2 Cara Mematikan Firewall Windows 10 yang Jarang Diketahui Pengguna

Halo sobat, pada artikel kali ini kita akan mengulas pembahasan tentang cara mematikan firewall Windows 10. Sebelum masuk kepada langkah-langkahnya, beberapa di antara kamu mungkin belum begitu paham apa itu Windows Firewall serta apa saja fungsi di dalamnya. Untuk itu, silakan dibaca ulasannya di bawah ini, ya.

Windows firewall mulai diterapkan sejak Windows XP dan Windows Server 2003 serta menjadi bagian dari sistem keamanan jaringan yang terdapat pada sistem operasi komputer Windows.

Windows firewall berfungsi sebagai penyaring dan untuk menangkal lalu lintas data yang dianggap berbahaya di dalam suatu jaringan atau internet. Bersamaan dengan itu, kadang kala firewall juga dapat mengganggu aktivitas kita dengan melakukan blocking terhadap akses lalu lintas yang sebenarnya masih aman, akan tetapi dianggap berbahaya oleh firewall. Demi menghindari kasus seperti itu, langsung saja, berikut ini adalah Cara Mematikan Firewall di Windows 10 yang bisa segera kamu coba.

Cara Menonaktifkan Firewall di Windows 10

Nah, bagi kamu yang ingin mematikan Firewall di Windows 10 untuk keperluan tertentu, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini. Kendatipun 2 cara yang akan dipraktikkan pada artikel ini menggunakan Windows 10, cara ini tetap bisa kamu di Windows 7 dan Windows 8 meskipun akan terdapat sedikit perbedaan dari segi tampilannya.

Cara Pertama:

  • Pertama, silakan kamu buka pengaturan “Windows Defender Firewall” melalui “Control Panel”.
  • Atau kamu juga bisa membukanya melalui “Run”, caranya tekan tombol Windows + R di keyboard, kemudian ketikkan firewall.cpl dan tekan Enter.

cara mematikan firewall windows 10

  • Berikutnya pilih menu “Turn Windows Defender Firewall on or off”.
  • Pilih “Turn off Windows Defender Firewall (not recommended)”, untuk kedua jaringan masing-masing “Private Network dan Public Network”, lalu klik tombol “Ok.”

cara mematikan firewall windows 10

  • Sekarang Windows firewall telah dimatikan di komputer kamu.

Cara Kedua:

  • Buka kembali pengaturan Windows Defender Firewall dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan firewall.cpl dan tekan Enter.
  • Selanjutnya cari dan pilih menu “Advanced Setting.”
  • Klik menu “Properties” di bagian kanan.
  • Untuk Domain Profile, ganti pengaturannya dari “On” menjadi “Off”, lalu klik tombol “Apply.”

cara mematikan firewall windows 10

  • Pada bagian Private Profil, lakukan langkah serupa seperti di atas.
  • Terakhir, ganti pengaturannya untuk Public Profile menjadi “Off.”

Itulah tutorial lengkap tentang cara mematikan firewall Windows 10 yang bisa kamu coba. Namun perlu kamu ingat, dalam mematikan windows firewall pastikan bahwa hal tersebut hanya untuk keperluan tertentu saja mengingat peran firewall sangat penting demi keamanan komputer kita.

Baca Juga:  Cara Install WSL di Windows 10 Terbaru 2023

Selain informasi di atas, kiranya perlu untuk kamu ketahui trik rahasia yang dapat membantumu untuk menguasai Windows 10, yang tujuannya agar kamu bisa menggunakan laptop atau PC menjadi lebih cepat dan lancar. Langsung saja, berikut ini adalah triknya.

Meminimalkan Semua Windows Kecuali yang Tidak Aktif

Jika layar desktop terlalu penuh sehingga dibuat sesak dengan banyaknya Windows yang berjalan, kamu dapat meminimalkan (minimize) beberapa Windows yang tidak sedang digunakan. Caranya adalah cukup dengan meng-klik “title bar” yang ingin tetap kamu buka dan tahan (hold). Lalu, gerakkan atau goyangkan Windows tersebut ke atas dan bawah dengan cepat memakai mouse.

Membuka Menu Start ‘Rahasia’

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan menu ini. Untuk masuk ke menu “Start”, kamu cukup menekan ikon Windows di kiri bawah layar atau di keyboard. Akan tetapi, Windows 10 ternyata menyertakan menu Start kedua yang memungkinkan kamu untuk dengan lebih mudah dapat mengakses fitur-fitur penting seperti Command Prompt, Control Panel, dan Task Manager. Kamu pun bisa mengaksesnya dengan menggunakan dua cara, baik dengan menekan tombol “Windows + X”, atau pun klik kanan ikon Windows / tombol Start.

Membuat ‘Event’ Tanpa Membuka Aplikasi Kalender

Pembaruan terkini Windows 10 juga memungkinkan kamu bisa menambahkan “Event” ke kalender dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi kalender sama sekali, yaitu langsung dari Taskbar, Begini ini caranya:

  1. Pada bagian Taskbar, silakan klik kotak dengan waktu dan tanggal (time and date) yang terletak di sudut kanan.
  2. Lalu klik tanggal yang ingin kamu jadwalkan untuk mengadakan acara (event).
  3. Masukkan nama, waktu, serta lokasi acara.
  4. Kemudian klik simpan. Acara tersebut nantinya akan muncul di aplikasi kalender kamu di semua perangkat kamu.

Mengambil ‘Screenshot’ dengan Cepat

Setidaknya ada delapan cara berbeda yang dapat kamu pakai untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar di Windows 10. Bila kamu ingin mengambil dan menyimpan gambar seluruh layar kamu, caranya yang paling mudah adalah dengan menekan tombol Windows + tombol Print Screen, dan secara otomatis gambar yang telah kamu screenshot nantinya akan tersimpan ke folder Pictures > Screenshot.

Untuk dapat menangkap satu bagian layar yang kamu inginkan, coba tekan tombol Windows + Shift + S di keyboard untuk membuka tools yang disebut Snip & Sketch, yang akan mengarahkan kamu untuk melakukan “click and drag” dalam melakukan screenshot. Gambar ini kemudian akan tersimpan di Clipboard kamu.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Activate Windows 10 Permanen

Membuka ‘Program’ di Taskbar Menggunakan Shortcut Keyboard

Jika kamu menyematkan (pinned) program ke Taskbar di bagian bawah layar untuk membuat shortcut, kamu tidak perlu mengklik ikon untuk bisa membukanya. Sebagai alternatifnya, gunakan shortcut keyboard dengan meng-klik tombol Windows + [Tombol angka/ yang sesuai dengan posisi program pada Taskbar]. Contohnya, tombol Windows + 2 akan membuka item kedua di Taskbar. Hal ini sangat berguna ketika kamu sedang asik mengetik tapi tidak ingin mengangkat jari dari keyboard.

Mengetahui Sisa Ruang yang Digunakan Aplikasi

Komputer dan PC akan berjalan lebih lambat bila mereka kekurangan ruang atau space. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal itu ialah dengan membuang aplikasi yang menghabiskan lebih banyak ruang daripada yang seharusnya, terlebih jika kamu tidak (jarang) menggunakannya secara teratur.

Untuk bisa mendeteksi seberapa banyak ruang yang digunakan aplikasi, simak penjelasannya berikut:

  1. Navigasikan ke Settings > System > Storage.
  2. Klik pada drive yang ingin kamu cari (kemungkinan penyimpanan lokal, “PC ini”).
  3. dan klik Aplikasi & Game untuk melihat daftar aplikasi yang di-instal pada mesin perangkat kamu dan jumlah ruang yang digunakan.

Di sini, kamu mungkin tidak akan menyingkirkan peramban, tetapi kamu akan menemukan aplikasi atau game yang belum pernah kamu gunakan selama ini, dan itu adalah beban yang perlu untuk dihilangkan.

Membuang Iklan pada Menu Start

Ketika kamu menjalankan Windows 10 dengan pengaturan ‘default’, mungkin kamu kerap menemukan suatu aplikasi di sisi kanan menu Start. Microsoft sendiri menyebutnya “saran” atau “suggestions”, namun, justru sebenarnya itu adalah iklan dari aplikasi Windows Store yang dapat diharapkan untuk kamu beli.

Untuk menghilangkan iklan di menu Start Windows 10 tersebut, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih “Settings” > “Personalization” > “Start.”
  2. Alihkan pengaturan kepada posisi tidak aktif pada opsi “Show suggestions occasionally in Start.”

