Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Peralatan & Motif-motifnya

Bagi para wanita yang merasa bosan dengan bentuk tasnya yang itu-itu saja, mereka bisa mencoba membuat tas sendiri dengan menggunakan bahan dasar tali kur. Dalam hal ini, kami akan membagikan informasi lengkap mengenai bagaimana cara membuat tas dari tali kur yang mudah dan bagus.

Tas yang terbuat dari tali kur dikatakan memiliki daya tahan yang lebih kuat dan tampilan yang lebih unik. Maka dari itu, seiring berjalannya waktu semakin ada banyak orang yang tertarik untuk membuatnya sendiri. Namun, tidak semua orang mengetahui tentang caranya dengan baik.

Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu tentang bagaimana cara membuat tas dengan bahan dasar tali kur. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk membuatnya sendiri di rumah.

Pilihan Motif Tas dari Tali Kur

Tali kur termasuk salah satu bahan tas yang memiliki kualitas terbaik dan varian warna yang beragam. Mulai dari warna cerah hingga gelap bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin membuat tas dari bahan yang satu ini. Tali kur terbuat dari bahan polyester dan memiliki tampilan yang lebih mengkilap.

Tidak hanya itu, jenis tali ini juga memiliki simpul yang rumit dan mampu menghasilkan kesan yang lebih unik. Nantinya, bentuk simpul yang rumit ini bisa dikombinasikan dengan bentuk tas yang fungsional. Sementara untuk pilihan motifnya sendiri akan ada di bawah ini:

1. Motif Bunga

Motif Bunga

Sebelum melakukan cara membuat tas dari tali kur sederhana, Anda perlu memilih salah satu motifnya terlebih dahulu. Sebab, ada berbagai jenis motif yang bisa digunakan dalam proses pembuatan tas ini, dan salah satunya adalah motif bunga.

Jika dibandingkan dengan pilihan motif yang lainnya, maka motif bunga adalah yang paling sering dipilih oleh kebanyakan orang. Motif bunga pada tas ini bisa memberikan kesan yang lebih elegan, sehingga cocok digunakan oleh para wanita dewasa.

Meski begitu, proses pembuatan tas dari tali kur yang bermotif bunga tergolong lebih rumit jika dibandingkan dengan jenis motif lainnya.

2. Motif Sisik

Motif Sisik

Tepat berada di bawah motif bunga, motif sisik juga sering dipilih oleh orang-orang ketika hendak membuat tas dari tali kur. Biasanya, tas dari tali kur yang bermotif sisik akan terlihat lebih feminin dan Anggun. Jadi, tidak mengherankan jika para wanita langsung tertarik ketika melihat motif ini.

Namun, satu kekurangan dari motif ini adalah proses pembuatannya tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Hanya orang-orang yang sudah berpengalaman saja yang bisa membuat tas dari tali kur dengan motif seperti ini.

3. Motif Ketupat

Motif Ketupat

Motif ketupat tergolong lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis-jenis motif sebelumnya. Oleh karena itu, teknik pembuatan motif ini pun bisa dibilang lebih mudah dan cepat. Meski begitu, tampilan tas dari tali kur bermotif ketupat juga tidak kalah cantik dari motif-motif sebelumnya.

Bahkan, saat ini sudah ada banyak tas yang dijual di pasaran dengan motif seperti ini. Tidak seperti motif-motif sebelumnya yang lebih cocok digunakan oleh para wanita, untuk motif yang satu ini juga cocok digunakan oleh para kaum pria.

Bahan dan Cara Membuat Tas dari Tali Kur untuk Pemula

Bahan dan Cara Membuat Tas dari Tali Kur untuk Pemula

Dengan semakin banyaknya orang yang tahu betapa mudahnya membuat tas dari tali kur sendiri di rumah, hal ini membuat informasi terkait cara membuatnya semakin dibutuhkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, di sini kami akan membagikan cara membuat tas dari tali kur secara lengkap:

1. Siapkan Bahan dan Peralatan yang Sesuai Kebutuhan

Jika Anda sudah memilih salah satu motif yang akan dipakai dalam proses pembuatan tas dari tali kur ini, maka sekarang Anda bisa langsung menyiapkan bahan serta peralatan yang dibutuhkan. Beberapa jenis bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam hal ini adalah:

  • Tali kur. Pilih warna dan pola yang paling sesuai dengan keinginan, agar tas bisa terlihat lebih menarik.
  • Siapkan gunting yang tajam untuk memotong tali kur serta bahan-bahan lainnya.
  • Alat yang satu ini digunakan untuk menyatukan pola tali kur menjadi satu bagian yang sama.
  • Korek api. Karena tali kur tergolong cukup tebal, jadi Anda juga membutuhkan korek api untuk memotongnya.
  • Resleting dan pernak-pernik lainnya. Agar tas bisa digunakan secara lebih aman, Anda perlu melengkapi tas tersebut dengan resleting yang benar-benar rekat. Selain itu, pernak-pernik juga dibutuhkan untuk membuat tas terlihat lebih cantik.

2. Tahapan Membuat Tas dari Tali Kur

Untuk membuat tas dari tali kur memang tidak dibutuhkan tenaga yang terlalu banyak, tapi Anda perlu teliti ketika sedang membuatnya. Dalam hal ini, sudah waktunya bagi kami untuk menyampaikan tentang cara membuat tas dari tali kur yang tepat, yaitu:

  • Pertama-tama, ambil 2 helai tali kur yang panjangnya sama. Sementara untuk warnanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Setelah menyiapkan 2 helai tali kur dengan ukuran panjang yang sama, lipat kedua tali tersebut secara sejajar dan jangan lupa untuk memberinya nomor dari 1-4.
  • Untuk memulai proses anyaman tas ini, ambil tali kur nomor 4 dan silangkan ke arah belakang menuju tali nomor 1.
  • Letakkan tali nomor 1 tepat di belakang nomor 4, lalu kunci posisi tali yang telah ditentukan ini. Dengan begitu, urutan talinya sekarang menjadi 4, 1, 2, dan 3.
  • Jika sudah, tarik masing-masing tali yang sudah diurutkan hingga membentuk pola yang kuat. Nantinya, Anda perlu mengambil tali nomor 1 terlebih dahulu, lalu masukkan ke lubang tali kur nomor 3 dan 4. Setelah itu, baru keempat tali bisa ditarik secara bersamaan untuk menguncinya.
  • Kemudian, sambungkan 2 pola secara sejajar dengan mengambil bagian tengah tali untuk disatukan antara bagian kiri dengan bagian kanan.
  • Lakukan pola rajutan ini secara berulang kali hingga selesai, maka tas dari tali kur sudah terbentuk dengan rapi.

Keunggulan Tas dari Tali Kur

Keunggulan Tas dari Tali Kur

Tas dari tali kur tidak hanya memiliki keunggulan pada proses pembuatannya saja, tapi juga memiliki keunggulan pada beberapa bagian lainnya, seperti:

  • Tahan lama dan awet. Tali kur terbuat dari bahan polyester yang dapat membuatnya lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama sekalipun.
  • Tersedia dalam motif dan warna yang bervariasi. Dengan banyaknya pilihan motif dan warna seperti ini, Anda jadi tidak perlu bingung untuk memilih yang paling sesuai dengan keinginan.
  • Ringan dan cocok untuk segala acara. Jika tas tali kur yang berukuran kecil bisa dipakai untuk acara-acara formal, sedangkan tas tali kur yang berukuran besar bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara membuat tas dari tali kur yang mudah, apakah Anda jadi tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Jika iya, maka Anda bisa segera menyiapkan bahan-bahan dan peralatan lainnya yang dibutuhkan dalam proses pembuatan tas ini.

Bagikan Postingan: