13 Situs Download Lagu MP3 Full Terupdate, Lengkap & Gratis!

Saat ini, platform mendengar musik online sudah tersedia dalam jumlah yang beragam. Namun, ternyata masih ada orang yang memilih untuk download lagu mp3 full. File musik nantinya didengar melalui aplikasi pemutar lagu di smartphone atau laptop.

Mengunduh file lagu berarti tidak membeli kaset fisiknya secara langsung. Mengunduh lagu bisa dari berbagai situs yang menyediakan file dengan bebas dan gratis. Beberapa situs rekomendasi tersebut dapat disimak sebagai berikut.

Alasan Download Lagu Mp3 Full

Alasan Download Lagu Mp3 Full

Sebelum melihat situs-situs apa saja yang direkomendasikan, mungkin sebagian kalangan masih belum tahu mengapa sebagian lagi tetap memilih untuk mendengarkan lagu secara offline. Dua alasan utama yang melatarbelakangi pilihan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Hemat Kuota

Dengan menggunakan wifi, tentu mendengarkan lagu secara daring tidak akan masalah bila berbicara soal kuota. Namun, bagaimana dengan mereka yang membeli kuota internet rutin dengan kartu provider?

Tentu streaming lagu dengan aplikasi seperti JOOX atau Spotify dirasa akan boros kuota. Cara menghematnya adalah dengan mengunduh lagu dan mendengarkan offline. Seperti yang diketahui, aplikasi pemutar musik tidak memerlukan kuota internet untuk menjalankannya.

2. Keperluan Editing

Editing pada bagian memasukkan musik latar belakang adalah salah satu komponen penting untuk menghidupkan suatu konten video. Bila mendengarkan musik dari platform streaming, tentu tidak dapat memasukkan musiknya ke dalam file video yang sedang diedit.

Solusi satu-satunya untuk permasalahan ini adalah dengan mengunduh lagu tersebut. Tentu saja pengunduhan tidak dilakukan melalui platform streaming, tetapi lewat situs-situs mengunduh lagu yang tersedia secara bebas dan gratis.

Situs Download Lagu Mp3 Full Gratis

Sampailah pada bahasan tentang rekomendasi situs untuk men-download file berupa lagu atau musik. Di bawah ini adalah situs-situs yang sering direkomendasikan oleh banyak orang, dan tentu memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Baca Juga:  Monitor 24 inch murah terbaik harga 1 Jutaan

1. 4Shared

4Shared

Situs pertama dan masih bertahan popularitasnya sampai sekarang adalah 4Shared. Situs ini memungkinkan penggunanya untuk mengunduh file dalam format MP3 atau MP4. Saat ini, 4shared juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi.

Aplikasi 4Shared bisa diunduh pula dari Play Store. Tapi, apabila merasa kerepotan dengan aplikasi ekstensi seperti ini, situs 4Shared juga masih bisa beroperasi. Caranya adalah hanya dengan meng-copy paste link, lalu pilih format sebelum mengklik tombol Unduh.

2. MP3 Juices

MP3 Juices

Situs ini juga merupakan rekomendasi terbaik dan penggunaannya pun mudah. Dengan tampilan sederhana, alternatif ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh file musik dalam format MP3 dan MP4 (dari format video yang berasal dari Youtube).

Jadi, pengguna tidak perlu memasang aplikasi ekstensi pada smartphone. Hanya dengan membuka situs MP3 Juices, link yang sudah disiapkan ditempelkan pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik Download dan tunggu sampai unduhan selesai.

3. ReverbNation

ReverbNation

Rekomendasi situs download lagu mp3 full berikutnya adalah ReverbNation. Banyak yang merekomendasikan situs ini karena di dalamnya tersedia koleksi lagu yang sangat lengkap, pun ada dalam macam-macam genre.

Saat ini, ReverbNation menjadi situs yang paling populer sepanjang tahun. Cara mengunduh lagunya juga mudah, yaitu dengan mengetikkan judul dan artis yang mempopulerkan pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik Download, kemudian tunggu hingga prosesnya tuntas.

4. Free Music Archive

Free Music Archive

Seperti nama situsnya, Free Music Archive menjadi situs dengan kumpulan lagu yang sangat lengkap. Pengguna dapat mengunduh file dengan format yang mereka inginkan. Ribuan koleksi dengan genre bervarias dan artis populer ada di dalam situs ini.

Cara mengunduhnya pun tidak terlalu rumit. Sama seperti situs download lagu mp3 mp4 sebelumnya, pengunduhan tidak mewajibkan pengguna untuk memasang aplikasi ekstensi pada perangkatnya.

Mirip dengan ReverbNation, sebelum mengunduh, cari dahulu file yang dimaksud dengan mengetikkan judul dan nama artisnya pada kolom yang tersedia.

5. Jamendo

Jamendo

Situs berikutnya juga masuk ke dalam daftar situs yang direkomendasikan dengan berbagai koleksi yang lengkap. Situs ini terkenal sejak awal 2000-an, karena di dalamnya menyediakan lagu lawas, dari berbagai artis, dan lagu-lagu baru yang sedang populer.

Baca Juga:  Monitor gaming 4k terbaik yang bagus dan awet 2023

Penggunaan situs download lagu mp3 full gratis tidak mengharuskan penggunanya mengeluarkan uang atau memilih opsi berlangganan. Selain tidak mewajibkan pemasangan aplikasi, mengunduh lagu dari situs ini juga mudah, sebagaimana situs-situs sebelumnya.

6. FLVTO.biz

FLVTO.biz

Berikutnya adalah situs rekomendasi download lagu mp3 full bernama FLVTO.biz. Lagu-lagu favorit dapat diunduh dari sini dalam format MP3. Sama seperti rekomendasi di atas, koleksi lagu di situs ini sangat lengkap dan rutin diperbaharui.

Penggunaannya juga cukup mudah, gratis, tidak memerlukan aplikasi dan tidak perlu berlangganan. Caranya adalah dengan menemukan file yang diinginkan melalui kolom pencarian, kemudian pilih dan klik Download untuk mengunduhnya.

7. MetroLagu

MetroLagu

MetroLagu adalah rekomendasi yang sampai sekarang pun masih populer. Situs ini sudah dikenal sejak beberapa tahun yang lalu, sebab koleksi lagunya cukup lengkap. Tidak cuma banyak genre, tetapi juga keluaran musik dari berbagai negara tersedia di situs ini.

Situs ini cocok menjadi alternatif apabila hendak mengunduh dan mendengarkan lagu secara offline. Cara download lagu mp3 yang praktis dan gratis memungkinkan banyak kalangan dapat mengunduh file tanpa harus merasa kesulitan.

8. GudangLagu

GudangLagu

Berikutnya adalah situs download lagu mp3 full yang juga sudah populer sejak lama. Seperti nama situsnya, situs ini memang menjadi gudang lagu-lagu populer dan lawas dengan berbagai genre. Penggunaannya gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya berlangganan.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu meng-install aplikasi apapun pada perangkatnya. Pengunduhan lagu bisa dilakukan langsung melalui situs. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencari file melalui kolom pencarian, lalu mengunduh file secara langsung.

9. Savefrom.net

Savefrom.net

Situs ini sebenarnya lebih dikenal sebagai situs untuk mengunduh video dari berbagai platform pemutar video, seperti Youtube, Dailymotion, bahkan Facebook. Namun, dengan opsi layanan yang ada, pengguna juga sudah bisa mengunduh file dengan format MP3 dari situs ini.

Penggunaannya cukup mudah dan sangat praktis, tidak membuat para pemula kebingungan. Tinggal salin dan tempel saja link musik yang ingin diunduh, kemudian pilih format, lalu klik Download. Tunggu prosesnya sebentar, kemudian musik sudah dapat dinikmati.

Baca Juga:  Cara danTips Aman Berkendara dengan Mobil Listrik

10. SoundClick

SoundClick

Selanjutnya adalah situs rekomendasi download lagu mp3 full bernama SoundClick. Situs ini menyediakan layanan mengunduh versi gratis dan berbayar. Di dalamnya terdapat banyak sekali lagu dengan berbagai genre.

Untuk bisa mengunduh, pengguna terlebih dahulu harus memiliki akun. Setelah melakukan login, barulah pengguna dapat memilih lagu sesuai keinginan, kemudian mengunduhnya.

11. Audiomack

Audiomack

Ada lagi rekomendasi situs yang tak kalah menarik, yaitu Audiomack. Situs ini memungkinkan pengguna dapat streaming atau mendengarkan lagu online, tetapi juga memperbolehkan pengguna untuk mengunduh lagu-lagu di dalamnya secara legal.

Lebih menariknya lagi, untuk bisa mendengarkan lagu pada platform ini, pengguna tidak diharuskan mendaftar atau membuat akun baru. Situs ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi, dan bisa diunduh secara gratis melalui Play Store.

12. BeSonic

BeSonic

Selanjutnya adalah situs download lagu mp3 full yang mempunyai penampilan seperti SoundCloud, di mana penggunanya dapat berbagi lagu-lagu sekaligus mengunduhnya dengan gratis. Situs ini merupakan suatu database di mana ada ribuan lagu yang bisa ditemukan di dalamnya.

Lagu-lagu itu pun bisa didengar secara langsung, tetapi juga dapat diunduh dengan gratis. Genre yang ada pun bermacam-macam dan unik, seperti classical, alternative, comedy, hardrock, electro, hip-hop, dan masih banyak lagi.

13. MP3Skull

MP3Skull

Terakhir, adalah situs untuk mengunduh file MP3 bernama MP3Skull. Situs ini juga sudah populer dan banyak digunakan pada tahun 2000-an. Saat ini, MP3Skull masih aktif dan menyediakan berbagai file lagu dengan lengkap.

Banyak kalangan yang menggunakan dan merekomendasikan situs ini karena penggunaannya yang mudah dan gratis. Setelah login dengan akun, lagu bisa di-download dengan terlebih dahulu menemukannya pada kolom pencarian.

Situs download lagu mp3 full memang memberikan manfaat khusus bagi sebagian orang. Kalangan ini adalah mereka yang memilih untuk mendengarkan musik dari aplikasi pemutar lagu secara online. Meskipun menambah kapasitas memori internal, penggunaannya dapat menghemat kuota.

Leave a Comment