Contoh Mading Juara 2D dan 3D dalam Berbagai Tema

Mading atau majalah dinding merupakan wadah bagi kreativitas siswa, yang memuat beragam informasi tentang kegiatan sekolah, pendidikan, teknologi, seni, sejarah dan sebagainya. Tidak ada salahnya melihat contoh mading juara agar majalah dinding bisa ditampilkan dengan bagus.

Isi majalah dinding biasanya artikel, naskah, rubrik ataupun gambar dengan topik-topik tertentu. Dari mading, para siswa bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai banyak hal di dunia ini. Semua artikel, rubrik dan sebagainya tersebut akan disusun menjadi kesatuan seperti majalah.

Fungsi majalah dinding tidak hanya sebagai sumber informasi saja, tetapi juga ajang kreativita bagi siswa. Setiap siswa yang merasa memiliki informasi penting dan ingin berkreativitas, boleh mengisi majalah dinding.

Apa Tujuan dari Mading?

Apa Tujuan dari Mading?

Majalah dinding atau mading sekolah dibuat bukan tanpa tujuan. Majalah dinding adalah hal positif bagi siswa yang mempunyai beberapa tujuan penting. Apa tujuan dari mading itu? Tujuan mading diantaranya yaitu :

  1. Sebagai media komunikasi antar siswa di sekolah.
  2. Media komunikasi antara siswa dengan guru dan sekolah.
  3. Media belajar bagi siswa untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis.
  4. Meningkatkan kemampuan kognitif, afeksi dan psikomotorik.
  5. Menumbuhkan sikap kritis pada siswa.
  6. Meningkatkan literasi dan menambah wawasan.

Oleh sebab itu, sekolah sering mengadakan lomba mading antar kelas agar siswa semakin terpacu untuk berkarya. Dengan melihat beberapa contoh mading juara, maka siswa akan lebih mudah membuat karya yang bagus dan menarik untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Cara Membuat Mading Juara

Cara Membuat Mading Juara

Kalau ikut kompetisi mading tentunya harus dibuat dan disusun dengan sebaik-bailknya. Majalah dinding harus disusun sebaik mungkin agar bagus dan menarik perhatian. Perhatikan langkah dan cara membuat majalah dinding yang bagus berikut ini.

1. Tentukan Tema Lebih Dulu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat majalah dinding adalah menentukan tema. Kadang-kadang tema mading sudah ditentukan oleh guru atau panitia, jadi peserta tinggal menyesuaikan saja.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga, peserta harus mencari tema mading sendiri. Banyak masalah menarik yang bisa diangkat menjadi tema majalah dinding, terutama isu-isu yang sedang menjadi pembicaraan hangat saat ini.

Tema yang dipilih hendaknya suatu masalah yang menarik perhatian dan disukai oleh banyak orang. Selain itu, tema mading juga harus bermanfaat bagi siswa. Contoh tema mading yang bagus misalnya penggunaan gadget di kalangan pelajar.

2. Buat Desain Mading

Pada contoh mading juara dapat dilihat bagaimana majalah dinding dibuat dengan desain seperti peta Indonesia, bentuk pohon dan sebagainya. Pemilihan desain mading yang tepat akan membuat orang lebih tertarik untuk membacanya.

Sebaiknya, pilih desain majalah dinding yang masih relevan dengan tema yang diangkat. Misalnya, mading tentang gerakan penghijauan akan menjadi bagus jika menggunakan desain bola bumi yang ditumbuhi pepohonan.

3. Proses Penyusunan Mading

Langkah selanjutnya adalah mulai menyusun majalah dinding. Buatlah rubrik yang akan mengisi mading tersebut, tentunya yang sesuai dengan tema dan disusun semenarik mungkin. Makin beragam rubrik yang disajikan maka mading akan semakin menarik untuk dilihat.

4. Penerbitan atau Publikasi Mading

Langkah yang terakhir dalam teknik pembuatan majalah dinding yang menarik adalah penerbitan atau publikasi. Kalau mading tersebut ikut dalam suatu kompetesi atau lomba mading, tentu saja penerbitan dilakukan sesuai peraturan dan jadwal dari panitia.

Namun, kalau majalah dinding reguler untuk keperluan internal sekolah, tidak ada salahnya kalau memberitahukan kepada teman-teman yang lain, bahwa mading terbaru sudah terbit dan dapat dibaca oleh seluruh siswa.

Agar berhasil menjadi juara, perhatikan aspek dan kriteria yang umumnya dipakai untuk menilai mading tersebut, yaitu :

  • Teknik penulisan
  • Kesesuaian isi dengan tema
  • Kelengkapan isi dan rubrik
  • Tema mading
  • Penggunaan bahasa
  • Kreativitas
  • Informatif, komunikatif dan edukatif

Contoh Mading Juara dengan Berbagai Tema

Lomba mading sekolah tidak hanya diselenggarakan secara internal saja, tetapi juga sudah sering ada kompetisi tingkat daerah. Adanya lomba mading dengan hadiah-hadiah menarik tersebut diharapkan mampu memicu siswa sekolah untuk menjadi lebih kreatif lagi.

Hadiah juara lomba mading tingkat daerah, baik kabupaten ataupun provinsi tidak bisa dianggap enteng. Hadiah yang diberikan kepada mading yang berhasil menjadi juara, biasanya berupa tropi dan uang tunai jutaan rupiah.

Nah, kalau berminat untuk mengikuti lomba majalah dinding, sebaiknya persiapkan diri dari jauh-jauh hari. Simak juga beberapa contoh mading juara berikut ini untuk dijadikan sebagai referensi.

1. Contoh Mading Juara 2 Dimensi (2D)

Majalah dinding yang biasa dilihat di sekolah adalah jenis mading 2 dimensi. Pengertian mading 2 dimensi adalah majalah dinding yang hanya bisa dilihat dari satu arah saja. Berikut ini contoh-contoh mading juara 2 dimensi.

a) Mading Tema Sumpah Pemuda

Mading Tema Sumpah Pemuda

Mading dengan tema sumpah pemuda yang mengusung desain pulau-pulau di Indonesia, yang dihiasi dengan bendera merah putih dan foto-foto tokoh Sumpah Pemuda.

b) Mading Kelas

Mading Kelas

Mading kelas dengan rubrik yang bermacam-macam, dibuat menggunakan desain warna-warni yang terlihat ceria. Kertas yang digunakan juga terdiri dari berbagai warna, sehingga lebih menarik perhatian orang.

c) Mading Tema Hari Pahlawan

Mading Tema Hari Pahlawan

Sesuai dengan temanya, mading bertema hari pahlawan menampilkan desain tulisan merah putih sebagai identitas Indonesia. Sebagai pelengkap, dipasang juga beberapa foto pahlawan nasional dan gambar pohon.

2. Contoh Mading Juara 3 Dimensi

Kalau ingin lebih kreatif dan lebih bagus lagi, mading 3 dimensi bisa menjadi pilihan untuk lomba. Apa yang dimaksud mading 3 dimensi itu? Mading 3 dimensi adalah majalah dinding yang dibuat dengan desain 3 dimensi dan berfungsi sebagai media komunikai sekaligus bentuk seni.

Mading 3 dimensi menggunakan visualisasi tertentu dalam menyampaikan informasi kepada pembacanya. Berikut ini adalah contoh mading juara 3 dimensi.

a) Mading Tema Pola Makan

Mading Tema Pola Makan

Mading dengan tema pola makan dibuat dengan visualisasi berupa kotak-kotak yang mirip dengan taplak meja. Selain itu, dilengkapi juga dengan sendok garpu, sayuran, piring berisi makanan dan sebagainya.

d) Mading Tema Teknologi Kamera

Mading Tema Teknologi Kamera

Mading 3 dimensi lainya yang cukup bagus dijadikan sebagai contoh adalah majalah dinding yang mengambil tema perkembangan teknologi kamera. Mading dibuat dengan desain sesuai tema, yaitu bentuk kamera zaman dulu dilengkapi dengan negatif film (klise).

Rubrik yang dimuat dalam mading tersebut adalah informasi tentang tahapan perkembangan teknologi pada kamera, dari zaman dulu hingga era terkini. Visualisasi dibuat dengan warna dominan hitam supaya benar-benar mirip dengan kamera zaman dulu.

Beberapa contoh mading juara yang ada di atas, bisa dijadikan sebagai referensi ataupun ide membuat majalah dinding dengan berbagai tema. Tentunya akan sangat menyenangkan sekaligus membanggakan kalau bisa menjuarai lomba mading antar sekolah maupun tingkat daerah.

Bagikan Postingan: