10 Daftar Pemandangan Gunung Indonesia, Indah & Eksotis!

Indonesia memang menyimpan sejuta daya tarik yang sangat luar biasa, bukan hanya bisa dilihat dari gugusan kepulauan dan hamparan pantainya saja. Pemandangan gunung seolah juga menjadi pesona yang sangat mengagumkan. Memangnya apa saja keindahan dari sebuah gunung?

Saat Anda melihat gunung-gunung dengan jarak agak dekat, maka akan menyaksikan pemandangan alam berupa kondisi matahari terbit dan terbenam. Mulai dari padang rumput hijau, tebing curam, dan pemandangan puncak gunung juga bisa menghadirkan suasana yang menenangkan bagi pikiran.

Pemandangan air terjun dan gunung bisa menjadi obat bagi tiap orang untuk menghilangkan stress. Indonesia telah diakui memiliki 44 gunung dengan pesona pemandangan yang khas dan indah. Mau tahu berbagai pesona gunung yang ada di Indonesia? Simak selengkapnya berikut ini.

10 Daftar Pemandangan Gunung yang Ada di Indonesia

Beberapa gunung yang ada di Indonesia memang terbukti memiliki pesona alam yang sangat luar biasa misalnya Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan masih banyak lagi. Setiap gunung memiliki pemandangan yang khas serta medan yang berbeda-beda sesuai penjelasan berikut ini.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi Gunung Bromo sebelumnya? Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang laris dikunjungi para wisatawan lokal dan luar negeri. Gunung Bromo umumnya terletak diantara kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, dan Malang.

Ketinggian Gunung Bromo mencapai 2.329 mdpl dan tergolong dalam daftar gunung yang masih aktif di Indonesia. Pesona Gunung Bromo memang patut diacungi jempol karena pengunjung bisa melihat langsung sunrise dan sunset yang sangat indah saat berada di lokasi tersebut.

Baca Juga:  Rima Adalah: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya

Spot yang paling banyak disukai oleh para wisatawan yang datang ke Gunung Bromo yaitu gumul pasir. Disana mereka bisa menjelajahi lautan pasir dengan pemandangan sangat indah sambil menaiki jeep, berkuda, atau berjalan kaki untuk mendapatkan foto yang Instagrammable.

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Pesona Gunung Semeru tidak kalah cantiknya dengan Gunung Bromo dan Ijen. Semeru terkenal sebagai gunung tertinggi yang lokasinya ada di Pulau Jawa. Selain terkenal akan ketinggiannya, Semeru juga menyimpan pemandangan matahari terbit yang terbukti sangat menawan.

Daripada bermimpi melihat pemandangan gunung, tidak ada salahnya coba mendaki Gunung Semeru saat waktu luang. Para pendaki akan melihat indahnya matahari terbit dari puncak dan danau Ranukumbolo yang terkenal memiliki air dingin serta menyegarkan.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak wisatawan yang sudah pernah mengunjungi Gunung Rinjani terpersona dengan pemandangan pantainya yang sangat keren. Belum lagi ada Danau Segara Anak yang memiliki air jernih berada di tengah-tengah.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan tergolong sebagai wisata trekking terbaik yang ada di Asia Tenggara. Bagi Anda yang berencana untuk mendaki Gunung Rinjani, disarankan untuk membawa perbekalan memadai karena medan yang harus dilalui cukup berat.

4. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih asing dengan nama Gunung Kelimutu. Gunung ini berlokasi di Flores, Nusa Tenggara Timur. Ketika Anda berhasil mendaki sampai puncak, maka akan menemukan Danau Kelimutu yang memiliki 3 warna berbeda-berbeda. Unik bukan?

Para wisatawan tidak perlu susah-susah trekking untuk sampai ke puncak Gunung Kelimutu. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena tidak perlu merasakan medan berat saat mendaki, cukup menaiki fasilitas anak tangga yang tersedia.

 5. Gunung Ijen

Gunung Ijen

Pemandangan gunung Ijen yang sangat eksotis dan luar biasa tentu saja membuat wisatawan akan merasa terkagum-kagum. Gunung tersebut berlokasi di area Banyuwangi, Situbondo, dan juga Bondowoso sehingga posisinya memang paling ujung timur. Berapa ketinggiannya?

Baca Juga:  4 Pidato Singkat Islami Tentang Bersyukur, Amarah, Ikhlas, dll

Gunung Ijen memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl dan memang berdampingan langsung dengan Gunung Merapi yang lokasinya di Jawa Tengah.  Daya tarik Gunung Ijen terletak di bagian kawanya yang terkenal memiliki api biru atau dinamakan dengan istilah “Blue Fire”.

Jika Anda tertarik untuk melihat keindahan Blue Fire Gunung Ijen, maka saksikan fenomena itu saat tengah malam pukul 02.00 sampai 04.00 dini hari. Di tempat itu juga banyak masyarakat yang berprofesi mengambil kawah ijen yang katanya memiliki kandungan kadar asam tinggi.

6. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia, bahkan tahun 1883 lalu pernah mengalami letusan yang sangat dahsyat. Meskipun begitu, Gunung Krakatau bisa menawarkan daya tarik bagi para wisatawan yang tertantang untuk menaikinya sampai puncak.

Ketika berada di Puncak Gunung Krakatau, Anda bisa melihat langsung keindahan Pulau Sebesi dengan mata telanjang. Pulau Sebesi menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang mengagumkan, selain itu ada juga hamparan pasir berkerikil, air bersih, dan bebatuan karang.

7. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Gunung yang berlokasi di Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 3.142 mdpl dan tergolong tidak aktif. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mendaki gunung sampai ke puncak untuk mendapatkan spot pemandangan yang sangat luar biasa.

Pemandangan gunung Merbabu terletak pada bagian 5 kawahnya yang sangat indah terdiri atas kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab, dan Sambernyowo. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sabana indah, hamparan bunga edelweiss, dan mata air yang segar.

8. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Gunung Lawu memiliki ketinggian sekitar 3.265 mdpl dan lokasinya di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung tersebut termasuk dalam kawasan tropis yang menyimpan banyak mata air sehingga bisa mencukupi segala kebutuhan air masyarakat Karanganyar Jawa Tengah.

Baca Juga:  Contoh Yel Yel Pendek Semangat untuk Lomba, Dijamin Keren!

Gunung Lawu memiliki beberapa puncak diantaranya Hargo Dumiling, Hargo Dumilah, dan Hargo Dalem. Saat melakukan pendakian, Anda akan disuguhkan hamparan sabana hijau, udara segar, dan kebun stroberi yang cukup luas berada tidak jauh dari lokasi gunung tersebut.

Para wisatawan umumnya akan melewati jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang yang agak berliuk-liuk namun pemandangannya luar biasa. Tidak jauh dari lokasi, wisatawan juga bisa melihat Telaga Sarangan yang terkenal eksotis sebagai wisata favorit daerah Tawangmangu.

9. Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl dan terletak pada tanah tertinggi kawasan Dataran Tinggi Dieng. Namun ketika melihat pemandangan dari atas Gunung Prau, maka Anda akan merasakan sensasi seolah dekat sekali dengan permukaan yang ada di bawahnya.

Para wisatawan bisa melihat keindahan sunrise dan hamparan Gunung Sindoro serta Gunung Sambing yang eksotik. Saat sampai di puncak, biasanya pendaki akan tertarik untuk habiskan waktu mengabadikan foto cantik ditemani pemandangan yang sangat indah tersebut.

10. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi berlokasi di Sleman Yogyakarta dan memiliki ketinggian sekitar 2.930 mdpl. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk mendaki, maka sebaiknya pertimbangkan kondisi dengan tepat. Hal ini dikarenakan perkiraan kondisi Merapi yang tidak tentu dan bisa menimbulkan bahaya.

Selama pendakian, Anda akan disuguhkan bentang alam hijau yang sangat luar biasa. Apalagi kalau sudah sampai di puncak Garuda, maka bisa menyaksikan langsung deretan gunung Sumbing, Dieng, Slamet, Sindoro, dan Merbabu yang berjejer indah.

Pemandangan gunung yang ada di Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Masih banyak gunung-gunung di Indonesia yang menyimpan sejuta pesona dan keindahan yang tak terlupakan. Namun untuk sampai ke puncak gunung, tentunya pendaki membutuhkan tenaga dan bekal yang memadai.

Leave a Comment