Advertising Adalah – Arti, Jenis-jenis dan Manfaatnya

Pada era digital sekarang, dunia periklanan menjadi lebih bervariatif. Advertising adalah komponen vital bagi perkembangan suatu bisnis. Meskipun begitu, advertising masih belum begitu dikenali oleh orang-orang bahkan beberapa orang salah memahami istilah ini.

Kata advertising sering dikaitkan dengan pemasaran. Advertising menjadi strategi pemasaran barang atau jasa dalam suatu bisnis. Iklan tersebut bisa ditayangkan melalui media offline atau media online. Lalu, apa pengertian sebenarnya dari advertising?

Advertising Adalah?

Advertising Adalah

Apa yang dimaksud dengan advertising? Advertising diartikan sebagai usaha atau proses membujuk target pasar untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya membeli produk atau menyewa jasa, dan lain sebagainya. Dalam dunia bisnis, advertising bisa digunakan untuk berbagai tujuan.

Mulai dari mempromosikan produk atau layanan, menuntun calon pelanggan ke bisnis Anda, meningkatkan citra dari sebuah merek, dan membedakan bisnis dari pesaing. Sekilas kegiatan ini sangat mirip dengan marketing. Namun, kedua hal tersebut adalah dua hal yang berbeda.

Marketing merupakan seluruh proses atau strategi yang dikerjakan perusahaan demi meningkatkan kesadaran terhadap suatu merek tertentu dan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk. Sedangkan advertising merupakan proses menciptakan pesan persuasif yang menunjang kegiatan marketing.

Bisa dikatakan advertising adalah salah satu proses yang dilakukan ketika melaksanakan kegiatan marketing. Adapun pembahasan jenis-jenis advertising ada di bawah ini.

Jenis-jenis Advertising

Jenis-jenis Advertising

Dalam sebuah bisnis, iklan dibuat untuk menggaet pelanggan baru dengan cara menetapkan target pasar dan menjangkau mereka melalui kampanye iklan yang efektif. Biasanya perusahaan akan membuat lebih dari satu iklan. Berikut ini beberapa jenis advertising yang umum ditemukan.

1. Iklan Online

Iklan online atau biasa disebut sebagai online advertising adalah jenis iklan yang materinya disampaikan kepada calon konsumen melalui media online. Jenis advertising ini menjadi salah satu metode kampanye iklan yang populer dan efektif.

Iklan online memungkinkan perusahaan menyasar target pasar dengan lebih spesifik. Iklan yang tayang bisa ditentukan melalui jenis kelamin, usia, pendidikan, dan lain sebagainya. Harga dari iklan online juga tergolong lebih murah dibandingkan metode iklan lainnya.

Untuk platform periklanan online yang paling sering digunakan saat ini adalah, Meta Ads, Google Ads, dan TikTok Ads.

2. Iklan Media Cetak

Ketika membaca koran, tidak jarang Anda akan menemukan iklan berbentuk barisan kata pada satu halaman khusus iklan. Jenis ini disebut dengan iklan media cetak. Selain koran, iklan ini bisa diterbitkan melalui brosur, poster, selebaran, dan direktori.

Meskipun kalah populer dengan media online, iklan media cetak masih sering dipakai hingga sekarang. Umumnya, media cetak lokal digunakan untuk mempromosikan berbagai usaha dan bisnis lokal agar bisa menjaring lebih banyak pelanggan.

3. Iklan Televisi

Televisi menjadi salah satu media promosi yang paling populer dalam memasarkan suatu produk atau jasa. Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan jenis advertising untuk menjangkau pasar lebih besar.

Iklan televisi masih menjadi andalan oleh berbagai perusahaan besar karena dianggap efektif dalam meraih pelanggan potensial. Meskipun, tidak sedikit perusahaan yang mulai menggunakan iklan online.

4. Iklan Outdoor

Iklan outdoor adalah iklan yang biasa Anda temukan ketika berada di luar rumah. Salah satu bentuk iklan outdoor yang populer adalah billboard atau baliho yang berada di jalanan. Iklan ini juga masih sering digunakan meskipun harganya relatif lebih mahal.

5. Penempatan Produk

Product replacement atau penempatan produk adalah salah satu cara kreatif dalam advertising. Perusahaan akan melakukan promosi produk atau layanan secara diam-diam melalui media hiburan.

