Cara Install Microsoft Teams di Windows 10, Pengertian dan Fungsinya

Microsoft Inc. merupakan salah satu perusahaan informasi dan teknologi terkemuka di dunia. Tak bisa dimungkiri segala aplikasi maupun programnya hampir sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, anak-anak sampai orang dewasa sudah mengenal layanannya. Jika kamu belum pernah mencoba salah satu programnya, yakni Microsoft Teams alangkah baiknya untuk tahu cara install Microsoft Teams di Windows 10.

Microsoft Teams memang tidak terlalu familiar seperti program serupa lainnya, apalagi Excel dan Word yang selalu digunakan banyak orang untuk bekerja dan belajar setiap hari. Di sisi lain, Microsoft Teams justru mempunyai keunikan tersendiri, sayangnya banyak orang masih belum tahu tentang hal tersebut.

Jika kamu baru pertama kali mendengar program tersebut, sebaik ketahui lebih lanjut tentang pengertian, fungsi sampai prosedur pemasangannya di OS Windows 10. kamu bakal menemukan jawabannya secara detail dan lengkap pada artikel ini.

Pengertian Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan suatu platform komunikasi yang menggabungkan beberapa unsur seperti rapat video, percakapan kerja sampai penyimpanan berkas secara bersamaan. Program ini sudah terintegrasi dengan berbagai macam produk unggulan Microsoft 365. Layanannya pun bisa diintegrasikan bersama produk digital lainnya di luar besutan Microsoft Inc.

Fitur-fitur Microsoft Teams

Microsoft Teams mempunyai berbagai macam fitur penting dalam menunjang kegiatan yang dilakukan setiap penggunanya lho. Layanan ini hadir untuk membantu kamu agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan maksimal. Berikut fitur-fitur Microsoft Teams yang wajib kamu tahu, yakni:

  • Live Events

kamu bisa memperluas jaringan konferensi secara langsung. Tak hanya itu, kamu pun dapat melibatkan lebih dari 10 ribu orang untuk rapat sampai webinar dalam waktu yang sama. Jadi, siapapun akan tahu apa saja yang akan kamu lakukan selama acaranya sedang berlangsung.

  • Raise Hand
Baca Juga:  11 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Fitur ini berfungsi untuk memberikan sinyal visual ketika orang lain ingin memberikan suatu tanggapan ke dalam meeting. Jika kamu ingin melakukannya, maka bisa menggunakan fitur Raise Hand, sehingga penyelenggara rapat akan siap mendengar informasi yang kamu sampaikan.

  • Berbagi Layar

kamu mungkin dapat membagikan berbagai macam informasi baru dan terpercaya kepada siapa saja dengan menggunakan fitur ini. Jadi, orang lain atau para audience bisa mengetahui informasi atau sesuatu yang baru saja kamu bagikan melalui satu layar saja.

  • Edukasi

Fitur ini memungkinkan para guru bisa memberikan feedback kepada para murid atau siswa yang menggunakan Assignment tab pada Microsoft Teams. kamu dapat membuat kuis untuk mengasah ingatan setiap murid dengan menggunakan formulir Office secara praktis.

  • Walkie Talkie

Kalau kamu tidak ingin membuang waktu lama karena mengetik pesan tertentu yang panjang, manfaatkan fitur ini saja. Pasalnya, semua orang dapat membagikan informasi berupa pesan suara dengan mengaktifkan Walkie Talkie terlebih dulu.

  • Konferensi Video

kamu bisa menggelar rapat online yang dipersonalisasikan dan meningkatkan integritas, serta produktivitas dengan melakukan kolaborasi secara tepat waktu. kamu akan terhubung dengan siapa saja yang sudah bergabung di Microsoft Teams.

  • Berbagi File

kamu bisa membagikan berbagai macam file ke orang lain, misalnya rekan kerja bahkan atsa secara on time. Selain itu, kamu dapat mengkolaborasikannya supata semuanya bisa memberikan hasil lebih maksimal dengan pengerjaan yang cepat.

  • Latar Belakang yang Dikustomisasi

kamu pun dapat mengatur tampilan dengan memilih, menghapus sampai memburamkan tampilan latar belakang sesuai dengan keinginan masing-masing. Kondisi ini biasanya dilakukan saat kamu sedang terhubung di tempat tertentu.

Baca Juga:  Cara Memberi Partisi Terpisah Pada Flashdrive Tanpa Bantuan Pihak Ketiga

Fungsi Microsoft Teams

Microsoft Teams mempunyai fungsi-fungsi krusial yang sangat bermanfaat untuk semua penggunanya, termasuk diri kamu sendiri. Apa saja itu? Daripada kamu penasaran, sebaiknya ikuti dan simak poin-poin penting tersebut di bawah ini:

  • Kolaborasi Dokumen Secara Real-Time

Microsoft Teams menyediakan fitur kolaborasi yang memungkinkan para penggunanya mampu melakukan penggabungan dokumen secara bersamaan. kamu bisa mengubah, menghapus sampai mengaturnya dalam waktu yang sama dengan mudah dan praktis.

  • Meningkatkan Produktivitas

Layanan ini mampu memaksimalkan dan meningkatkan produktivitas dengan membuat segala gabungan mulai dari obrolan, berbagi file, meeting, dan lainnya dalam satu wadah yang sama. Maka dari itu, kamu bisa berkolaborasi untuk menemukan solusi yang paling tepat.

  • Terintegritas ke Program Microsoft

Seperti disebutkan sebelumnya kalau Microsoft Teams memang sudah terintegritas ke aplikasi maupun program Microsoft Inc. Layanannya sudah tersambung dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Excel, Word sampai Power Point dalam memudahkan pengerjaan tugas apapun.

  • Meeting dengan Kapabilitas Penjadwalan

Microsoft Teams pun memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk kamu dalam menggelar meeting yang sudah dijadwalkan, waktu sampai daftar partisipan dalam mengikuti kegiatan tersebut. kamu bisa mengelola dan mengatur semuanya lebih cepat dan mudah.

Kelebihan Microsoft Teams

Aplikasi Microsoft Teams mempunyai beragam keutamaan yang menguntungkan semua penggunanya lho. Jika kamu belum pernah menggunakannya, lebih baik segera coba semua fitur dan layanannya yang sangat menarik. Apa saja kelebihannya? kamu akan tahu semuanya dengan menyimak poin-poin penting di bawah ini:

  1. Mudah dalam berkolaborasi dan berbagi file dengan orang lain dalam waktu yang sama.
  2. Memulai rapat dengan cepat dan mudah.
  3. Menyediakan alat perekam.
  4. Platform canggih dan serba guna.
  5. Meningkatkan integritas dan kinerja.
  6. Mudah mengatur dan mengorganisir rapat atau diskusi online dengan pihak lainnya.
  7. Fitur dan fungsional yang canggih dan menarik.
  8. Integritas dengan aplikasi dan perangkat lain.
  9. Aplikasi multifungsi (all-in-one).
Baca Juga:  Wajib Tahu! Begini Cara Menambah Printer di Windows 10 Melalui Wi-Fi, USB, dan Bluetooth

Kelemahan Microsoft Teams

Walaupun menawarkan berbagai macam kelebihan yang menarik dan menguntungkan, tapi Microsoft Teams juga punya kelebihan seperti aplikasi Microsoft lainnya. Daripada penasaran, sebaiknya kamu ketahui kekurangannya sebagai berikut:

  • Bandwitch Cukup Besar

Microsoft Teams dapat disebut sebagai salah satu aplikasi yang mempunyai pemakaian badwitch cukup besar. Tak hanya itu, angkanya bahkan lebih tinggi dibandingkan beberapa aplikasi konferensi atau berbagi lainnya yang satu sama lain punya fungsi dan kinerja serupa.

  • Struktur File Agak Membingungkan

Masalah ini hampir sering dialami para pengguna yang ingin tahu lebih lanjut di aman suatu file tersimpan. Selain itu, struktur folder yang dibutuhkan untuk menemukannya terkadang masih kurang dipahami banyak orang.

Meski begitu, kinerja file yang sudah tersimpan pada Microsoft Teams bisa dibilang sangat membingungkan. Jangan heran kalau segalanya yang diunggah ke dalam percakapan akan dibuang ke folder khusus.

Cara Pasang Microsoft Teams di Windows 10

kamu bisa mencoba cara memasang Microsoft Teams di Windows 10 sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi Microsoft Teams via www.microsoft.com/en-us/microsoft-teams/download-app.

Cara Install Microsoft Teams di Windows 10

  • Pada halaman utama, tekan tombol Download for Desktop untuk menyimpan versi PC nya.

  • Klik Download Teams.
  • Tekan tombol Save File.

  • Kalau proses download sudah selesai, cari file tersebut di folder laptop kamu.
  • Klik Install.

  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan programnya pun dapat langsung digunakan.

Cara install Microsoft Teams di Windows 10 bukan suatu hal yang sulit. kamu pasti akan membutuhkannya jika sudah tahu fungsi dan manfaatnya yang menunjang pekerjaan harian di kantor.

Leave a Comment