Cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700 yang mudah untuk pemula. Kini semua orang bisa melakukan overclock lebih mudah berkat dukungan fitur motherboard yang lebih baik.

Tidak seperti dahulu yang memiliki minim fitur dan serba manual, melakukan overclock sekarang juga terbilang lebih aman. Sebab pihak produsen juga telah menambahkan beberapa sensor dan fitur pengaman guna melindungi hardware agar lebih awet.

Prosesor Alder lake dari Intel ini secara default memang sudah kencang. Namun bisa dipahami bahwa untuk sebagian pengguna pastinya belum puas begitu saja jika tidak mencobanya untuk di overclock.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700 yang benar agar performa bisa lebih meningkat.

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake

Perlu dipahami bahwa melakukan overclock pada hardware yang baru saja anda beli dapat menghilangkan masa garansi resmi. Belum lagi ada risiko kerusakan meskipun pada hardware modern saat ini jauh lebih minim dibandingkan dengan hardware lama.

Tutorial atau pembahasan kali ini hanya bersifat menambah pengetahuan saja. Jadi segala risiko harus anda tanggung sendiri dan tidak bisa menyalahkan siapapun.

Buat anda yang benar-benar ingin mengetahui cara overclock prosesor Intel Alder Lake yang aman maka perhatikan hal-hal penting berikut ini.

1. Jangan sampai salah beli Prosesor

Tidak semua prosesor Alder lake bisa anda overclock. Hanya prosesor dengan seri “K” saja yang multiplier nya tidak dikunci.

Baca Juga:  Tips dan Cara Edit Foto Aesthetic

Contoh prosesor alder lake yang mendukung overclock : Core i9 12900k, i9 12900kf, Core i7 12700k, i7 12700kf, Core i5 12600k, i5 12600kf.

Contoh prosesor alder lake yang tidak bisa di overclock : Core i9 12900, i7 12700, i5 12600, i5 12400, i3 12100f.

2. Pilih motherboard yang bagus

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700

Motherboard adalah salah satu hardware penting yang harus anda perhatikan jika ingin melakukan overclock. Pihak Intel hingga kini hanya memberi dukungan overclock pada motherboard yang menggunakan chipset seri “Z” saja.

Untuk prosesor alder lake hingga kini hanya motherboard dengan chipset Z690 dan Z790 saja yang mendukung overclock prosesor.

Jadi jangan sampai salah pilih motherboard lain seperti chipset h670, b660 atau h610. Karena motherboard dengan chipset tersebut tidak memiliki dukungan overclock dari sisi prosesor.

Motherboard yang bagus untuk overclock selain dari faktor chipset juga dari faktor VRM nya. VRM atau voltage regulator module adalah komponen penting yang memiliki fungsi untuk memastikan prosesor selalu mendapatkan voltase yang cukup sesuai yang diperlukan saat itu.

Kualitas VRM pada suatu motherboard juga menjadi sangat menentukan berjalannya prosesor pada clock speed tinggi dengan stabil.

3. Gunakan CPU Cooler yang bagus

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake LGA 1700

Cooler bawaan Intel sudah pasti bukan pilihan yang baik untuk overclock. Anda harus membeli CPU cooler sendiri yang bagus, entah itu model heatsink atau liquid cooler.

Jika ingin melakukan ekstrim overclock dengan target clock speed tinggi maka liquid cooler jauh lebih direkomendasikan untuk anda pakai.

Namun heatsink seperti merk Noctua juga bisa anda pakai untuk melakukan OC CPU meskipun kemampuannya masih dibawah yang model liquid cooler aio 360.

Dengan menggunakan CPU cooler yang bagus maka prosesor akan mendapatkan headroom yang lebih banyak. Dengan demikian potensi untuk mendapatkan clock speed yang lebih tinggi juga akan lebih mudah tercapai.

Baca Juga:  Cara merakit PC sendiri yang mudah untuk pemula

4. Software pendukung

Untuk pemula, melakukan overclocking yang aman sudah pasti langsung dari bios motherboard. Sedangkan untuk melakukan tes kestabilan prosesor setelah di overclock bisa menggunakan software seperti Cinebench R23.

Selama proses test kestabilan prosesor anda juga perlu software monitoring seperti HWmonitor dan CPU Z.

Fungsi dari kedua software itu dapat mempermudah anda untuk memantau suhu tiap core, mosfet, hingga nilai clock speed dari setiap core.

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake menggunakan motherboard MSI Z690

Ok, jika semuanya sudah anda siapkan dengan baik maka kini waktunya melakukan overclock pertama anda !

Pada tutorial kali ini akan menggunakan motherboard MSI Z690 tomahawk sebagai contoh untuk melakukan tuning overclock.

Beruntung jika anda menggunakan motherboard MSI ini terdapat sebuah fitur yang bernama game boost. Hanya dengan sekali klik saja maka secara otomatis multiplier akan ditambahkan +1 yang artinya anda bisa melakukan OC dengan aman.

Menggunakan Game Boost CPU bawaan mobo MSI :

game boost msi

  • Restart komputer, lalu tekan tombol delete secara berulang untuk masuk ke bios
  • Pada bios MSI, klik tombol yang bernama “Game Boost CPU” untuk melakukan overclock secara aman
  • Tekan F10 untuk safe dan exit.
  • Selanjutnya masuk ke OS Windows dan jalankan software Cinebench R23 yang sudah anda download tadi
  • Jalankan juga software HWmonitor dan CPU-Z untuk keperluan monitor suhu dan lain-lain
  • Lihat hasil skor benchmark Cinebench R23 dan bandingkan dengan mode default (game boost off)

Jika anda perhatikan pastinya akan ada peningkatan performa yang ditunjukan dengan hasil skor Cinebench R23 meskipun cuma sedikit.

Itu adalah cara overclock yang aman dengan menggunakan fitur bawaan MSI. Namun jika anda masih belum puas maka masih bisa melakukannya dengan cara manual.

Cara overclock prosesor Intel Alder Lake secara manual

Masih dengan mobo MSI tetapi kali ini tidak menggunakan fitur Game Boost CPU, melainkan kita ubah multipliernya secara manual.

  • Masuk kebios dengan cara tekan tombol delete secara berulang
  • Setelah masuk ke bios, tekan F7 untuk masuk ke menu advanced
  • Pilih menu OC
  • P-Core Ratio Apply Mode = All core
  • E-Core Ratio Apply Mode = All core
  • Ubah P-core ratio dari auto menjadi manual (anda masukan angka sendiri)
  • Misal jika anda ingin overclock menjadi 5,1Ghz maka ketik angka “51”
  • Ubah juga E-core ratio dengan clock speed yang anda inginkan
  • Jika sudah tekan f10 untuk safe dan exit
  • Masuk windows dan jalankan CPU-Z , jika berhasil maka anda akan melihat cpu berjalan di 5,1Ghz untuk p-core nya
  • Jalankan Cinebench R23 untuk menguji apakah sistem dapat stabil atau tidak setelah anda overclock
Baca Juga:  9 Cara Lacak No HP Penipu, yang Hilang, dll (Semua Provider)

Baca juga : Perbedaan motherboard murah dan mahal untuk LGA 1700

Hal yang perlu anda perhatikan

Saat melakukan overclock manual, usahakan untuk menambah nilai setiap 100 Mhz saja. Jangan langsung menambah dengan angka tinggi agar bisa meminimalisir terjadinya kerusakan hardware.

Sebagai contoh tadi jika anda ingin mendapatkan 5,1 Ghz, cobalah mulai secara bertahap untuk memasukan value P-core ratio nya. Lalu test dengan cinebench R23 sampai mendapatkan kestabilan yang pasti.

Barulah anda tambah lagi nilai ratio nya dan begitu seterusnya. Cara ini jauh lebih aman ketimbang anda menambahkan langsung dengan angka besar.

Dan terakhir jika anda sudah mencapai batas nilai tinggi dan komputer tidak mau masuk bios. Anda bisa lakukan clear CMOS dengan mencopot baterai bulat yang ada di motherboard. Copot dan tunggu hingga 5 menitan lalu pasang kembali.

Dengan demikian settingan bios akan kembali seperti semula dan anda bisa melakukan overclock kembali.

Leave a Comment