara tidak sengaja atau memindahkannya ke file lainnya. Oleh karena itu untuk memastikan apakah gambar itu sudah dihapus atau tidak perlu mengecek terlebih dahulu di tempat penyimpanan.

Bukan hanya itu saja file wallpaper yang  akan dipakai mengalami corrupt juga bisa menjadi penyebab kerusakan gambar. Dalam hal ini untuk mencegah agar file itu tidak corrupt bisa dilakukan dengan cara memasang anti-virus di dalamnya.

4. Belum Melakukan Proses Aktivitas

Penyebab berikutnya background layar blank dan tidak bisa diganti dengan Windows 10 yaitu para penggunanya belum melakukan proses aktivasi. Dalam hal ini biasanya untuk melakukan proses aktivasi para pengguna akan diminta untuk memasukkan produc key.  Selain Windows 10, hal itu juga bisa terjadi pada sistem Windows 8 dan Windows 7. Di mana semua sistem itu membutuhkan proses aktivasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika kamu kesulitan dalam melakukan proses aktivasi tersebut bisa melihat tata caranya di video YouTube atau bertanya langsung kepada pihak profesional.

Baca Juga:  Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade ke Windows 10 Pro!

Cara Mengatasi Desktop Background Laptop yang Blank dan Tidak Bisa Diubah di Windows 10 

Pada dasarnya Cara mengatasi desktop  background blank dan tidak bisa diubah di windows 10 itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Bahkan cara memperbaikinya bisa dilakukan di rumah tanpa harus membongkar perangkat tersebut. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengatasi desktop background laptop yang  blank langsung saja baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

  • Pertama silakan untuk hidupkan terlebih dahulu laptop yang kamu miliki.
  • Kemudian silakan untuk pergi ke bagian menu.
  • Pada bagian menu pilihlah opsi Windows atau dengan cara menekan Windows pada keyboard.
  • Tunggulah beberapa saat hingga menu setting muncul di layar laptop.
  • Pada menu setting silakan untuk mengeklik “ Ease of Access”.

  • Jika menu itu sudah di klik silakan untuk melakukan scroll layar ke arah bawah hingga menemukan menu “display”.
  • Selanjutnya aktifkan dengan cara mengeklik opsi  ” Show desktop background image”.

  • Terakhir kembalilah ke layar dan lihat perubahan yang sudah terjadi.

Cara Mengembalikan Layar Laptop Windows 10 Seperti Semula

Apabila cara mengatasi desktop background Blank dan tidak bisa diubah di Windows 10 di atas belum juga berhasil. kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan cara mengembalikan layar laptop Windows 10 ke kondisi seperti semula. Berikut langkah-langkah mengembalikan layar laptop Windows 10 seperti semula yang bisa diikuti.

  1. Pertama silakan klik kanan pada desktop di laptop.
  2. Kemudian pilihlah opsi “Pengaturan Tampilan”.
  3. Setelah itu lakukan scroll ke arah bawah hingga menemukan opsi ” Orientasi”, lalu klik “Orientasi”.
  4.  Tahap selanjutnya  silahkan pilih orientasi layar yang kamu inginkan contohnya Lanskap, Potret, Lanskap di balik dan lain-lain.
  5. Apabila dalam hal ini kamu tidak melihat opsi orientasi itu maka bisa memperbarui drive grafisnya terlebih dahulu.
  6. Terakhir silakan kembali ke layar utama untuk melihat perubahan yang terjadi.
Baca Juga:  4 Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10, Gampang Banget!

Cara Mengembalikan Layar Laptop Windows 10 Seperti Semula Dengan Shortcut

Untuk mengatasi desktop background blank pada laptop juga bisa dilakukan dengan cara mengembalikan layar Windows 10 seperti semula melalui Shortcut. Adapun langkah-langkah mengembalikan layar laptop Windows 10 seperti semula dengan Shortcut seperti berikut ini.

  1. Pertama silakan tekan tombol Ctrl+Alt+Panah pada keyboard secara bersamaan.
  2. Dalam hal ini kamu dapat menonaktifkan dan mengubah hotkay menggunakan bantuan  Hot Key Manager di Intel Graphics Control Panel pada laptop.
  3. Untuk mengaksesnya silakan klik kanan di desktop laptop yang kamu miliki.
  4. Setelah itu pilihlah opsi “Intel Graphics Settings”.
  5. Jika sudah selesai bisa mengeklik opsi “Support’’.
  6. Terakhir tinggal klik “Hot Key Manager’”.

Demikianlah ulasan singkat tentang Cara mengatasi desktop  background blank dan tidak bisa diubah di windows 10 dengan mudah dan cepat. Jika dalam hal ini permasalahan tersebut belum juga bisa teratasi maka mau tidak mau harus membawanya ke tempat service terdekat.

Namun pastikan tempat servis yang dipilih itu telah terpercaya agar bisa mengerjakan proses perbaikan dengan cepat dan hasilnya maksimal. Dimana cara untuk mengetahui tempat servis itu telah terpercaya atau tidak bisa dilakukan dengan menanyakan kepada orang yang pernah menggunakan jasa tersebut atau melihat rating di website resminya.

Leave a Comment