Game engine terbaik untuk pemula

Rekomendasi game engine terbaik untuk pemula. Kini semua orang bisa dengan mudah untuk membuat game impiannya sendiri.

Industri game memang sangat menarik karena banyak sekali peminatnya. Dukungan hardware dan software yang semakin canggih memudahkan para pengguna untuk mulai belajar sendiri.

Dari sisi hardware contohnya terutama GPU yang saat ini sudah memiliki kemampuan render super cepat.

Kondisi ini tentu berbeda sekali dengan masa lalu yang dimana GPU masih belum memiliki kemampuan render.

Hanya dengan mengandalkan CPU saja sudah pasti sangat lambat, sehingga butuh render farm untuk High Performance Computing.

Namun sekarang beruntung sudah ada GPU seperti RTX 3000 series dan RTX 4000 series dari Nvidia yang memiliki komputasi tinggi.

Begitu juga dari sisi software, semua orang yang ingin mulai belajar membuat game bahkan tidak perlu repot mempelajari coding terlebih dahulu.

Meskipun demikian orang yang sudah menguasai bahasa pemrogaman akan jauh lebih baik. Sebab jika terjadi error maka bisa mencari solusi sendiri lebih cepat.

Nah, beruntung saat ini sudah ada banyak macam game engine yang bisa anda coba sendiri. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas beberapa macamnya saja yang sudah banyak orang pakai.

Game engine terbaik untuk pemula

1. Unity

Gratis dan mudah digunakan, itulah Unity yang merupakan game engine populer saat ini. Sudah banyak game populer yang dibuat menggunaka unity.

Jika anda seorang gamer maka pastinya kata Unity sudah tidak asing lagi untuk didengar. Tidak terbatas hanya pada game PC saja tetapi game-game android juga sudah banyak yang dibuat menggunakan Unity.

Baik developer profesional maupun pemula sama-sama bisa menggunakan game engine yang bernama Unity ini.

Tampilan yang sangat user friendly pada Unity ini dapat membuat pemula sekalipun untuk mudah mempelajarinya dengan cepat.

Untuk pemrograman pada Unity tersedia dalam dua pilihan yaitu baris perintah dan node. Dengan menggunakan node maka para pengguna bisa lebih mudah untuk melakukan pengaturan.

Beberapa game seperti Pokemen GO, Rimworld dan lainnya bisa populer berkat adanya game engine unity.

2. Unreal Engine

Selain unity, Unreal Engine juga tidak kalah populernya. Sesuai dengan namanya, game engine ini terkenal dengan ray tracing yang sangat realistik.

Seorang gamer PC pastinya sudah sering mendengar “game ini dibuat menggunakan unreal engine”.

Biasanya game-game PC yang menggunakan unreal engine terkenal dengan visual yang sangat realistik.

Saat ini sudah menggunakan versi Unreal engine 5 yang merupakan penerus dari unreal engine 4.

Kemampuan engine yang fantastis dalam hal urusan rendering ini unreal engine 5 adalah jagonya.

Unreal Engine menggunakan bahasa C++ yang jika anda menguasainya maka akan semakin mudah untuk melakukan costum coding.

Namun tenang saja bagi anda yang bahkan tidak bisa bahasa pemrograman sama sekali. Seperti Unity, pada unreal engine juga tersedia node yang memudahkan anda untuk membuat sebuah program tanpa harus mengerti bahasa C++.

Unreal engine bisa anda pakai secara gratis, sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin memulai belajar membuat game sendiri.

Hingga saat ini setidaknya terdapat dua lisensi yaitu untuk personal dan enterprise. Keduanya bisa sama-sama gratis, namun untuk enterprise akan ada fee jika anda berhasil mendapatkan penghasilan dalam jumlah tertentu.

Nah, agar dapat merasakan pengalaman terbaik maka pastikan kalau spesifikasi hardware anda sudah memenuhi syarat minimal.

Mengutip dari laman resmi unreal engine, membutuhkan minimal RAM minimal 8 GB. Akan tetapi sangat jauh direkomendasikan untuk menggunakan kapasitas RAM yang lebih besar.

Sebab semakin banyak object data dan asset yang dibuka maka membutuhkan memori yang lebih besar.

Pastikan juga anda menggunakan GPU yang kencang dan sudah support directX 12. Perlu anda ketahui bahwa menggunakan kartu grafis yang kencang pada unreal engine 5 dapat mempersingkat waktu render.

3. Blender Game Engine

Jika anda perhatikan maka akhir-akhir ini kepopuleran Blender semakin meningkat. Semua berkat banyaknya influencer yang menggunakan sosial media untuk membuat video tutorial.

Hingga saat ini pihak developer blender masih sangat aktif dan melakukan update secara rutin dengan jadwal yang ketat.

Namun sayang kalau fitur game engine pada blender berhenti dikembangkan. Mengingat blender adalah software open source maka dibuatlah blender game engine oleh developer pihak ketiga.

Uchronia Project Blender Game Engine atau yang biasa disingkat menjadi UPBGE menawarkan software game engine gratis yang cocok untuk pemula.

Memang engine saat ini yang bernama Eevee bawaan blender sudah tertinggal jauh dari unreal engine dan unity.

Namun bagi anda pemula yang baru pertama kali ingin mencoba membuat game sendiri sangat direkomendasikan untuk mencoba blender game engine.

Mulai dari ukuran file software dan user interface blender game engine terlihat lebih sederhana. Jauh lebih sederhana dibandingkan Unity dan unreal engine yang menggunakan launcher.

Tidak membutuhkan kemampuan coding sama sekali meskipun sebenarnya tersedia fitur baris perintah.

Nah, untuk spesifikasi hardware yang dibutuhkan blender game engine ini juga tidak terlalu berat.

Anda hanya butuh CPU dengan quad core, dan GPU yang sudah support OpenGL minimal versi 4.3.

Untuk urusan memori pihak developer menyarankan komputer dengan RAM minimal 8 GB. Namun tentu saja RAM dengan kapasitas lebih besar sangat direkomendasikan.

Begitu juga untuk memori GPU atau yang biasa kita sebut dengan Vram. Agar bisa berjalan dengan lancar maka blender game engine membutuhkan minimal Vram minimal 2GB saja.

4. CryEngine

Game engine terbaik

Salah satu game legendaris yang pernah membuat Nvidia Geforce dan AMD Radeon kelabakan adalah Crysis.

Bagaimana tidak jika GPU saat itu tidak mampu merender game Crysis ini lebih dari 30FPS pada setingan high untuk seri flagshipnya.

Jika anda ingin membuat game keren seperti crysis maka bisa gunakan game engine yang bernama Cryengine.

Terdapat banyak segudang fitur lengkap di CryEngine yang bisa anda pakai untuk membuat game sebagus mungkin.

CryEngine sangat cocok untuk anda yang ingin fokus membuat pasar game PC maupun konsol. Kekuatan “Engine” pada cryengine ini tentunya tidak kalah performanya dengan game engine lainnya.

Anda bisa dengan mudah membuat game dengan tampilan visual yang sangat realistik berkat engine bawaan cryengine ini.

Salah satu unggulan yang tidak kalah menariknya yaitu tersedianya dukungan untuk membuat game VR.

Seperti kita ketahui bahwa industri game terutama VR semakin banyak peminatnya. Para gamer tentunya akan mendapatkan pengalaman yang unik ketika bermain dengan mode VR.

Penutup

Dari semua game engine yang kita bahas tadi sebenarnya masih ada lebih banyak lagi game engine yang bisa anda coba.

Namun game engine seperti unreal engine, Unity, blender game engine (UPBGE) dan cryengine adalah yang terpopuler saat ini.

Masing-masing game engine yang sudah kita sebutkan tadi mempunyai dokumentasi lengkap yang bisa anda pelajari sendiri melalui web resminya.

Bagikan Postingan: