Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan dan Penyebabnya

Masalah seperti HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan memang kerap kali dialami para pengguna. Pada saat hal itu terjadi, berbagai aktivitas Anda yang membutuhkan jaringan internet akan terganggu.

Permasalahan jaringan tersebut dapat dialami oleh tipe HP Xiaomi apa saja baik yang keluaran terbaru ataupun lama. Ketika masalah tersebut terjadi, tentu Anda harus segera mencari solusinya.

Lalu, apa sajakah penyebab dan cara untuk mengatasi masalah HP kehilangan jaringan internet? Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menyimak beberapa solusi selengkapnya pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan dan Penyebabnya

Penyebab HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menyelesaikan masalah HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan, tentu Anda juga harus tahu penyebabnya. Dengan begitu, solusi yang digunakan juga akan menjadi lebih akurat.

Apabila membahas tentang penyebab masalah jaringan di HP Xiaomi, sebenarnya ada cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab yang dapat membuat jaringan di HP Xiaomi Anda hilang.

1. IMEI Diblokir

Pada beberapa tahun ke belakang, permasalahan IMEI menjadi perhatian yang cukup serius. Hal itu terlihat dari adanya peraturan memblokir perangkat HP yang termasuk ke dalam daftar hitam atau ilegal.

Keputusan tersebut tentu sedikit banyak dapat memengaruhi penggunaan HP ilegal di Indonesia. Pasalnya, IMEI HP yang ilegal secara otomatis akan diblokir oleh pihak Menkominfo sehingga tidak bisa digunakan.

Nah, masalah IMEI diblokir itulah yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa HP Xiaomi Anda jaringannya tidak ada. Apabila hal tersebut benar adanya, maka mau memakai operator provider apa saja, sinyal jaringan tidak akan muncul.

Baca Juga:  Tips Baterai HP agar Tahan Lama digunakan

IMEI yang diblokir secara otomatis tidak dapat untuk menangkap sinyal yang diberikan oleh operator seluler. Umumnya, hal tersebut ditandai dengan adanya peringatan di HP Yang berisi “Tidak Ada Layanan Jaringan”.

2. SIM Card Tidak Kompatibel

Penyebab lain yang bisa membuat HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan adalah karena SIM Card yang digunakan tidak kompatibel. Artinya, itu terjadi karena Anda menggunakan kartu SIM CDMA untuk HP Xiaomi.

Tentunya, jika memang hal itu terjadi, maka sudah jelas tidak mungkin sinyal CDMA tersebut dapat muncul. Jadi, perlu diketahui bahwa kartu SIM CDMA hanya bisa dipakai di HP CDMA, begitu juga sebaliknya untuk HP GSM.

3. Kesalahan Pengaturan Jaringan

Penyebab selanjutnya mengapa layanan di HP Xiaomi Anda tidak ada adalah karena kesalahan dalam pengaturan jaringan. Hal ini mungkin yang paling sering dialami dan seringkali menjadi penyebab layanan jadi tidak muncul.

4. Masalah Pada IC WTR

Pada HP Xiaomi Anda pastinya dapat ditemukan berbagai macam komponen penting penyusun pada hardware. Salah satu yang paling penting posisinya tentu adalah komponen bernama IC WTR.

Apabila IC WTR tersebut mengalami masalah atau bahkan rusak, maka perangkat HP Xiaomi tidak akan bisa menangkap jaringan provider. Nah, apabila HP Xiaomi tiba-tiba tidak dapat menangkap layanan jaringan, mungkin itu bisa disebabkan IC WTR rusak.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan

sinyal Xiaomi hilang

Setelah mengetahui beberapa penyebab HP Xiaomi mengalami hilang layanan jaringan, berikutnya Anda dapat mencari solusinya. Berikut ini adalah berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jaringan hilang di HP Xiaomi.

1. Perbaiki IC WTR

Cara pertama untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan adalah dengan melakukan perbaikan pada komponen IC WTR. Hal ini dapat dilakukan apabila memang sinyal hilang di HP Anda disebabkan karena ada masalah di IC WTR.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Untuk perbaikan komponen tersebut, Anda dapat mendatangi langsung Xiaomi Center ataupun teknisi profesional terdekat. Apabila kondisi IC WTR sudah tidak bagus, maka diperlukan penggantian komponen dengan yang baru.

Biaya penggantian komponen IC WTR ini tergantung pada merek HP yang digunakan. Pasalnya, harga dari IC WTR tersebut juga berbeda-beda mulai dari harga 100 ribu rupiah sampai dengan paling mahal 300 ribu rupiah.

2. Aktifkan Airplane Mode

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan adalah dengan aktifkan airplane mode di HP. Fitur airplane mode ini dapat Anda temukan di bagian bar notifikasi di HP.

Anda tinggal aktifkan saja mode pesawat tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, matikanlah kembali fitur airplane mode untuk membuat layanan jaringan dari HP Xiaomi Anda kembali ter-refresh.

Dengan begitu, layanan jaringan yang sebelumnya mungkin mengalami bug atau error akan kembali lancar kembali. Alhasil, HP Xiaomi Anda dapat kembali menangkap sinyal jaringan internet secara lancar dan normal.

3. Perbaiki Settings APN

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan perbaikan pada pengaturan Access Point Name (APN) di HP Xiaomi. Hal ini bisa dilakukan untuk melihat apakah jaringan yang digunakan sudah menggunakan Access Point Name yang benar atau belum.

Untuk pengecekan pengaturan APN tersebut, Anda bisa membuka saja menu pengaturan dan cari “SIM Cards & Mobile Network”. Biasanya, kesalahan APN ini terjadi pada pengguna yang gemar melakukan custom pada pengaturan APN.

Namun, pada umumnya dari pihak operator akan memasangkan APN di HP secara otomatis. Jadi, kemungkinan terjadinya kesalahan settings APN pada HP akan menjadi lebih kecil.

Baca Juga:  8 Solusi Ampuh Atasi Keyboard Laptop Terkunci

4. Periksa SIM Card Beserta Konektor-nya

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan adalah dengan memeriksa SIM Card dan konektor-nya. Untuk melakukannya tentu caranya sangat mudah dan juga cepat.

Anda hanya tinggal matikan saja HP dan kemudian bukalah tempat SIM Card. Kemudian, pastikanlah bahwa penempatan SIM Card tersebut telah benar seperti pada petunjuk yang diberikan.

Setelah itu, perhatikan juga bagian logam tembaga yang terdapat di SIM Card. Apabila terdapat kerusakan ataupun sudah terkelupas, bisa jadi hilangnya layanan jaringan karena kondisi SIM Card yang sudah tidak baik.

Nah, jika memang SIM Card yang digunakan telah rusak, maka Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Anda bisa langsung menghubungi call center provider yang digunakan dan meminta untuk membuatkan kartu SIM yang baru.

5. Restart HP

Langkah yang terakhir, Anda juga bisa melakukan restart HP untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan. Seperti halnya menggunakan mode airplane, cara ini juga bertujuan untuk membuat penyegaran pada sistem HP.

Dengan sistem HP yang kembali segar, tentu akan membuat layanan yang ada di HP kembali berjalan lancar. Alhasil, jaringan internet yang tadinya mungkin tidak muncul, akan kembali muncul lagi setelah proses restart HP selesai dilakukan.

Hal ini bisa sesekali dilakukan saat Anda telah menggunakan HP dalam durasi waktu yang sangat lama. Penggunaan HP yang menyala secara terus menerus tentu sedikit banyak dapat memengaruhi kinerja sistem HP Xiaomi Anda.

Demikianlah tadi ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan. Apabila dengan semua cara tetap tidak berhasil, maka Anda dapat membawa HP ke service center terdekat untuk pemeriksaan lebih jauh.

Leave a Comment