10 Nama-nama Gunung di Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta

Sulawesi menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak gunung-gunung aktif. Karena itu ada nama-nama gunung di Pulau Sulawesi dengan berbagai ragam pemandangan yang indah dan layak untuk dikunjungi.

Dari banyaknya gunung yang ada di Sulawesi sebagian besar merupakan gunung yang aktif dan dalam pantauan PVMBG. Hingga saat ini sudah tercatat bahwa gunung api yang ada di Sulawesi sudah pernah meletus sejak tahun 1600.

Meskipun demikian tetapi banyak pemandangan indah yang bisa didapatkan dari berbagai gunung yang ada di Sulawesi tersebut. Sebagai orang Indonesia akan lebih baik jika Anda mengetahui nama-nama gunung yang ada di Sulawesi tersebut.

Nama-nama Gunung di Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta

Indonesia menjadi negara yang unik karena terletak pada posisi cincin api sehingga memiliki banyak gunung api yang aktif. Total ada 127 gunung api yang tercatat di Indonesia dan 69 di antaranya masih aktif hingga sekarang dan dalam pantauan PVMBG.

Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki gunung api aktif adalah Sulawesi. Diantaranya ada gunung Rantekombala yang tingginya mencapai 3.456 meter di atas permukaan air laut. Namun selain itu berikut ini adalah daftar gunung berapi yang ada di Sulawesi:

1. Gunung Colo

Gunung Colo

Gunung yang pertama adalah Gunung Colo. Letak dari gunung ini cukup terpencil, yaitu di pulau Una-Una yang masih dalam wilayah Sulawesi. Pulau tersebut adalah pulau kecil yang masuk dalam Kepulauan Togean dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah.

Tinggi dari gunung ini juga hanya 507 meter mdpl. Ada banyak aktivitas wisata yang bisa didatangi di daerah gunung ini. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Taman Nasional yang berada di Kepulauan Togean pulau seberangnya.

Baca Juga:  Perbedaan Teknik Komputer dan Teknik Informatika

2. Gunung Ambang

Gunung Ambang

Nama-nama gunung di Pulau Sulawesi memang ada banyak. Salah satunya ada Gunung Ambang. Gunung satu ini berada di daerah Sulawesi Utara dan membentang luas dari Kabupaten Bolaang Mongondow menuju ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Berbeda dengan Gunung Calo yang bisa dikunjungi karena banyaknya wisata disana, kegiatan pendakian di gunung ini dibatasi karena masih ada aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Gunung yang memiliki tinggi 1.795 mdpl ini memang masih menjadi gunung aktif di Sulawesi hingga saat ini.

Namun jika Anda mendaki disana, ada banyak flora dan fauna endemik yang bisa ditemui disana dan menjadi salah satu kawasan cagar alam dilindungi di Indonesia.

3. Gunung Soputan

Gunung Soputan

Selanjutnya, ada pula Gunung Soputan yang merupakan salah satu gunung paling aktif di Sulawesi. Bahkan beberapa tahun terakhir gunung ini tercatat pernah meletus sehingga masih dalam pantauan dari pihak PVMBG.

Bahkan letusan terakhirnya adalah di bulan Oktober tahun 2018 silam. Gunung yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara Sulawesi Utara ini memiliki ketinggian tidak jauh berbeda dengan Gunung Ambang karena ketinggiannya sekitar 1.785 mdpl.

Karena catatan pernah meletus tersebut maka aktivitas pendakian di gunung tersebut dibatasi.

4. Gunung Lokon

Gunung Lokon

Nama-nama gunung di Pulau Sulawesi lainnya adalah Gunung Lokon. Gunung ini berada di wilayah Tomohon Sulawesi Utara dan memiliki ketinggian mencapai 1.580 mdpl. Gunung Lokon masih menjadi gunung aktif hingga saat ini.

Bahkan gunung ini tercatat pernah meletus di tahun 2015 dan ketinggian letusan bahkan mencapai 1.500 meter. Meskipun demikian gunung ini masih memiliki kegiatan wisata yang cukup aktif setiap harinya.

Baca Juga:  Alat Musik Triangle itu Apa? Ini Sejarah, Fungsi & Cara Mainnya

Bahkan Anda bisa melakukan kegiatan, seperti hiking, berkemah atau jalan-jalan dengan pemandangan yang indah di sekitar lereng.

5. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu

Selanjutnya, ada pula nama gunung di Sulawesi yang cukup terkenal bernama Gunung Mahawu. Letak dari gunung ini berada di Kota Tomohon dan memiliki ketinggian 1.324 meter. Selain itu, Gunung Mahawu menjadi gunung yang aman karena minim dari aktivitas vulkanik.

Karena itu, Gunung Mahawu menjadi salah satu nama-nama gunung di Pulau Sulawesi yang mudah untuk didaki hingga puncak dengan pemandangan yang indah.

6. Gunung TangkokoGunung Tangkoko

 

Salah satu gunung yang menarik di Pulau Sulawesi adalah Gunung Tangkoko. Gunung ini menjadi lebih menarik karena letaknya berbatasan langsung dengan Cagar Alam Gunung Duasudara yang memiliki berbagai macam spesies baik hewan atau tumbuhan di dalamnya.

Bahkan tempat wisata tersebut memiliki luas lebih dari 3.000 hektare yang membuat Anda harus memiliki tour guide saat berkunjung. Gunung Tangkoko sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.113 mdpl dan berada di Kota Bitung Sulawesi Utara.

7. Gunung Ruang

Gunung Ruang

Ada satu lagi gunung yang berada di Pulau Sulawesi dan menjadi salah satu gunung aktif dan mendapatkan pengawasan lebih. Gunung tersebut adalah Gunung Ruang yang berada di Kepulauan Sangihe Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Meskipun tingginya hanya sekitar 725 mdpl tetapi gunung menjadi salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Bahkan status aktivitas vulkaniknya naik level dan berubah menjadi waspada sejak April tahun 2022 lalu.

Padahal jarak erupsi dari gunung cukup jauh, yaitu 53 tahun yang dimulai dari tahun 1949 hingga 2002 kemudian terjadi lagi 20 tahun kemudian dari tahun 2002 ke 2022. Karena aktivitasnya aktifnya yang tidak menentu maka gunung ini memiliki pengawasan tingkat tinggi oleh pihak PVMBG.

Baca Juga:  Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Peralatan & Motif-motifnya

8. Gunung Karangetang

Gunung Karangetang

Selain Gunung Ruang, ada gunung lain yang masih dalam wilayah Kabupaten Biaro. Gunung tersebut bernama Gunung Karangetang. Gunung yang juga dipanggil dengan nama Gunung Siau ini memiliki tinggi sekitar 1.827 mdpl dan dua kali lipat lebih tinggi dibanding Gunung Ruang.

Bahkan Gunung Karangetang juga pernah meletus di bulan November tahun 2018 silam. Hasil dari letusannya menyuburkan lahan-lahan yang ada disekitarnya termasuk tanaman pala. Karena masih menjadi gunung aktif, gunung ini masuk dalam pengawasan PVMBG.

9. Gunung Awu

Gunung Awu

Nama-nama gunung di Pulau Sulawesi lainnya adalah Gunung Awu. Gunung satu ini tercatat memiliki aktivitas yang meningkat pada bulan Desember tahun 2021 silam. Bahkan saat itu, masyarakat sekitar hingga wisatawan telah dihimbau untuk tidak berada dekat dengan kawah puncak dalam radius 1 km.

Tinggi dari gunung ini adalah sekitar 1.320 mdpl dan berada dalam wilayah Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara. Gunung Awu menjadi salah satu gunung yang masih aktif di Sulawesi.

10. Gunung Banua Wuhu

Gunung Banua Wuhu

Gunung Banua Wuhu menjadi salah satu gunung api bawah laut yang masuk dalam wilayah barat Pulau Mahengetang Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara. Gunung Banua Wuhu memiliki kedalaman sekitar 5 meter dari atas permukaan laut.

Karena masuk dalam gunung api bawah laut yang masih aktif, ada potensi wisata bahari yang menakjubkan di sekitarnya. Anda bisa melakukan penyelaman dan menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

Itu tadi adalah nama-nama gunung di Pulau Sulawesi yang cukup terkenal dan beberapa bahkan masih memiliki aktivitas vulkanik cukup tinggi. Oleh karena itu sebelum pergi untuk mengunjungi salah satu gunung di atas pastikan untuk mengetahui kondisi serta tingkat status dari gunung tersebut.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment