Gambar Peta Malaysia (Barat & Timur) dan Info Geografisnya

Malaysia terletak di benua Asia atau lebih tepatnya di Asia Tenggara. Ketinggian rata-rata negara ini adalah 419 m di atas permukaan laut dengan luas yang sebesar 329,847.00 km2. Informasi-informasi seperti ini dapat Anda lihat pada peta Malaysia yang paling terbaru.

Wilayah Malaysia dibagi menjadi daratan yang seluas 328,657.00 km2 dan sisanya (0,36%) terdiri atas wilayah perairan. Dengan luas wilayah yang dimilikinya, membuat Malaysia dinobatkan sebagai salah satu negara terbesar di dunia, untuk lebih tepatnya negara ini menduduki peringkat ke-66.

Sementara itu, ada beberapa orang yang ingin lebih mengenal negara ini secara lebih luas lagi. Maka dari itu, tidak mengherankan jika peta negara Malaysia semakin sering dicari oleh sebagian orang. Pada kesempatan kita kali ini, kami akan membagikan gambar peta Malaysia yang paling terbaru.

Peta Malaysia Berwarna beserta PenjelasannyaPeta Malaysia Berwarna beserta Penjelasannya

Dengan melihat peta yang ada di atas, Anda jadi bisa lebih mudah untuk melihat kawasan Malaysia yang terbagi menjadi 2 bagian. Jika bagian pertama negara ini akan terletak di bagian utara Pulau Sumatera, untuk bagian lainnya akan terletak pada bagian utara pulau Kalimantan.

Selain itu, ada juga batas wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang harus Anda ketahui secara jelas. Untuk mengetahui tentang hal tersebut, berikut kami sampaikan penjelasan lengkap mengenai batas wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur:

1. Malaysia Barat

Mengawali pembahasan terkait hal ini, kami akan membahas tentang batas wilayah Malaysia Barat terlebih dahulu, yaitu:

  • Bagian barat-selatan: Berbatasan dengan Selat Malaka
  • Bagian barat daya: Berbatasan dengan negara Thailand
  • Bagian timur: Berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Bagian Tenggara: Berbatasan dengan negara Singapura
Baca Juga:  Contoh Laporan Percobaan di Laboratorium Kimia, Boraks, dll

2. Malaysia Timur

Batas wilayah Malaysia Timur akan sangat berbeda dengan batas wilayah Malaysia Barat atau yang sebelumnya. Untuk itu, simak dengan baik batas wilayah Malaysia Timur berikut ini:

  • Bagian timur-utara: Berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Indonesia
  • Bagian barat-utara: Berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Laut Sulu, dan negara Brunei Darussalam

 

Letak Negara Malaysia secara Astronomis dan Geografis

Letak Negara Malaysia secara Astronomis dan Geografis

Setelah mengetahui bagaimana contoh peta Malaysia, sekarang Anda perlu mengetahui tentang letak astronomis serta geografis dari negara Malaysia. Dengan mengetahui letak astronomis serta geografis dari negara ini, Anda juga jadi bisa lebih memahami lokasi negara Indonesia di dalam peta dunia.

Jika melihat pada peta Malaysia, maka negara ini akan terletak di bagian utara negara Indonesia. Lalu, bagaimana letak astronomis dan geografis sebenarnya dari negara Malaysia? Berikut penjelasannya:

1. Letak Astronomis

Letak astronomis negara Malaysia adalah di garis 1°LU-7°LU dan 100°BT-119°BT. Hal ini dapat membuktikan bahwa seluruh bagian kawasan Malaysia akan terletak pada bagian lintang utara. Jadi, akan menjadi hal yang wajar jika Malaysia juga termasuk salah satu negara beriklim tropis.

Sebab, negara-negara yang terletak di lokasi tidak jauh dari jalur lintas garis khatulistiwa cenderung memiliki iklim tropis.

2. Letak Geografis

Letak geografis negara Malaysia akan berbeda dengan letak astronomisnya. Malaysia akan terletak di perbatasan antara beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Tidak hanya itu, Malaysia juga berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Selain berbatasan dengan beberapa negara Asia Tenggara dan Laut Cina Selatan, Malaysia juga berbatasan dengan Laut Sulu serta Laut Sulawesi. Hal ini kembali membuktikan bahwa kawasan Malaysia akan terbagi menjadi 2 bagian seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Baca Juga:  12 Nama Zodiak Beserta Urutan dan Karakternya

7 Kota di Malaysia yang Terkenal dan Menakjubkan

Kota-kota yang akan kami sebutkan di sini dapat dilihat langsung pada peta Malaysia. Beberapa kota di Malaysia akan memiliki karakteristik dan daya tariknya masing-masing, sehingga Anda bisa mencoba untuk mengunjunginya secara satu per satu.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah ketujuh kota di Malaysia yang tidak pernah sepi pengunjung:

1. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur

Siapa yang tidak mengenal kota Kuala Lumpur? Jika membahas tentang negara Malaysia, maka kita pasti akan sering mendengar nama kota yang satu ini. Sebab, Kuala Lumpur merupakan ibu kota Malaysia yang telah berkembang dengan sangat baik.

Ada banyak turis yang merasa kagum dengan perkembangan pesat yang telah diraih kota ini. Selain itu, salah satu alasan mengapa kota ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan adalah karena lokasinya yang cukup berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

2. Alor Setar

Alor Setar

Beralih ke wilayah Kedah, Alor Setar juga menjadi salah satu wilayah perkotaan di Malaysia yang sering dikunjungi banyak turis. Meski luasnya tidak sebesar kota Kuala Lumpur, tapi wilayah ini dikatakan memiliki peran dan kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan negara Malaysia.

3. Johor Bahru

Johor Bahru

Ada beberapa orang yang lebih merasa familier dengan nama kota Tanjung Puteri. Pada dasarnya, Johor Bahru dan Tanjung Puteri merupakan satu wilayah perkotaan yang sama. Berada di bawah Kuala Lumpur, Johor Bahru adalah kota kedua terbesar yang ada di Malaysia.

Dengan luas wilayahnya yang cukup besar, membuat kota ini dipenuhi dengan beberapa destinasi wisata yang sangat menarik. Jadi, Anda bisa menjadikan Johor Bahru sebagai salah satu kota di Malaysia yang wajib dikunjungi.

Baca Juga:  Not Angka: Pengertian dan Bedanya dengan Not Balok

4. Shah Alam

Shah Alam

Jika dulu wilayah ini lebih sering dikenal dengan nama Batu Tiga, tapi sekarang ada beberapa orang yang lebih mengenalnya dengan nama kota Shah Alam. Cukup berbeda dengan ketiga kota yang sebelumnya, Shah Alam lebih dikenal sebagai kota perkebunan sawit yang sangat luas.

Ada begitu banyak industri yang berkembang di kota ini, sehingga hal ini membuatnya semakin dikenal oleh publik.

5. Kuala Terengganu

Kuala Terengganu

Beberapa tahun yang lalu, Kuala Terengganu merupakan desa nelayan kecil yang perlahan berkembang menjadi kota yang penuh dengan gedung-gedung tinggi. Ya, berkat penemuan lahan minyak di wilayah ini, desa tersebut bisa berkembang menjadi kota yang maju.

Sejumlah wilayah yang ada di kota ini digunakan sebagai pangkalan untuk menjelajahi hutan dan pulau yang ada di sekitarnya. Jadi, tidak mengherankan jika kota ini selalu dipenuhi para wisatawan.

6. Melaka

Melaka

Melaka adalah salah satu kota di Malaysia yang sangat bersejarah. Bagaimana tidak? Belanda, Portugis, dan Inggris pernah memerintah di kota ini pada satu titik. Jadi, Anda bisa menemukan banyak arsitektur kolonial bersejarah ketika berkunjung ke kota Melaka.

7. Kota Kinabalu

Kota Kinabalu

Jika membahas tentang kota di Malaysia yang memiliki pemandangan paling indah, maka kita tidak boleh melewatkan Kota Kinabalu. Sebab, di sini Anda bisa menikmati pemandangan tepi laut yang sangat indah serta matahari terbenam yang luar biasa menakjubkan.

Selain itu, Gunung Kinabalu juga bisa menjadi destinasi wisata terbaik bagi beberapa orang yang ingin mendaki gunung dengan jalur yang mudah.

Ada banyak wisatawan asing yang membutuhkan peta Malaysia lengkap ketika hendak berkunjung ke negara ini. Untuk itu, warga Indonesia yang berencana berlibur ke negara tetangga ini harus memahami contoh peta yang ada di atas.

Leave a Comment