Pengembangan SDM: Pengertian, Fungsi dan Metodenya

Penting adanya pengembangan SDM di sebuah perusahaan. Pengembangan Sumber Daya Manusia sangat penting, karena memiliki pengaruh terhadap perkembangan perusahaan tersebut di masa depan.

Perusahaan harus paham dengan apa itu pengembangan Sumber Daya Manusia, fungsinya dan apa saja metode yang bisa digunakan. Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus memastikan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia benar-benar dilaksanakan di perusahaan Anda.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan apa itu pengembangan Sumber Daya Manusia, serta fungsinya bagi perusahaan. Akan dijelaskan juga metode-metode yang selama ini digunakan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia.

Apa itu Pengembangan SDM?

Apa itu Pengembangan SDM

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan pengembangan Sumber Daya Manusia? Yang dimaksud dengan pengembangan Sumber Daya Manusia adalah sebuah upaya, yang biasa dilakukan perusahaan/organisasi, untuk meningkatkan keterampilan dan skill SDM dalam kurun waktu tertentu.

Kalau dibahas lebih rinci, pengembangan Sumber Daya Manusia adalah subfungsi yang proaktif. Pasalnya, pengembangan ini dimulai dari tingkat identifikasi kebutuhan training, survei keadaan sampai melakukan program training atau pelatihan.

Training atau pelatihan tersebut adalah proses yang berkesinambungan namun berjangka pendek. Sedangkan pengembangan organisasi adalah jangka panjang, serta selaras dan satu tujuan dengan apa yang dicita-citakan perusahaan.

Definisi Menurut Para Ahli

Definisi Menurut Para Ahli

Agar Anda lebih paham tentang pengembangan Sumber Daya Manusia, berikut kami paparkan pendapat dari ahlinya.

1. M.M. Khan

Beliau berpendapat bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia adalah upaya peningkatan sikap, pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam perusahaan atau organisasi.

Dapat dipahami bahwa, dengan upaya-upaya pengembangan tersebut, skill, pengetahuan dan kemampuan karyawan akan bertambah. Hasilnya, perusahaan akan diuntungkan dengan hal ini, karena karyawan yang kapabel adalah aset yang berharga.

2. Prof. T.V Rao

Menurut beliau, pengembangan SDM adalah proses untuk membantu karyawan secara terus menerus serta terencana. Tujuannya adalah agar karyawan tersebut mendapatkan dan mempertajam kemampuannya.

Kemampuan tersebut terkait dengan peran yang dilakukannya sekarang ini, atau yang diharapkan darinya di masa yang akan datang. Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan kemampuan karyawan sebagai individu, dan memanfaatkan potensinya untuk dirinya sendiri dan perusahaan.

Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Fungsi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sekarang kita akan membahas fungsi atau tujuan pengembangan SDM, yang mana sangat banyak. Semua manfaat tersebut akan dirasakan oleh perusahaan maupun karyawan yang bersangkutan. Berikut ini adalah fungsi dari pengembangan Sumber Daya Manusia yang harus Anda tahu.

1. Pelatihan dan Pengembangan

Fungsi pengembangan Sumber Daya Manusia yang pertama adalah untuk pelatihan dan pengembangan. Pelatihan dan pengembangan ini akan berfokus pada perubahan serta peningkatan keterampilan Sumber Daya Manusia.

Biasanya, pelatihan dan pengembangan ini akan melibatkan penyediaan pengetahuan dan keterampilan. Yang mana, pengetahuan dan keterampilan tersebut akan dibutuhkan oleh karyawan, guna melakukan tugasnya di perusahaan dengan baik tanpa cela.

Selain membangun pengembangan karyawan secara menyeluruh, pengembangan ini juga memberikan pengetahuan kepada mereka, agar bisa bekerja dengan efektif dan efisien, yang hasilnya sangat baik untuk perusahaan.

2. Pengembangan Perusahaan

Fungsi pengembangan Sumber Daya Manusia berikutnya adalah untuk mengembangkan perusahaan atau organisasi. Pengembangan perusahaan ini bisa dilakukan, yaitu dengan intervensi yang terencana, dengan menerapkan konsep ilmu perilaku.

Intervensi ini menekankan bahwa perusahaan atau organisasi bisa berubah, tentunya menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Perubahan perusahaan ke arah yang lebih baik ini berlaku untuk ruang lingkup makro maupun mikro.

3. Pengembangkan Karier

Fungsi pengembangan Sumber Daya Manusia berikutnya adalah pengembangan karier. Dalam proses pengembangan karier ini, kemajuan setiap karyawan didapatkan, berkat serangkaian tahapan dan proses yang berkelanjutan.

Proses pengembangan karier melibatkan dua proses yang berbeda, yakni :

  • Manajemen karier
  • Perencanaan karier

4. Mendapatkan Karyawan Berbakat

Dengan melakukan pengembangan SDM, perusahaan akan mendapatkan karyawan yang berbakat, yang tepat untuk menjalankan kegiatan perusahaan. Tentu, perusahaan wajib merekrut karyawan yang tepat, agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

Pengembangan Sumber Daya Manusia juga berfungsi untuk mencocokkan orang yang tepat, untuk pekerjaan yang tepat. Right man in the right place, istilah kerennya, tentu bisa bekerja dengan maksimal, yang pastinya menguntungkan perusahaan.

5. Hubungan Baik Antar Karyawan dan Pimpinan

Fungsi pengembangan Sumber Daya Manusia berikutnya adalah untuk membuat hubungan antara karyawan dan pimpinan perusahaan bisa baik. Tentu, perusahaan atau organisasi ingin agar setiap individu di dalamnya bisa berhubungan dengan baik, tidak peduli atasan atau bawahan.

Dengan pengembangan Sumber Daya Manusia, hubungan antara pemberi kerja dan karyawan bisa kuat. Jaringan komunikasi bisa berjalan dengan harmonis, dimana karyawan bisa bertanya dan berpendapat kepada para pemimpin perusahaan.

6. Mengukur Kinerja dan Manajemen Perusahaan

Pengembangan Sumber Daya Manusia juga berfungsi untuk mengukur kinerja dan manajemen perusahaan. Maksudnya, dengan pengembangan Sumber Daya Manusia, perusahaan bisa mengetahui masalah-masalah di dalam perusahaan, seperti kerja yang tidak efisien.

Selain itu, perusahaan bisa meninjau kinerja karyawan, siapa saja yang memiliki kinerja buruk. Jika memang ada, maka tugas manajer untuk membuat karyawan tersebut kembali berkinerja sebaik sebelumnya.

7. Menentukan Kompensasi dan Tunjangan

Pengembangan ini bermanfaat untuk menentukan berapa kompensasi dan tunjangan yang diberikan untuk karyawan. Jadi, setiap karyawan akan mendapatkan kompensasi dan tunjangan sesuai dengan kualifikasi dan kinerjanya.

Metode Pengembangan SDM

Metode Pengembangan SDM

Dalam melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia, perusahaan/organisasi perlu menggunakan metode yang tepat. Tujuannya jelas, agar tujuan dari pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut bisa tercapai.

1. Training

Ini adalah metode yang bertujuan untuk mengembangkan modal manusia dalam perusahaan/organisasi, agar terampil dalam bekerja sesuai dengan tugasnya. Biasanya, pelatihan dilakukan secara internal maupun eksternal.

  • Pelatihan internal, berada di lingkup perusahaan, seperti On The Job Training.
  • Pelatihan eksternal, di mana karyawan datang ke instansi/lembaga pelatihan.

2. Magang

Metode ini dipersiapkan untuk karyawan baru agar siap mengerjakan tugasnya dengan maksimal ketika sudah menjadi karyawan nanti.

3. Pendidikan

Metode pengembangan SDM berikutnya adalah pendidikan, yaitu perusahaan memberikan fasilitas pendidikan formal kepada pegawainya. Dengan fasilitas ini, karyawan bisa melanjutkan jenjang pendidikannya.

Ini bertujuan untuk memenuhi kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan metode ini juga, diharapkan karyawan tersebut lebih meningkat keterampilan, pengetahuan, sikap dan lainnya demi kebaikan perusahaan.

4. Rotasi Kerja

Metode pengembangan Sumber Daya Manusia yang bisa dilakukan selanjutnya adalah rotasi kerja. Ini bisa Anda lakukan, ketika Anda menemukan bahwa pegawai tidak bekerja dengan maksimal sesuai yang diharapkan oleh perusahaan.

Perusahaan akan mengevaluasi karyawan tersebut, termasuk mencari tahu apa saja yang menghambat pekerjaannya. Misalnya saja, tidak cocok dengan rekan satu tim, kelelahan, kejenuhan dan lain sebagainya.

Di atas adalah empat metode pengembangan Sumber Daya Manusia yang bisa Anda gunakan, tentunya harus disesuaikan dengan kasus yang sedang perusahaan alami. Misalnya, ketika karyawan kurang terampil, maka diadakan pelatihan.

Pengembangan SDM adalah upaya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan atau organisasi. Dengan SDM yang berkualitas, tentu perusahaan akan diuntungkan, karena semua pegawai memberikan kinerja yang baik dan maksimal.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment