Kode Bank BTN (Bank Tabungan Negara) dan Profil Lengkapnya

Bank adalah salah satu lembaga penting dalam hal urusan finansial di masyarakat. Transaksi keuangan yang lumrah di masyarakat Indonesia adalah transfer sesama bank atau antar-bank. Berbicara soal transfer antar-bank, diperlukan kode Bank BTN, misalnya.

Bukan cuma BTN, tapi juga bank lain. Hal ini diperlukan karena sistem transfer diciptakan seperti itu. BTN memang merupakan bank yang menyediakan layanan transfer antar-bank untuk beberapa produknya, termasuk transfer dengan metode virtual.

Profil Singkat Bank BTN

Profil Singkat Bank BTN

Saat awal berdiri di Batavia, BTN masih bernama Postspaarbank pada tahun 1897. Pada masa itu, Indonesia diperintah oleh Belanda. Sesudah 45 tahun berlalu, Postspaarbank diambil alih oleh pemerintahan Jepang. Bank ini pun berubah nama menjadi Tyokin Kyoku.

Sesudah Indonesia merdeka, Tyokin Kyoku pun diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Nama bank berubah lagi menjadi Kantor Tabungan Pos RI. Saat itu, bank ini merupakan lembaga tabungan di Indonesia satu-satunya. Perubahan nama ini dilakukan pada tanggal 9 Februari 1950.

Mengikuti Peraturan Pengganti Undang-Undang No. 4 Tahun 1963 dan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 62 Tahun 1963, Kantor Tabungan Pos resmi berganti nama kembali menjadi Bank Tabungan Negara, pada tanggal 22 Juni 1963.

Pada masa ini, Bank BTN sudah mengalami pekembangan, yang awalnya adalah suatu unit beralih menjadi induk dan berdiri sendiri.

  • Fokus Bank Tabungan Negara

Melalui Surat Menteri Keuangan RI No. B-49/MK/I/1974, Bank BTN disahkan menjadi wadah pembiayaan untuk proyek perumahan rakyat. Pengesahan ini dilakukan pada tanggal 29 Januari 1974.

Kemudian, Kredit Pemlikan Rumah (KPR) direalisasikan pertama kali oleh BTN pada tahun 1976. Setelah melalui beberapa masa, status bank ini berubah menjadi PT Bank Tabungan Negara (Persero) pada tahun 1992.

Hal ini didasarkan pada kesuksesan bank yang menjalankan fasilitas KPR di bidang bisnis perumahan. Status persero dan kode Bank BTN memungkinkan instansi bergerak dengan lebih luas dan menjalankan fungsi komersial sebagai bank umum.

  • Perkembangan Pelayanan Bank Tabungan Negara
Baca Juga:  Ukuran Cetak Foto Standar Satuan CM, MM, dan Inci

Sesudah sukses dengan bisnis KPR, Bank BTN pada tahun 1994 mengalami pergantian status menjadi bank devisa yang awalnya adalah bank konvesional. Status ini mendorong perkembangan layanan seperti penerbitan Letter of Credit (L/C) dan pembiayaan usaha berbentuk dolar.

Pada tahun 2002, Bank BTN diputuskan menjadi bank umum dengan fokus uaha di bidang bisnis pembiayaan perumahan tanpa subsidi. Keputusan ini didasarkan pada kajian konsultan independen, Price Water House Coopers di surat No. 5-544/MMBU/2022 oleh pemerintah melalui menteri BUMN.

  • Bank Tabungan Negara Masa Kini

Sampai sekarang, bank ini sudah meraih macam-macam penghargaan. Salah satunya adalah Peringkat 1 Bank Terbaik Indonesia 2017, yang dilaksanakan oleh Anugerah Perbankan Indonesia VI 2017. Di samping itu, BTN juga meraih sekaligus dua penghargaan di Anugerah BUMN 2019.

Penghargaan itu adalah CEO Big Corporate Terbaik (kagetori Stakeholder Relationship Terbaik) dan kategori Hubungan dengan Stakeholder Terbaik I Big Coprorate. Peraihan ini tentu didukung oleh program-program yang dilaksanakan oleh bank sendiri.

Program-program itu di antaranya adalah KPR dan Perbankan Konsumen, produk simpanan, Consumer Funding, Consumer Loan, Perumahan dan Perbankan Syariah, Perumahan dan Perbankan Komersial, Badan Usaha Syariah, serta Treasury dan Asset Management.

Nilai dan Budaya Perusahaan

Nilai dan Budaya Perusahaan

Sebelum mengenal bank ini lebih jauh dan mencari kode Bank BTN, ada beberapa nilai dan budaya yang dilaksanakan perusahaan sehingga bank ini termasuk menjadi salah satu bank terbaik. Nilai dan budaya itu disingkat dengan “AKHLAK”.

  • AKHLAK adalah akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Amanah berarti berkomitmen, bertanggung jawab, dan berpegang pada etika dan moral.
  • Kompeten berarti memberikan kualitas terbaik dan meningkatkan kompetensi diri.
  • Harmonis artinya menghargai setiap orang meski berbeda latar belakang dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.
  • Loyal artinya menjaga nama baik perusahaan serta patuh terhadap pimpinan yang didukung oleh kepatuhan terhadap etika dan hukum.
  • Adaptif berarti memperbaiki diri dan berkembang sesuai kemajuan teknologi, serta kemampuan menyesuaikan diri.
  • Kolaboratif berarti mampu menciptakan kerja sama yang saling bersinergi di antara kolega.

Produk Unggulan Bank BTN

Produk Unggulan Bank BTN

Kode Bank BTN adalah 200. Kode ini digunakan apabila hendak mentransfer ke rekening BTN jika asal rekening adalah dari bank lain. Beberapa produk BTN memungkinkan transaksi berbentuk transfer. Namun, apa saja produk-produk dari bank ini selengkapnya?

Baca Juga:  Contoh Teks MC Formal Berbagai Acara dan Seminar

1. BTN Siap

Produk pertama adalah BTN Siap. Produk tabungan ini menawarkan pelayanan untuk merencanakan finansial di masa depan. Rencana ini bisa berupa pendidikan, wisata, dan sebagainya. Debet dilakukan setiap bulan secara otomatis, jadi pencatatannya lebih mudah.

2. BTN Pensiunan

Seperti nama produknya, tabungan ini adalah solusi bagi nasabah yang hendak mempunyai tabungan di masa tua. Produk ini cocok bagi seorang calon pensiunan dan nasabah yang sudah pensiun.

Keuntungannya adalah penyaluran dana dan kebutuhan bisa ditransaksikan dengan mudah. Produk ini juga menyediakan fasilitas berbentuk transfer dana rutin, baik ke Bank Tabungan Negara maupun bank lain. Biaya administrasinya pun sangat rendah, yakni hanya Rp2.000.

3. BTN Payroll

BTN Payroll adalah produk yang menawarkan kemudahan khususnya dalam pembayaran payroll oleh perusahaan. Kode transfer BRI ke BTN untuk produk ini adalah 200.

Manfaatnya juga dapat dirasakan oleh karyawan, sebab fasilitas transfer dana otomatisnya membutuhkan biaya administrasi yang cukup kecil.

4. BTN Juara

Produk tabungan ini ditujukan khusus bagi remaja dengan rentang usia 12 – 17 tahun. Sembari belajar menabung, nasabah akan merasakan kemudahan pembukaan rekening sebab setoran awalnya hanya Rp50.000, pun tidak dibebani biaya administrasi setiap bulan.

5. TabunganKu

Produk ini dikenal sebagai produk khusus menabung yang dipelopori oleh Bank Indonesia. Biaya administrasinya sangat rendah, ditambah ketika membuka rekening, nasabah hanya perlu memberikan setoran awal minimal Rp20.000.

6. BTN Cermat

Nasabah dengan nominal pendapatan menengah ke bawah dapat memilih produk ini. Kode transfer BCA ke BTN untuk produk ini adalah 200. Solusi yang tepat bagi nasabah berkriteria demikian sebab tidak adanya biaya administrasi dan setoran awal yang cukup ringan.

7. BTN Junior

Produk ini direkomendasikan bagi orang tua yang hendak mengenalkan tabungan kepada anak sejak usia dini. Selain itu, anak yang menjadi nasabah pun akan mendapatkan pemahaman seputar perbankan.

8. BTN Batara

Produk tabungan dengan kode Bank BTN “200” ini adalah produk dengan penawaran kemudahan dalam transaksi, baik berbentuk pembelian atau pembayaran biasa. Layanan yang tersedia adalah ATM, ATM Visa, serta internet banking.

Baca Juga:  Contoh Poster Tentang Lingkungan (Sampah, Global Warming, dll)

9. BTN Cermat Ponsel

Produk menarik satu ini sebenarnya mirip seperti BTN Cermat. Bedanya adalah ketersediaan transaksi online. Sementara persamaannya adalah di mana nasabah dibebankan dengan nilai setoran awal yang cukup rendah.

10. BTN Perumahan

Produk tabungan ini cocok bagi nasabah yang hendak memiliki rumah. Dengan BTN Perumahan, nasabah akan mendapat keuntungan sebab mendapat pemahaman tentang bagaimana mendapatkan rumah yang diinginkan.

Cicilan per bulannya pun cukup ringan, bahkan nasabah berpotensi mendapatkan hak istimewa KRP dan/atau dibebaskan dari beban administrasi bulanan.

Untuk nasabah reguler, setoran awalnya adalah Rp2.000.000 dengan saldo awal Rp50.000. Selanjutnya, setoran minimal adalah sebesar Rp100.000.

Layanan untuk Nasabah Prioritas

Layanan untuk Nasabah Prioritas

Sebagai bank dengan kode Bank BTN “200”, ada pula hak-hak istimewa yang akan diterima oleh nasabah prioritas. Beberapa di antaranya adalah pemberian informasi seputar investasi dan peningkatan finansial.

Selain itu, keuntungan lain yang dapat dirasakan adalah Concierge Service. Layanan ini dikhususkan bagi nasabah yang memerlukan pencerahan di bidang gaya hidup, kesehatan, serta travel untuk nasabah platinum di luar negeri.

Ada pula yang dinamakan Executive Lounge. Layanan ini khusus menjamin kenyamanan penerbangan, sebab nasabah akan menempati fasilitas executive lounge di sejumlah bandara. BTN sudah bekerja sama dengan 33 executive lounge sampai saat ini.

Penawaran spesial lain adalah penyediaan ruang meeting bagi nasabah yang hendak melaksanakan pertemuan di luar kantor. Fasilitas istimewa ini disediakan khusus di outlet Bank Tabungan Negara sendiri.

Kode Bank BTN

Kode Bank BTN

Tren belanja online semakin menjamur. Salah satu metode pembayarannya adalah dengan transfer melalui mesin ATM. Saat memilih metode ini, maka dibutuhkan kode bank apabila tujuan transfer berbeda dengan rekening pembeli.

Bila seller atau penjual menyediakan rekening Bank Tabungan Negara, maka kode Bank BTN yang harus dimasukkan adalah “200”. Setelah itu, masukkan digit selanjutnya dari nomor rekening seller sebelum melakukan penyetoran dari mesin ATM.

Kode Bank BTN umumnya digunakan saat melakukan transaksi berupa transfer dari rekening yang bukan Bank Tabungan Negara. Seperti kode bank lain, kode bank ini juga terdiri dari tiga digit angka yang sudah ditetapkan secara resmi sebelumnya.

Leave a Comment