Cara Mengganti Nama Akun TikTok Terbaru

Cara Mengganti Nama Di TikTok – Sepertinya anda harus mulai dibiasakan mendengar dan melihat trend video TikTok yang makin merajai segala media sosial. Hampir setiap hari TikTok memunculkan konten-konten yang viral dan menjadi berbincangan di masyarakat Indonesia.

Tetapi banyak pengguna yang mendownload video TikTok dan mengupload ulang pada beberapa media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, bahkan YouTube. Entah itu untuk story, status, atau video kompilasi dan ini menambah pengguna TikTok semakin hari semakin bertambah.

Bukan tanpa alasan, trendingnya video TikTok itu juga dapat memancing perhatian banyak orang. Sehingga kreator akan lebih mudah mendapatkan engagement serta keuntungan lainnya yakni makin banyak dikenal.

Mengganti Nama Akun Tiktok

cara mengganti nama di tiktok
sumber freepik

Mungkin beberapa alasan orang menggunakan TikTok karena aplikasi ini memiliki fitur yang dapat membantu content creator membuat konten lebih cepat. Para content creator dapat membuat VT (video TikTok) secara langsung dengan menggabungkan musik dan filter secara bersamaan.

Selain itu, TikTok juga memiliki pengguna yang sangat banyak saat ini (terlebih lagi di Indonesia). Jadi kesempatan para content creator untuk mendapatkan engagement lebih besar.

Pada saat anda pertama kali melakukan registrasi di TikTok, pastinya diminta untuk membuat nama akun unik yang nantinya menjadi identitas di jejaring sosial tersebut. Semakin unik dan pendek nama akun yang dibuat, tentunya akan lebih mempermudah pengguna TikTok lainnya mengenali akun dan unggahan video dari anda.

Namun dalam waktu tertentu, adakalanya anda bosan dengan nama akun TikTok yang telah dibuat pertama kali atau sudah tidak mau menggunakannya lagi sehingga ingin menggantinya agar lebih segar.

Selain itu, terkadang alasan proses branding menjadi yang lebih matang dan profesional membuat anda ingin mengganti nama akun TikTok yang dahulunya hanya terkesan main-main. Untungnya anda dapat langsung mengganti nama akun TikTok dengan mudah tanpa perlu kerepotan.

Dengan target pasar yang lebih banyak, banyak content creator yang berlomba-lomba dan berjuang agar VT mereka masuk ke FYP. Terhitung sebagai media sosial yang baru, banyak para pengguna yang masih belum tahu mengenai teknis dari aplikasi ini, salah satunya langkah untuk mengganti nama akun / ID TikTok.

Cara Mudah untuk Mengganti Nama / ID Akun TikTok

Sebelum itu di TikTok itu ada dua jenis nama yaitu username dan name , bagi anda yang ingin mengganti nama akun TikTok, silahkan simak penjelasan dibawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi TikTok.
  • Masuk ke menu “Saya” dibagian kanan bawah :
  • Selanjutnya tekan tombol “Edit Profil“.
  • Disana terdapat dua bagian nama yang pertama adalah kolom penggantian “Nama” dan yang kedua “Nama Pengguna“.

cara mengganti nama tiktok

  • Silahkan pilih salah satu kolom dan ganti namanya sesuai keinginan anda.

cara mengganti nama tiktok

  • Jika sudah dimasukkan nama baru, tekan “Simpan” di bagian kanan atas.

Ada baiknya username atau nama akun yang anda gunakan pada TikTok memiliki keunikan sehingga tidak terlalu mirip dengan akun lain. Terkadang nama akun yang hampir mirip akan menjadi masalah di kemudian hari karena pengguna lain akan mudah keliru.

Sementara itu, TikTok sudah sangat populer berkat banyaknya fitur efek yang ditawarkan pada aplikasinya sehingga memungkinkan anda dapat menghasilkan video pendek 15 detik atau 60 detik yang menarik. TikTok juga menawarkan timeline sederhana yang mana anda hanya perlu menggulir halaman untuk melihat video pendek dari pengguna lainnya.

