Cara Edit File PDF Mudah

Apakah itu PDF? Mungkin jarang sekali ada orang yang mempertanyakan apa itu PDF. Namun perlu diketahui, sebenarnya hal istilah PDF ini merupakan hal yang cukup familiar di telinga generasi muda saat ini, jadi untuk cara edit file pdf sendiri sebenarnya tidak lagi sulit walaupun masih ada sebagian orang yang belum mengerti mengoperasikan hingga melakukan pengeditan dengan file ini.

File PDF seringkali dapat ditemukan di berbagai dokumen ada dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjang kegiatan seperti melamar pekerjaan hingga kebutuhan pendidikan. Karena melalui PDF, Anda pun semakin dimudahkan untuk melakukan edit file di berbagai gawai yang Anda gunakan.

Dalam Andaan tersebut, yang disebut apa itu PDF seringkali menjadi salah satu format file yang tidak dapat diedit kembali. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga otentifikasi dari file tersebut sehingga memang penting mengetahui informasi cara edit file pdf.

Baca juga: cara edit twibbon

Berbagai hal tersebut sudah menjadi suatu hal yang biasa dilakukan oleh para Andanya belakangan ini. Namun, tidak banyak yang tahu mengenai tentang bagaimana asal muasal format file PDF tersebut.

cara edit file pdf

Apa sih itu PDF? Menurut penjelasan dari Wikipedia, PDF tak lain merupakan singkatan dari Portable Document Format, yang digagas sebagai salah satu penunjang dalam kegiatan membuat hingga mengedit file dokumen.

PDF tersebut merupakan sebuah istilah yang digunakan pada format file yang dibuat oleh Adobe Systems untuk mempermudah dalam kegiatan pertukaran dokumen secara digital. Secara langsung, format PDF ditujukan untuk membuat representasi file dua dimensi yang berisikan huruf, teks, garis, hingga vektor.

Apa itu guna PDF? Jadi, jika dengan menggunakan file PDF, Anda akan semakin mudah untuk bertukar dokumen antara satu sama lain, karena dengan bentuk PDF file tersebut akan dapat terbaca dengan baik oleh penerima. 

Apakah Anda sering mengalami kesulitan ketika hendak mengedit file dengan format pdf? Format file dalam bentuk ini memang belum cukup familiar bagi sebagian besar orang dengan kesulitan dalam melakukan pengeditan pada file yang ada di dalamnya.

Baca Juga:  2 Cara Edit Foto Anda di HP atau Laptop

Hal ini karena file dengan format PDF pun dinilai sulit untuk diedit bagi Anda. Anda cenderung merasa lebih mudah untuk mengubah file data dalam format MS Word apabila tidak mengetahui cara edit file pdf.

Padahal sebenarnya mengedit file dengan format PDF tidaklah sesulit yang Anda bayangkan sebelumnya. Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk menangani masalah ini. Berikut ini ada berbagai cara untuk melakukan pengeditan file pdf  yang dapat Anda lakukan dengan sangat begitu mudah dan gratis melalui Laptop maupun HP.

Cara Edit File PDF

Setelah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan PDF, maka hal mendasar selanjutnya yang harus diketahui oleh para Andanya adalah bagaimana cara mengedit file PDF. Tidak usah heran, file PDF yang telah digunakan oleh para Anda tersebut pasti pernah terjadi kesalahan ataupun kurang sesuai dengan kebutuhan.

cara edit file pdf

Maka dari itulah, proses penyuntingan pun perlu dilakukan untuk memperbaiki file PDF tersebut. Beberapa proses penyuntingan yang dapat dilakukan pada file PDF tersebut antara lain adalah dengan cara menggabungkan, mengubah ke dalam format lain, dan ataupun membuka file PDF yang terkunci. 

Cara Membuka PDF Terkunci dengan Google Chrome

  1. Buka Google Chrome pada komputer atau laptop Anda.
  2. Buka terlebih dahulu halaman Google Drive melalui Google Chrome yang telah Anda buka sebelumnya. Halaman Google Drive akan segera muncul apabila Anda sudah masuk ke akun Google milik Anda untuk mengakses drive. Tetapi jika belum, akan diminta untuk masuk dengan mengetikkan alamat email dan kata sandi akun terlebih dahulu.
  3. Jika sudah, klik dan seret dokumen PDF ke dalam jendela Google Drive yang telah dibuka. Anda juga dapat melakukannya dengan menekan tombol New > menu File Upload > pilih dokumen PDF yang hendak dibuka > klik OK.
  4. Klik dua kali pada berkas PDF yang telah diunggah. Jika PDF dilindungi oleh kata sandi Anda atau pembuatnya, maka masukkan kata sandi dan klik tombol Submit untuk dapat membuka kontennya.
  5. Setelah dokumen terbuka, tekan Ctrl + P (Windows) atau Command + P (Macbook). Kemudian tampilan jendela print yang tersedia pada layar utama.
  6. Tekan menu Destination yang ada di sisi kiri jendela, lalu pilih Save as PDF.
  7. Jika sudah, klik tombol Save berwarna biru yang ada pojok kiri bawah jendela. Setelah itu, dokumen tersebut secara otomatis akan terunduh pada komputer dan tersimpan pada file download atau lokasi penyimpanan lain yang telah Anda pilih sebelumnya.
  8. Dan berkas PDF pun bisa segera dibuka, disalin, disunting, dan dicetak tanpa proteksi seperti sebelumnya.
Baca Juga:  Cara Cek Kecepatan Internet Di HP dan PC Super Praktis

Kemudian berikut ini merupakan cara edit file pdf yang sebelumnya terjadi kesalahan penulisan dan sebagainya. Namun sudah terlanjur disimpan dalam bentuk file PDF, dan file tersebut terkunci sehingga tidak dapat diubah-ubah lagi. 

Setelah sebelumya berhasil dibuka kunci dari file PDF tersebut. Anda dapat merubah file tersebut dengan berbagai macam cara sebelumnya. Berikut ini cara-cara untuk edit file PDF yang sebelumnya terjadi kesalahan.

cara edit file pdf

Cara Edit File Pdf Di Microsoft Word

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft. 
  • Klik menu File, dan kemudian pilih opsi Open. 
  • Cari dan pilih lah file PDF yang ingin Anda edit, lalu klik Open untuk membuka file tersebut. Apabila file dengan format PDF tersebut tidak ditemukan, maka cobalah ubah keterangan pada format file dari Word Documents menjadi All Files.
  • Setelah file terbuka semua, Anda akan dapat mengedit file tadi secara bebas. 
  • Untuk menyimpan file tersebut, klik pada menu File dan pilih Save atau bisa dengan Save As PDF.

Cara Edit File Pdf Di Google Drive

  • Buka dulu aplikasi Google Drive.
  • Klik pada tombol ‘New’ kemudian pilih pada opsi ‘File Upload’. 
  • Pilih file yang akan disimpan dengan format PDF untuk mengunggah file tersebut ke Google Drive. 
  • Kemudian buka file tersebut dengan memilih opsi Open with Google Docs. 
  • Setelah file selesai untuk diedit, maka klik Save untuk menyimpan dokumen.
  • Anda juga dapat mengunduhnya terlebih dahulu dengan cara memilih opsi File lalu kemudian Download.
Baca Juga:  Cara Update Android 13 di Handphone Vivo. Intip Disini

Edit PDF Secara Online

  • Buka pada laman sejda.com di browser.
  • Di halaman depan situs tersebut Anda pilih menu PDF Editor.
  • Pilih file yang akan Anda edit dengan klik Choose PDF File.
  • Ketika situs selesai memproses file untuk diedit, maka Anda dapat mengubah data di setiap halaman tersebut.
  • Setelah selesai, klik pada Apply Changes di bagian paling bawah layar.
  • Tunggu beberapa saat hingga file siap untuk diunduh ke hp atau laptop. File pun juga bisa dapat disimpan ke layanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

Edit dengan WPS

  • Buka file PDF yang Anda punya lewat aplikasi WPS
  • Klik pada opsi Edit di pojok kanan untuk memperbaiki file yang dibuka
  • Setelah semua langkah tadi selesai, klik selesai
  • Simpan file klik opsi Alat lalu klik Simpan sebagai PDF atau Ekspor to PDF.

Edit di Adobe Acrobat Reader

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat Reader terselebih dahulu.
  • Pilih file yang ingin diedit dengan opsi pada My Computer atau Cloud.
  • Setelah file dapat ditampilkan di aplikasi, klik opsi Edit PDF di bagian kanan atas.
  • Edit bagian data yang ingin Anda diubah.
  • Simpan file dengan klik File di sudut kiri atas layar lalu klik Save As dengan format file PDF.

Demikianlah informasi mengenai cara edit file pdf  yang bisa Anda lakukan dengan begitu sangat mudahnya tanpa perlu merasa kebingungan.

Leave a Comment