5 Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru 2023

Apabila Anda ingin daya pada ponsel aktif dengan cepat? maka cara mengaktifkan fast charging Xiaomi perlu untuk diketahui. Terlebih lagi kehadiran dari teknologi satu inipun memang sangat diidam-idamkan banyak pengguna smartphone.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan fitur inilah, Anda dapat mengisi ulang daya ponsel dengan cepat bahkan hanya dalam hitungan beberapa menit saja. Tentu saja, ini sangat bermanfaat bagi pengguna dimana mengandalkan smartphone untuk meningkatkan produktivitas mereka tersebut.

Tidak hanya itu saja, kehadiran dari fast charging juga menjadi suatu trobosan dalam teknologi dan sudah disematkan pada perangkat menengah ke atas. Karena keunggulan itulah, maka membuat banyak orang ingin memiliki perangkat dengan kehadiran fitur tersebut termasuk bagi pemilik Xiaomi.

Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru

Sekilas Tentang Teknologi Fast Charging di Xiaomi

Kehadiran dari teknologi inilah ternyata sudah disematkan pada beberapa ponsel keluaran dari Xiaomi. Karena kemampuannya itulah, maka membuat fitur tersebut sangat membantu pengguna brand smartphone ini agar tetap leluasa dalam menggunakannya.

Lantas apa itu fast charging? Dikenal dengan sebutan quick charger juga, ini adalah sebuah teknologi dimana mempunyai kemampuan buat mengisi daya baterai hingga 100 persen hanya dalam waktu singkat bahkan tidak sampai satu jam.

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kehadiran dari teknologi inilah telah disematkan dalam beberapa seri ponsel Xiaomi ini terutama dari seri note hingga Mi. Tidak heran apabila semakin banyak orang berburu perangkat yang sudah dibenamkan fitur tersebut.

Baca Juga:  Cara Upgrade Versi Android Xiaomi Terbaru MIUI dengan Mudah

Generasi Fast Charging yang Perlu Diketahui

Anda sudah paham mengenai pengertian dari teknologi tersebut bukan? ternyata teknologi inilah juga dibedakan menjadi beberapa generasi sekaligus. Setiap generasi itulah ternyata menawarkan kecepatan pengisian daya baterai berbeda-beda.

Berikut ini generasi fast charging yang perlu diketahui dan mungkin juga sudah disematkan pada perangkat Xiaomi ini.

Quick Charging Generasi Pertama

Pertama adalah quick charging dimana dikeluarkan pertama kali pada tahun 2013 lalu. Kemampuannya adalah dapat mengisi daya 40% lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya tetapi tidak semua ponsel Xiaomi sudah menggunakannya.

Fast Charging Gen 2

Berikutnya adalah fast charging generasi kedua yang juga menawarkan kecepatan lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya. Yakni mampu mengisi daya hingga 60 persen hanya dalam waktu setengah jam saja.

Tetapi Anda harus memperhatikan bahwa penggunaannya harus menggunakan catu daya yang memiliki tegangan 9V dan daya 2A. Dengan begitu, maka fungsinya dapat berjalan dengan baik.

Fast Charging Gen Ketiga

Seri ketiga inilah dikenal dengan sebutan generasi control cerdas. Sebab sudah mendukung prosesor buat memilih voltase yang dibutuhkan dalam waktu tertentu.

Seri Fast Charging Gen Keempat

Terakhir adalah teknologi pengisian daya cepat untuk generasi ke empat dimana untuk mengisi melebihkan dari setengah kapasitas baterai hanya dalam waktu seperempat jam. Generasi inilah biasanya diterapkan pada prosesor Snapdragon 835 di ponsel Xiaomi kelas atas.

Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru 2023

Sebagai pengguna dari ponsel Xiaomi, Anda tentunya ingin menikmati kehadiran dari teknologi Fast Charging Xiaomi bukan? Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengaktifkannya tersebut.

Berikut ini sejumlah cara yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan layanan fast charging ini.

Menggunakan Charger Ori Terus

Menggunakan Charger Ori Terus

Apakah ponsel Anda telah mempunyai charger yang original, tepat dan model gadget telah mendukung adanya fitur fast charging, maka pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut seperti ketika melakukan proses charging biasanya.

Baca Juga:  Cara mengatasi speaker hp kemasukan air yang ampuh

Seperangkat alat original inilah ternyata dapat diperoleh setiap kali Anda melakukan pembelian HP Xiaomi baru. Biasanya fitur ini hanya dapat ditemukan pada seri Xiaomi 2017 keatas saja dan berikut beberapa cara untuk menggunakannya:

  • Silahkan colokan adaptor ke dalam stop kontak
  • Masukkan USB ke input khusus yang tersedia pada perangkat untuk mengisi daya
  • Colokan ujung belakang kabel agar dapat terhubung ke perangkat
  • Apabila model HP, pengisi daya dan firmware asli, maka fitur tersebut akan menyala dengan sendiri dan apabila tidak asli maka pengisian berjalan normal.

Menggunakan Custom ROM Xiaomi

Custom ROM Xiaomi

Masih ada cara mengaktifkan fast charging Xiaomi adalah dengan menggunakan custom ROM juga. Biasanya cara tersebut dapat diterapkan apabila perangkat Anda masih belum support kehadiran dari teknologi tersebut.

Tetapi pengguna sudah mendukung adanya adaptor yang mendukung teknologi pengisian daya ulang cepat dan ingin mengaktifkan. Sebagai catatan bahwa cara ini tidak direkomendasikan untuk pemula apabila tidak ingin masalah baru terjadi.

Mengaktifkan Mode Pesawat

Mode Pesawat

Cara ini sangat cocok bagi Anda dimana belum menggunakan Xiaomi yang mendukung adanya fitur fast-charging dan ingin mencoba untuk mengaktifkannya. Adapun caranya adalah dengan mengaktifkan fitur airplane mode atau mode pesawat.

Sebenarnya cara ini biasa digunakan oleh sejumlah orang dimana ingin mempercepat pengisian daya baterai dan tidak hanya diterapkan pada Xiaomi saja. Sebab ketika Anda mengaktifkannya maka semua aktivitas mobile data, SMS dan telefon akan berhenti otomatis.

Mengganti Kernel dengan Custom Kernel Xiaomi

Custom Kernel Xiaomi 

Masih belum puas dengan tutorial mengaktifkan quick charging pada Xiaomi diatas? Anda juga bisa mencoba untuk mengganti kernel dengan custome kernel. Tetapi untuk melakukannya, pengguna dapat rooting serta custom ROM.

Baca Juga:  Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Prabayar Semua Operator

Perlu diketahui sebagian besar dari Advanced user akan mencoba untuk melakukan tes atau pengujian lebih dalam dengan cara mengganti kernel. Terdapat beberapa kernel dimana bertugas untuk mengatur management RAM hingga manajemen daya baterai.

Hampir sama dengan langkah sebelumnya, apabila Anda merupakan seorang pemula, maka tidak disarankan untuk menerapkan langkah tersebut terutama kalau tidak ingin mengalami masalah lebih lanjut.

Mengaktifkan Developer Mode pada Xiaomi

Bagi pengguna ponsel ini, maka bisa menemukan developer mode pada Xiaomi dimana kehadiran dari menu inilah mempunyai peran sangat penting. Walaupun bukan masuk ke dalam fitur fast charging, tetapi kalau Anda mengaktifkannya maka pengisian lebih cepat.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilewati untuk mengaktifkan menu developer mode ini.

  • Masuk ke menu pengaturan dan tab tentang ponsel
  • Silahkan tab pada tulisan MIUI version selama beberapa kali maka akan mendapatkan notifikasi bahwa developer mode atau opsi pengembang sudah aktif
  • Setelah berhasil aktif, maka pengguna dapat kembali ke menu setting utama dan scroll kebawah hingga menemukan additional setting
  • Silahkan temukan pilihan opsi pengembang. Disinilah Anda dapat mengaktifkan dua pengaturan yakni Paksa 4x MSAA dan Batas proses Latar Belakang
  • Silahkan pertama dapat mengaktifkan Paksa 4X MSAA atau force MSAA. Hal tersebut akan membuat perangkat Xiaomi akan mengoptimalkan penggunaan aplikasi termasuk juga dengan daya
  • Gulir kebawah hingga menemukan menu batas proses latar belakang atau background process limit menjadi tidak ada. Hal ini sama seperti ketika mengaktifkan mode pesawat.

Bagi Anda yang menggunakan ponsel untuk menunjang aktivitas, maka kehadiran dari teknologi fast charging memang sangat penting bukan? Maka dari itu pelajari juga cara mengaktifkan fast charging Xiaomi Terbaru 2023.

Leave a Comment