4 Cara Download Video IG Reels, Story, dan IGTV Tanpa Aplikasi

Seringkali kita menonton sebuah video IG yang membuat kita tertarik untuk menyimpannya di galeri ponsel. Sayangnya, Instagram tidak memiliki fitur download selain untuk mengunduh konten buatan sendiri. Untungnya, ada beberapa cara untuk download video IG Reels atau Story.

Cara-cara download video ke galeri yang kami sediakan di artikel ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. Selain itu, semua metode ini dapat membuat Anda menyimpan video Reels atau Story tanpa watermark di dalam video.

Jika Anda masih belum mengerti bagaimana caranya, download Reels dan Story IG dengan beberapa tips di bawah ini:

Cara Download Video IG Reels

Post dan Reels IG sudah sejak lama dapat di-download dengan menggunakan banyak jenis metode. Pada artkel ini, kami akan mengajarkan Anda bagaimana cara download video Instagram Reels tanpa perlu men-download aplikasi pihak ketiga.

Metode ini dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi browser apapun yang ada di ponsel atau komputer Anda saat ini. Buka browser di perangkat Anda, lalu akses salah satu dari dua situs Reels downloader rekomendasi kami berikut ini:

1. Menggunakan Savefrom.net

Menggunakan Savefrom.net

Jika Anda cukup sering men-download video dari berbagai media sosial di internet, Anda pastinya tidak asing dengan Saveform.net.

Situs ini merupakan sebuah platform yang dapat membantu Anda dalam men-download video dari berbagai situs terkenal seperti Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, VK, Vimeo, TikTok, dan berbagai situs lainnya.

Dengan bantuan platform ini, Anda bisa memiliki video tanpa watermark dari situs-situs tersebut. Selain memiliki bentuk berupa situs, Saveform.net juga dapat digunakan dalam bentuk ekstensi browser khusus PC/laptop.

Baca Juga:  6 Cara Download Lagu di HP (Iphone/Android) dengan Mudah

Ketika membuka situs ini, Anda akan menemukan bahwa situs ini memiliki halaman utama yang sangat sederhana. Di halaman utama ini hanya ditemukan kolom pencarian yang besar, menu-menu bantuan, sedikit iklan, dan cara untuk menggunakan situs ini di bawah kolom pencarian.

Cara download Reels IG dengan menggunakan Saveform.net adalah sebagai berikut:

  • Buka Reels yang ingin diunduh.
  • Dapatkan link Reels dengan meng-klik menu atau ikon tiga titik, lalu klik “Tautan”.
  • Buka aplikasi browser.
  • Buka situs savefrom.net.
  • Masukkan link Reels yang baru saja disalin ke bar download video. Jangan klik “Unduh” sampai video Reels muncul.
  • Ketika video muncul, atur kualitas dan format video dengan klik pilihan kualitas di sebelah kanan tombol “Unduh”.
  • Klik “Unduh” untuk men-download.

2. Menggunakan iGram

Menggunakan iGram

iGram memiliki fitur yang berbeda dengan Saveform.net, di mana platform ini merupakan situs yang khusus digunakan untuk men-download konten dari Instagram.

Kami sudah mencoba untuk memasukkan link dari salah satu video YouTube di situs ini dan kolom pencarian iGram tidak bisa digunakan untuk men-download video dari platform video tersebut. Hal itu berbeda ketika memasukkan video Reels, di mana situs langsung memberikan hasil.

Berbagai konten Instagram yang bisa di-download dengan menggunakan iGram adalah foto, video, Carousel, IGTV, dan Reels. Sayangnya, platform ini tidak bisa digunakan untuk download video Story IG.

iGram memiliki halaman utama yang lebih sederhana dari pada situs sebelumnya, di mana Anda hanya akan menemukan kolom pencarian konten IG di tengah dan menu sampingan di pojok kanan atas halaman.

Ketika scroll ke bawah, barulah dapat ditemukan pengenalan singkat, cara download konten IG, fitur-fitur, FAQ, dan kontak pengembang. Untuk download Reels IG dengan menggunakan iGram, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Reels yang ingin diunduh.
  • Dapatkan link Reels dengan meng-klik menu atau ikon tiga titik, lalu klik “Tautan”.
  • Buka aplikasi browser.
  • Buka situs igram.io/id/.
  • Masukkan link Reels yang baru saja disalin ke bar download video, lalu klik “Unduh”.
  • Ketika cuplikan video Reels muncul, klik “Unduh MP4”.
Baca Juga:  Cara Edit File PDF Di Laptop Menggunakan Dan Tidak Menggunakan  Aplikasi

Cara Download Video IG Story via Online

Meskipun memiliki situs yang cukup baik untuk mengunduh Reels, namun Saveform.net dan iGram tidak bisa digunakan untuk men-download Story IG. Hal ini sangat disayangkan, karena ada cukup banyak konten Story IG yang bagus untuk disimpan dan dibagikan ulang.

Untungnya, ada situs lainnya yang bisa membantu Anda untuk download video Story IG melalui browser, antara lain:

1. Menggunakan Snapinsta

Sama seperti iGram, Snapinsta merupakan situs yang khusus digunakan untuk men-download konten dari Instagram. Yang membedakan situs ini dengan iGram adalah adanya fitur untuk men-download video Story IG.

Platform ini memungkinkan Anda untuk download Story IG melalui link, tanpa APK, dan tanpa watermark. Yang menarik dari platform IG downloader ini adalah adanya fitur yang bernama Story Viewer SnapInsta.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melihat Story IG akun lain secara anonim dan aman. Fitur ini juga dapat digunakan untuk melihat siapa saja yang menyukai Story tersebut, siapa saja yang melihatnya, dan siapa saja yang mengikuti akun yang dilihat. Fitur yang cukup keren, bukan?

Sayangnya, Snapinsta memiliki kekurangan yaitu adanya iklan yang terkadang mengganggu pengguna. Cara download video IG Story ke galeri ponsel menggunakan Snapinsta adalah sebagai berikut:

  • Buka Story IG yang ingin diunduh.
  • Dapatkan link Story IG dengan meng-klik menu atau ikon tiga titik, lalu klik “Salin Tautan”.
  • Buka aplikasi browser.
  • Buka situs snapinsta.app/id.
  • Masukkan link Story IG yang baru saja disalin ke bar download video, lalu klik “Download”. Tunggu proses pembacaan video selesai.
Baca Juga:  Gampang Banget, Ini Dia 4 Cara Screenshot Samsung A03s!

Menggunakan Snapinsta

  • Ketika iklan muncul, klik “Close”.
  • Ketika cuplikan Story IG muncul, klik “Download Video”.

4. Menggunakan Reel It

Menggunakan Reel It

Jika Anda merasa terganggu dengan berbagai iklan yang disuguhkan di iGram, Anda juga bisa memanfaatkan opsi kedua yaitu dengan bantuan Reel It. Platform yang khusus digunakan unduk men-download konten IG ini juga bisa digunakan untuk men-download Story IG.

Selain Story IG, Anda juga bisa men-download foto, video, dan Reels di platform ini. Yang unik dari Reel It adalah adanya fitur untuk men-download foto DP dari akun lain. Langsung saja, cara download video IG Story dengan bantuan Reel It adalah sebagai berikut:

  • Buka Story IG yang ingin diunduh.
  • Dapatkan link Story IG dengan meng-klik menu atau ikon tiga titik, lalu klik “Salin Tautan”.
  • Buka aplikasi browser.
  • Buka situs reelit.io/id.
  • Klik opsi Stories di atas kolom link
  • Masukkan link Story IG yang baru saja disalin ke kolom link milik Reel It.
  • Tunggu proses fetching
  • Ketika cuplikan Story IG muncul, klik “Download”.

Yang membuat situs ini berbeda dengan iGram adalah Anda tidak akan terganggu dengan iklan ketika men-download Story dan konten IG lainnya.

Dari artikel ini, Anda mendapatkan 4 situs yang bisa digunakan untuk download video IG Reels dan 2 situs untuk Story IG. Dengan ini, Anda bisa men-download semua Reels dan Story IG yang Anda sukai.

Supaya Anda terhindar dari masalah, jangan gunakan metode ini untuk men-download video Instagram apapun yang di private atau yang bersifat privasi.

Leave a Comment