Kenapa Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA? Begini Penyebab & Solusinya!

Sebagian dari kamu pasti sedang mengalami permasalahan dari kenapa link tiktok tidak bisa dibuka di WA (Whatsapp). Alih-alih untuk menyebarkan link Tiktok melalui media sosial Whatsapp namun berujung tidak bisa dibuka pasti membuat kamu jengkel dan kesal.

Berbicara mengenai Tiktok salah satu aplikasi media sosial yang saat ini banyak digunakan dan populer diseluruh dunia. Bagaimana tidak, dilansir dari detikNews menyebutkan laporan We Are Social pada bulan januari 2024 iklan TikTok diindonesia menjangkau sekitar 126,83 juta audiens. Tidak heran jika aplikasi media sosial yang satu ini sangat populer.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kenapa link TikTok tidak bisa dibuka di WA (Whatsapp). Simak terus penjelasannya hingga selesai ya!

Kenapa Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA (WhatsApp)?

Kenapa Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di WA (WhatsApp)

Aplikasi besutan ByteDance ini dapat digunakan dalam berbagi video pendek yang berdurasi singkat. Selain menikmati berbagai video kita juga dapat menjadi konten kreator untuk menjangkau berbagai audience serta tema-tema tertentu.

Saat membuat konten video di TikTok tentu aplikasi ini telah menyediakan cara berbagi ke media sosial baik itu WhatsApp, Instagram dan lain sebagainya. Ketika membagikan video melalui sosial media tentunya dapat mendorong traffic pada video yang kita buat.

Namun perlu diketahui tidak sedikit para pengguna merasakan permasalahan seperti link TikTok tidak bisa dibuka di WA (Whatsapp). Alih-alih mendorong traffik atau pengunjung malah tidak sesuai ekspetasi atau harapan. Lantas kenapa link Tiktok tidak bisa dibuka di WA, yuk Simak penjelasannya dibawah ini:

  • Koneksi Internet Tidak Stabil

Karena TikTok dan WhatsApp adalah aplikasi online, koneksi internet yang stabil sangat penting untuk mengaksesnya. Jika saat ini koneksi internet di HP Anda bermasalah, mungkin penyebabnya adalah sinyal yang lemah, pemeliharaan server, cuaca buruk, atau faktor lainnya. Pastikan perangkat Anda berada dalam area dengan sinyal yang baik dan cek status layanan penyedia internet Anda untuk mengatasi kendala ini.

Salah satu cara efektif mengatasi error pada jaringan seluler di HP adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat. Langkah ini akan mereset jaringan di HP Android sehingga koneksi dapat kembali normal. Jika cara ini tidak berhasil, coba gunakan kartu provider lain atau sambungkan HP ke jaringan Wi-Fi untuk memastikan koneksi yang lebih stabil.

  • Adanya Bugs atau Error Di Sistem Software

Error yang disebabkan oleh bug atau faktor lainnya memang sering ditemukan pada sistem Android, yang berdampak pada kinerja perangkat secara keseluruhan. Hal ini termasuk masalah saat menjalankan aplikasi tertentu contohnya seperti aplikasi WhatsApp yang mengalami error sehingga tidak bisa membuka link video TikTok yang dikirim oleh teman atau orang lain.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan Restart atau Mulai Ulang HP Android. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah pada WhatsApp dan berbagai error lainnya. Selain itu, performa HP kamu akan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

  • File Cache Aplikasi Menumpuk

File Cache Aplikasi Menumpuk

Kemudian penyebab link Tiktok tidak bisa dibuka di WA dapat terjadi karena File Cache pada aplikasi yang menumpuk. File Cache tersebut juga terdapat diaplikasi WA ataupun Tiktok yang membuat link video tidak bisa dibuka. Agar dapat mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan pembersihan atau penghapusan file Cache dengan cara dibawah ini:

  • Pertama buka menu Pengaturan
  • Setelah itu silahkan cari Aplikasi atau Apps
  • Kemudian pilih Manage Aplication
  • Jika sudah cari aplikasi Tiktok
  • Selanjutnya silahkan klik Hapus Cache
  • Tunggu hingga proses pembersihan file cache atau sampah beres
  • Selesai

Lakukan pembersihan File Cache di aplikasi Whatsapp juga dengan menggunakan cara yang sama seperti diatas. Jika sudah selesai mencoba caranya silahkan share link Tiktok kembali ke Whatsapp dan coba untuk membukanya secara langsung.

  • Versi Aplikasi Lawas

Jika cara diatas tidak kunjung berhasil dalam mengatasi permasalahan link Tiktok tidak bisa dibuka bisa disebabkan juga karena versi aplikasi baik Tiktok ataupun Whatsapp yang lawas. Versi aplikasi yang lawas bisa menyebabkan berbagai error muncul salah satunya seperti link tidak bisa dibuka.

Untuk dapat mengatasinya kamu cukup memperbaharui atau update aplikasi TikTok ataupun Whatsapp melalui Google Playstore. Caranya pun cukup simpel untuk memperbaharui versi aplikasi ke yang terbaru yaitu dengan mengunjungi Google Playstore serta melakukan update pada aplikasi TikTok dan Whatsapp.

  • Adanya Masalah Pada Link yang Error

Kondisi lain yang dapat menyebabkan error adalah ketidakcocokan link video TikTok yang diterima di WhatsApp. Hal ini bisa terjadi karena versi aplikasi TikTok atau WhatsApp yang berbeda antara pengirim dan penerima. Selain itu, perbedaan sistem operasi antara smartphone, seperti HP Android dan iPhone (iOS), juga dapat menyebabkan masalah tersebut.

Agar dapat mengatasinya, kamu bisa menyalin ulang link video TikTok yang diterima di WhatsApp. Caranya, tekan dan tahan pada link video di WhatsApp, lalu pilih “Salin” atau “Copy”. Setelah itu, tempelkan link tersebut di kolom pengetikan pesan dan klik “Kirim”. Setelah terkirim, klik link video TikTok yang sudah kamu kirim ulang di WhatsApp tersebut.

  • Video Terhapus Oleh TikTok

Video Terhapus Oleh TikTok

Selain penyebab yang sebelumnya terkait link tidak bisa dibuka di WA, video yang terhapus oleh Tiktok juga dapat menjadi masalah. Sebab dengan begitu video yang dibagikan tidak akan terlihat oleh siapapun meskipun kita membagikannya melalui Whatsapp ataupun media sosial lainnya.

Untuk dapat mengatasinya jika kamu sendiri yang membuat konten cek terlebih dahulu apakah konten tersebut mengandung pelanggaran atau tidak. Jika dirasa sudah aman, maka posting kembali kemudian bagikan melalui media sosial baik Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai kenapa link Tiktok tidak bisa dibuka di WA, semoga apa yang disampaikan dapat membantu dan bermanfaat, Terimakasih!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment