6 Situs Download Film Terbaik (Lengkap), Legal, dan Aman!

Menonton film adalah salah satu kegiatan favorit untuk mengisi waktu luang. Orang-orang dapat menonton secara langsung di bioskop, televisi, aplikasi, hingga situs-situs tertentu. Namun, jika ingin menonton berkali-kali, Anda dapat menggunakan situs download film untuk mengunduhnya.

Situs untuk menonton dan mengunduh film telah banyak tersedia. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan situs yang legal dan aman.

Kelebihan utama menggunakan situs legal adalah perangkat terhindar dari virus-virus yang berpotensi untuk menyerangnya. Selain itu, Anda juga dapat mengapresiasi karya pemain maupun seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan film tersebut.

Situs Download Film Terbaik, Legal, dan Aman

Secara umum, situs pengunduhan film terbagi menjadi 3, yaitu gratis, berbayar, maupun gratis dan berbayar. Jika gratis, pilihan film yang tersedia cukup terbatas, berbeda dengan berbayar yang bisa mengakses semuanya. Nah, berikut ini beberapa situs pilihan yang bisa Anda gunakan.

1. Internet Archive

Internet Archive

Internet Archive merupakan situs perpustakaan digital yang menyediakan berbagai film, musik, foto, buku, dan perangkat lunak secara gratis. Situs ini didirikan sejak Mei 1996 oleh Brewster Kahle di San Fransisco. Namun, baru diluncurkan pada tahun 2001.

Meskipun gratis, semua konten yang tersedia adalah legal, karena sebagian besar diunggah oleh pemilik aslinya. Pada April 2014, Internet Archive sempat menempati peringkat ke 159 untuk situs paling populer di dunia menurut Alexa.

Selain diunggah oleh pemilik, situs ini mengumpulkan konten secara otomatis melalui web crawler. Jika ada orang yang berani mengunggah karya milik orang lain, Internet Archive akan mendeteksi dengan cepat dan akun tersebut akan segera di ban secara otomatis.

Baca Juga:  Cara update bios motherboard Gigabyte

Untuk mengunduh film, Anda harus mengunjungi situs resmi Internet Archive terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan judul film yang dicari. Nanti akan terdapat dua opsi, menonton streaming atau mengunduhnya. Pilih “Download” dan format kemudian tunggu hingga proses download selesai.

2. Amazon Prime Video

Amazon Prime Video

Amazon Prime Video adalah layanan streaming film dari Amazon. Pada 1 Agustus 2022, situs ini mulai diperkenalkan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Filipina, Thailand, dan Indonesia.

Untuk mengakses Amazon Prime Video, Anda dapat menggunakan berbagai perangkat, baik melalui situs resmi, ponsel, laptop, atau laptop. Selain film, situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk menonton kompetisi MotoGP secara eksklusif.

Bagi pengguna Amazon Prime Video yang berasal dari Amerika, Thailand, dan Indonesia, bisa mendapatkan percobaan gratis selama 7 hari. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi para pencari situs download film gratis karena bisa menggunakan layanan tanpa mengeluarkan uang.

Situs ini menyediakan berbagai macam genre film lokal maupun luar negeri. Jadi, Anda tidak perlu bingung untuk mencari bahan tontonan. Jika merasa cocok, Anda dapat berlangganan Amazon Prime Video dengan harga Rp59.000 per bulan.

Harga tersebut merupakan harga promo khusus untuk Indonesia yang berlaku hingga 31 Desember 2023. Setelah itu, biaya langganan akan naik menjadi Rp85.000 per bulan. Cara mengunduh film melalui situs ini cukup dengan memasukkan judul dan menekan ikon download yang ada di samping.

3. Netflix

Netflix

Netflix adalah salah satu layanan streaming video yang paling banyak digunakan di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai film lokal terbaru, drama korea on-going, hingga film barat. Netflix buatan perusahaan Amerika Serikat dan resmi masuk di Indonesia pada tahun 2016.

Sayangnya, situs ini tidak memungkinkan para pengguna untuk menonton secara gratis, tetapi harus berlangganan terlebih dahulu. Anda bisa membayar sesuai dengan paket pilihan masing-masing. Adapun biayanya sebagai berikut.