Mematikan Aplikasi Latar Belakang (Background Apps)

Aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) biasanya tetap dapat menerima informasi, mengirim notifikasi, dan tetap melakukan perubahan, bahkan ketika kamu sedang tidak menggunakannya. Tetapi, hal ini juga dapat menguras banyak baterai dan data kamu.

Maka, untuk tetap bisa mengontrol aplikasi mana yang berjalan di latar belakang (background) demi menghemat daya baterai dan data:

  1. Cobalah untuk membuka “Settings” > “Privacy”  – “Background apps.”
  2. Untuk menghentikan semua aplikasi yang masih running ini, alihkan toggle ke mode “OFF.”
  3. Atau, kamu bisa menyortir aplikasi mana yang akan berjalan di background satu per satu.

Menggunakan Background Scrolling

Pada perangkat Windows 10, kamu bisa leluasa untuk menggulir (scroll) ke atas dan ke bawah Windows mana pun. Fitur ini merupakan tools yang berguna saat memiliki banyak Windows yang terbuka dan ingin kamu buka secara bersamaan. Misalnya, jika kamu ingin membuka opsi sub-menu baru di windows baru, klik “back and forward” pada halaman yang sama.

Baca Juga:  Cara Membuat Shortcut Chrome di Desktop, Semudah Ini

Misalnya lagi, kamu ingin membuka dua program halaman browser internet dan notepad atau dokumen Word. Atur kedua Windows ini di layar sehingga kamu dapat melihat setidaknya beberapa teks pada masing-masing layar. Saat kamu sedang berada di satu Windows, arahkan mouse kamu atau gunakan touchpad untuk pindah ke jendela kedua. Meskipun kamu sedang tidak aktif di jendela itu, cara ini tetap memungkinkan kamu untuk pindah ke atas dan ke bawah halaman.

  1. Fitur tersebut harus diaktifkan secara default, namun jika tidak, buka “Settings” > “Devices” > “Mouse”,
  2. Lalu alihkan toggle ke mode “ON” pada opsi “Scroll inactive windows when I hover over them”.
  3. Selanjutnya, kamu bisa dapat meletakkan mouse di atas Windows yang ada di background serta menggunakan “scroll wheel”.

Tampilkan ‘File Extensions’ pada File Explorer

Apakah kamu tahu bahwa Microsoft menyembunyikan ekstensi file secara default. Hal ini tentu cukup menyulitkan orang-orang yang perlu mencari jenis file tertentu, seperti JPG dan JPEG. Untuk bisa menemukan ekstensi file di File Explorer, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Search Bar” di bagian bawah monitor, dan pilih File Explorer Options, kemudian klik.
  2. Jika sudah muncul “Pop Up Windows”, lalu pilih tab “View.”
  3. Kemudian kamu hapus centang pada kotak yang menyatakan “Hide extensions for known file types”. Lalu pilih “Apply” dan tekan “OK”. Hasilnya file di File Explorer akan muncul.

Kamu juga bisa menggunakan menu “Opsi File Explorer” untuk menampilkan drive kosong, file dan folder tersembunyi, dan lainnya 

Mengurangi Gangguan Notifikasi dengan Bantuan ‘Focus’

Ketika kamu sedang fokus melakukan pekerjaan tertentu sementara muncul notifikasi dari Hp atau laptop kamu yang masuk secara tiba-tiba, tentu kamu akan sanga terganggu dengannya. Untuk itu, kamu perlu menentukan berapa banyak notifikasi yang hanya diperlukan dengan bantuan fitur “Focus” pada Windows 10. Simak caranya di bawah ini:

  1. Masuk ke opsi ”Settings” > “System” > Focus assist. Kamu bisa memilih satu dari tiga opsi berikut:
  2. OFF (untuk mendapatkan semua notifikasi dari aplikasi dan kontak kamu).
  3. Priority (hanya pemberitahuan yang dipilih dari daftar prioritas yang ingin kamu sesuaikan).
  4. Alarms Only (menyembunyikan semua pemberitahuan, kecuali pada notifikasi alarm).

Selain itu, tools ini juga akan memudahkan kamu untuk mengaktifkan fitur ini secara otomatis selama waktu-waktu tertentu, atau saat kamu bermain game.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara mematikan firewall Windows 10 beserta trik untuk menguasai atau menggunakan Windows 10 dengan mudah. Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Comment