Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di HP Xiaomi dengan Mudah

Walaupun kehadiran dari fungsi ini penting tetapi banyak orang mencari cara menonaktifkan fitur talkback di HP Xiaomi mereka dengan banyak alasan. Sebagai pengguna HP ini, Anda pastinya pernah menemukan ketika ponsel mengeluarkan bunyi suara wanita seperti di Google Voice Assistant bukan?

Nah itu dapat menandakan bahwa fitur talkback yang terdapat pada perangkat sudah diaktifkan tanpa disengaja. Kendati memang bagi sebagian besar orang mempunyai fungsi cukup penting, tetapi kehadirannya terkadang justru cukup mengganggu lho.

Terlebih lagi apabila aksebilitas dari talkback tidak dinonaktifkan maka kemungkinan besar, Anda akan kesulitan dalam menggunakan ponsel tersebut. Sekalipun sudah membuka layar kunci pada smartphone sehingga sangat mengganggu.

Tidak sampai disitu saja, Anda juga akan kesulitan bahkan tidak bisa sama sekali untuk mengusap layar hp, hp akan bunyi sendiri hingga muncul kotak hijau atau biru. Karena itulah agar Anda bisa memahami kehadiran fitur tersebut lebih lanjut, maka wajib menyimak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Talkback di HP Xiaomi

Apa Itu Talkback di HP Xiaomi

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menonaktifkan maka perlu mengenal apa itu talkback terlebih dahulu. Sebab masih banyak pengguna Xiaomi yang masih asing bahkan belum mengetahui sama sekali mengenai feature tersebut.

Jadi talkback sendiri adalah fitur yang terdapat pada sebuah smartphone dimana akan membantu para tuna netra atau keterbatasan dalam penglihatan. Tujuannya adalah agar mereka bisa lebih mudah dalam mengoperasikan sebuah smartphone android.

Ketika fitur tersebut aktif, maka semua fitur ataupun layanan pada HP Android Anda akan berubah menjadi feedback berbentuk suara sekaligus getaran. Tujuannya tentu agar orang-orang dengan keterbatasan penglihatan bisa mengetahui fitur apa sajakah pada perangkat android.

Baca Juga:  HP Android Lamban? Begini Cara Mengatasi Android Lemot

Selama Anda belum menonaktifkan fitur tersebut, maka semua sentuhan yang terdapat pada layar HP itulah akan diubah dalam bentuk suara nantinya.

Bagaimana Cara Menggunakan Talkback

Tidak sedikit dari Anda pastinya juga penasaran dengan cara menggunakan fitur talkback android bukan? Jangan khawatir karena kami juga akan memberikan sekilas tentang menjelaskan mengenai cara menggunakannya pada perangkat Xiaomi.

Jadi saat Anda sedang mengoperasikan HP saat talkback aktif, maka navigasi dimana perlu dilakukan adalah dengan mengetuk setiap menu selama 1 kali sesudah itu, Anda dapat mengetuknya kembali sebanyak 2 kali untuk melakukan konfirmasi setiap menunya.

Sedangkan apabila Anda hendak menggeser menu, maka Anda dapat mengusap layar menggunakan dua jari. Dengan begitu, cara membuka layar kunci ketika fitur tersebut aktif adalah dengan mengusap layar Xiaomi menggunakan 2 jari.

Memang untuk menggunakan layanan itulah sangat mudah dilakukan tetapi justru bagi sebagian besar orang kehadirannya cukup mengganggu. Karena itulah sebagai pengguna, Anda juga perlu memahami cara menonaktifkan fitur talkback pada Xiaomi.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di HP Xiaomi Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di HP Xiaomi Dengan Mudah

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kehadiran dari fitur ini sebenarnya mempunyai fungsi yang cukup krusial terutama bagi penderita tuna netra. Tetapi bagi pengguna dengan kondisi normal terkadang memang cukup mengganggu dengan kehadirannya.

Disinilah Anda tidak perlu khawatir karena bisa menonaktifkan fitur tersebut sehingga tidak akan mengganggu lagi. Secara umum untuk menonaktifkannya bisa dilakukan dengan du acara diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melalui Pengaturan Bawaan

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah dengan menonaktifkannya melalui pengaturan bawaan dari ponsel Xiaomi Anda tersebut. Adapun cara satu ini dapat dilakukan untuk semua tipe dari HP Xiaomi sehingga caranya juga sama.

Baca Juga:  Cara mengatasi hp disadap, bisa anda lakukan sendiri loh

Berikut ini panduan yang bisa Anda gunakan apabila akan menonaktifkan fitur talkback Xiaomi ini:

  • Masuk ke pengaturan atau setting pada perangkat Xiaomi
  • Sesudah berhasil masuk, silahkan pilih setelah tambahan atau additional settings
  • Nantinya bisa geser kebawah hingga menemukan pilihan aksebilitas
  • Tab pada pilihan talkback
  • Dan nonaktifkan pada aksebilitas
  • Maka dengan langkah tersebut, fitur talkback inilah berhasil untuk dimatikan.

2. Melalui Tombol Fisik

Selain menggunakan cara diatas, pengguna juga dapat menonaktifkannya melalui tombol fisik alias tombol yang berada di sisi samping dari ponsel. Adapun cara inipun sama seperti ketika melakukannya melalui HP Samsung.

Selain untuk mematikan daya dan mengatur volume suara, tombol-tombol yang terdapat di samping HP Xiaomi itulah berguna untuk menjadi shortcut. Berikut ini, langkah-langkah menggunakan cara satu ini.

  • Tekan tombol power kemudian pilih power off untuk mematikan perangkat
  • Apabila perangkat dalam kondisi mati, maka dapat menekan tombol power kembali diikuti dengan volume atas dan bawah
  • Jangan lupa tekan semua tombol selama beberapa kali dan tahan kurang lebih 3 detik
  • Restart kembali ponsel Xiaomi
  • Hidupkan perangkat dengan cara menekan tombol power maka secara otomatis talkback akan nontaktif.

Khusus Pada HP Samsung

Apabila cara di atas adalah khusus pada HP Xiaomi, maka langkah satu ini adalah untuk HP Samsung. Sebab perangkat inipun mempunyai fitur khusus seperti Talkback yakni dikenal dengan sebutan Voice Assistant dengan fungsi serupa seperti pada HP Xiaomi.

Sebenarnya cara untuk menonaktifkannya ternyata tidaklah sesulit seperti di bayangan bahkan hanya dalam beberapa langkah saja. Agar semakin jelas, maka kami akan memberikan tutorialnya dibawah ini dengan baik:

  • Pastikan ponsel dalam keadaan menyala terlebih dahulu
  • Masuk ke dalam menu settings dan accessibility
  • Berikutnya temukan menu screen reader
  • Silahkan cari menu Voice Assitant
  • Jangan lupa agar menggeser tombol on menjadi off untuk mematikan fitur tersebut dengan baik.
Baca Juga:  Cara Menambang Bitcoin Di Android Mudah dan Tidak Ribet

Fungsi Lain Accessibility pada Xiaomi Selain Talkback

Tidak bisa dipungkiri bahwa didalam HP Xiaomi ternyata menyimpan banyak pilihan menu rahasia yang dapat ditemukan dengan mudah didalamnya. Dengan hadirnya menu-menu itulah ternyata berikan kemudahan dalam meningkatkan produktivitas.

Salah satu menu yang tidak boleh dilewatkan saat sedang menggunakan fitur ini adalah accessibility ini. Selain mempunyai fungsi untuk talkback, ternyata juga masih banyak manfaat yang ditawarkan didalamnya diantaranya adalah

Magnification Gestures

Magnification gesture sendiri akan memungkinkan para pengguna untuk memperbesar tampilan pada layar. Ini berbeda dengan tap to zoom dimana biasanya digunakan pada browser yang sering dilakukan.

Sebab nantinya fitur ini akan bekerja seperti sebuah kaca pembesar dan saat menyentuhnya dua kali, maka akan bisa memperbesar tampilan layar hanya pada bagian tertentu saja. Tentunya Anda dapat menggunakan kedua jari tangan Anda.

Text-to-Speech

Manfaat fitur accessibility lainnya adalah text-to-speech ini dimana adalah layanan yang akan memungkinkan pengguna untuk membaca teks. Teks tersebut disimpan oleh pengguna didalam aplikasi pocket.

Kehadiran dari aplikasi pocket sendiri ternyata dapat berguna untuk menyimpan konten web dan dapat dibaca di kemudian hari.

Power Button Ends Call

Manfaat terakhir adalah dengan fitur inilah para pengguna bisa mengakhiri panggilan telefon dimana sedang berlangsung hanya dengan menekan tombol power saja.

Kehadiran dari fitur ini pada HP Xiaomi memang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Tetapi cara menonaktifkan fitur talkback di HP Xiaomi wajib diketahui apabila kehadirannya sudah cukup mengganggu nantinya.

Leave a Comment