Rekomendasi motherboard termurah H610 yang bagus

Sedang mencari motherboard yang murah untuk prosesor Intel gen 12 atau gen 13 ? Ini dia rekomendasi motherboard termurah H610 yang bagus.

Motherboard H610 merupakan chipset entry level yang memiliki harga lebih terjangkau dari yang seri B atau Z series.

Jika harga motherboard B760 dan Z790 berada dikisaran 5 jutaan keatas maka seri H610 hanya dikisaran 1 hingga 2 jutaan rupiah saja.

Mobo H610 sudah kompatibel dengan prosesor alder lake generasi 12 dan raptor lake generasi 13. Kehadiran mobo H610 bisa menjadi solusi terbaik untuk anda yang ingin rakit PC dengan budget yang terbatas.

Meskipun harganya yang murah bukan berarti motherboard ini murahan. Rata-rata motherboard yang memakai chipset H610 masih memiliki performa yang layak untuk prosesor intel gen 12 dan gen 13.

Prosesor Intel core i3 12100f atau 13100f sangat cocok untuk disandingkan dengan mobo H610. Sebab kedua hardware tersebut sama-sama di kelas entry level.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas beberapa rekomendasi motherboard termurah H610 yang bagus untuk anda jadikan referensi.

Rekomendasi motherboard termurah H610 yang bagus

1. MSI PRO H610M-G WIFI DDR4

Rekomendasi motherboard termurah H610 yang bagus

Pilihan pertama ada MSI PRO H610M-G WIFI DDR4 yang merupakan motherboard dengan harga terjangkau untuk prosesor Intel gen 12 atau gen 13.

Pihak MSI telah memperbarui bios motherboard ini sehingga pastinya sudah kompatibel dengan cpu intel terbaru yaitu raptor lake.

Tidak seperti seri B atau seri Z, mobo MSI PRO H610M-G WIFI DDR4 dijual dengan harga yang sangat murah. Cukup dengan membayar 1,6 juta rupiah saja maka sudah bisa anda dapatkan satu unit mobo bagus ini.

Sesuai dengan penamaannya, motherboard MSI ini masih menggunakan memory DDR4. Jadi untuk anda yang sudah memiliki ram DDR4 tidak perlu membeli lagi yang baru.

Mobo MSI PRO H610 ini memiliki 2 slot DIMM yang berarti bisa anda pasang hingga 2 keping RAM DDR4. Adapun masing-masing keping mobo ini mendukung kapasitas hingga 32GB, jadi totalnya bisa mencapai 64GB.

Jika anda menggunakan CPU seperti Intel core i3 12100 yang memiliki UHD 730 maka mobo ini sudah dibekali dengan port monitor yang lengkap.

Pada bagian samping motherboard MSI PRO H610M-G WIFI DDR4 ini terdapat satu displayport, satu VGA dan satu HDMI.

Sebagai motherboard yang terbilang murah, MSI juga telah membekali EZ debug LED yang bisa membantu memberikan informasi bagi pengguna apabila terjadi error.

Ada 4 led yang masing-masing bisa menunjukkan sumber masalah pada bagian BOOT, VGA, DRAM, CPU. Jadi apabila terjadi masalah maka pengguna bisa tahu persis ke mana harus mencari untuk mengaktifkan dan menjalankannya kembali.

Fitur yang tidak kalah menariknya dari mobo MSI PRO H610M-G ini yaitu sudah memiliki dukungan WIFI bawaan.

Meskipun harganya yang hanya 1,6 jutaan rupiah saja, anda bisa gunakan WIFI dari mobo MSI ini secara praktis dan mudah.

Seperti kita ketahui bahwa OS windows 10 dan windows 11 sudah memiliki UI yang mudah untuk melakukan setting wifi.

Pengguna hanya butuh melakukan instal driver wifi bawaan msi terlebih dahulu setelah itu bisa langsung digunakan.

2. ASUS PRIME H610M-A D4

Untuk motherboard varian murah, Asus juga memiliki produk andalannya untuk pasar kelas low end. Mobo itu adalah ASUS PRIME H610M-A D4 yang hadir dengan harga terjangkau.

Hampir sama dengan mobo MSI PRO H610M-G WIFI DDR4, ASUS PRIME H610M-A D4 masih dikisaran harga 1,7 jutaan rupiah saja.

Mobo LGA 1700 ini cocok untuk prosesor Intel core i3 yang lebih irit daya dibandingkan i5, i7 dan i9 gen 13.

ASUS PRIME H610M-A D4 sudah memiliki bios yang bisa kompatibel dengan prosesor intel generasi 12 maupun generasi 13.

Namun ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu sebelum membeli bahwa mobo ini sudah di update biosnya.

Tidak masalah jika anda bisa melakukan update bios sendiri, namun akan lebih praktis jika pihak penjual yang melakukannya.

Sebagai motherboard murah seharga 1,7 juta rupiah saja, Asus telah membekali mobo ini dengan performa yang menjanjikan.

Asus masih berbaik hati mau memberikan heatsink yang bisa membantu mendinginkan VRM bawaan mobo. Hal ini tentu sangat jarang kita lihat tentunya pada mobo H610 merk lain.

Sebab kebanyakan mobo H610 lain biasanya tidak diberikan heatsink VRM. Jadi ASUS PRIME H610M-A D4 memiliki keunggulan yang layak untuk anda pertimbangkan.

Mobo ini memiliki 2 DIMM DDR4 yang support hingga 64GB. Menariknya lagi, Asus juga membekali mobo ini dengan dukungan 1x PCIe 4.0 dan 1x PCIe 3.0.

3. Gigabyte H610M H

Selanjutnya ada motherboard Gigabyte H610M H yang juga bisa anda beli dengan harga sangat terjangkau. Bahkan bisa dibilang harga motherboard ini lebih murah dari 2 mobo yang sudah kita bahas tadi.

Cukup dengan mengeluarkan uang 1,3 jutaan rupiah saja anda sudah bisa dapatkan mobo Gigabyte ini. Seperti kita ketahui bahwa Gigabyte memang terkenal dengan produk-produknya yang memiliki harga ramah kantong.

Kehadiran motherboard Gigabyte H610M H ini bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin merakit PC modern dengan prosesor Intel terbaru generasi 13.

Gigabyte H610M H sudah support prosesor Intel generasi 12 maupun generasi 13. Jadi tidak masalah anda ingin gunakan prosesor intel terbaru karena sudah pasti kompatibel dengan mobo murah ini.

Meskipun demikian perlu anda ketahui bahwa mobo Gigabyte yang menggunakan chipset H610 ini tidak dibekali dengan heatsink VRM.

Sehingga jika anda pasangkan dengan CPU high end seperti core i9 13900k yang membutuhkan power lebih maka performa tidak akan bisa maksimal jika anda pasang pada mobo Gigabyte h610 ini.

Sebab tanpa adanya pendingin heatsink maka VRM pada mobo ini akan menjadi cepat panas. Jadi akan lebih cocok jika menggunakan mobo Gigabyte H610M H ini untuk CPU yang lebih rendah daya seperti core i3 gen12 atau gen13.

Motherboard Gigabyte H610 ini juga masih menggunakan DDR4 yang tersedia 2 slot DIMM. Dan yang menarik lagi dari mobo ini yaitu sudah memiliki 1 slot PCIe 4.0 x16.

Jadi akan sangat membantu performa jika anda pasang dengan GPU high end seperti Nvidia RTX series. Dengan resolusi tinggi seperti 4K tentunya tidak akan bottleneck pada mobo ini karena sudah memakai PCIe 4.0 x16.

Hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli motherboard H610

Perlu anda perhatikan bahwa mobo H610 ini lebih ditujukan untuk pasar kelas entry level alias pasar bawah.

Jadi jangan berharap bahwa mobo ini bisa memberikan performa maksimal terutama untuk CPU flagship dari intel yaitu core i9 gen 12 atau gen 13.

Sebab rata-rata mobo dengan chipset H610 hanya dibekali dengan VRM yang terbatas. Jadi akan lebih cocok jika disandingkan dengan CPU seperti intel core i3 atau core i5 yang non K series.

Begitu juga dengan DMI 4.0 Lanes yang pada chipset H610 ini hanya memiliki 4 lanes. Hal ini tentu berbeda pada mobo Z series yang dimana sudah memiliki 8 lanes pada DMI 4.0 nya.

Bagikan Postingan: