Pengertian Pembangunan dan Konsep Menurut Para Ahli

Pengertian Pembangunan – Pembangunan digunakan sebagai frasa yang positif dalam berbagai bidang. Kegunaanya sering kali dipakai pada bidang ekonomi, tata negara hingga politik. Pengertian pembangunan  sendiri menurut para ahli adalah kegiatan terencana yang mampu menimbulkan perubahan yang lebih baik.

Adanya pembangunan akan menimbulkan perubahan dari hal lama menjadi hal baru. Ada banyak sekali pengertian pembangunan dan konsep yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut beberapa diantaranya bisa disimak dibawah ini :

  1. Rogers dan Shoemaker

Berdasarkan sudut pandang dari Rogers dan Shoemaker pengertian pembangunan adalah perubahan sosial dengan ide baru yang diperkenalkan dalam sistem sosial untuk menghasilkan pendapatan per kapita.

Konsepnya dari pembangunan ini adalah untuk meningkatkan level kehidupan yang lebih baik melalui metode produksi terkini yang canggih serta organisasi sosial yang lebih terarah.

  1. Seers

Bagi Seer Pengertian pembangunan bisa dalam istilah teknik atau biasa dimaknai dengan seni dalam membangkitkan masyarakat di berbagai negara berkembang dari kemiskinan hingga tingginya angka pengangguran serta ketidakadilan dalam bidang sosial.

  1. Siagian

Menurutnya pembangunan merujuk pada national building atau usaha untuk pertumbuhan dan perubahan yang terencana dan dilakukan secara sadar dalam rangka menuju modernitas untuk meningkatkan pembinaan bangsa.

  1. Mohammad Ali

Menurut Mohammad Ali setiap usaha yang dikerjakan secara terencana guna mewujudkan perubahan dengan tujuan utama sebagai perbaikan dan peningkatan taraf hidup, hingga kesejahteraan dan kualitas manusia bisa dikatakan sebagai pembangunan.

  1. Alexander

Menurut Alexander pembangunan merupakan sebuah proses perubahan yang mana meliputi  seluruh sistem sosial mulai dari politik, infrastruktur, pertahanan, ekonomi, kelembagaan, pendidikan dan teknologi,hingga budaya.

  1. Dissanayake

Dari sudut pandang Dissanayake menyatakan bahwa pembangunan adalah suatu proses dengan tujuan perubahan sosial yang mengarah pada perbaikan kualitas hidup yang lebih baik. Perbaikan kualitas ini mencakup seluruh ataupun mayoritas masyarakat dengan tidak merusak lingkungan maupun budaya/kultur lingkungan aslinya.

Dissanayake menambahkan pembangunan mampu melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat dan keterlibatan mereka menjadi penentu untuk mencapai tujuan yang diinginkannya.

  1. Effendi

Effendi menyatakan bahwa pendidikan berperan penting dalam pembangunan. Adanya pendidikan mampu membuka wawasan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan perubahan dan meraih cita-cita yang lebih baik.

Konsep & Teori Pembangunan

Selain pengertian pembangunan diatas ada pula konsep dan teori pembangunan yang berkembang di masyarakat. Adapun konsep dan teori pembangunan menurut para ahli  diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Imam Nazeni

Imam Nazeni menyamakan konsep pembangunan dengan proses komputer yang mana harus ada perangkatnya agar bisa berfungsi dengan baik. Konsep pembangunan menurutnya terbagi atas perangkat keras dan perangkat lunak.

  1. Perangkat keras dalam pembangunan berisi tenaga kerja, dana, waktu, basis usaha, waktu hingga material.
  2. Perangkat Lunak sendiri mencakup ilmu, keahlian, moral, teknologi,informasi hingga peraturan.

Menurutnya konsep pembangunan berkaitan pula dengan berbagai teori pertumbuhan ekonomi yang telah dikemukakan para ahli pendahulunya. Teori pembangunan menurut [para ahli yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Teori Rostow

Rostow menyadari dalam pertumbuhan ekonomi terdapat lima tahapan. Lima tahapan inilah yang mempengaruhi pembangunan itu sendiri diantaranya adalah masa konsumsi massal, masyarakat tradisional, maturity, prasyarat untuk tinggal landas dan tinggal landas.

  1. Teori Adam Smith

Adam Smith juga pernah mengemukakan teori pembangunannya yang dikenal dengan Teori Hukum Alam. Adanya keberlakukan doktrin hukum alam juga turut andil dalam persoalan ekonomi sehingga timbul kebijakan pasar bebas dalam bidang ekonomi. Ini pula yang mendorong kekuatan tak terlihat seperti pasar persaingan sempurna menuju keseimbangan secara otomatis namun juga cenderung mampu memaksimumkan kesejahteraan nasional.

  1. Teori Malthus

Selanjutnya ada pula teori pembangunan yang dikemukakan Thomas Robert Malthus. Ia beranggapan bahwa dalam proses pembangunan ekonomi tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Proses ini membutuhkan serangkaian usaha yang konsisten dari rakyat. Ia mendeskripsikan bahwa proses pembangunan berhubungan dengan proses naik turunnya aktivitas ekonomi atau sama dengan lancar atau tidaknya aktivitas ekonomi.

  1. Teori Marxis

Teori ini dikemukakan oleh Karl Marx yang merinci bagaimana perkembangan kapitalis dan penawaran pembangunan ekonomi yang terencana. Dalam perkembangan kapitalis produksi biasanya tunduk pada perubahan. Sementara daya produksi sangat kontra dengan struktur kelas masyarakat ketika terjadi revolusi sosial.

Dalam mengukur pembangunan sendiri menurut  para ahli ekonomi modern terdapat dua faktor yakni pemerataan dan kualitas kehidupan.Beberapa  contoh pembangunan bisa disimak pada poin-poin dibawah ini:

  • Pembangunan ada yang sifatnya jangka panjang dan jangka pendek. Misalnya saja pembangunan jalan atau bangunan yang ditargetkan selesai dalam jangka waktu 10 tahun
  • Pembangunan juga bisa berupa infrastruktur untuk peningkatan listrik dan internet di seluruh kawasan Indonesia sehingga meningkatnya smart city di tanah air
  • Meningkatnya daya beli dalam negeri terhadap produk hasil produksi negara sendiri

Itulah tadi pengertian pembangunan serta konsep dan teori yang dikemukakan oleh para ahli. Semoga bisa menambah wawasan dan memberi gambaran tentang apa itu pembangunan.

Leave a Comment