  1. Mobile : Rp54.000
  2. Basic : Rp120.000
  3. Standard : Rp153.000
  4. Premium : Rp186.000
Baca Juga:  Heatsink terbaik untuk PC rakitan prosesor Intel dan AMD

Untuk mengakses Netflix, Anda dapat menggunakan ponsel, tablet, atau televisi. Jangan khawatir, situs ini menyediakan fitur subtitle bahasa Indonesia untuk memudahkan para pengguna saat menonton. Bahkan, jika Anda menjeda tontonan masih dapat dilanjut dengan menggunakan fitur Continue.

Jika sebelumnya situs ini hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit, maka sekarang sudah berubah. Netflix dapat dibayar dengan pulsa. Gopay, kartu debit, hingga DANA. Untuk download film, pastikan perangkat terhubung dengan jaringan yang lancar dan stabil.

4. iQIYI

iQIYI

iQIYI merupakan situs layanan streaming yang didirikan oleh Baidu pada 22 April 2010. Situs ini menyediakan berbagai film, anime, drama, hingga variety show. Sejak tahun 2020, iQIYI sudah dapat diakses di Indonesia dengan baik dan aman.

Tampilan halaman utama iQIYI memiliki ciri khas berwarna gelap, sehingga mata pengguna tidak cepat lelah saat melihatnya. Situs ini dapat diakses secara gratis dan berbayar sebagai pelanggan VIP dengan biaya yang sangat terjangkau, mulai dari Rp19.000 per bulan.

Untuk pengguna gratis, Anda harus menikmati film dengan iklan yang muncul pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, Anda juga tidak dapat menonton tayangan yang viral terlebih dahulu dan tidak dapat memilih resolusi yang diinginkan.

Berbeda dengan mode gratis, para pengguna VIP tentu akan terbebas dari iklan apapun, dapat melihat tayangan terbaru, kualitas video Blu-ray 1080P, serta efek suara Dolby. Jika tertarik dan ingin mengunduh film favorit, gunakan fitur Unduh.

5. Viu

Viu

Situs download film gratis selanjutnya adalah Viu. Situs ini menyediakan berbagai jenis film, drama, musik, hingga serial TV dari berbagai negara. Bahkan, bagi para pecinta drama Korea, Viu adalah pilihan terbaik untuk memfasilitasi hobinya.

Baca Juga:  Merk PSU murah terbaik di bawah 1 jutaan

Sama halnya dengan iQIYI, Viu juga menyediakan pilihan mode gratis dan berbayar. Untuk pengguna baru Viu Basic (gratis) akan mendapatkan akses gratis selama 30 hari.  Anda tentu harus memaklumi jika terdapat iklan saat sedang menonton.

Meskipun demikian, Anda tetap dapat memilih kualitas video antara SD (Standard Definition) atau HD (High Definition). Sementara itu, pengguna yang ingin berlangganan Viu Premium dapat mengeluarkan biaya mulai dari Rp42.000 – Rp240.000 tergantung masa aktif paket.

Jangan khawatir, situs ini juga menyediakan subtitle dalam setiap tayangannya, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Jika ingin menghemat kuota internet, Anda bisa mengunduh film saat terhubung dengan jaringan wifi kemudian menontonnya secara offline saat tiba di rumah.

6. HBO GO

HBO GO

HBO GO merupakan situs yang menyediakan layanan streaming film dan serial berbagai genre. Bagi pengguna baru, situs ini memberikan akses gratis selama satu minggu dengan beberapa konten pilihan.

Sebagian besar tayangan yang tersedia adalah film-film Hollywood dan konten original miliki HBO. Anda tidak perlu khawatir dengan bahasa Inggris yang digunakan para pemain, karena situs HBO GO menyediakan fitur khusus yaitu multi-language subtitle.

Jika ingin mengakses konten atau tayangan yang tidak terbatas, maka pengguna dapat berlangganan. Harga paket mulai dari Rp59.000 – Rp159.000. Pilihan jenis pembayaran ada 2, yaitu melalui aplikasi atau operator (Telkomsel dan Indihome).

Jika melalui aplikasi, Anda membutuhkan akun Apple atau Google saat akan melakukan pembayaran. Adapun untuk operator, Anda dapat menghubunginya untuk memilih jenis paket langganan.

Film adalah tayangan yang dapat dinikmati sesuai genre pilihan masing-masing. Nah, situs download film terbaik, legal, dan aman yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah Internet Archive, Amazon Prime Video, Netflix, iQIYI, Viu dan HBO GO.

Leave a Comment