Ukuran 2R (CM, MM, INCH, Pixel) + Setting Kertasnya

Mencetak foto dengan ukuran 2R pastinya sudah sering dilakukan orang untuk berbagai keperluan. Ukuran foto 2R biasanya pas kalau ditempatkan pada kantung dompet, sehingga banyak yang menggunakannya.

Jika dikonversikan dalam bentuk satuan sentimeter (cm), berapakah sebenarnya foto 2R tersebut? Perlu diketahui bahwa ukuran kertas yang dipakai pada percetakan foto berbeda dengan ukuran kertas biasa. Percetakan foto memiliki standarisasi ukuran yang telah ditentukan.

Selain dapat dikonversi dalam satuan sentimeter, ukuran foto juga bisa diubah menjadi inchi. Kalau begitu, berapa cm ukuran foto 2R itu? Berapa juga ukuran foto 2R jika dikonversi dengan satuan milimeter (mm) dan inci.

Foto 2R dalam Berbagai Konversi Satuan

Foto 2R dalam Berbagai Konversi Satuan

Biasanya, studio foto cenderung mencetak gambar dengan ukuran standar yaitu 3R, tapi nyatanya banyak juga yang lebih suka foto 2R. Alasannya kebanyakan orang adalah foto yang ukurannya 2R bisa disimpan di dompet dan akan lebih mudah diatur dalam album.

Foto ukuran 2R sendiri sebenarnya bisa dikonversikan dalam beberapa satuan, seperti sentimeter (cm), milimeter (mm) dan inci. Berikut ini akan dijelaskan menjadi berapakah ukuran foto 2R jika diterjemahkan dalam satuan cm, mm dan inci tersebut.

1. Foto 2R dalam Cm

Jika foto yang ukurannya 2R diterjemahkan dalam satuan cm, maka dimensi panjang dan lebarnya adalah sebagai berikut :

  • Panjang : 9 cm
  • Lebar               : 6 cm

Jadi, foto 2R memiliki ukuran 9 x 6 cm.

Baca Juga:  50+ Nama Kucing Laki-laki Lucu, Islami, dengan Arti, dll

2. Foto 2R dalam Mm

Berapa mm ukuran foto 2R itu? Milimeter atau disimbolkan dengan mm adalah ukuran satu tingkat dibawah sentimeter (cm). Sehingga kalau foto 2R dikonversi dalam satuan mm, ukurannya menjadi 90 x 60, dimana panjangnya adalah 90 mm dan lebarnya 60 mm.

3. Foto 2R dalam Inci

Bagaimanakah jika diminta menyatakan ukuran foto 2R menjadi satuan inci? Ukuran gambar 2R jika dinyatakan dalam inci maka menjadi 3,5 x 2,3. Artinya foto berukuran 2R memiliki panjang 3,5 inci dan lebarnya 2,3 inci.

Ukuran Maksimal pada Kertas Foto untuk Mencetak Ukuran 2R

Ukuran Maksimal pada Kertas Foto untuk Mencetak Ukuran 2R

Foto dari sumber manapun bisa dicetak dengan ukuran sebesar 2R, misalnya dari HP, kamera digital, tablet dan sebagainya. Yang perlu diketahu adalah berapa ukuran teoritis kertas foto untuk cetakan 2R tersebut. inilah penjelasan singkatnya.

1. Kertas Ukuran 9,7 x 7,3 cm

Kertas foto dengan ukuran teoritis panjang 9,7 cm dan lebar 7,3 cm sudah mendekati ukuran 2R atau 9 x 3 cm. Jika diterjemahkan dalam resolusi kamera HP , maka smartphone dengan kamera 1,2 MP (1.280 x 960) saja sudah bisa menghasilkan foto 2R.

Artinya, kalau mengambil foto dengan kamera beresolusi 1,2 MP maka sudah bisa menghasilkan cetakan foto 2R yang memiliki kualitas bagus.

2. Kertas Ukuran 10,8 x 8,1 cm

Cetakan foto 2R yang bagus juga dapat dihasilkan dari kamera berkekuatan 1,3 Megapixel (MP). Itu karena kertas ukuran 10,8 x 8,1 cm juga mendekati ukuran 2R sehingga  bisa menghasilkan cetakan foto yang lebih rapat dan bagus.

Dari dua poin penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa kalau ingin mencetak foto dengan ukuran 2R yang kualitas gambarnya bagus dan rapat, maka setidaknya harus memakai kamera 1,2MP. Jika kamera yang digunakan kurang dari 1,2MP maka hasil cetakan 2R kurang bagus, bisa saja pecah.

Baca Juga:  13 Nama Tarian Daerah di Indonesia Paling Populer

Ukuran 2R Foto Polaroid

Ukuran 2R Foto Polaroid

Beberapa dekade yang lalu, foto polaroid sempat menjadi tren yang disukai orang, terutama saat berwisata ke suatu tempat. Foto polaroid adalah foto sekali jadi yang hasilnya akan langsung dicetak dari kamera.

Meskipun menggunakan film yang khusus dan disesuaikan dengan merek dan tipa kemare, tetapi pada intinya sama saja dengan kamera pada umumnya. Seperti jenis kamera lainnya, foto polaroid juga bisa dicetak dengan ukuran sesuai keinginan. Salah satu ukuran cetak foto polaroid adalah 2R.

Lalu, berapakah ukuran foto polaroid 2R tersebut, apakah sama dengan foto dari kamera biasa? Ukuran 2R pada polaroid merupakan ukuran standar yang sering digunakan dalam percetakan seri R dan bisa dikonversi dengan satuan mm, cm maupun inci.

Ukuran foto 2R polaroid dalam satuan sentimeter yaitu 9 x 5,6cm atau 90 x 56mm. Hanya saja perlu diketahui bahwa ukuran foto polaroid 2R seperti di atas hanya pada area gambarnya saja, tidak termasuk bagian kosong yang tersisa.

Seperti yang sudah diketahui bahwa foto polaroid jika dicetak akan menyisakan area kosong berwarna putih yang areanya lebih luas. Ukuran total kertas foto 2R satu lembar adalah 9 x 6 sentimeter (cm).

Penjelasan Lain Tentang Ukuran 2R

Penjelasan Lain Tentang Ukuran 2R

Pada beberapa literatur ada sedikit perbedaan tentang ukuran foto 2R. Perlu dijelaskan lebih dulu bahwa maksud “R” adalah seri ukuran yang umum digunakan dalam percetakan foto. Seri R tersebut menjadi ukuran standar yang digunakan dalam percetakan foto.

Sebenarnya, maksud angka pada seri R percetakan foto adalah ukuran sisi yang terpendek atau sisi lebar foto yang dinyatakan dalam satuan inci. Hanya saja, dalam hal ini khusus untuk foto ukuran 2R agak berbeda.

Baca Juga:  Contoh Mading Juara 2D dan 3D dalam Berbagai Tema

Jika merunut dari aturan tentang angka pada seri R di atas, seharusnya foto dengan ukuran 2R memiliki lebar 2 inci. Tetapi faktanya berbeda, menurut standar yang ada, foto 2R mempunyai lebar 2,5 inci dan panjangnya 3,5 inci.

Mengapa ukuran foto 2R menjadi berbeda dengan standar yang ada, karena pada dasarnya 2R adalah foto yang ukurannya setengah dari foto ukuran 3R. Meskipun begitu, sebenarnya hanya selisih 0,5 inci saja dari standar yang ada.

Ukuran foto sebesar 2R sering juga disebut sebagai ukuran old wallet, karena biasanya foto dengan ukuran tersebut disimpan di dalam kantung dompet. Lebih mudahnya, foto 2R memiliki ukuran yang seperti kartu ATM yang lebih besar sedikit.

Ukuran 2R pada Pixel

Ukuran 2R pada Pixel

Pixel adalah ukuran kekuatan atau resolusi pada kamera. Seperti sudah dibahas di atas bahwa foto 2R seharusnya memiliki ukuran lebar 2 inci. Hanya saja, satuan inci tidak begitu populer digunakan oleh orang Indonesia, sehingga digunakan satuan lainnya yaitu cm, mm ataupun pixel.

Konversi ukuran foto 2R ke dalam satuan cm dan mm telah dibahas pada bagian sebelumnya. Bagaimanakah dengan konversi dalam satuan pixel? Jika memakai satuan pixel, maka foto 2R berukuran 750 x 1050px, dengan syarat resolusi kamera adalah 300dpi.

Resoulusi 300dpi ini menjadi rekomendasi standar angka resolusi yang digunakan dalam percetakan foto. Nilai dpi harus selalu disertakan jika menggunakan satuan pixel untuk mencetak foto 2R dan ukuran lainnya. Standar dpi yang dipakai pada software percetakan foto yaitu 72dpi.

Secara umum foto ukuran 2R adalah foto yang ukuran lebarnya 6 cm dan panjangnya 9 cm. Menurut standar yang berlaku pada seri R cetak foto, seharusnya 2R memiliki ukuran lebar 2 inci, tapi faktanya ada selisih sekitar 0,5 inci.

Bagikan Postingan: