Sinyal 4G Telkomsel Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya

Saat kamu sedang diburu oleh deadline pekerjaan, atau sedang asik-asiknya menyaksikan series kesayangan, tiba-tiba terhenti mendadak karena sinyal 4G Telkomsel kamu tidak muncul. Hal ini bisa jadi sangat mengganggu, apalagi jika kamu yakin baru saja mengisi ulang paket data yang baru. 

Kendati begitu, masalah ini juga sering kali muncul dan dikeluhkan oleh banyak pengguna. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Sinyal 4G Telkomsel yang Tidak Muncul

Menghadapi permasalahan error pada sinyal ponsel kadang membuat pengguna sering kebingungan. Apalagi, jika kamu termasuk salah satu pengguna baru kartu perdana Telkomsel, atau pengguna perdana lama yang belum pernah mengatur sinyal pada jaringan 4G. 

Oleh karena itu, ulasan dalam artikel kali ini mungkin akan berguna bagi kamu. Inilah penjelasannya. 

1. Mengecek Apakah Kartu Telkomsel Kamu Sudah 4G

Salah satu syarat utama yang sudah pasti harus kamu ketahui adalah memastikan bahwa kartu perdana milikmu telah terintegrasi sinyal 4G Telkomsel. Biasanya jika kartu perdana Telkomsel baru, maka otomatis sudah bisa menangkap sinyal 4G, bahkan 5G untuk smartphone keluaran terbaru. 

Namun, seringkali permasalahan sinyal 4G Telkomsel tidak muncul ini terdapat pada kartu perdana lama, dimana sebelumnya belum memiliki fitur 4G. Maka dari itu, bagi pengguna dengan kartu lama yang belum mendukung sinyal 4G, sebaiknya melakukan upgrade sinyal dengan membawa HP ke gerai Telkomsel. 

2. Berada di Lokasi yang Terbuka 

Sinyal 4G Telkomsel yang sebelumnya baik-baik saja, menjadi hilang dan tak bisa digunakan? Mungkin kamu harus mengecek dimana lokasi kamu saat ini. Perlu diingat, sinyal akan jauh lebih mudah menjangkau ponsel setiap pengguna jika kamu berada di lokasi yang luas dan terbuka. 

Misalnya, saat kamu berada di lantai satu gedung bertingkat, atau berada di basement, akan jauh lebih sulit menangkap sinyal internet daripada saat kamu di luar ruangan. Beberapa elemen pada bangunan dan tembok-tembok beton mampu mengurangi jangkauan sinyal dan menyebabkan sinyal 4G kamu tidak muncul.

3. Setting Sinyal HP ke 4G

Umumnya, bagi pengguna smartphone, setiap ponsel sudah otomatis mendukung jaringan 2G, 3G, dan 4G. Fitur ini juga berguna supaya setiap pengguna bisa melakukan pengaturan sinyal sesuai kebutuhan. 

Oleh karena itu, salah satu alasan mengapa sinyal 4G Telkomsel tidak muncul mungkin karena pengaturan ponsel belum 4G. Lakukan cara di bawah ini agar sinyal muncul kembali 

  • Bukalah pengaturan HP
  • Carilah pilihan Jaringan Seluler 
  • Maka selanjutnya ada tiga pilihan jaringan, dan kamu bisa memilih jaringan 4G LTE. 
  • Selamat, sinyal telah kembali. 

4. Coba dengan Mode Pesawat

Salah satu cara untuk mengembalikan sinyal 4G Telkomsel yang hilang adalah dengan melakukan refresh. Kamu bisa mencoba opsi dengan menyalakan mode pesawat. Fitur ini sudah ada di kebanyakan HP, dan ia berfungsi untuk membatasi ponsel dari segala jenis jaringan. 

Baik jaringan internet maupun reguler, sehingga fitur ini sering kali digunakan untuk merefresh jaringan internet maupun reguler yang bermasalah. Jika sebelumnya kamu sudah mengaktifkan data seluler di ponsel, dan sinyal 4G Telkomsel tidak muncul, maka kamu bisa menekan mode pesawat. 

Setelah itu tunggu beberapa saat, pada layar ponsel jaringan seluler dan internet akan hilang. Kemudian matikan lagi mode pesawat tersebut, maka jaringan seluler dan internet akan muncul kembali.

5. Mengubah Jenis Jaringan

Jika kamu merasa dengan melakukan refresh jaringan dengan mode pesawat saja tidak cukup memperbaiki jaringan yang sedang error, maka kamu juga bisa melakukan refresh jaringan dengan cara lain. Cara ini menggunakan langkah menekan tombol dial untuk merubah jenis jaringan. Ikutilah penjelasannya di bawah ini. 

  • Pertama,  buka dial pada ponsel untuk mengetikkan sederet nomor.
  • Kemudian ketiklah *#*#4636#*#* dan tekan panggil.
  • Kamu akan melihat sejumlah pilihan, namun pilihlah Informasi Telepon.
  • Jangan lupa untuk mengubah setting jaringan ke WCDMA Only.
  • Setelah beberapa menit, kamu bisa kembali mengubah jaringan menjadi LTE Only.
  • Demikian, jaringan internet akan kembali dan sinyal 4G Telkomsel akan muncul di bagian kanan atas layar. 

6. Restart HP

Sebenarnya pilihan melakukan restart HP ini bisa dibilang menjadi cara yang paling mudah dan simple. Di sisi lain, jaringan internet yang error sering kali berasal dari banyak faktor, baik faktor masalah yang terjadi di ponsel itu sendiri, maupun disebabkan oleh jaringan yang sedang bermasalah. 

Maka dari itu, banyak orang yang cenderung memilih merestart ponsel mereka langsung ketika sinyal 4G Telkomsel tidak muncul bahkan setelah mengatur jaringan internet. Jika kamu pernah mengalami hal serupa, kamu bisa langsung memulai ulang HP dengan cara menekan tombol power pada ponsel. 

Selanjutnya, kamu akan menemukan pilihan untuk mematikan ponsel, restart, dan juga mode darurat. Kamu hanya perlu memilih tombol restart jika ingin ponsel dimatikan dan otomatis menyala kembali. 

Pilihan lain adalah menekan tombol Off jika ingin mematikan ponsel saja. Jika ponsel sudah benar-benar mati, kamu bisa segera menyalakannya kembali secara manual dengan tombol yang sama. 

7. Mengatur APN di HP 

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, tapi sinyal 4G kamu masih juga belum muncul, kamu bisa melakukan pengaturan APN. Telkomsel sebagai penyedia jaringan dengan cakupan sangat luas, telah menyatakan di laman resminya supaya para pengguna juga tidak lupa untuk mengatur APN pada ponsel. 

Pengaturan APN ini akan mempengaruhi lancar tidaknya jaringan internet, dan juga jaringan reguler pada setiap HP. Setiap provider biasanya juga menyarankan untuk melakukan pengaturan APN, supaya meminimalisir gangguan jaringan. 

a. Mengatur APN pada Android

  • Bukalah menu pengaturan.
  • Kemudian pilih menu pengaturan Jaringan Seluler.
  • Pada HP dengan jaringan Telkomsel, akan muncul pilihan jaringan seluler Telkomsel.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih menu APN.
  • Lalu masukan kode APN Telkomsel pada kolom yang ada. 
  • Kamu bisa mengosongkan password dan username pada halaman yang sama.
  • Sinyal akan muncul kembali. 

b. Mengatur APN di iOS

Sebenarnya cara mengatur APN Telkomsel di iOS tidak jauh berbeda dengan Android. Berikut adalah cara mengatur APN di sistem ini.

  • Bukalah pengaturan pada ponsel 
  • Kemudian pilih menu pengaturan Seluler 
  • Pada halaman selanjutnya, kamu akan memilih opsi Jaringan Data Seluler. 
  • Dari situ, kamu akan melihat tampilan formulir pengaturan APN
  • Pada formulir ini, kamu perlu memasukan kode APN Telkomsel Internet. Sedangkan, bagian password dan username tidak perlu kamu isi. 
  • Tunggu sebentar maka sinyal akan muncul kembali. 

Sinyal 4G Telkomsel Untuk Akses Jaringan yang Lebih Mudah

Bagaimana? Mudah, bukan? Sebenarnya cara mengatasi jaringan yang error seperti yang telah dipaparkan tadi relatif mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tapi, apabila kamu bingung, atau sudah mempraktekkan cara di atas, dan sinyal 4G telkomsel tidak muncul, maka cara terbaik adalah membawa ponsel kamu ke gerai Telkomsel. 

Kendati demikian, kejadian tersebut tentu bukan yang kamu harapkan, sehingga kamu bisa mencoba mengatasinya sendiri dari rumah. Semoga sinyal 4G Telkomsel ini harapannya bisa mempermudah mobilitas kamu sehari-hari, dengan kecepatan meningkat dari sebelumnya.

Bagikan Postingan: