Cara update bios motherboard Gigabyte

Bagaimana cara update bios motherboard Gigabyte yang aman untuk pemula ? Jangan terburu-buru membawa PC rakitan ke tukang service karena update bios itu sebenarnya mudah sekali !

Bicara soal motherboard untuk PC desktop, brand Gigabyte ini pastinya sudah sangat familiar sekali terdengar bukan ?

Harga motherboard Gigabyte yang cenderung lebih murah dari merk lain berhasil membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membelinya.

Namun sudah menjadi masalah klasik sejak jaman dahulu kala, kalau mobo gigabyte ini terkenal dengan bios bawaan yang sering bermasalah. Sehingga mau tidak mau para pengguna harus melakukan update bios terbaru sendiri.

Melakukan update bios memang mudah, namun ada sejumlah persiapan dan faktor risiko yang harus anda ketahui dahulu.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tuntas bagaimana cara update bios motherboard gigabyte yang seaman mungkin. Silahkan simak terus pembahasan lengkap berikut ini.

Kapan waktu yang tepat untuk update bios ?

Cara update bios motherboard Gigabyte

Perlu anda ketahui bahwa melakukan update bios itu sebenarnya tidak wajib, mengingat jika gagal maka dapat menyebabkan kerugian besar.

Adapun kerugian bisa berupa tidak mau booting atau bahkan motherboard menjadi mati total. Jika hal buruk ini sudah terjadi maka hanya ada 2 pilihan yang bisa anda pilih salah satunya saja.

Pilihan pertama sudah tentu beli motherboard baru. Sedangkan pilihan kedua yaitu anda perlu melepas chip bios yang ada di mobo untuk di flash manual menggunakan alat khusus.

Adapun alat khusus flash manual chip itu juga mahal harganya dan umumnya hanya dimiliki oleh tukang service. Jadi pastinya anda butuh mengeluarkan biaya lagi yang tidak sedikit untuk memperbaiki mobo yang rusak akibat gagal update bios ini.

Baca Juga:  Tips memilih PSU berkualitas yang awet dan bagus

Sangat disarankan Waktu yang tepat untuk update bios yaitu ketika anda benar-benar merasa butuh saja. Contohnya seperti masalah kompatibilitas hardware seperti pasang VGA baru, CPU baru atau RAM baru.

Sedangkan jika anda merasa performa PC sudah cukup baik dan tidak menemukan masalah yang berarti. Maka sebaiknya tidak perlu update bios demi menghindari risiko gagal update.

Persiapan sebelum update bios motherboard Gigabyte

Untuk persiapan hardware anda hanya butuh sebuah USB flash drive dan tentunya motherboard gigabyte yang ingin anda update biosnya.

Motherboard gigabyte sendiri memang mempunyai banyak varian seperti Aorus, Aero, Gaming hingga kelas entry yaitu UD atau Ultra Durable.

Meskipun berbeda varian namun anda tidak perlu khawatir karena cara update biosnya sebenarnya hampir sama.

Cara update bios motherboard Gigabyte

Berikut ini langkah-langkah penting cara update bios mobo gigabyte :

  • Format ulang terlebih dahulu USB flash drive menjadi FAT32
  • Pastikan USB flash drive bebas virus dan berfungsi dengan baik
  • Gunakan web browser untuk mengunjungi situs resmi gigabyte
  • Cari seri atau varian yang sama persis dengan motherboard anda
  • Klik menu bagian bios lalu silahkan pilih versi bios mana yang akan anda download
  • Setelah berhasil download, pindahkan file bios tersebut ke usb flash drive
  • Masih pada posisi USB flash drive terpasang ke PC, silahkan restart PC anda
  • Tekan tombol “END” secara berulang yang ada di keyboard PC anda (sebelah kiri numpad)
  • Tekan tombol tersebut hingga pada layar muncul berbagai informasi seputar bios yang anda pakai sekarang
  • Catat bios version dan bios date sebelum melakukan proses update
  • Pilih menu “Update Bios” dan pilih nama file bios yang barusan anda download tadi di USB flash drive
  • Selanjutnya akan muncul pesan pop up yang kurang lebih menggunakan kalimat seperti ini “Are you sure to update BIOS ?”
  • Klik yes atau tekan enter, selanjutnya proses update bios akan berlangsung.
  • Tunggu hingga selesai (progress 100%).
Baca Juga:  Monitor gaming 4k terbaik yang bagus dan awet 2023

Untuk lama waktunya membutuhkan rata-rata sekitar 5 sampai 6 menitan. Waktu proses update berlangsung anda bisa sambil melihat persentase dan menunggu hingga 100 persen.

Jika sudah sampai 100 persen maka secara otomatis motherboard gigabyte akan melakukan restart sendiri. Setelah restart silahkan tekan tombol “del” pada keyboard (tombol delete) secara berulang untuk kembali masuk bios.

Nah, pada bagian informasi silahkan lihat bios version dan bandingkan dengan bios versi sebelum update yang sudah anda catat tadi.

Jika berubah maka proses update bios telah selesai dan berhasil !

Baca juga : Cara flash bios motherboard MSI Intel LGA 1700

Cara update bios motherboard Gigabyte menggunakan menu Q-flash

Cara update bios motherboard Gigabyte

Tahukah anda kalau motherboard Gigabyte kini mempunyai fitur unik update bios yang lebih praktis ? Dengan fitur yang bernama Q-flash ini, anda bisa update bios tanpa perlu memasang prosesor dan RAM sama sekali.

Ya, benar sekali ini adalah cara update bios motherboard Gigabyte yang lebih praktis. Anda hanya perlu menancapkan power konektor 24 pin dan 8 pin saja ke motherboard sudah bisa langsung update bios !

Hampir sama dengan cara pertama tadi, bedanya kali ini anda harus rename file menjadi GIGABYTE.BIN di USB flash drive anda yang sudah di format FAT32.

Tancapkan USB flash drive yang sudah berisi file GIGABYTE.BIN ke slot khusus bertuliskan “BIOS” yang ada di mobo gigabyte.

Jadi cara update menggunakan Q-flash ini tidak bisa menggunakan slot usb lain yang ada di motherboard, hanya satu slot saja.

Baca Juga:  Cara merakit PC sendiri yang mudah untuk pemula

Setelah USB flash drive terpasang ke mobo, selanjutnya tekan tombol Q-flash dan proses update pun secara otomatis akan berjalan.

Prosesnya memakan waktu sekitar 5 menitan. Tanda led yang berkedip menandakan proses masih berlangsung, dan jika sudah tidak berkedip berarti proses update telah selesai.

Anda bisa kembali masuk bios untuk melihat status versi bios nya yang barusan anda update tadi menggunakan fitur Q-FLASH.

Ketahui risiko yang akan terjadi jika gagal update bios !

Mengetahui risiko gagal update dari awal akan jauh lebih bagus karena setidaknya anda sudah siap dengan kondisi terburuk.

Jika update gagal, maka motherboard bisa mati total. Karena chip yang berperan sebagai firmware untuk booting nya menjadi error.

Untuk menghindari hal buruk ini maka sebaiknya anda harus lebih hati-hati dalam melakukan update bios langkah demi langkah.

Tips cara update bios motherboard Gigabyte anti gagal

Tips supaya anti gagal yaitu pastikan versi bios yang anda pilih adalah benar dan bersumber langsung dari situs resmi Gigabyte.

Sangat disarankan anda menggunakan UPS pure sinewave seperti merk APC selama update bios. Dengan memasang UPS maka proses update bios bisa tetap berlangsung meskipun terjadi pemadaman listrik secara mendadak.

Seperti kita ketahui bahwa listrik PLN hingga saat ini masih sering bermasalah. Dan pemadaman listrik saat update bios berlangsung akan menyebabkan kerusakan motherboard yang fatal.

Sebelum praktik, ada baiknya anda juga melihat berbagai testimoni dari user lain yang sudah melakukan update dengan versi yang sama dengan anda.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai cara update bios motherboard Gigabyte yang bisa anda coba sendiri dengan mudah. Pembahasan ini juga berlaku untuk gigabyte CPU Intel Alder lake maupun AMD Ryzen.

Leave a Comment