Pengertian Opportunity Cost Adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah opportunity cost adalah? Jika belum maka tidak ada salahnya untuk menyimak mengenai istilah tersebut. Opportunity cost ini sendiri merupakan perbandingan satu pilihan ekonomi dengan pilihan berikutnya.

Adanya perbandingan tersebut umumnya sering terjadi pada bidang keuangan serta ekonomi saat ingin memutuskan pilihan investasi. Di bawah ini manfaat Anda mengetahui opportunity cost.

Manfaat Mengetahui Opportunity Cost Adalah 

Perlu Anda ketahui bahwa sangat penting untuk melakukan perhitungan mengenai opportunity cost sebelum mengambil sebuah keputusan.

Pengertian Opportunity Cost Adalah

Menghitung opportunity cost tersebut bahkan tak hanya berkaitan dalam dunia bisnis saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini beberapa manfaatnya saat Anda mengetahui opportunity cost tersebut:

1. Memudahkan dalam menentukan prioritas

Saat memiliki sebuah pilihan tentu akan ada keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan. Dengan melakukan perhitungan opportunity cost sejak awal maka Anda dapat dengan mudah menentukan prioritas. Anda bisa memilih prioritas yang paling menguntungkan sesuai dengan keperluan dan kondisi masing-masing.

2. Meminimalisir risiko

Manfaat lainnya adalah dapat membantu Anda dalam menentukan keputusan yang lebih minim akan risiko. Dalam hal ini Anda bisa melakukan perbandingan antara dua atau lebih dari pilihan yang disediakan.

3. Dapat membantu perhitungan modal

Saat Anda memahami tentang opportunity cost adalah maka tentu saja akan terbantu dalam menghitung modal. Hal tersebut tentu sangat penting untuk diperhatikan terutama dalam kegiatan bisnis.

Dalam mengembangkan sebuah bisnis sendiri memerlukan modal yang tidak sedikit. Untuk itu dengan menghitung opportunity cost tersebut modal yang diperlukan dapat diprediksi dengan mudah.

4. Menghemat pengeluaran

Saat Anda memiliki sebuah usaha, opportunity cost dapat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran usaha. Hal ini berarti, tempat usaha Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk berbagai hal yang tidak diperlukan. Pasalnya ia akan fokus pada hal-hal pokok saja sehingga pengeluaran dapat lebih hemat.

Itulah beberapa manfaat saat seseorang mengetahui dan menggunakan apa itu opportunity cost. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai opportunity cost ini sendiri Anda perlu mengetahui juga contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Ketahui berbagai contoh tersebut di bawah ini.

Contoh Opportunity Cost yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Opportunity Cost Adalah

Ada banyak contoh dari opportunity cost yang bahkan sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh tersebut seperti:

1. Biaya perang

Contohnya saja saat pemerintah membelanjakan uangnya untuk perang. Yang mana nominal perbelanjaan tersebut tidak dapat dibuat untuk yang lainnya. Baik itu dalam hal perawatan kesehatan, pemotongan pajak, pendidikan, dan lain sebagainya.

2. Potongan pajak

Saat pemerintah memberikan penawaran tentang pemotongan pajak pendapatan, maka opportunity costnya adalah pendapatan pemerintah tersebut tidak bisa dipakai untuk membiayai berbagai aspek lain pengeluaran pemerintah.

3. Pengeluaran untuk jalan baru

Saat pemerintah memutuskan untuk membangun jalan baru, maka uang yang sudah ditentukan tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk pengeluaran yang lainnya. 

4. Waktu

Saat Anda memiliki waktu luang selama 12 jam di sepanjang hari, Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk bersantai maupun bekerja. Sementara itu, untuk opportunity cost sendiri adalah Anda tidak dapat melakukan hal yang lainnya sepanjang jam tersebut. Baik itu untuk belajar, bermain, dan yang sebagainya.

5. Bekerja

Saat Anda memasuki angkatan kerja di usia 16 tahun tanpa adanya kualifikasi, maka dapat memperoleh uang hasil pekerjaan yang sudah dilakukan. Akan tetapi, opportunity costnya yakni Anda dapat kehilangan potensi memperoleh kualifikasi yang jauh lebih baik dalam jangka panjang.

Itulah yang bisa Anda ketahui tentang opportunity cost. Dengan adanya opportunity cost tersebut maka Anda akan jauh lebih merasakan manfaatnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.