10+ Contoh Gambar Ilustrasi Keren dan Penjelasannya

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti pandangan Anda tidak luput dari beberapa poster, iklan, hingga buku bacaan yang menampilkan gambar-gambar menarik. Sebagian besar hal tersebut masuk dalam contoh gambar ilustrasi yang akan dibahas lebih lengkap kali ini.

Gambar ilustrasi sendiri ada untuk menjabarkan serta memperjelas nilai serta ide yang ada pada gambar tersebut. Lantas, apa saja contoh-contoh yang termasuk dalam gambar ilustrasi? Simak penjelasan dibawah ini dengan seksama untuk mendapatkan jawabannya.

Apa Itu Gambar Ilustrasi?

Apa Itu Gambar Ilustrasi?

Jika ditilik dari asal katanya, Ilustrasi didapatkan dari bahasa latin ‘Illustrare’ yang memiliki arti menerangkan atau menjelaskan. Sementara itu, juga terdapat sumber yang menjelaskan bahwa asal kata ilustrasi adalah ‘ilusi’ yang memiliki makna suatu gambar yang diinginkan.

Dengan begitu, ilustrasi bisa diartikan sebagai gambar yang digunakan untuk menerangkan suatu peristiwa sehingga membuat seorang yang melihatnya akan memahami makna yang disampaikan. Gambar ilustrasi sendiri masuk dalam kategori karya seni dua dimensi yang bisa dinikmati visualnya.

Contoh-contoh gambar ilustrasi sendiri sering digunakan pada majalah, buku teks, hingga koran. Adapun fungsinya bermacam-macam sesuai dengan konteks yang disajikan.

Misalnya saja untuk majalah, ilustrasi digunakan untuk menarik pembaca, sementara untuk buku teks maka ilustrasi digunakan agar para pembaca bisa lebih memahami materi yang disajikan.

Contoh Gambar Ilustrasi Beserta Penjelasannya

Kehadiran gambar ilustrasi yang begitu beragam menjadikannya sangat mudah untuk ditemukan di berbagai tempat. Namun tahukah Anda bahwa gambar ilustrasi sendiri terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan karakter visualisasinya?

Baca Juga:  Daftar Kode Bank Mandiri, Syariah & Bank BUMN Lainnya

Adapun beberapa jenis-jenis serta contoh dari gambar ilustrasi bisa dilihat dari rangkuman beberapa poin dibawah ini:

1. Ilustrasi Karikatur

Ilustrasi Karikatur

Memiliki bentuk visual yang hampir sama dengan kartun, menjadikan beberapa orang bingung untuk membedakan karikatur dengan kartun. Hal ini karena karikatur juga sering digunakan untuk memvisualisasikan karakter hidup seperti manusia dengan bentuk yang menarik.

Hal yang membedakan keduanya yaitu, karikatur sering menggambarkan karakter dengan proporsi yang amat jomplang dengan visual nyatanya. Contohnya saja, kepala manusia bisa digambarkan sebesar balon dengan badan yang amat kecil dan ramping dengan visual yang tetap menarik.

Selain itu, karikatur juga sering dibuat untuk menyampaikan pesan mendalam yang dijabarkan secara sindiran atau sarkasme. Pesan ini biasanya digunakan untuk mengkritik suatu peristiwa tertentu.

2. Ilustrasi Kartun

Ilustrasi Kartun

Kartun termasuk dalam contoh gambar ilustrasi yang begitu sering ditemui. Entah di buku, televisi, bahkan hingga gorden rumah. Ilustrasi kartun merupakan jenis gambar yang ditampilkan dengan bentuk yang menyenangkan, menarik dan menghibur.

Selain digunakan sebagai hiburan, gambar kartun juga tidak jarang disajikan dengan pesan tersirat di dalamnya.

3. Ilustrasi Komik

Ilustrasi Komik

Komik merupakan salah satu jenis ilustrasi yang menggabungkan gambar dengan teks menjadi satu kesatuan sehingga suatu informasi bisa disampaikan dengan baik. Umumnya, komik tersusun dengan alur cerita yang terstruktur dengan plot yang jelas.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati suatu cerita yang dituangkan dalam klip gambar-gambar dengan balon teks berisi percakapan maupun narasi di dalamnya.

4. Ilustrasi Vignette

Ilustrasi Vignette

Contoh gambar ilustrasi yang sering digunakan untuk melengkapi sebuah narasi adalah vignette. Memiliki jenis visual yang sederhana namun tampak elegan menjadikan jenis ini akan sangat cocok jika ditempatkan sebelum suatu narasi mulai dituliskan.

Biasanya karakter vignette akan dipilih sesuai dengan tema bahasan yang ada pada teks narasi dibawahnya. Karena gambar harusnya menyiratkan pesan-pesan utama yang ada pada teks.

Baca Juga:  10 Daftar Pemandangan Gunung Indonesia, Indah & Eksotis!

5. Ilustrasi Cerita Bergambar

Ilustrasi Cerita Bergambar

Selanjutnya terdapat cerita yang divisualisasikan dengan ilustrasi bergambar yang kerap disebut sebagai cerita bergambar. Umumnya, jenis ini digunakan untuk buku anak-anak karena dapat menarik minat dan rasa penasaran mereka.

Namun ilustrasi bergambar juga tidak jarang ditemui pada buku-buku umum lainnya dengan tujuan konten yang disajikan akan lebih tervisualisasi sehingga pembaca bisa memiliki gambaran.

6. Ilustrasi Anime

Ilustrasi Anime

Anime termasuk contoh gambar ilustrasi yang dewasa ini semakin populer di berbagai kalangan. Memiliki visualisasi yang hampir menyerupai karakter dunia nyata membuat anime digemari banyak orang karena bisa menampilkan berbagai karakter unik yang mungkin tidak  bisa ditemukan di dunia nyata.

Belum lagi beberapa anime memiliki alur cerita yang begitu seru untuk diikuti dengan konflik yang sangat menarik. Beberapa diantaranya memiliki begitu banyak nilai-nilai kehidupan di dalamnya termasuk persahabatan, kesehatan mental, hingga pemahaman hidup.

7. Ilustrasi Naturalis

Ilustrasi Naturalis

Contoh gambar ilustrasi flora serta fauna termasuk dalam kategori naturalis karena digambarkan dengan bentuk serta warna yang hampir persis dengan versi nyatanya. Contohnya meliputi ilustrasi daun, bunga, burung, dan masih banyak lagi.

8. Ilustrasi Imajinasi

Ilustrasi Imajinasi

Jenis ilustrasi ini kerap juga disebut sebagai gambar ilustrasi khayalan. Adapun visualisasinya diambil dari pemikiran imajinatif atau khayalan pembuatnya. Jenis gambar ini kerap ditemukan pada cerita bergambar anak, novel hingga komik.

9. Ilustrasi Dekoratif

Ilustrasi Dekoratif

Dalam contoh gambar ilustrasi, terdapat jenis gambar yang memiliki bentuk sederhana serta memiliki fungsi sebagai hiasan. Dalam gambar dekoratif, pembuat bisa menuangkan sentuhan dengan berbagai gaya tertentu serta dapat melebih-lebihkan gambar tersebut.

10. Ilustrasi Karya Sastra

Ilustrasi Karya Sastra

Sesuai dengan namanya, jenis ilustrasi satu ini akan bisa ditemui pada beberapa karya sastra seperti puisi, novel, sajak, hingga cerpen. Tujuan dari adanya ilustrasi pada karya sastra adalah untuk memperkuat serta membuat sastra terlihat semakin lebih menarik lagi.

Baca Juga:  Contoh Laporan Percobaan di Laboratorium Kimia, Boraks, dll

Selain itu, gambar ilustrasi karya sastra juga ada untuk semakin mempertegas kembali narasi atau isi karya yang disampaikan tersebut.

Fungsi dari Gambar Ilustrasi

Fungsi dari Gambar Ilustrasi

Ilustrasi tidak sebatas gambar yang digunakan untuk mengungkapkan nilai yang akan disampaikan saja. Lebih dari itu, terdapat berbagai fungsi dari gambar ilustrasi yang harus Anda ketahui dalam mempelajarinya. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa fungsi dari gambar ilustrasi menurut para ahli:

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi deskriptif pada gambar ilustrasi tentu menjadi poin utama yang harus diketahui. Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, gambar ilustrasi memiliki fungsi utama untuk menerangkan atau menjelaskan pesan tersimpan dalam gambar.

Artinya, penjelasan yang biasanya disampaikan secara lisan maupun narasi tersebut terangkum dalam sebuah gambar menarik berupa ilustrasi. Sehingga orang bisa memahami penjelasan tersebut hanya dengan melihat gambar.

2. Fungsi Ekspresif

Pada beberapa konteks, contoh gambar ilustrasi menyimpan makna ekspresif yang mana artinya gambar tersebut ada untuk mengekspresikan konsep abstrak serta emosi. Dimana ekspresi-ekspresi ini akan bisa dipahami dengan lebih konkret dan terarah dengan adanya ilustrasi tersebut.

Contohnya, ilustrasi karikatur terkadang menyampaikan ekspresi kekecewaan, keprihatinan, serta berbagai emosi kompleks lain dalam visualisasinya.

3. Fungsi Kuantitatif

Fungsi satu ini terdapat pada gambar-gambar ilustrasi yang digunakan seseorang untuk mempermudah dalam menguraikan data-data. Contohnya mulai dari ilustrasi tabel, bagan, foto, hingga grafik dari survei-survei penelitian.

4. Fungsi Struktural

Ilustrasi dengan fungsi ini memiliki visualisasi dengan rincian objek sehingga suatu sistem atau proses akan lebih mudah untuk dianalisis dan dipahami. Biasanya gambar ilustrasi yang seperti ini bisa ditemukan pada buku-buku pelajaran.

Dari seputar informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa beberapa contoh gambar ilustrasi yang Anda temui pastilah memiliki fungsi nilainya masing-masing. Entah untuk mengungkapkan ekspresi emosional, untuk mempermudah data, hingga menjelaskan nilai yang tersirat didalamnya.

Leave a Comment