Misalnya seperti film, sinetron, web series dan konten hiburan lainnya. Iklan ini umumnya digabungkan dengan sebuah adegan film sehingga penyampaiannya lebih terselubung. Produk ditampilkan secara fisik namun tidak dijelaskan secara langsung.

Manfaat Advertising Adalah?

Manfaat Advertising Adalah

Setelah mengetahui berbagai fungsi dari advertising, maka bisa ditarik kesimpulan jika advertising memiliki banyak manfaat bagi sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diterima oleh perusahaan ketika melakukan kampanye iklan.

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Salah satu alasan mengapa advertising penting bagi perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan. Dengan citra perusahaan yang meningkat, maka kesadaran pelanggan juga ikut terangkat. Mereka akan tahu atau bahkan mencari tahu tentang produk atau jasa milik Anda.

Calon konsumen akan mengetahui produk atau layanan apa yang ditawarkan oleh perusahaan ketika melihat sebuah iklan. Dengan demikian, iklan adalah sesuatu yang penting bagi pertumbuhan dari bisnis.

Semakin aktif kampanye iklan yang dilakukan, maka semakin besar peluang pelanggan-pelanggan baru akan hadir dan menjangkau produk atau layanan perusahaan.

2. Sebagai Media Promosi

Advertising bisa dijadikan sebagai alat promosi produk atau layanan agar menarik lebih banyak pelanggan. Umumnya di dalam iklan akan mencantumkan kelebihan dari produk yang ditawarkan serta diakhiri ajakan penggunaan produk (call to action).

3. Sebagai Bahan Pertimbangan Konsumen

Pesaing bisnis pasti akan memasang iklan dengan tujuan yang sama. Oleh sebab itu, kampanye iklan harus dilakukan dengan sedemikian rupa dan berkualitas tinggi. Sehingga konsumen bisa mempertimbangkan produk atau layanan.

Misalnya ketika seseorang sedang ingin membeli suatu produk. Sudah pasti, ia akan melihat beberapa macam iklan produk sekaligus. Mulai dari iklan kompetitor sampai iklan milik Anda. Konsumen akan mencari tahu produk mana yang lebih unggul melalui kedua iklan tersebut.

Tips Membuat Advertising Adalah?

Tips Membuat Advertising Adalah

Dalam membuat iklan, Anda harus memiliki strategi agar iklan terlihat lebih menarik. Misalnya menggunakan cerita atau storytelling. Sebuah cerita akan mengundang rasa ingin tahu dari audiens mengenai produk yang sedang ditawarkan.

Penggunaan storytelling terbilang efektif dalam menarik pelanggan. Bahkan cara ini dianggap efektif untuk memahat produk Anda ke dalam ingatan audiens. Usahakan cerita yang dibuat menyentuh hati para audiens.

Pastikan pesan yang dimuat dalam iklan bisa memberikan rasa emosional kepada audiens. Dengan membangkitkan salah satu emosi seperti, bahagia, empati, sedih, atau bahkan marah, maka Anda bisa mempersuasi calon konsumen untuk melakukan tindakan yang diharapkan.

Cerita sudah dibuat, emosi audiens sudah tersentuh, maka selanjutnya adalah pesan yang disampaikan. Jangan sampai iklan yang dibuat tidak menyampaikan pesan yang diharapkan dari perusahaan. Tekankan pesan pada iklan tentang keunggulan produk, bukan hal di luar itu.

Jika ada hal unik selain keunggulan produk yang ingin disampaikan, gunakan hal tersebut sebagai pemanis saja. Terakhir, penempatan iklan. Iklan yang dibuat harus ditempatkan pada platform yang tepat. Caranya adalah dengan mempelajari terlebih dahulu berbagai platform iklan populer saat ini.

Advertising memiliki peran yang penting bagi perusahaan dalam perkembangan bisnis. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan dalam mengkampanyekan produk milik Anda. Ada platform online, media cetak, sampai televisi.

Analisa setiap platform advertising yang tersedia dan pertimbangkan mana platform yang terbaik untuk perusahaan. Jangan malu untuk memakai teknik Amati, Tiru, Modifikasi dalam membuat iklan. Kunci sukses advertising adalah kreativitas dan kemampuan membujuk konsumen untuk bertindak.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment