Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi dengan Mudah

Sebagai pengguna smartphone ini, cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi tentu menjadi informasi sangat penting bukan? Terlebih lagi kalau Anda menemukan daya baterai tiba-tiba terkuras dalam waktu singkat padahal tidak digunakan untuk mengakses aplikasi berat tersebut.

Penggunaan dari smartphone seperti dari Xiaomi memang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan komunikasi ataupun mendapatkan informasi. Tetapi sayangnya, para pengguna justru mengeluhkan baterai HP cepat habis.

Adanya masalah tersebut tentu membuat sebagian besar dari Anda akan merasa kesal bukan? terlebih lagi kalau aktivitas Anda mengandalkan smartphone seperti untuk berjualan online ataupun menghubungi para klien. Nah, agar Anda bisa mengetahui dengan baik bagaimana cara mengatasinya, maka dapat menyimak penjelasan dibawah.

Penyebab Baterai HP Xiaomi Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Xiaomi Cepat Habis

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi maka perlu memahami dahulu penyebabnya. Sebab dengan mengetahui penyebabnya itulah berikan kemudahan bagi Anda dalam mengambil solusi untuk permasalahan tersebut.

Berikut ini sejumlah penyebab yang kemungkinan besar dapat menyebabkan daya dari baterai HP cepat habis dalam waktu singkat.

Penggunaan Cahaya Layar Berlebihan

Kehadiran dari layar memang menjadi aspek sangat penting pada perangkat android seperti Xiaomi. Bagian yang mendominasi dari bodi ponsel inilah nantinya akan menampilkan visual sekaligus membantu penggunanya dalam melakukan interaksi.

Baca Juga:  5 Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru 2023

Oleh sebab itulah, kehadiran dari layar terkadang akan menyedot baterai cukup besar pada sebuah smartphone. Nah, ternyata pengaturan cahaya pada smartphone yang berlebihan itulah ternyata juga menjadi penyebab daya cepat habis.

Penggunaan Live Wallpaper

Didalam perangkat ini, fitur live wallpaper Xiaomi memang sangat menarik karena akan memberikan nuansa berbeda pada ponsel Anda. Tetapi perlu disadari bahwa penggunaannya ternyata menjadi penyebab lainnya dari perangkat kehabisan baterai dengan cepat lho.

Susah Sinyal

Ketika Anda berada di wilayah dimana sulit untuk menjangkau sinyal seluler, ternyata juga menjadi penyebab daya cepat habis. Sebab nantinya perangkat akan terus menerus bekerja untuk mencari sinyal pada ponsel Anda tersebut.

Apabila dibiarkan secara terus menerus, maka akan mengakibatkan daya baterai HP cepat habis walaupun Anda tidak menggunakannya sama sekali.

Adanya Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Penyebab baterai Xiaomi cepat habis berikutnya adalah karena adanya aplikasi yang berjalan di background alias latar belakang. Media sosial atau aplikasi chatting menjadi satu dari sekian contoh aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Dimana kehadiran dari apk itulah ternyata bisa menguras daya pada ponsel dengan cepat terutama kalau terdapat beberapa aplikasi sekaligus. Untuk mengurangi beban baterai, maka silahkan tutup sejumlah aplikasi tersebut.

Usia Baterai

Bisa juga baterai ponsel yang cepat habis juga diakibatkan karena usia dari baterai sekaligus perangkat. Perlu diketahui bahwa baterai pada ponsel ternyata mempunyai masa penggunaan tersendiri yakni sekitar tiga sampai lima tahun lamanya.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi Tanpa Aplikasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa daya ponsel yang cepat habis tentu akan membuat sebagian besar dari Anda akan merasa kesal bukan? termasuk juga bagi para pengguna hp Xiaomi. Apabila Anda sedang mengalami masalah ini maka jangan khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengatasinya.

Baca Juga:  Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di HP Xiaomi

Adapun cara pertama yakni Anda dapat melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Memperbarui MIUI Versi Terbaru

Seperti sudah diketahui, selain menggunakan sistem operasi Android, Xiaomi ternyata juga mengkombinasikan tampilan interfacenya dengan MIUI ini. Dengan begitu akan membuat perangkatnya semakin menarik serta tidak membosankan.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghemat baterai sendiri adalah bisa dilakukan dengan cara mengupdate MIUI versi terbaru. Untuk melakukan update, maka Anda bisa langsung membuka menu settings.

Menggunakan ROM Resmi dari Xiaomi

Sebagai seorang Mi Fans, kebanyakan dari penggunanya sering melakukan gonta-ganti ROM pada perangkat mereka. Padahal perlu diingat bahwa melakukan custom ROM ternyata hanya akan membuat perangkat menjadi lebih boros dan dapat ditandai dengan proses booting cukup lama.

Oleh karena itulah, kami sarankan Anda agar selalu menggunakan ROM resmi dari pihak Xiaomi Saja. Sudah bukan menjadi era dimana bergonta-ganti ROM.

Memeriksa Jumlah Memori Pada Perangkat

Memori ponsel yang habis ternyata juga menjadi penyebab kenapa baterai pada ponsel juga cepat habis juga. Hal tersebut biasanya karena hp akan bekerja lebih keras sehingga membuatnya dapat memakan waktu terlalu besar.

Hindari Bermain Game HD Dalam Waktu Lama

Cara mengatasi baterai Xiaomi cepat habis lainnya adalah sebaiknya hindari penggunaan game HD pada perangkat ini. Terlebih lagi kalau ponsel Anda hanya mempunyai spesifikasi sedang dan dipaksakan untuk bermain game tinggi, jelas hanya akan menguras daya perangkat saja.

Jangan Gunakan Ponsel Beberapa Saat Ketika Overheat

Sebagai pengguna Xiaomi, Anda pastinya pernah merasakan dimana ponsel mengalami overheat alias panas berlebihan bukan? Adapun solusi terbaiknya adalah Anda bisa menghindari penggunaan HP terlebih dahulu saat sedang mengalami overheat tersebut.

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Lainnya

Selain menggunakan beberapa cara diatas untuk mengatasi masalah baterai HP cepat habis, ternyata masih ada langkah-langkah lainnya dimana dapat diterapkan oleh pengguna. Langsung saja simak beberapa cara lainnya yang dapat digunakan.

Baca Juga:  Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi di HP Xiaomi yang Mudah

Cek Kesehatan Baterai

Saat Anda sudah mengetahui bahwa perangkat menjadi lebih boros, maka saatnya melakukan pengecekan dari kesehatan baterai pada Xiaomi. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui seperti apakah kondisi kesehatan baterai.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk pengecekan:

  • Silahkan buka menu dial up atau papan panggilan
  • Input kode *#*#6485#*#*
  • Secara otomatis akan muncul informasi mengenai baterai Xiaomi.

Lakukan Pengaturan di Opsi Pengembang

Cara mengatasi baterai HP cepat habis paling efektif lainnya adalah melalui fitur opsi pengembang alias developer option pada perangkat. Bahkan cara berikut terbukti ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

berikut ini cara untuk mengaktifkan opsi pengembang pada hp Xiaomi

  • Buka setelah hp Xiaomi
  • Tab pada tentang telefon
  • Ketukkan sebanyak 7x pada Xiaomi versi MIUI
  • Sesudah mengaktifkannya, maka tab kembali dan pilih setelan tambahan
  • Tab pada opsi pengembang
  • Pastikan sudah aktif dan scroll kebawah untuk mematikan skala animasi jendela, animator sekaligus transisi

Menggunakan Aplikasi Tambahan Go Battery Saver

Apabila cara diatas dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan maka cara berikutnya dapat dilakukan dengan aplikasi tambahan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Go Battery Saver yang bisa diunduh secara gratis di Playstore.

Kehadiran dari aplikasi inilah ternyata sangat efektif untuk mengoptimalkan baterai didalam bentuk widget sehingga diberikan kemudahan didalam penggunaannya. Selain Go Battery Saver, beberapa aplikasi lainnya seperti Power Battery dan Accu Battery juga dapat digunakan.

Baterai pada ponsel yang tiba-tiba habis memang membuat sebagian besar dari Anda akan merasa kesal bukan termasuk pada Xiaomi. Itulah pentingnya agar mengetahui cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi agar dapat mengatasinya segera.

Leave a Comment