Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di HP Xiaomi

Seiring dengan penggunaan HP Xiaomi, ruang penyimpanan atau memori internal pasti akan terisi dengan berbagai file maupun aplikasi. Apabila file yang tersimpan terlalu banyak dan melebihi kapasitas yang seharusnya, biasanya akan muncul pemberitahuan atau notifikasi bahwa ruang penyimpanan hampir habis.

Kamu pun jadi tidak bisa menyimpan berbagai file baru. Pada saat seperti inilah, tutorial cara mengosongkan ruang penyimpanan di HP Xiaomi menjadi sesuatu yang kamu butuhkan saat ini.

Penyebab Ruang Penyimpanan Hp Xiaomi Penuh

Ruang penyimpanan di HP Xiaomi yang terlalu penuh selain membuat kamu tak bisa menyimpan file-file baru, juga menyebabkan beberapa kendala pada HP. Contohnya HP menjadi semakin lemot, beberapa aplikasi sistem jadi tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau hang, dan masih banyak lagi. Sehingga, mau tak mau jika kamu tak ingin kinerja HP menurun, segera kosongkan ruang penyimpanan di HP Xiaomi.

Namun, sebelum mulai mengosongkan ruang penyimpanan atau memori internal, ketahui terlebih dahulu apa saja yang membuat ruang penyimpanan tersebut penuh. Adapun beberapa faktor yang jadi penyebab memori HP penuh, yaitu data aplikasi dan game, data foto dan video, file cache, file thumbnail, dan paket aplikasi.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di HP Xiaomi yang Penuh

Saat HP terasa lemot dan sering muncul notifikasi bahwa ruang penyimpanan sudah penuh, maka saatnya kamu melakukan tindakan. Tindakan yang dimaksud tentu saja dengan mengosongkan ruang penyimpanan di HP Xiaomi. Adapun caranya bisa dengan berbagai langkah berikut.

Baca Juga:  Wallpaper Bergerak untuk HP Xiaomi agar Tampilan Jadi Menarik

1. Melakukan Sorting atau Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara yang pertama ini terbilang sangat mudah dan bisa kamu praktekkan sekarang juga. Kamu hanya perlu masuk ke pusat aplikasi dan lihat kira-kira aplikasi mana saja yang sangat jarang digunakan. Jika sudah menemukan apa saja aplikasinya, kamu tinggal menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu “Setelan” atau “Setting”
  • Pilih menu “Apl”,kemudian buka “Kelola Aplikasi”
  • Ubah opsi urutan berdasarkan frekuensi penggunaan
  • Scroll ke bagian bawah untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sangat jarang digunakan

cara mengosongkan ruang penyimpanan di hp xiaomi

  • Klik aplikasi tersebut, kemudian klik tombol “Uninstall” yang ada di bagian bawah

2. Menghapus Cache Aplikasi Medsos Secara Berkala

Cache adalah kumpulan data sementara yang berasal dari penggunaan aplikasi yang kemudian tersimpan di memori internal, bisa berupa gambar maupun teksi. Cache yang menumpuk di HP Xiaomi termasuk file sampah yang apabila ingin dihapus tidak masalah. Umumnya cache menumpuk berasal dari penggunaan aplikasi medsos yang kerap menampilkan gambar atau video, seperti browser, Instagram, Facebook, dan YouTube. Adapun cara yang harus kamu lakukan untuk membersihkannya, yaitu:

  • Buka “Info Apl” pada aplikasi yang sering kamu gunakan
  • Pilih aplikasi

  • Klik penyimpanan.

  • Klik “Bersihkan cache”

  • Selesai
  • Lakukan cara yang sama pada aplikasi lain yang memiliki cache menumpuk, seperti aplikasi browser, Instagram, dll.

3. Menghapus File Thumbnail yang Menumpuk

Thumbnail merupakan data review dari suatu file gambar ataupun video. Data thumbnail berupa gambar dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari gambar asli seperti gambar pada kumpulan folder di galeri. Ketika file gambar atau video yang tersimpan semakin banyak, maka file thumbnail di HP Xiaomi kamu semakin menumpuk. Untuk mengatasinya, berikut langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Buka aplikasi “File Manager” bawaan dari HP Xiaomi
  2. Pilih “Penyimpanan Internal”
  3. Pakai filter pencarian dan ketikan kata “thumb” atau “thumbnail”
  4. Tunggu hingga semua pencarian untuk file thumb selesai
  5. Selanjutnya pilih dan centang semua file thumbnail tersebut
  6. Terakhir pilih “Hapus” yang berada di bagian bawah. Tunggu hingga proses penghapusan file thumbnail tersebut selesai
Baca Juga:  Cara Membersihkan File Lainnya di Xiaomi Menggunakan Berbagai Macam Metode

4. Hapus File Cadangan dan Media WhatsApp

Aplikasi perpesanan WhatsApp tak jarang memuat berbagai file-fie besar, seperti fle cadangan dan foto maupun video berkualitas tinggi. Agar ruang penyimpanan di HP Xiaomi lega dan kinerja HP tidak lemot, kamu perlu menghapus file sampah di aplikasi WhatsApp. Caranya dengan mengecek pada “Penyimpanan Internal” > folder “WhatsApp”. Selanjutnya kamu bisa menghapus file-file yang ada di beberapa folder, seperti:

  1. Database
  2. Media – WhatsApp Stickers
  3. Media – WhatsApp Voice Notes
  4. Media – WhatsApp Animated Gifts – Sent
  5. Media – WhatsApp Audio – Sent
  6. Media – WhatsApp Document – Sent
  7. Media – WhatsApp Images – Sent
  8. Media – WhatsApp Stickers – Sent
  9. Media – WhatsApp Stickers – Sent

5. Memindahkan File Penyimpanan Internal ke Kartu SD

Pengaturan default Android biasanya untuk setiap file yang diunduh maupun file kamera akan langsung tersimpan ke penyimpanan internal. Sehingga tak heran apabila banyak data yang tersimpan dan menyebabkan memori internal HP Xiaomi cepat penuh.

Untuk file penting di memori internal biasanya berada di folder “Download” dan “DCIM”. Jika ingin mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus kehilangan data, maka bisa pindahkan file-file penting dari memori internal ke kartu memori eksternal. Untuk caranya dengan memilih terlebih dahulu file yang akan dipindahkan, lalu klik menu “Pindah” atau “Cut”, kemudian “Tempel” file tersebut ke memori eksternal.

6. Menghapus Paket Aplikasi yang Sudah Terinstall

Selain bisa mengunduh aplikasi dari Play Store dan GetApps, pada HP Xiaomi biasanya juga bisa untuk menginstall file APK secara manual dari sumber yang tidak dikenal. Setelah aplikasi tersebut diinstall, maka paket aplikasi seperti APK dan XAPK tidak akan terhapus. Paket aplikasi yang menumpuk tersebut sebaiknya dihapus agar memori penyimpanan juga lebih lega.

Baca Juga:  Cara Membatasi Penggunaan Data HP Xiaomi Tanpa dan Dengan Aplikasi

7. Menggunakan Aplikasi Pembersih Bawaan HP Xiaomi

Pada HP Xiaomi biasanya sudah dibekali aplikasi cleaner bawaan dari MIUI untuk membantu membersihkan penyimpanan di HP Xiaomi. Aplikasi pembersih ini bekerja secara otomatis mendeteksi dan membersihkan file sampah yang membuat ruang penyimpanan di HP Xiaomi penuh. Cara penggunaannya terbilang mudah karena cukup menunggu hingga proses scanning selesai, baru klik tombol “Bersihkan”.

Namun, aplikasi cleaner bawaan HP Xiaomi ini belum begitu efektif untuk membersihkan file sampah di ruang penyimpanan. Oleh karena itu, kamu perlu menghapus file sampah yang menumpuk tersebut secara manual agar ruang penyimpanan bisa lega.

8. Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara ini bisa kamu lakukan ketika sebagai opsi terakhir ketika dirasa HP Xiaomi sering error, performa menurun secara signifikan, atau bahkan lemot parah. Dengan mereset HP ke pengaturan awal pabrikan, maka seluruh data atau file yang tersimpan di ruang penyimpanan di HP Xiaomi internal akan otomatis terhapus secara permanen. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses ini, sangat disarankan untuk membackup atau mencadangkan file penting yang kamu miliki di HP.

Untuk cara mereset HP Xiaomi ke pabrikan agar penyimpanan di HP Xiaomi menjadi lega, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka menu “Setelan” atau “Setting
  2. Lalu buka “Tentang telepon”
  3. Pilih “Cadangkan & setel ulang”
  4. Lakukan scroll ke bawah dan buka “Hapus semua data”
  5. Klik “Hapus semua data” dan konfirmasi penghapusan dengan memasukkan password atau sandi
  6. Tunggu hingga proses reset pabrik selesai dan HP Xiaomi menyala kembali

Itu tadi sedikit informasi mengenai beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan di HP Xiaomi yang bisa kamu coba saat memori internal sudah penuh dan sering menyebabkan kendala, seperti lemot, error, hingga muncul notifikasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment