Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo Dengan Aman, Mudah, dan Terpercaya

Penyimpanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap pengguna perangkat smartphone atau komputer. Salah satunya adalah Oppo yang menyediakan banyak varian penyimpanan internal, mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, 128GB hingga 256GB. jika kapasitas memori HP Oppo berkisar 64GB, pengguna akan leluasa dalam menyimpan data dan mengunduh banyak aplikasi.

Baca juga: atasi mata buram

Namun, untuk spesifikasi dibawah 64GB tentunya akan ada banyak masalah yang dialami. Contohnya saja notifikasi yang sering muncul dan membuat jengkel, yan notifikasi ‘Ruang penyimpanan tidak cukup’, atau ‘Not enough memory’. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara mengatasi memori penuh di HP Oppo. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut:

Hapus pesan masuk (SMS) Yang Sudah Dibaca

Cara mengatasi memori penuh di HP Oppo yang pertama adalah degan menghapus pesan yang terlampau lama dan masih tersimpan di perangkat. Ternyata pesan yang masuk juga membutuhkan penyimpanan dan akan berubah menjadi cache, dari cache ini akan berubah menjadi sampah dan menimbulkan bug. Hal inilah yang menghabiskan banyak penyimpanan internal Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghapus pesan yang sudah dibaca. Untuk menghindari menghapus secara bersamaan, sebaiknya setiap SMS yang sudah dibaca langsung dihapus agar tidak menumpuk.

cara mengatasi memori penuh di HP Oppo

Hapus file junk dan cache Yang Masih Tersimpan

Cara berikutnya adalah dengan menghapus file junk dan cache yang masih tersimpan di perangkat. File cache dapat menyebabkan ponsel Anda lambat saat melakukan aktivitas online. File ini akan terus muncul saat Anda aktif menggunakan sebuah aplikasi yang tersambung dengan jaringan internet. Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, tetapi jika dibiarkan menumpuk tentunya akan banyak menghabiskan penyimpanan. Untuk menghapus file cache di Oppo sangatlah mudah hanya dengan sekali klik sudah bisa membersihkan penyimpanan.

Baca Juga:  Beberapa Cara Mematikan Antivirus Windows 10 Yang Bisa Kamu Coba!

Selain di file manajer telepon, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diunduh dnegan bebas di Google Play Store. Misal, Cleaner yang saat ini menjadi aplikasi favorit dan menduduki tempat pertama di Play Store. dengan menggunakan aplikasi ini ponsel Anda akan lebih ringan karena memiliki banyak fitur seperti cek file berkas, media,dan lain sebagainya.

Bersihkan Media File Yang Tidak Dibutuhkan

Cara mengatasi memori penuh di HP Oppo selanjutnya adalah dengan membersihkan file yang sudah tidak berfungsi. Untuk penyimpanan android biasanya membutuhkan 20% ruang kosong untuk jaga-jaga saat mengunduh file lainnya.

Bersihkan File Manager

  1. Pertama, Buka aplikasi File Manager di HP OPPO Anda.
  2. Kemudian tentukan kategori file yang ingin Anda bersihkan, misal jika ingin menghapus gambar, Ana bisa memilih kategori gambar.
  3. Tandai atau pilih beberapa file yang ingin Anda hapus.
  4. Kemudian, Pilih ‘Hapus’, untuk menghapus file yang sudah dipilih

Hapus berkas dan media WhatsApp Yang Sudah Tidak Digunakan

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di HP Oppo Anda.
  2. Kemudian pilih ‘Ikon tiga titik’ yang ada di bagian atas kemudian pilih ‘Setelan’.
  3. Kemudian pilih ‘Penyimpanan dan data’ lalu tekan ‘Kelola penyimpanan’.
  4. Langkah selanjutnya, pilih chat dan media yang ingin dibersihkan.

Nonaktifkan unduhan otomatis media WhatsApp

cara mengatasi memori penuh di HP Oppo

  1. Pertama, Masuk pada menu ‘Setelan’ WhatsApp lau tekan ‘Penyimpanan dan data’.
  2. Di bagian Unduh otomatis media, hilangkan centang Saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wi-Fi, dan saat roaming.
  3. Selesai.
Baca Juga:  Cara Percepat Koneksi Wifi agar Lebih Ngebut

Hapus unduhan video offline YouTube Yang Sudah Tidak Ditonton

  1. Pertama, buka aplikasi YouTube di Hp Oppo Anda.
  2. Kemudian Masuk pada halaman ‘Koleksi’ lalu pilih ‘Hasil Download’.
  3. Tekan ikon ‘Tiga titik’ pada bagian atas kemudian pilih ‘Setelan’.
  4. Ketuk ‘Hapus semua download’ untuk menghapus video download.
  5. Konfirmasi penghapusan dengan menekan ‘Ya’
  6. Selesai.

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Cara mengatasi memori penuh di HP Oppo selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak berfungsi. Aplikasi besar seperti game online, biasanya lebih cepat membuat penyimpanan penuh dibandingkan media seperti gambar atau video. Instalasi game moba saja rata-rata memutihkan ruang penyimpanan sekitar 1GB sampai 4GB. Apalagi penyimpanan aplikasi tidak bisa dipindahkan di memori eksternal, oleh karena itu untuk menjaga penyimpanan sebaiknya menghapus game tersebut. Berikut caranya:

  1. Pertama, buka menu ‘Setting’ di Hp OPPO Anda.
  2. Kemudian pilih menu ,Manajemen Aplikasi, lalu plih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  3. Ketuk Uninstall untuk menghapus aplikasi.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan menekan ‘OK’
  5. Selesai.

Menambah Kapasitas memori eksternal (MicroSD)

Jika ponsel Anda memungkinkan untuk diisi slot microsd , sangat disarankan untuk menambah kapasitas memory dengan memori eksternal atau microsd. Dengan demikian, dapat menopang beban yang ada di penyimpanan internal. Selanjutnya, Anda bisa memindahkan data-data besar di memori internal ke memori eksternal . Berikut cara beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasang MicroSD:

  1. Saat ingin membeli MicroSD, usahakan MicroSD kelas 10 atau diatasnya dengan kecepatan transfer data yang mencapai 10 Mbps. Dengan jenis ini, Anda tidak akan merasakan lag atau macet saat memutar video atau film
  2. Jangan percaya dengan microsd dengan harga murah
  3. Belilah MicroSD dengan kapasitas besar agar dapat membantu penyimpanan internal dan banyak menampung data
  4. Pindahkan semua berkas besar yang ada di memory internal ke memori eksternal.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Hp Ngelag, Dijamin Ampuh dan Anti Ribet!

Manfaatkan layanan Penyimpanan Cloud

cara mengatasi memori penuh di HP Oppo

Cara mengatasi memori penuh di HP Oppo adalah dengan memanfaatkan penyimpanan awan atau cloud. Dengan penyimpanan ini Anda tidak usah lagi membeli penyimpanan eksternal. Misal saja layanan google drive yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data dan jua file penting dengan kapasitas besar. 

Untuk  kemudahan akses, Anda bisa melakukan sinkronisasi sinkronisasi file media Anda ke Google Photos serta untuk mempermudah pengunggahan. Selain dapat menghemat penyimpanan internal atau eksternal, menggunakan cloud juga terbukti lebih mudah diakses tanpa harus menggunakan banyak perangkat, semua data yang disimpan bisa diakses secara langsung menggunakan perangkat yang berbeda seperti PC, laptop dan lain sebagainya.

Selain dengan layanan Google drive, Anda Juga bisa memanfaatkan layanan bawaan dari Oppo yakni Oppo Cloud yang bisa menyimpan banyak data baik file, video, gambar, dan lain sebagainya. Layanan ini dapat Anda gunakan secara gratis, sebagai salah satu kelebihan Oppo ya belum dimiliki merek lain.

Demikian penjelasan mengenai Cara mengatasi memori penuh di HP Oppo yang dapat dilakukan dengan mudah. Cara di atas dapat Anda lakukan karena sesuai dengan pengalaman penulis saat menggunakan Hp Oppo.

Untuk saat ini, sudah beranjak ke rea cloud, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan penyimpanan cloud yang tidak terbatas agar bisa menyimpan data lebih banyak dan tidak takut agi masalah penyimpanan penuh atau yang lainnya.

Leave a Comment