Aturan Ganti Nama / ID Akun TikTok

Yang perlu diingat, aplikasi TikTok memang memperbolehkan setiap pengguna untuk melakukan pergantian Nama / ID TikTok.

Tetapi, pihak TikTok melakukan pembatasan kesempatan pergantian tersebut. Pihak TikTok memberikan jangka waktu 30 hari setelah anda melakukan pergantian.

Jadi apabila ingin melakukan pergantian lagi, anda harus menunggu 30 hari kedepan baru bisa mengganti Nama / ID akun anda yang baru.

Apa Yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Mengubah Nama Pengguna Di TikTok? 

Mengubah nama pengguna Anda di TikTok sangatlah mudah, namun, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum Anda memulai.

  • Setelah Anda mengubah nama pengguna saat ini, batas waktu 30 hari akan berlaku. Artinya, Anda tidak akan bisa mengubah nama pengguna lagi selama 30 hari ke depan. Ini mungkin tampak membuat frustrasi, tetapi ini akan membantu Anda mempertimbangkan dengan cermat perubahannya, dan memastikan tidak ada kesalahan ketik!
  • Anda akan membutuhkan nama pengguna yang unik. Ya, kami tahu itu menyebalkan ketika Anda mendapatkan barisan teks yang menakutkan yang memberi tahu Anda bahwa nama pengguna ideal Anda sudah digunakan, tetapi anggap saja ini sebagai kesempatan untuk menjadi sangat kreatif dan pikirkan beberapa nama pengguna alternatif, untuk berjaga-jaga!
  • Nama pengguna TikTok Anda akan ditampilkan di setiap video yang Anda buat sehingga perlu menjadi sesuatu yang selaras dengan konten Anda dan semoga menjadi sesuatu yang akan Anda gunakan dalam jangka panjang.
  • Anda mungkin perlu bersikap strategis tentang perubahan nama Anda jika Anda adalah bisnis yang melakukan rebranding atau jika Anda memiliki banyak pengikut. Meskipun Anda akan mempertahankan pengikut Anda, beritahukan kepada mereka tentang perubahan yang akan datang, buatlah perubahan itu menyenangkan dan ciptakan kehebohan di sekitar nama baru tersebut. Bahkan, mengapa tidak melibatkan pengikut Anda dan menjalankan jajak pendapat yang memungkinkan mereka untuk memilih dari tiga opsi nama pengguna teratas Anda?

Kesimpulan

Mengganti nama di akun TikTok adalah langkah yang sederhana namun penting untuk mengembangkan identitas dan merefleksikan diri secara online. Dalam menjalankan platform ini, keputusan untuk mengubah nama pengguna bisa disesuaikan dengan perkembangan pribadi atau strategi konten.

Mengganti nama pengguna dapat memberikan keuntungan. Pertama, dengan nama yang lebih relevan atau menarik, kita dapat menarik perhatian lebih banyak pengguna dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pengikut baru. Nama yang mudah diingat dan menonjol dapat membantu membangun merek personal yang kuat di TikTok.

Selain itu, mengubah nama pengguna bisa memberikan kesempatan untuk menghadirkan perubahan dalam diri kita sendiri. Nama baru bisa mencerminkan perubahan identitas, minat, atau fase hidup yang sedang kita alami. Ini memungkinkan kita untuk menggambarkan kepribadian dan jangkauan konten yang lebih akurat kepada pengikut.

Namun, perlu diingat bahwa perubahan nama pengguna juga dapat berdampak negatif. Pengikut lama mungkin kesulitan untuk mengenali akun kita, dan perubahan terlalu sering bisa menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, keputusan ini harus dipertimbangkan dengan matang.

Mengganti nama di akun TikTok dapat memberikan manfaat besar dalam memperluas jangkauan dan merefleksikan perubahan identitas. Nama yang menarik dan relevan dapat meningkatkan daya tarik akun dan membantu membangun merek personal. Namun, perubahan ini harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat potensi konsekuensi negatif yang mungkin timbul.

Demikian merupakan ulasan mengenai Cara Mengganti Nama Di Tiktok. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Selamat mecoba !
Bagikan Postingan: