Server Web Antar Platform Seperti pada Linux dan Windows

Internet sudah digunakan oleh berbagai kalangan di zaman sekarang ini. Dalam dunia internet ada yang disebut dengan server web. Server web telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang, saat mereka browsing banyak hal di internet.

Server web antar platform yang dapat berjalan dibeberapa platform seperti linux dan windows adalah Apache. Walaupun masih banyak juga jenis server web antar platform lainnya. Tapi yang paling banyak digunakan dan paling populer adalah Apache.

Apache merupakan salah satu jenis server web dari sejumlah server web yang ada di dunia. Jadi, pada saat seseorang browsing sesuatu di internet maka web akan membaca serta menampilkan informasi yang diperlukan oleh pengguna dengan cepat. Hal itu disebabkan oleh server web yang memenuhi segala kebutuhan pengguna internet itu sendiri.

Server Web Antar Platform yang Dapat Berjalan Dibeberapa Platform Seperti Linux dan Windows adalah Apache

Sebelum memahami pengertian dari Apache itu sendiri, maka Anda harus tahu tentang server web terlebih dulu. Server web merupakan jenis software yang fungsinya adalah untuk menerima web dari permintaan, yang berupa http/https. Atau dari browser yang nantinya akan mengirim respon berupa dokumen html.

Maka server web ini adalah server yang tugasnya memberikan data pada browser seperti misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, dan masih banyak yang lainnya. Yang nantinya akan menampilkan konten yang dicari.

Lalu, apa pengertian dari Apache? Pengertian dari Apache ini adalah jenis server web ternama dan paling banyak dipakai di seluruh dunia. Apache telah diluncurkan sejak tahun 1995 silam, yang dikelola langsung oleh Apache Software Foundation. Sampai saat ini namanya terus melambung dan banyak digunakan. Yang dimana tugasnya adalah sebagai penyambung antara server dengan user atau browser.

Awalnya Apache dikembangkan untuk sistem operasi seperti misalnya UNIX, supaya bisa menjadi server web open source. Tujuan lainnya dari pengembangan ini adalah untuk menyediakan jenis server web lainnya yang bisa dikembangkan. Dengan mudah, efektif, aman, dan juga efisien. Apache telah banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan besar di dunia seperti misalnya Adobe, IBM, Linkedin, dan sebagainya.

Maka sekarang Anda tak perlu sulit lagi menjadi pertanyaan server web antar platform yang dapat berjalan dibeberapa platform seperti linux dan windows adalah, karena jawabannya sudah jelas yaitu Apache.

Keunggulan dari Apache Sebagai Server Web Antar Platform

Kelebihan dari Apache yang menjadi salah satu server web terpopuler di dunia diantaranya yaitu:

1. Gratis

Jenis server web yang satu ini termasuk tipe open source, yang dimana para pengguna bisa mengunduhnya tanpa ada biaya lainnya. Kode sumbernya pun bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda secara pribadi. Inilah salah satu kelebihan yang cukup signifikan dari Apache.

Selain itu status open sourcenya pun bisa menghilangkan lisensi yang berulang, dan adanya biaya dukungan yang dibutuhkan dalam menjalankan program server web di dalamnya.

2. Fiturnya Menarik

Setelah menjawab pertanyaan berupa server web antar platform yang dapat berjalan dibeberapa platform seperti linux dan windows adalah, mari kita bahas tentang kelebihan server web ini selanjutnya. Kelebihan lainnya adalah fiturnya yang menarik. Dan jika dibandingkan dengan kompetitornya yang harganya mahal, fitur dalam Apache terbilang lebih menarik.

Perangkat lunak tersebut juga sudah meliputi skema otentifikasi dan juga administrasi control panel. Ditambah lagi dengan adanya modul hosting virtual yang akan memungkinkan Anda, dalam menjalankan lebih dari satu situs dengan server yang sama.

Fitur menarik lainnya yaitu paket instalasi yang terdiri dari SMTP, FTP, dan sebagainya. Komunitas pengembang dari Apache ini sering kali membuat pembaruan, sehingga para pengguna bisa mengakses fitur baru dengan keamanannya yang meningkat.

3. Kompabilitas Tinggi

Tingkat kompabilitas pada apache juga cukup tinggi dengan beragam jenis perangkat keras atau sistem operasi yang ada saat ini. Seperti misalnya Windows NT, Unix, Linux, Mac OC dan sebagainya. Setiap instalasinya juga bisa disesuaikan dengan kemampuan teknis yang berasal dari hardware yang Anda miliki.

Apache juga meliputi dukungan bagi bahasa pemrograman seperti misalnya Python, PHP, dan juga Perl. Kompabilitasnya yang tinggi akan memberi berbagai kemudahan pada Apache tersebut.

4. Technical Support yang Baik

Kelebihan lainnya dari Apache adalah menjadi technical yang baik, dan terdapat di berbagai situs web yang ada di dunia. Hal itu akan memungkinkan para pemilik server untuk mengakses artikel referensi, serta memperoleh bantuan di manapun dan kapanpun.

Jadi, server web antar platform yang dapat berjalan dibeberapa platform seperti linux dan windows adalah Apache. Dengan keunggulannya tersendiri, yang membuatnya banyak digunakan di seluruh dunia.